silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Martha Yuniwati Foeh
Nim : 859510836
judul : Melalui penjepit jemuran menanamkan anak sikap jujur
pada video diatas yang telah saya tonton, saya menemukan bahwa didalam menanamkan sikap jujur pada masa kini dapat membuat anak menjadi pribadi yang berintegritas tinggi, membantu bersoialisasi yang sehat dimana ketika anak dewasa nanti anak bisa membangun hubungan kepercayaan dengan orang lain serta bertanggung jawab.
Nama : Martha Yuniwati Foeh
Nim : 859510836
hasil analisis dari video yang tonoton adalah dengan menanamkan sikap jujur pada masa AUD dapat membuat anak menjadi Pribadi yang berintegritas tinggi, dapat mengembangkan sikap percaya diri dalam bersosialisasi serta dapat membangun hubungan kepercayaan dengan orang lain ketika sudah dewasa…
Nama : Nidia Ayu Lanaya
NIM : 858948255
Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran menurut saya sudah berhasil membuat anak untuk bersikap jujur setelah anak menyelesaikan tugas
Assalamu’Alaikum
Salam Sejahtera
IDAWATI H
858461651
Judul : Melalui Penjepit Jemuran = menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Video sangat mengispirasi bagi pendidik
Pembelajaran nilai kejujuran pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah seperti pada tayangan dalam video yakni dengan menggunakan penjepit jemuran. Dalam tayangan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tuntas. Bagi anak yang dapat menyelesaikannya diperbolehkan mengambil jepitan jemuran untuk dipasangkan di bajunya. Dalam kegiatan ini anak dituntut untuk dapat jujur dan bertanggung jawab terhadap tugasnya masing masing. Anak wajib menyelesaikan tugasnya untuk mendapatkan jepitan sebagai simbol bahwa anak telah bertanggung jawab untuk mengerjakan tugasnya sampai selesai. Cara ini cukup sederhana namun membawa pengaruh yang sangat besar dalam menstimulasi kejujuran pada anak.
Terima kasih.
Dede Maemunah ( 857214451 )
Judul Video
pada video tersebut memperlihatkan kegiatan mewarnai yang diikuti dengan penanaman perilaku sikap jujur kepada anak. Anak diminta untuk menyelesaikan tugasnya utuk mewarnai dengan cara, anak yang telah selesai mengerjakan tugasnya, diberikan penjepit baju. Untuk memudahkan guru mengetahui anak yang telah selesai mengerjakan tugasnya. Tips dan trik dalam video tersebut patut kita contoh dilembaga, untuk memudahkan kita mengklasifikasikan anak-anak yang telah mengejaakan tugasnya.
Assalamualaikum wr.wb
Menanamkan kejujuran pada anak usia dini memiliki manfaat yang penting untuk perkembangan mereka. Berikut adalah beberapa manfaat menanamkan kejujuran pada anak usia dini:
1. Pembentukan karakter yang baik: Kejujuran adalah salah satu nilai inti yang penting dalam membentuk karakter anak. Dengan menanamkan kejujuran sejak usia dini, anak akan belajar untuk menjadi pribadi yang jujur, dapat dipercaya, dan memiliki integritas yang tinggi.
2. Membangun hubungan sosial yang sehat: Kejujuran adalah dasar dari hubungan sosial yang sehat. Ketika anak belajar untuk jujur, mereka akan membangun kepercayaan dengan orang lain. Hal ini akan membantu mereka dalam membangun hubungan yang baik dengan teman, keluarga, dan masyarakat di sekitarnya.
3. Mengembangkan tanggung jawab: Kejujuran melibatkan tanggung jawab terhadap tindakan dan kata-kata kita. Dengan menanamkan kejujuran pada anak, mereka akan belajar untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri. Mereka akan mengerti bahwa kejujuran melibatkan konsekuensi positif atau negatif tergantung pada keputusan yang mereka ambil.
4. Meningkatkan kepercayaan diri: Ketika anak jujur, mereka akan merasa lebih percaya diri karena mereka tahu bahwa mereka dapat dipercaya oleh orang lain. Mereka akan memiliki keyakinan pada diri sendiri dan merasa nyaman dengan identitas mereka sendiri.
5. Mengembangkan pemahaman tentang nilai-nilai moral: Kejujuran adalah nilai moral yang penting. Dengan menanamkan kejujuran pada anak, mereka akan memahami pentingnya nilai-nilai moral lainnya seperti keadilan, menghormati orang lain, dan menghargai kebenaran.
6. Menghindari konsekuensi negatif: Dengan menanamkan kejujuran pada anak, mereka akan belajar untuk menghindari konsekuensi negatif yang mungkin terjadi akibat kebohongan atau perilaku tidak jujur. Mereka akan menyadari bahwa kejujuran adalah jalan yang benar dan akan menghindari berbohong atau menipu.
