silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

483 Comments

  1. Nama : Yusrizal Hamdani
    NIM : 856447537
    Prodi : S1 PGSD

    menurut saya
    1. kelebihan pada pembelajaran tersebut, guru sudah mampu menjelaskan sifat-sifat operasi hitung dengan baik sehingga mampu meningkatkan keaktifan siswa. pada pembelajaran tersebut juga sudah sangat jelas cara guru menyampaikan pembelajarannya dimulai dari yang termudah sehingga siswa mampu memahami pelajaran operasi hitung tersebut.
    2. kekurangan pada video tersebut, tidak adanya pembuka dan penutup dalam melaksanakan pembelajaran. dalam tayangan video tersebut hanya memyampaikan inti pokok pembelajaran.

  2. Nama : Wahyu Anggara
    NIM : 856565444

    Dari video pembelajaran yang dilakukan pada video ini ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dan juga kekurangan guru tersebut didalam mengajar diantaranya adalah guru tersebut mampu mendefinisikan sebagian materi pembelajaran dengan gaya bahasa yang ringkas,jelas dan mudah dipahami oleh siswa.Namun disebagian materi pembelajaran guru tidak dapat menjelaskan materi dengan baik.
    Selain itu guru tersebut sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut serta aktif didalam pembelajaran dengan meminta kepada siswa untuk memberikan contoh dari macam macam sifat.
    Namun yang perlu dikoreksi adalah disebagian sifat operasi hitung guru meminta kepada siswa untuk memberikan contoh terlebih dahulu padahal materi tentang sifat tersebut belum dijelaskan kepada siswa.kegiatan ini tepat agar anak dapat menemukan pengetahuan.akan tetapi seharusnya anak harus diberi kesempatan terlebih dahulu untuk mencari pengetahuan tersebut.
    Selanjutnya guru pun sudah mampu didalam membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara guru memberikan penguatan dari hasil contoh yang ditulis oleh siswa di depan kelas.
    Sekian dan Terima Kasih.🙏

  3. Nama : Endang Sutiawati
    NIM : 856616264
    Prodi : S1 PGSD
    Kelebihan :
    Dalam video pembelajaran tersebut, guru cukup baik dalam melakukan kegiatan pendahuluan untuk membuka pembelajaran. Guru sudah mampu membuat kaitan yakni pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya berupa penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa, sehingga hal tersebut akan dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih bermakna. Dan pada kegiatan inti, guru sudah dapat melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, dimana hal tersebut siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran.Pada kegiatan penutup guru juga tampak telah menyimpulkan pembelajaran atau menyampaikan inti pelajaran.

    Kekurangan :
    Kegiatan pendahuluan : guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta tidak memberikan motivasi ataupun guru tidak berusaha untuk menarik perhatian siswa, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh siswa.
    Kegiatan inti : Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang akan lebih memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan, guru hanya menggunakan metode ceramah yang cenderung akan mengurangi mint siswa Kegiatan penutup: Guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan diakhir pembelajaran.

    Saran : seharusnya guru melakukan kegiatan pendahuluan dengan lebih rinci yakni menyampaikan tujuan pembelajaran, membangkitkan motivasi siswa. Dan harusnya guru menggunakan media pembelajaran untuk lebih memudahkan siswa serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi seperti kegiatan diskusi dan sebagainya. pada kegiatan penutup guru juga hendaknya melakukan refleksi dan tindak lanjut.

  4. Nama : Yunita Wulan Sari
    NIM : 857040488
    Prodi : PGSD BI
    Pokjar : Kotaagung, Tanggamus

    Berdasarkan video tersebut, guru menjelaskan tentang operasi hitung bilangan bulat yang memiliki tiga sifat operasi hitung yaitu sifat asosiatif, komutatif, dan distributif. Guru baik dalam menjelaskan materi dan guru juga mengajak siswa berperan aktif dengan cara mengajak siswa mengerjakan latihan – latihan soal.

