silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Arni Putri Niat hati Hulu
Nim : 859879605
Pada tayangan video tersebut, seorang guru Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), mengenalkan karakter nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini. Pembelajran ini sangat bagus untuk diterapkan di lembaga sekolah. dimana pada video ini anak anak menpunyai 3 kegiatan.
1. anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema
2. anak-anak sedang menggunting dan menempel
3. sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker.
juga pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. Akan tetapi menurut saya sebelum mulai berkegiatan guru bercerita sedikit tentang pentingnya nilai kejujuran & dampak buruknya bagi anak jika berbohong.
Tiurma Yuliana (858188359)
Menanamkan nilai kejujuran “Melalui Penjepit Jemuran” seperti dalam video ini, sangat kreatif, karena secara tidak langsung guru sedang menanamkan nilai yang terkandung dalam pengembangan Agama dan Moral pada anak dengan menyenangkan. Anak tidak lagi didikte tanpa penjelasan mengapa mereka harus berperilaku jujur. Selain itu, dalam menumbuh kembangkan nilai kejujuran pada anak usia dini, kegiatan yang kami sering lakukan di TKS. Golden Christian School yakni dengan memberi pemahaman melalui cerita atau video keagamaan, kemudian anak akan di ajak menempelkan stiker kejujuran dari perilaku yang mereka perbuat sepanjang hari sebelum anak-anak pulang sekolah.
Semoga kita dapat saling bersinergi dalam menumbuh kembangkan nilai – nilai kebajikan kepada anak-anak Indonesia
Salam Sehat selalu
Kota – Palangka Raya
Nama : Anggun Puspianti Zaenal Arifin
NIM : 857991548
waaah sangat kreatif sekali ide bu guru dalam video ini, dengan cara ini anak-anak tampa sadar telah belajar tentang nilai kejujuran, jika tidak selesei mengerjakan tugas maka saya tidak akan mendapat tanda jepitan baju tersebut. terkesan sederhana tapi efek dari pengunaan ini sangat baik. hal ini juga mempermudah bu guru untuk mengingat mana anak yang sudah mengumpulkan dan mana anak yang belum mengumpulkan tugas.
kegiatan ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing, penjepit ini bisa di ganti stiker atau pin juga pita. yang prinsipnya bisa di lihat oleh semua orang dan aman digunakan pada anak.
sangat membantu sekali vidio pembelajaran di atas untuk di praktekan di kelas karena nilai kejujuran sangatlah di tanamkan mulai sejak dini
Bismillah
Ika Astari (859520797)
Video ini menjelaskan tentang bagaimana jika ada anak yang belum selesai menyelesaikan tugasnya namun mengatakan ke guru sudah menyelesaikan tugasnya. Terkadang guru juga sulit mengontrol karena mengkondisikan banyak anak juga di dalam kelas. Kreasi guru dalam video tersebut yaitu menggunakan penjepit jemuran yang dipasang di baju anak untuk anak yang sudah menyelesaikan tugaasnya. Hal ini juga mempermudah guru juga dalam mengontrol anak yang sudah menyelesaikan tugasnya. Dan sebagai bentuk apresiasi juga kepada anak yang sudah berhasil menyelesaikan tugasnya. Sehingga guru dapat lebih mudah menanamkan kejujuran kepada anak didiknya dengan kegiatan sehari-hari yang dilakukan anak.
Shinta Amaylia aziza
Nim 857251521
Guru menanamkan cara menjadi anak yang jujur melalui penjepit jemuran. Jika anak tidak menyelesaikan tugas maka guru terus memberikan motivasi anak untuk terus berusaha menyelesaikan tugas nya dan anak juga menjadi anak yang bertanggung jawab dan jujur dengan menyelesaikan tugas sampai selesai ☺
Dan di dalam video tersebut jika anak yang sudah selesai mengerjakan tugas bisa di beri jepitan jemuran yang menandakan bahwa anak tersebut sudah menyelesaikan tugas yang pertama dan bisa melanjutkan ke tugas selanjutnya
Nama sriwati
Nim 855890348
Salah satu pilihan dalam menanamkan sifat kejujuran anak usia dini
dengan menerapkan permainan penjepit jemuran. Anak-anak dunianya
adalah bermain sehingga proses berpikir dengan menuangkan banyak
pengetahuan normatif menjadikan beban bagi anak yang berdampak pada
psikologi (Sa’adah and Muqowim, 2020). Menurut (Noviati and Giwangsa,
2019) bahwa nilai kejujuran termasuk dalam bagian nilai nurani yang ada
dalam diri manusia yang kemudian akan berkembang menjadi
perilaku dalam memperlakukan orang lain. Bermain merupakan tuntutan
dan kebutuhan psikologis dan biologis anak yang sangat penting. Melalui
bermain, tuntutan akan kebutuhan perkembangan dimensi perkembangan
motorik, kognitif, kreatifitas, bahasa emosi, interaksi sosial, nilai-nilai dan
sikap hidup, dapat terpenuhi. Bermain-main adalah ekspresi dan hiburan,
yang mencakup kesenangan dan tujuan, baik tubuh dan pikiran (Amiran,
2016). Kegiatan bermain memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap
perkembangan seorang anak. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh
Hurlock bahwa terdapat pengaruh bermain bagi perkembangan anak yaitu:
perkembangan fisik, dorongan berkomunikasi, penyaluran bagi energi
emosional yang terpendam, penyaluran bagi kebutuhan dan keinginan,
sumber belajar, rangsangan bagi kreativitas, perkembangan wawasan diri,
belajar bermasyarakat, standar moral, belajar bermain sesuai dengan peran
jenis kelamin serta perkembangan ciri kepribadian yang diinginkan
(Farhurohman, 2017).
Kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang paling penting yang harus diajarkan padaanak sejak ia kecil. Mengajarkan anak untuk berkata, bersikap dan berperilaku jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya kelak.
Kegiatan yang dilakukan dalam video tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Nama : Suci Apriliza
NIM : 859806151
Kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang paling penting yang harus diajarkan pada anak sejak ia kecil. Mengajarkan anak untuk berkata, bersikap dan berperilaku jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya kelak.
Kegiatan yang dilakukan dalam video tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Nama : Suci Apriliza
NIM : 859806151
Kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang sangat penting yang harus diajarkan kepada anak sejak ia kecil. membiasakan anak untuk berbicara, berprilaku dan bersikap jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya nanti.
Kegiatan yang dilakukan dalam video tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. pendidik dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak. Dari tugas –tugas yang diberikan pendidik tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan pendidik sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini. video ini sangat bermanfaat bagi saya.