silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Video diatas banyak mengajarkan kita dan murid didik untuk mengajarkan disiplin dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas dan memberikan sesuatu kepada anak yang sudah melakukan tanggungjawabannya. guru juga memberi apresiasi kepada anak yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. dengan memberikan stiker sebagai hadiah atau hal yang lainnya.

  2. Yanti
    NIM : 856484811

    izin comment
    Menurut saya kegiatan yang di dalan video sudah sangat bagus untuk menanamkan kejujuran pada anak, karena sebelum pembelajaran dimulai guru sudah menjelaskan tentang tujuan dan hasil akhir dari kegiatan. Guru sudah menjelaskan bahwa bagi yang sudah menyelesaikan tugas akan mendapatkan 1 penjepit jemuran dan yang belum bisa boleh bertanya dan akan dibimbing lagi, di sinilah kita akan melihat kejujuran anak dan juga bisa melatih anak untuk berani bertanya jika belum bisa.

  3. nama : Nunung Nuryani
    NIM : 857493727
    Kegiatan yang dipilih oleh guru untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini sudah sesuai. Walaupun terkesan sederhana, namun melalui kegiatan ini guru berhasil memotivasi anak untuk menyelesaikan tugasnya, menyampaikan pendapatnya misalnya sanggup atau tidak sanggup menyelesaikan tugas, serta menanamkan nilai kejujuran pada anak tanpa intimidasi dari siapapun.

  4. Menurut saya kegiatan video diatas dalam menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran. Dapat menanamkan kejujuran dan kedisiplinan pada anak usia dini selain itu ketertiban dan keteraturan pun dapat diterapkan tanpa harus banyak bicara.

  5. Nama: Fitry Syaravina Wahyudi
    Nim : 857028703
    MK: media belajar dan sumber belajar PAUD 4204
    Menurut saya kegiatan video di atas dalam menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran. Dapat menanamkan kejujuran dan kedisiplinan pada anak usia dini selain itu ketertiban dan keteraturan pun dapat diterapkan tanpa harus banyak bicara.

  6. Nama : Firlywati Hippy
    Nim : 856323184
    MK : media & sumber belajar PAUD
    Menurut saya, pada video tersebut sudah bisa dikatakan menerapkan kejujuran pada anak didik. Jika kapasitas jumlah murid banyak seperti di atas, sehingga sulit mengetahui peserta didik yang telah menyelesaikan tugas dan yang belum tapi berbohong karena tidak ingin mengerjakannya, maka metode ini bisa di terapkan di dalam kelas. Sekian dari saya, dan terima kasih..

  7. Nama : Arina Ifada
    Nim : 857603816

    Video diatas sangat bagus. Kegiatan pembelajaran dengan penjepit jemuran sangat sederhana dan sesuai untuk pembelajaran menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Guru juga tepat dengan mengatakan pada anak anak diawal mengajar untuk berkata jujur jika sudah selesai mengerjakan tugas dan berterus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas. Hanya saja karena kegiatan yang diberikan cukup banyak secara berurutan dan kemampuan anak tidak sama, maka tentu akan ada anak yang tidak selesai mengerjakannya dan mereka akan berbohong karena melihat teman temannya sudah selesai. Untuk anak usia dini sebaiknya tidak terlalu banyak kegiatannya, dan anak yang belum bisa menyelesaikan tugas sebaiknya di bimbing dan di bantu.

  8. Nama: Unawekla Hermina D
    NIM: 857490058
    Menurut tanggapan saya peran guru tampak positif Karena secara langsung mengajak anak untuk berperilaku jujur dengan menggunakan media penjepit jemuran sebagai reward anak, sehingga anak termotivasi dan lebih antusias Dalam melakukan kegiatannya untuk mau berperilaku jujur. Meskipun demikian, lebih baik jika guru juga menjelaskan makna kejujuran dan nilai positif maupun negatif dari sikap jujur. Saat memberikan reward guru juga dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk dapat memilih warna jepitan jemuran sesuai pilihan mereka, hal ini dapat meningkatkan pengetahuan anak dalam mengenal berbagai warna secara bersamaan.

  9. Nama : Nofi Atur Rofiah
    NIM : 857757766

    Dalam vidio pembelajaran dimulai dengan aturan main dalam pembelajaran yaitu, jika anak dapat menyelesaikan tugasnya maka akan dipasangkan penjepit jemuran, kemudian anak diminta untuk bersikap jujur mengenai tugasnya. Penerapan pembelajaran seperti pemberian penjepit jemuran akan lebih mempermudah dalam penanaman sikap jujur anak, juga memudahkan guru dalam menilai anak. Anak juga akan termotivasi lebih semangat untuk bisa menyelesaikan tugasnya dan mendapatkan penjepit jemuran. terimakasih.

  10. Bismillah.
    Nama: Ainun Rahima
    Nim : 869410221
    Prodi : PG PAUD
    seri pengembangan nilai kejujuran pada anak” melalui penjepit jemuran”
    vidio ini sangat baik dan kreatif dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui penjepit kertas, vidio tersebut memperlihatkan dengan memberi penanda berupa menjepit baju pada anak yang telah melakukan kegiatan. memang banyak yang kita jumpai anak belum melaksanakan tugas tapi sudah mengatakan selesai. kita sebagai guru harus menanamkan nilai karakter pada anak dan memberikan pembiasaan pembiasaan yang baik, juga tidak lepas dari kerja sama bersama orang tua.
    Terima kasih

Leave a Reply