  5. Nama : Sapitri
    Nim. : 856617313
    Prodi. : PGSD BI
    Pokja. : Kota Jambi

    Dari vidio yang sudah saya lihat,guru mengajarkan bagaimana cara mempelajarkan memahami sifat pada operasi hitung yang terbagi menjadi tiga sifat antara lain sifat komutatif,sifat distributif dan yang terakhir sifat asosiatif.
    1. Sifat komutatif
    dua bilangan yang dijumlahkan hasilnya sama meskipun bilangannya berbeda dan letak antar-bilanganya ditukar.
    Contohnya : 9+8=8+9

    2. Sifat distributif
    operasi hitung yang digunakan dengan cara mengombinasikan atau menggabungkan bilangan hasil operasi dengan elemen kombinasi yang ada.
    Contohnya : (3×2)+(3×4)=3x(2+4)

    3. Sifat asosiatif
    kondisi ketika operasi hitung tiga angka atau lebih, hasilnya tidak bergantung pada pengelompokan dari angka yang dioperasikan.
    Contohnya: 3x(2×6)= 3×12=36

    Namun dalam pembelajaran tersebut terdapat kelemahan siswa yang hanya beberapa siswa yang hanya memahami pembelajaran tersebut,namun tidak semua siswa yang ada didalam kelas,malah sebagian besar tidak fokus dalam pembelajaran tersebut.

    Saran saya coba sebelum memulai pembelajaran coba guru mencari media yang lebih menarik dalam pembelajaran,biar siswa nya lebih aktif dan lebih semangat belajar nya .
    Terimakasih 🙏

  6. Nama: Junarni
    NIM : 857758087
    Prodi : S1 PGSD (Masukan sarjana)

    Dalam video pembelajaran ini, belum terlihat proses pendahuluan dalam pembelajaran seperti salam, doa, menanyakan kabar, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya. Guru juga belum terlihat menyampaikan apersepsi sehingga siswa penasaran dengan materi yang akan dipelajari. Disini juga terlihat guru kurang memberikan semacam ice breaking agar siswa lebih semangat. Pada kegiatan inti, guru sudah berhasil melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari siswa maju kedepan untuk menjawab pertanyaan yang sudah di tampilkan dipapan tulis. Hal tersebut juga dapat digunakan untuk melihat sejauh mana siswa dikelas paham terkait materi yang disampaikan. Setelah melihat video tersebut, alangkah lebih baik lagi jika guru menggunakan media pembelajaran atau metode yang lebih bervariasi untuk membuat siswa lebih tertarik karena dengan hanya menggunakan metode ceramah siswa cenderung cepat bosan dan kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.

  7. Yuni Yonfornika
    857166146
    Pokjar Tambun Selatan

    Bismillah…
    Jika saya amati video tersebut dari awal pembelajaran, menurut saya guru tidak melakukan pembukaaan pembelajaran, kemungkinan karena video yang singkat.
    Guru tidak menjelaskan lebih detail memgenai materi yang dipaparkan didepan kelas.
    Guru terlihat kurang menarik perhatian siswa dikarenakan pemberian materi yang sangat singkat, sehingga kemungkinan besar materi tersebut kurang dipahami siswa dan siswa tidak termotivasi.
    Guru kurang adanya penekanan dalam menyampaikan materi sehingga siswa terlihat bingung dan merasa bosan.

    Pada video tersebut, guru menyampaikan materi tentang sifat-sifat operasi hitung campuran. Guru memang memberikan pemahaman pada siswa dimana telah tergambarkan pada siswa yang mau maju kedepan untuk mengerjakan tugas.

  8. 1. Guru langsung menyampaikan kegiatan inti.
    2. Guru melakukan komunikasi dua arah dengan siswa.
    3. Siswa terlibat aktif saat pembelajaran dengan maju ke depan kelas untuk menyelesaikan soal.

  9. Guru langsug memberikan materi secara inti tidak memakai Pembukaan namun guru dan murid interaktif

  10. Nama : Jibran Jamaludin
    NIM : 824343268
    Pokjar : Palu

    pada video diatas terluhat guru sudah menjelaskan tentang sifat operasi hitung dengan cukup baik. namun pada proses pembelajaran masih terlihat sangat kaku,karna metode yang digunakan adalah metode ceramah,atau dua arah yaitu guru menjelaskan ,dan siswa mendengarkan. guru tidak menggunakan media atau bahan ajar yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga terlihat banyak siswa yang seperti kurang bergairah untuk mengikuti pembelajaran tersebut. hanya ada beberapa anak saja yang bisa fokus.

Leave a Reply