silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Reni Apriyani
    NIM : 857667407
    Program Study : S1 PG PAUD
    Pada video tersebut di mana menampilkan trik dan cara bagaimana menanamkan kejujuran anak usia dini melalui penjepit jemuran sangat efektif diterapkan bagi lembaga TK yang memiliki jumlah anak didik yang banyak dalam satu kelas. Nilai kejujuran sangat penting ditanamkan sejak usia dini untuk menumbuhkan karakter penerus bangsa yang jujur dan bersih. Penggunaan jepitan jemuran sebagai indikator anak cucu dalam penyelesaian tugas bisa diganti dengan pin berbentuk bintang yang dibuat oleh guru sendiri. Pemilihan bentuk bintang dapat menarik minat anak untuk bisa mendapatkannya.

  2. Nama: Nisa Aulia
    NIM: 859171215
    Prodi: PGPAUD
    UPBJJ MATARAM
    Video yang ditayangkan tentang menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran sangat menginspirasi, diawal kegiatan guru dengan bagus, kreatif, dan menginspirasi saya untuk bisa memodifikasi kegiatan pembelajaran untuk memahamkan dan mengajarkan kejujuran dalam hal menyelesaikan tugas yang disajikan atau tentang pembelajaran yang lainnya.
    Pada awal pembelajaran guru sudah memberikan pemahaman kepada anak didik dengan berkata “Yang sudah selesai aktifasinya dikumpulkan kebuguru, yang belum jangan bilang sudah, karena itu Namanya bohong”, menurut saya acara yang dilakukan guru diawal sudah jelas dan mudah dipahami anak didik dalam menanamkan konsep kejujuran.
    Kegiatan menanamkan kejujuran pada anak menggunakan penjepit jemuran memang sangat efektif dalam menumbuhkan kejujuran anak usia dini, disini secara tidak langsung guru memberikan contoh langsung kepada anak untuk menanamkan nilai kejujuran pada diri anak, karena anak langsung praktik dan terlibat didalam kegiatannya.

  3. Nama :Kurnia Putri
    Nim :859404661
    Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

    Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker juga dapat melatih kejujuran pada anak didik.

  4. Nama : ADE ANDRIANI LISWAN
    Nim : 859402399
    Prodi : S1 PGPAUD

    menurut saya pada video tersebut metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan jepitan jemuran, terlihat cara guru mengatasi banyak anak agar pembelajaran terkontrol dengan baik dan tertib yaitu menggunakan 3 bahan pembelajaran dimana anak akan menyelesaikan tugas nya, agar suasana tertib dan tenang guru memotivasi anak agar menyelesaikan tugas dengan jujur, yang telah selesai akan mengambil jepitan jemuran dan menjepitkan di bajunya, anak pun melakukannya. Dalam video tersebut terihat bahwa proses pembelajaran untuk menanamkan kejujuran kepada anak.

  5. Nama : Az zahrah
    Nim : 859407674
    Pokjar : pangkep
    Prodi : PGPAUD AKPMM
    Ubjj : UT makassar

    Menurut saya pembelajaran dalam video tersebut sangat menarik dan kreatif karna adanya timbal balik antara anak didik dan guru. Guru menjelaskan tentang kejujuran kepada anak sedangkan anak mengerjakan tugas yang di berikan guru. Konsep kejujuran ini memang penting harus di terapkan di sekolah agar anak anak bisa bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru.
    Guru memang harus kreatif menciptakan sesuatu yang bisa menarik minat anak dalam proses pembelajaran. Misalnya dengan cara memberikan reward atau penghargaan bagi siswa yang sudah selesai mengerjakan tugasnya.
    Di video ini guru memberikan jepitan jemuran bagi mereka yang sudah selesai mengerjakan tugasnya. Namun bisa juga guru mengkreasikannya dengan menambah reward berbentuk stiker bintang atau stempel berkarakter.
    Selain itu juga sesekali guru memberikan hadiah atau penghargaan berupa penghapus berkarakter. dan bisa mereka bawa pulang untuk milik pribadi. Karena hal ini pernah saya terapkan di sekilah saya . Dan sangat terlihat anak anak sangat antusias mengerjakanntugas sampe selesai. Karna di sisi lain anak anak ingin mendapatkan reward yang sudah guru siapkan berupa penghapus karakter tersebut.