7. Membantu dalam pengembangan empati: Kejujuran melibatkan kejujuran terhadap diri sendiri dan orang lain. Dengan menanamkan kejujuran pada anak, mereka akan belajar untuk memahami perasaan orang lain dan mengembangkan empati. Mereka akan belajar untuk menghargai kejujuran dalam hubungan dan berempati terhadap orang lain.
Menanamkan kejujuran pada anak usia dini adalah investasi penting dalam membentuk karakter dan moral mereka. Ini akan membantu mereka tumbuh menjadi individu yang jujur, bertanggung jawab, dan memiliki hubungan sosial yang sehat.
NIM: 858879895
NAMA: CINTIA ADIEND TIARA AYU
POKJAR: BANDUNG
PRODI:S1-PGPAUD
Assalamualaikum wr wb
Dengan adanya video pembelajaran penjepit jemuran saya belajar bahwa:
1. Menanamkan kejujuran pada anak usia dini bisa dilakukan dengan cara yang sangat menarik. Dengan cara ini secara tidak langsung anak dapat merasakan kesenangan dalam hal belajar seperti bermain. Saat selesai mengerjakan tugas anak akan mendapat penjeput jemuran pada bajunya. Sehingga anak merasa bahwa aku harus segera menyelesaikan tugas agar aku juga bisa mendapat jepit jemuran.
2. Melatih anak untuk bertanggung jawab, sehingga anak lebih senang hati mengerjakan tugas dengan tidak terpaksa.
3. Melatih anak untuk sportif jika ia bisa mengerjakan dan sudah menyelesaikan maka ia akan mengatakan kepada ibu guru dan begitu juga jika anak tidak bisa mengerjakan mereka juga akan mengatakannya.
NAMA : DIAN AYU PARAMITA
NIM : 858830666
Dalam video tersebut tampak jelas sekali bahwa guru sedang memberikan kegiatan kepada anak-anak, namun pembelajaran terpenting dalam kegiatan tersebut adalah guru menanamkan sifat kejujuran pada anak usia dini. guru memberitahu kepada anak bahwa kita harus jujur saat mengumpulkan tugas, baik sudah selesai atau belum. guru menggunakan cara yang sangat unik dan dapat diterapkan disekolah lain yaitu dengan jepit jemuran yang ditempelkan dibaju anak ketika sudah selesai mengerjakan kegiatan dari guru. dengan jepit yang warna warni ini tentunya anak-anak senang dan memotivasi teman yang lain untuk segera menyelesaikan. pada kegiatan ke3 yaitu membuat berbagai bentuk, guru memberikan umpan balik dengan bertanya apa yang dibuat anak dan kemudian memberikan beberapa pujian. hal ini juga akan membuat anak-anak yang lain bersemangat untuk membuat berbagai karya hingga selesai.
namun di video awal, guru mengatakan bahwa “jika anak belum selesai tidak boleh dikumpulkan” saya kurang setuju dengan pernyataan ini karena menurut saya anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. seharusnya guru tetap memperbolehkan mengumpulkan jika anak sudah capek
Nama : Erika Cendiawati
NIM : 858805648
Pokjar : Wajak
UPBJJ UT MALANG
Dalam video tersebut guru mencoba menanamkan sifat kejujuran pada anak, yaitu dengan memberikan penjepit jemuran kepada anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya.
Guru memberikan 3 tugas kepada anak, setiap anak yang sudah selesai mengerjakan satu tugas, maka guru memberikan satu penjepit jemuran dibajunya. Dengan cara seperti itu lebih memudahkan guru untuk mengamati anak yang sudah selesai atau yang belum selesai mengerjakan tugas.
Menurut saya cara ingin sangat efektif untuk menanamkan sikap kejujuran kepada anak, karena dengan adanya penjepit jemuran anak tidak bisa berbohong apabila belum selesai.
Nama:Purwani
Nim: 857828026
Judul:Menanamkan kejujuran pada anak usia dini,melalui penjepit jemuran
Melalui vidio yang saya lihat,bagaimana nilai kejujuran pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya seperti yang dilakukan pada tayangan vidio tersebut yaitu dengan menggunakan penjepit jemuran.Pada vidio tersebut guru memberikan arahan kepada anak untuk menyelesaikan tugasnya dan anak yang sudah selesai akan di berikan penjepit jemuran yang dipasangkan di baju anak,Pada fidio tersebut menhajarkan anak untuk bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing.Dalam vidio guru memberikan tiga tugas sehingga bagi anak yang sudah menyelesaikan semua tugasnya hingga tuntas akan mendapatkan tiga penjepit,dengan cara tersebut akan memudahkan guru untuk melihat anak yang belum menyelesaikan tugasnya,karena penjepit sebagai simbol telah menyelesaikan tugas yang diberikan guru.