silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Nanik Tri Ismawati
NIM :857987594
Terimakasih atas tips yang telah disampaikan untuk menanamkan kejujuran pada anak dengan menggunakan penjepit jemuran,
Anak menjadi bersemangat dengan motivasi yang guru berikan, mungkin anak bisa memilih warna dan memasang sendiri jepitan jemuran tersebut agar anak lebih senang dengan pilihannya.
Nama : Afifah Ghonim
NIM : 858967746
Mengajarkan nilai-nilai positif seperti kejujuran kepada anak sejak dini adalah hal yang sangat penting. Menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan kreatif seperti permainan atau alat bantu visual seperti penjepi jemuran dapat membantu anak-anak memahami konsep tersebut dengan lebih baik.
Nama : Ni Kadek Darmayanti Andriani
NIM : 859038351
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Nama: Ni Luh Desi Sarayanti
Nim: 859029273
Menurut saya, menanamkan nilai kejujuran dengan cara penjepit jemuran dalam kegiatan saat bagus, karena selain menanamkan kejujuran anak dapat melatih kedisiplinan waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Assalamu’alaikum wr.wb
Perkenalkan nama saya Yuli Yuliyani, NIM 857524807, UPBJJ Bandung
Menurut pendapat saya video tersebut sangat bermanfaat dan inspiratif.
Penjepit jemuran digunakan sebagai alat untuk memberikan penghargaan kepada anak-anak yang telah menyelesaikan tugas dengan jujur dan tepat waktu. Dalam konteks ini, manfaat dari penggunaan penjepit jemuran sebagai insentif adalah sebagai berikut:
1. Menghargai Kejujuran: Penggunaan penjepit jemuran sebagai bentuk penghargaan kepada anak yang jujur dalam menyelesaikan tugasnya merupakan cara yang efektif untuk menanamkan nilai kejujuran. Anak-anak belajar bahwa perilaku jujur dihargai dan diapresiasi.
2. Mendorong Motivasi: Penjepit jemuran dapat menjadi pemicu motivasi bagi anak-anak untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Mereka akan merasa bangga dan termotivasi untuk terus berperilaku jujur agar bisa mendapatkan penghargaan yang sama di masa mendatang.
3. Membentuk Kebiasaan Positif: Dengan menggunakan penjepit jemuran sebagai insentif, anak-anak secara bertahap akan membentuk kebiasaan positif dalam berperilaku jujur. Mereka akan belajar bahwa kejujuran merupakan hal yang penting dan perlu dipertahankan dalam setiap situasi.
4. Memberikan Dampak Visual: Penggunaan penjepit jemuran memberikan dampak visual yang langsung terlihat bagi anak-anak. Mereka dapat melihat langsung konsekuensi dari perilaku jujur mereka, yang dapat memperkuat pengertian mereka tentang pentingnya kejujuran.
5. Membangun Ikatan Emosional: Anak-anak dapat merasakan hubungan emosional yang positif dengan guru dan lingkungan belajar mereka melalui penggunaan penjepit jemuran. Mereka akan merasa dihargai dan didukung dalam proses belajar mereka.
Dengan demikian, penggunaan penjepit jemuran sebagai insentif untuk perilaku jujur tidak hanya memberikan penghargaan langsung kepada anak-anak yang berperilaku jujur, tetapi juga membantu membangun nilai-nilai positif dan kebiasaan yang akan membawa dampak positif dalam perkembangan mereka di masa mendatang.
