silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
dalam video ada Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. kita sebagai guru juga dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
pada video tersebut ada beberapa Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Video ini berisi tentang salah satu cara untuk menanamkan kejujuran pada anak. Perilaku jujur harus ditanamkan sedari dini. Dalam video tersebut, guru pada awal pembelajaran mengatakan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberi tanda dengan pengguaan penjepit baju. Hal ini menginspirasi saya untuk melakukan hal yang sama, tetapi dengan alat yang berbeda. Jika dalam video tersebut anak diberi penjepit baju, saya akan menggunakan stempel karakter sebagai bentuk hadiah/penghargaan untuk anak yang sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik, sehingga memotivasi teman-temannya untuk menyelesaikan tugasnya juga.
izin benar vidio ini sangat bagus pentingnya penanaman kejujuran sejak dini perlu dimulai anak yang sudah terbiasa jujur akan selalu membekas jadi vidio ini memberikan inspirasi cara penyampaian nilai nilai kejujuran
Nama : Ekalola Esthy Kusumaningtyas
NIM : 859662521
Menanamkan nilai kejujuran menggunakan teknik penjepit jemuran juga menarik bagi anak-anak karena dia mendapatkan tanda bahwa sudah selesai melakukan tugasnya dengan baik dan jujur tanpa kebohongan, setiap anak mempunyai tanda bahwa sudah melakukan tugasnya maka anak yang tidak ingin melakukan tugasnya juga mempunyai keinginan untuk mendapatkan tanda penjepit jemuran pula.
Nama : Yunia Lisman
Nim : 856260162
Judul : Menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran
Memang sangat penting menanamkan kejujuran saat usia dini. Video diatas menunjuk bagaimana seorang guru yang menanamkan nilai kejujuran kepada anak didiknya di usia dini. Guru tersebut menggunakan cara yang unik yaitu menggunakan penjepit jemuran pebagai penanda kejujuran bagi anak didiknya. Anak yang telah mengerjakan tugasnya akan di beri penjepit jemuran sebagai tanda atau reward, dan memotivasi agar anak yang lain juga segera menyelesaikan tugas mereka.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Asiah
NIM : 858184359
Mohon ijin menanggapi video di atas
Video tersebut sangatlah bagus.
Metode bercerita ini sangat inspiratif, karena dengan metode bercerita guru dapat mengatur kelas menjadi sederhana dan juga guru mudah dalam menguasai kelas . Dalam kegiatan pembelajaran, guru bercerita dengan buku cerita tentang anak yang jujur , guru menanyakan kepada siswa, tentang siapa saja tokoh pada cerita tersebut, isi akhir program, guru menyimpulkan tentang anak yang jujur , sehingga melalui cerita tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada anak, sehingga anak dapatengaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.
Video pembelajaran diatas sangat lah bermanfaat. Terimakasih
Salah khilaf mohon ampun dan maaf
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏
seperti video pembelajaran diatas
Nama : Sri Rati Safitri
Nim : 859790873
Menurut saya video ini sangat bagus karena saya juga mendapat ilmu setelah menonton video ini , dengan cara ini anak anak yg biasanya tidak mau menyelesaikan tugas yang diberikan guru menjadi termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya . Karena teman temannya mendapat Jepitan jemuran yg menjadi tanda telah menyelesaikan tugas. Cara ini sudah saya terapkan dikelas dan berhasil .
Nama : Sri Rati Safitri
Nim : 859790873
Menurut saya video ini sangat bagus karena saya juga mendapat ilmu setelah menonton video ini , dengan cara ini anak anak yg biasanya tidak mau menyelesaikan tugas yang diberikan guru menjadi termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya . Karena teman temannya mendapat Jepitan jemuran yg menjadi tanda telah menyelesaikan tugas. Cara ini sudah saya terapkan dikelas dan berhasil
Assalamu’alaikum wr wb
Ijin menanggapi video tersebut mengenai mengajarkan anak kejujuran melalui penjepit jemuran, terimakasih dengan video tersebut kami dapat belajar cara mengajarkan anak untuk belajar kejujuran mulai dari hal yang paling sederhana.
Sekian dan terimakasih