silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : suliatiyani
Nim 858188373
Judul video ” melalui penjepit jemuran ”
Dari video yang saya liat kita bisa belajar akan pentingnya kejujuran
, kita bisa mengajarkan kepada anak didik kita akan apa itu kejujuran
Nama : Lia Anggraeni
Nim : 857495831
Prodi : PG-PAUD
UPBJJ : Bandung
menurut saya dari video diatas tindakan guru yang ingin mendisiplinkan anak murid nya sangat bagus sekali cara menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran dengan demikian anak tidak dapat berkata bohong karena guru tersebut sudah memberi tanda penjepit jemuran pada setiap anak yang sudah menyelesaikan kegiatan tersebut dengan demikian anak akan bertanggungg jawab pada setiap kegiatan yang mereka lakukan.
Dalam vidio tersebut Dengan menggunakan metode melalui “penjepit jemuran” anak akan belajar jujur jika sudah melaksanakannya, dan yang belum mengerjakan akan kelihatan. saya ingin lembaga saya mencontoh video tersebut karen Sikap jujur memang harus diterapkan sejak usia dini , karena kejujuran merupakan pondasi yang penting untuk dibentuk sejak dini untuk kesuksesan anak kelak dimasa yang akan datang.Demikian dari contoh vidio diatas pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
nama : anisa laratita
nim :856257268
judul :penjepit jemuran”
berikut pendapat saya mengenai vidio di atas anak akan belajar jujur jika sudah melaksanakannya, dan yang belum mengerjakan akan kelihatan. saya ingin lembaga saya mencontoh video tersebut karen Sikap jujur memang harus diterapkan sejak usia dini , karena kejujuran merupakan pondasi yang penting untuk dibentuk sejak dini untuk kesuksesan anak kelak dimasa yang akan datang.Demikian dari contoh vidio diatas pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Nama: Humaeroh Mardiyah
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker.
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Nama : Pawitna Sari
NIM : 822179953
UPBJJ : Bandung
Judul video di atas penjepit jemuran, ini merupakan seri pembelajaran untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Di dalam cerita guru melaksanakan kegiatan menggunakan tema.
uasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Nama : Jumiati
Nim : 856104438
Pendapat saya mengenai video pertama yang berjudulkan “Melalui Penjepit Jemuran (Menanamkan Kejujuran Pada Anak Melalui Penggunaan Penjepit Jemuran)” ialah yang dimana lingkungan masa Paud ada saja anak-anak yang masih belum bisa menyelesaikan tugas yang menjadi kewajibannya dan guru pun menjadi sulit untuk mengontrolnya karena mengingat jumlah anak yang cukup banyak. Adapun cara mengatasi hal ini ialah dengan menggunakan trik penjepit jemuran atau pakaian, guru bisa menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini, ketertiban dan keteraturan pun dapat diterapkan tanpa harus banyaknya guru berbicara.
Nama: Richky Putranto
NIM: 858101491
UPBJJ: Pontianak
Menurut saya, anak akan belajar untuk jujur jika sudah melaksanakannya, dan akan terlihat anak yang belum melaksanakannya. saya ingin lembaga saya mencontoh video tersebut karen Sikap jujur memang harus diterapkan sejak usia dini , karena kejujuran merupakan pondasi yang penting untuk anak. Dari contoh vidio diatas pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya guru menugaskan kepada semua anak untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas yang diberikan guru tersebut, bagi anak yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Nama : Hesti Velina Wati
Nim : 858879817
Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran.
– Metode penjepit jemuran adalah cara yang populer untuk membantu anak-anak belajar tentang kejujuran.
– Cara kerjanya:
•Siapkan papan atau karton dan tempelkan gambar matahari dan awan di atasnya.
•Gunakan penjepit jemuran untuk mewakili tindakan anak.
Ketika anak melakukan tindakan yang jujur, jepitkan penjepit jemuran ke gambar matahari.
•Ketika anak melakukan tindakan yang tidak jujur, jepitkan penjepit jemuran ke gambar awan.
– Manfaat:
>Metode ini membantu anak-anak secara visualisasi konsep kejujuran.
>Memberikan penguatan positif untuk perilaku jujur.
>Membantu anak-anak memahami konsekuensi dari tindakan yang tidak jujur.
Nama : Kawakip
NIM : 858707829
Video GPO : Menanamkan nilai kejujuran pada AUD “Melalui Penggunaan Penjepit Jemuran”
Kegiatan ini sudah sesuai dengan tema yang ditentukan oleh guru yaitu menanamkan kejujuran pada anak usia dini dengan tema “melalui penggunaan penjepit jemuran”
Guru dapat memberikan kegiatan yang mudah dilakukan dan dipahami oleh anak didik. Dalam video ini guru memberikan tugas kepada anak didik melalui media gambar kupu-kupu dengan mewarnainya dengan warna sesuka hati, ada yang warna kuning, merah, dll. Kemudian ibu guru memerintahkannya pada anak yang sudah selesai melakukan kegiatan maka harus dikumpulkan.
Dalam kasus ini mungkin saja ada seorang anak yang tidak menyelesaikan tugasnya tapi ia mengatakan bahwa ia sudah menyelesaikan tugasnya ibu guru mungkin saja tidak mengetahuinya karena memang sulit untuk mengontrolnya dalam jumlah anak yang begitu banyak.
Dengan melalui ide ibu guru menggunakan penjepit jemuran, ibu guru menjepit jemuran pada pakaian anak yang sudah mengumpulkan tugasnya. Dengan dengan melakukan ide ini ibu guru menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran yang diletakkan pada pakaian, bagi siapa yang tidak mengumpulkan maka tidak menggunakan penjepit pada pakaian nya maka ketertiban dan keteraturan dapat diterapkan tanpa harus banyak bicara.
Metode ini sangat membantu dan bermanfaat bagi anak usia dini untuk menanamkan nilai kejujuran, dan nilai agama moral.