silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nurul mutmainnah Mahmuda
859406239
Alhamdulillah,melihat tanyangan video diatas ada gambaran cara mengajarkan kejujuran kepada anak
Dapat di lihat ketika anak-anak di berikan benda sebagai penanda mereka telah mengerjakan tugas dari guru mereka yang belum menyelesaikan tugas mungkin akan lebih semangat lagi untuk mengerjakan dan ketika mereka tidak mengerjakan dan mengatakan telah mengerjakan pastilah mereka terasa Ndak enakan karena telah di beritahu terlebih dahulu tentang tata tertib yang ada, mungkin akan lebih asik lagi ketika mengasah kejujuran anak melalui kata-kata spontan, yang telah kita lihat.
Videonya sangat membantu dan menginspirasi
Nama : Hesti Velina Wati
Nim : 8588
Nama : Hesti Velina Wati
Nim : 858879817
Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan jepitan.
Tanggapan:
Menanamkan nilai-nilai positif seperti kejujuran pada anak merupakan tugas penting bagi orang tua dan pendidik. Salah satu cara kreatif yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan jepitan. Cara ini sederhana, menarik dan mudah dipahami anak.
Manfaat:
Penggunaan jepitan untuk menanamkan kejujuran pada anak memiliki beberapa manfaat, yaitu:
-Meningkatkan kesadaran anak terhadap kebiasaan positif. Melihat papan yang penuh dengan jepitan dapat memberikan rasa bangga dan motivasi pada anak untuk terus melakukan kebiasaan positif.
-Membantu anak membangun rasa tanggung jawab. Anak-anak belajar untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dan memahami konsekuensi dari pilihan mereka.
-Meningkatkan komunikasi antara orang tua dan anak. Orang tua dapat memanfaatkan papan ini sebagai alat untuk berdialog dengan anak tentang nilai-nilai positif dan pentingnya kejujuran.
Berikut beberapa tip untuk memaksimalkan efektivitas metode ini:
>Libatkan anak dalam proses pembuatan papan. Ajaklah anak-anak untuk memilih label, membuat gambar, dan menggambar di papan tulis. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih memiliki dan termotivasi untuk menggunakan dewan tersebut.
>Gunakan bahasa yang positif. Hindari menggunakan kata-kata negatif atau menghakimi. Fokuslah untuk memuji upaya dan kemajuan anak Anda.
>Tetap konsisten. Pastikan untuk selalu memberikan pujian dan reward kepada anak ketika ia melakukan kebiasaan positif.
>Bersabarlah. Menanamkan nilai-nilai positif pada anak memerlukan waktu dan kesabaran. Jangan mudah menyerah jika anak Anda belum menunjukkan perubahan yang berarti.
Kesimpulan:
Penggunaan jepitan merupakan salah satu cara yang kreatif dan efektif untuk menanamkan nilai-nilai positif seperti kejujuran pada anak. Jika diterapkan dengan benar dan konsisten, cara ini dapat membantu anak mengembangkan karakter yang baik dan bertanggung jawab.
Penting untuk diingat bahwa cara ini hanyalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk menanamkan kejujuran pada anak. Orang tua dan pendidik juga perlu memberikan contoh yang baik, menciptakan lingkungan yang mendukung, dan menciptakan komunikasi terbuka dengan anak.
Teknik yang bagus. Lebih mudah dan efektif serta memberi pengaruh yang baik pada saat proses pembelajaran sampai selesai
Laily Febriana
858317147
Dari video dapat dilihat bagaimana menanamkan kejujuran pada anak. Bisa dijadikan referensi bagi guru dalam pembelajaran anak usia dini dalam hal penanaman kejujuran. Kejujuran harus ditanamkan sejak dini agar anak kelak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dapat dipercaya semua orang. Alangkah baiknya bila orang tua juga sudah mulai membangun karakter jujur dalam diri anak sejak dini. Melatih kejujuran pada anak dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.
Nama : Ruli safitir
Nim : 857863647
setelah melihat video tentang menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran . dengan melihat video ini sanggat bermangfaat bagi guru karna dengan hal kecil seperti menjepitkan jjepitan jemuran dapat meningkatkan kejujuran anak dengan berlomba-lomba untuk mendatkan jepitan jemura dengan cara yang jujur dan teratur dan memudahkan guru untuk mengembangkan rasa kejujuran anak dengan mudah dan tanpa banyak bersuara.
Nama : FITRI YULIANTI
Nim. : 855885346
Dari video di atas dapat dinilai sifat kejujuran pada anak, bisa di jadikan referensi bagi guru dan bisa di tanamkan di sekolah, keluarga dan masyarakat,
Vidio di atas sangat membantu
Terima kasih
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
2) Judul video : Melalui Penjepit Jemuran
Komentar : Dari video pembelajaran di atas kita dapat mempelajari bagaimana cara menanamkan kejujuran pada anak usia dini.Hal ini Bisa dijadikan referensi bagi guru dalam pembelajaran anak usia dini dalam hal penanaman kejujuran. Kejujuran harus ditanamkan sejak dini agar anak kelak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dapat dipercaya semua orang. Menanamkan nilai-nilai positif seperti kejujuran pada anak merupakan tugas penting bagi orang tua dan pendidik. Salah satu cara kreatif yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan jepitan. Cara ini sederhana, menarik dan mudah dipahami anak.
Iis Winarni / 859016442
dari video ini sangat penting sekali sebagai pengajar menyampaikan nilai : Mengajarkan pentingnya kejujuran dan konsekuensinya secara sederhana dan konsisten. dan dengan adanya permainan melalui penjepit jemuran ini kepada anak yang sudah menyelesaikan tugas anak akan merasa puas dan senang karena sudah jujur.
terima kasih
Endah Rahayu
857829204
Bismillahirrahmanirrahim
Setelah melihat video,,saya jadi lebih banyak mengetahui tentang menanamkan pentingnya kejujuran pada anak.
Kesimpulan nya adalah kejujuran sangat penting untuk ditanamkan pada anak sejak usia dini.agar supaya terbiasa berlaku jujur pada dirinya sendiri maupun kepada orang lain.