silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Cucu Carwati
    NIM : 857531218

    Sangat bermanfaat untuk menambah ilmu saya selain memakai reward berupa stiker ,gambar menggunakan spidol di tangan ,dan video ini menambah lagi menggunakan penjepit jemuran selain itu menanamkan kejujuran sangat penting sejak anak usia dini ,memberikan pemahaman kepada anak akibat berbohong akan berdampak negatif dan sebagai guru bahkan orang tua harus menjadikan contoh yang baik juga terhadap anak

  2. Nama : Puspita Octaviani
    NIM : 858466328
    vidio ini sangat bermanfaat. Kegiatan tersebut menjadi ide untuk guru untuk menanamkan karakter kejujuran pada anak. Dengan kegiatan semacam itu, tentu pesan kejujuran akan lebih sampai pada anak.

  3. saya sangat seetuju sekali ketika guru yang memberikan arahan agar anak tidak berbohong ketika mengerjakan tugasnya,

  4. nama : NIkhlatul Inzah
    NIM : 857769975

    MasyaaAllah, dari tanyangan tersebut saya jadi termotivasi untuk menciptakan pembelajaran yang unik menarik dan kreatif dengan perlomaan sederhana dan dengan alat dan bahan yang ada di sekolah dan yang ada di lingkungan sekitar.
    menanamkan nilai kejujuran sangat penting sebagai salah satu pembentukan karakter yang baik. pastinya guru disekolah selalu memberikan arahan kepada anak untuk bersikap jujur, memberikan pengetahuan bagaimana dampak jika kita berperilaku jujur maupu n ketika kita tidak jujur atau berbohong.

  5. Nama : Risna Maya sari
    Nim: 856789437
    Dari video diatas dapat kita terapkan disekolah agar anak dapat menyelesaikan kegiatan yang kita berikan, dan untuk menciptakan pembelajaran unik, menarik dan kreatif dengan perlomaan sederhana dan dengan alat dan bahan yang ada di sekolah dan yang ada di lingkungan sekitar.
    menanamkan nilai kejujuran sangat penting sebagai salah satu pembentukan karakter yang baik.

  6. Video ini sangat menarik karena mengajarkan bahwa tentang kejujuran sejak dini. Sebab itu dengan adanya video ini diharapkan bisa diterapkan di kelas dan mendapatkan hasil yang diinginkan

  7. NAMA :HALIMAH
    NIM: 85306792
    UPBJJ : BANJARMASIN
    JUDUL MELALUI JEPIT JEURAN

    dalam video kita dapat melihat bagaimana menanamkan kejujuran anak dalam mengerjakan suatu kegiatan pembelajaran dalam usia dini,itu sangat bagus

  8. NAMA : DESI WULANDARI
    NIM : 859173011
    UPBJJ : MATARAM
    JUDUL VIDEO : Menanamkan Kejujuran Pada Anak Melalui Penggunaan Penjepit Jemuran.

    Setelah saya mengamati setiap proses pembelajaran yang diterapkan dalam video diatas seperti menamankan kejujuran anak dalam menyelesaikan tugas sudah sangat baik. Dimana kejujuran harus diperkenalkan ke anak sedini mungkin agar mereka terbiasa berkata jujur. Dengan penggunaan penjepit jemuran sebagai tanda siswa yang tidak bisa menyelesaikan tugasnya sudah sangat bak karena dapat memotivasi anak untuk menyelesaikan tugasnya sperti temannya yang lain. Menurut saya sebagai pendidik hendaknya selalu menanamkan kejujuran pada anak dengan cara menceritakan kisah tentang kejujuran, berikan pemahaman Agama tentang kejujuran dan terapkan sikap jujur di lingkungan pembelajaran. Cara mengajarkan sikap jujur pada anak harus konsisten dilakukan agar ingatannya lebih kuat dan terbentuk kebiasaan bersikap jujur.

  9. Indah Maharani_857623531

    Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
    kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
    kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
    dapat mengerjakan dengan baik dan gurumemberi memotifasi anak didiknya agar
    dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
    meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
    penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
    dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
    sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
    Vidio ini sangat bermanfaat bagi saya dalam memahami kejujuran pada anak.

Leave a Reply