silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Sebaiknya guru melakukan kegiatan pendahuluan dengan lebih rinci yakni menyampaikan tujuan pembelajaran, membangkitkan motivasi siswa. Hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk lebih memudahkan siswa seperti, media megic board, serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi seperti kegiatan diskusi dan sebagainya. Guru juga hendaknya melakukan refleksi dan tidak lanjut pada akhir pembelajaran.
NAMA : WULANDARI
NIM : 856573212
Sebaiknya guru melakukan kegiatan pendahuluan dengan lebih rinci yakni menyampaikan tujuan pembelajaran, membangkitkan motivasi siswa. Hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk lebih memudahkan siswa seperti, media megic board, serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi seperti kegiatan diskusi dan sebagainya. Guru juga hendaknya melakukan refleksi dan tidak lanjut pada akhir pembelajaran.
Nama : Gilang Sabila Adam
NIM : 856576526
Setelah melihat video diatas menurut saya proses mengajar yg di lakukan sudah cukup baik. Tapi alangkah baiknya menggunakan pendahuluan seperti salam, absen serta bertanya kabar. Dan juga sebelum memulai pembelajaran alangkah baiknya mengulang pembelajaran yg sebelumnya dan berikan motivasi agar murid lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Metode yang dilakukan guru juga kurang menarik sehingga ada sebagian siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran tersebut.
Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut guru yg mengajar pelajaran matematika terdapat kekurangan yang dimana guru tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan dalam proses pembelajaran seperti mengabsen kehadiran siswa, dan juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Tetapi jika di dalam penjelasan materi yang disampaikan sudah cukup baik, tetapi penyampaian nya terlalu cepat sebaiknya disampaikannya pelan pelan saja agar siswa dapat menangkap materi tersebut.
Nama : Rasyid Hamdy Siregar
NIM : 859880054
Dari video pembelajaran tersebut bisa kita lihat bahwa siswa ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran yang dimana pada video tersebut guru memberikan kesempatan kepada siswa tentang pemahaman pelajaran matematika pada operasi hitung. Operasi hitung dalam pelajaran matematika memiliki 3 sifat yaitu sifat komutatif, asosiatif, dan distibutif.
Nama : IVA CATUR AGUSTINA
NIM : 857168308
PRODI : S1 – PGSD BI
Assalamualaikum ijinkan saya untuk menyampaikan pendapat tentang video yang saya tonton yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung” dapat dianalisis bahwa:
Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut, guru tersebut cukup baik dalam melakukan kegiatan pendahuluan dalam pembukaan pembelajaran. Guru sudah mampu membuat kaitan tentang pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya berupa penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa, sehingga hal tersebut dapat membuat pelajaran yang akan disajikan lebih bermakna. Pada kegiatan inti, guru sudah dapat melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, dimana hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran juga akan lebih bermakna bagi siswa.
Kekurangan dalam video tersebut adalah guru tidak melakukan kegiatan awal sebelum pembelajaran seperti menciptakan suasana kelas yang menarik, memeriksa kehadiran siswa, memberikan motivasi dan perhatian siswa, mengajukan pertanyaan tentang pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya sebelum melaksanakan kegiatan inti pembelajaran. dalam video tersebut juga guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran tetapi guru langsung masuk ke dalam kegiatan inti yaitu membahas materi dipelajari saat itu juga tentang memahami sifat pada operasi hitung.
kelebihan yang bisa saya lihat dari video diatas ialah guru mengajarkan metode yang mudah dipahamai oleh siswa nya sehingga gampang untuk para siswa menjawab nya
sedangkan kelemahan nya ialah guru tidak menyampaikan apa maksud dari tujuan pembelajaran tersebut.
Nama : Ayu Andira
Nim. : 856573323
dari video diatas bisa saya simpulkan bahwa kelebihan dari guru tersebut ialah guru mengajarkan metode yang lumayan mudah untuk dipahami siswa sehingga gampang untuk siswa menjawab pertanyaannya. sedangkan kelemahan nya ialah guru tidak menyampaikan apa maksud dari tujuan pembelajaran tersebut
Berdasarkan pengamatan saya dari video yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung” dapat dianalisis bahwa dapat dilihat seorang Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti menyapa siswa, menciptakan suasana kelas yang menarik, memeriksa kehadiran siswa, memberikan motivasi dan perhatian siswa, mengajukan pertanyaan tentang pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya sebelum melaksanakan kegiatan inti pembelajaran, dan juga menjelaskan tujuan pembelajaran dan langsung ke kegiatan inti yaitu membahas materi yang dipelajari yakni memahami sifat pada operasi hitung serta tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran seperti membahas kembali bahan pelajaran yang belum dikuasai dan memberikan latihan dan mengemukakan tentang topik yang akan dibahas untuk pertemuan yang selanjutnya.
NAMA : LELI YANA
NIM : 859880008
UPBJJ UT MEDAN
POKJAR LANGKAT
PRODI :S1 PGSD
Berdasarkan pengamatan saya dari video yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung” dapat dianalisis bahwa dapat dilihat seorang Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti menyapa siswa, menciptakan suasana kelas yang menarik, memeriksa kehadiran siswa, memberikan motivasi dan perhatian siswa, mengajukan pertanyaan tentang pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya sebelum melaksanakan kegiatan inti pembelajaran, dan juga menjelaskan tujuan pembelajaran dan langsung ke kegiatan inti yaitu membahas materi yang dipelajari yakni memahami sifat pada operasi hitung serta tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran seperti membahas kembali bahan pelajaran yang belum dikuasai dan memberikan latihan dan mengemukakan tentang topik yang akan dibahas untuk pertemuan yang selanjutnya.