Terimakasih
Nama : Yuyun Maeruza
NIM : 857860261
Menurut saya, menanamkan kejujuran anak melalui penjepit jemuran memiliki dampak positif bagi perkembangan anak
877315249
Cindy Maranatha Anggraeny
Video ini sangat memotivasi saya sebagai guru dikarenakan banyak murid saya yang kadang tidak menyelesaikan pekerjaan nya dan saya sebagai guru sulit mengontrolnya mengingat jumlah anak yang cukup banyak mungkin dengan menggunakan penjepit pakaian yang sederhana ini saya dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak dikelas dan Selain itu ketertiban dan keteraturan pun dapat diterapkan tanpa harus banyak bicara dan mengeluarkan suara tinggi
Nama:AMELIA SAPUTRI
Nim:858184749
Judul Vidio
Melalui Penjepit jamuran
Pada vidio pembelajaran diatas dapat diliat seorang guru memperlihatlan ke kreatifan nya dalam proses pembelajaran di kelas,dengan menggunakan jepitan dala meapresiasikan hasil perilaku anak dengan jujur pada saar proses pembelajaran di kelas.
Ketika seorang anak PAUD tidak jujur selama proses pembelajaran di kelas, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk mendidik anak tentang pentingnya kejujuran dan nilai-nilai etika.
Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan guru di kelas untuk menangani situasi di mana seorang anak tidak jujur di kelas PAUD:
1. **Berbicara secara Terbuka**: Ajak anak berbicara secara terbuka dan tanpa hukuman. Jelaskan pentingnya kejujuran dan dampak negatif dari berbohong.
2. **Berikan Dukungan**: Berikan dukungan dan dorongan kepada anak untuk berbicara dan mengungkapkan kebenaran tanpa takut dihakimi.
3. **Ajak Berdiskusi**: Diskusikan dengan anak adakah alasan tertentu mengapa dia tidak jujur. Mendengarkan alasan anak dapat membantu lebih memahami situasi tersebut.
4. **Ajak Berpikir Ulang**: Ajak anak untuk berpikir ulang tentang kenapa kejujuran penting dan bagaimana kebohongan dapat merugikan dirinya dan orang lain.
5. **Latih Penyelesaian Masalah**: Berikan anak keterampilan untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang jujur dan mengkomunikasikan perasaan mereka.
6. **Apresiasi Kecurangan**: Pujilah dan apresiasi setiap kali anak berbicara jujur dan melakukan tindakan yang benar. Ini akan memperkuat perilaku positif.
7. **Kolaborasi dengan Orang Tua**: Kolaborasi dengan orang tua untuk mencari solusi terbaik dalam mendukung anak dalam memahami pentingnya kejujuran.
Dengan komunikasi terbuka, dukungan, dan dorongan, pendidik dapat membantu anak PAUD untuk memahami pentingnya kejujuran dan mendorong mereka untuk berperilaku jujur dalam proses pembelajaran di kelas. Peran pendidik dalam membimbing anak dalam mengembangkan nilai-nilai moral dan etika yang baik sangat penting untuk membentuk karakter anak sejak dini.
Nama : Siti Aisyah
Nim : 858317423
Menurut saya video tersebut sangat bermanfaat. Dengan melalui kegiatan penjepit jemuran ternyata bisa memotivasi anak-anak untuk melatih kejujurannya dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu, dapat melatih kedisiplinan anak pada saat belajar.
NAMA : WINA LUZ’TANTYA NADZIFA
NIM : 858190649
Video dengan judul ‘Melalui Penjepit Jemuran’ , dapat kita lihat bersama bahwa nilai kejujuran sangat penting ditanamkan kepada anak sejak sedini mungkin, karena hal yang dimulai dari anak dini akan terus diingat sampai ia dewasa kelak. Tidak sering saya menemukan anak PAUD yang tidak jujur, namun ‘tetap pernah’ sesekali saya menemukan hal yang seperti ini, bahkan ketika kita tidak memperhatikan anak dengan baik maka di situlah sikap mulai tidak jujur tumbuh dalam diri anak.
Video di atas sangat bermanfaat tidak hanya bagi pendidik saja, namun juga sangat bermanfaat bagi para orang tua khususnya untuk menyikapi dan menanamkan sifat serta perilaku yang dapat menanamkan nilai kejujuran pada anak.