  6. Nama : Ani latifah
    NIM : 858741402
    PRODI : PG PAUD BI UPBJJ DINAS PENDIDIKAN KAB TUBAN
    Dari video yang telah saya tonton tentang penanaman kejujuran melalui penggunaan penjepit jemuran, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah kreatif dan inovatif. Guru menciptakan keragaman kegiatan bermain di kelas. Hal ini efektif membuat kondisi kelas kondusif dan teratur. Di awal pembelajaran, guru memberikan penjelasan dan bimbingan pada anak untuk berkata jujur apabila sudah menyelesaikan tugas dan berterus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas. Di tengah pembelajaran, guru memberikan motivasi pada anak untuk dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Guru juga berkeliling memberikan pengarahan pada setiap kelompok cara mengerjakan tugas. Di akhir pembelajaran, guru memberikan penjepit jemuran untuk menanamkan kejujuran dan sebagai reward atas terselesainya tugas yang diberikan. Anak juga terlibat secara langsung penanaman nilai kejujuran.
    Nilai kejujuran sangat penting untuk ditanamkan kepada anak sejak usia dini, karena nilai-nilai kejujuran sangat erat kaitannya dengan nilai moral dari kehidupan manusia. Dari video tersebut menunjukkan bahwa kejujuran memerlukan program pembiasan. Dengan membiasakan anak bersikap jujur, maka kejujuran akan melekat pada diri anak. Selain itu dengan memberikan anak reward (berupa jepitan) anak akan menjadi lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

  7. Nama : SUMARTI
    NIM : 857616955
    Prodi : S1 PGPAUD
    Assalamu’alaikum
    Setelah melihat vidio diatas dapat diambil kesimpulan bahwa menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak sangat penting dan harus dimulai sejak usia dini. Melalui media penjepit jemuran anak akan merasa termotivasi untuk berbuat jujur karena pada masa ini anak berpikir bahwa ketika ia melakukan kejujuran maka ia akan mendapatkan reward atau hadiah sehingga mereka berlomba-lomba untuk melakukan kejujuran. Kegiatan ini mulanya hanya karena ingin mendapatkan reward/hadiah tapi nilai -nilai kejujurannya akan tertanam di hati dan pikiran mereka sehingga menjadi kebiasaan yang dibawa sampai mereka dewasa.

  8. nama : rati purwasi
    nim : 85681594
    Menurut saya video tentang menanamkan kejujuran sangat bagus dan baik, Dengan menggunakan penjepit jemuran, dapat menanamkan nilai kejujuran pada anak. Dengan metode tersebut merupakan cara yang kreatif dan menyenangkan untuk anak, dengan metode tersebut juga dapat membuat anak lebih semangat dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Dengan memberikan apresiasi seperti itu akan membuat anak merasa memiliki pemikiran dan keinginan untuk tetap berlaku jujur ​​dan tertib.

  9. khaviva yustina 858738633

    Menurut saya video tersebut cukup menarik. Karena dengan reward yg sederhana dapat menarik perhatian dan minat anak. Sehingga anak dapat menerapkan kejujuran yang dengan menyelesaikan tugasnya. Memang nilai kejujuran sangatlah penting ditanankan sejak dini agar kelak anak terbiasa melakukannya. Alangkah baiknya jika guru memberi penguatan dengan penjelasan tentang nilai kejujuran pada anak sehingga anak lebih memahami apa itu jujur.

  10. nama : siti saroh
    nim : 857507065

    dari video tersebut telah terlihat bahwa kejujuran itu sangatlah penting bagi anak,apalagi pada usianya yang masih balita.dan pada awal pembelajaran ibu guru sudah menjelaskan pentingnya kejujuran tersebut.dengan menggunakan penjepit kemuran akan sangat lebih efektif apalagi kalau muridnya banyak seperti pada video tersebut,sehingga guru akan mengetahui siapa yang sudah dan belum selai menyelesaikan tugasnya

Leave a Reply