silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Intan Pebrianti Pandini
NIM : 857101245
PRODI : PGSD
Pokjar : Sukakarya Tambelang
Kelebihan :
Sebelum pembelajaran berlangsung guru melakukan pengaitan dengan materi yang di pelajari sebelumnya, menjelaskan bahwa akan belajar materi tentang sifat-sifat operasi hitung. Serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan kelas menjawab contoh soal yang guru berikan.
Kelemahan :
Pada kegiatan pembelajaran tersebut guru tidak melakukan kegiatan awal dan kegiatan akhir. Hanya terdapat kegiatan inti saja. Guru juga tidak memotivasi siswa yang menurut saya penting khususnya pada pembelajaran matematika. Guru juga tidak memberikan latihan soal atau PR kepada siswa.
Setelah diamati ada beberapa yang belum dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung
1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Guru tidak memberikan Motivasi
3. Guru tidak menyimpulkan pelajaran
4. Guru tidak memberikan penguatan
5. Guru tidak membuat kelompok
Pengamat pada siswa
1. Sebagian siswa tidak memperhatikan pembelajaran
2. Sebagian siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran
3. Siswa tidak melakukan kerja kelompok
4. Siswa tidak mengajukan pertanyaan
Guru tidak mengucapkan salam dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
Siswa terlihat antusias tetapi masih ada yang tidak memperhatikan penjelasan guru.
Nama : Nur Khabibah
NIM
Nama : Nur Khabibah
NIM : 857752821
Tanggapan saya dalam video yang disajikan diatas adalah guru telah menjelaskan tentang materi matematika yaitu sifat operasi hitung pada matematika. pada video diatas belum memberikan pembukaan yang lengkap kemungkinan dikarenakan pada saat itu merupakan penjelasan lanjutan pada saat mengajar.
kemudian guru meminta siswa untuk meriview materi pelajaran yang sudah diberikan kembali secara mandiri, lalu guru menjelaskan kembali tentang sifat-sifat operasi hitung. Penjelasan yang diberikan cukup jelas dengan memberikan soal contoh pada siswa serta pertanyaan ulang untuk siswa yang belum mengerti.
kemudian pada saat penutupan sebaiknya guru memberikan kesimpulan pada materi pembelajaran yang diberikan agar siswa lebih paham dengan materi tersebut. Untuk materi matematika ini guru juga memberikan soal latihan pada siswa agar mereka bisa berlatih dirumah dan menjadikan materi lebih mudah dipahami untuk waktu selanjutnya.
nama : sartika
nim : 858038452
prodi : S1 PGSD
menurut saya dalam video tersebut, guru menjelaskan dengan benar karena disertai contoh dan melibatkan siswa dalam penjelasannya. selama guru menjelaskan tentang operasi hitung, siswa mendengarkan dengan seksama
Nama :Randi kurniawan
Nim : 856455226
Universitas terbuka Pokjar Kemuning
Menurut saya pemeran guru dalam video tersebut menjelaskan cara operasi hitung terlalu cepat dan di dalam video juga terlihat siswa sangat mudah mengerti akan pembelajaran yang di sampaikan.sehingga kurang nya pembahasan yang mendalam dari operasi hitung itu sendiri.
Tetapi kelebihan dari video yang di tayangkan adanya cukup interaksi antara guru dan murid sehingga suasana kelas terasa hidup.
NAMA : RONALDO DWI RAHARJO
NIM :858685454
Dari video pembelajaran yang dilakukan pada video ini ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dan juga kekurangan guru tersebut didalam mengajar diantaranya adalah guru tersebut mampu mendefinisikan sebagian materi pembelajaran dengan gaya bahasa yang ringkas,jelas dan mudah dipahami oleh siswa.Namun disebagian materi pembelajaran guru tidak dapat menjelaskan materi dengan baik.
Selain itu guru tersebut sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut serta aktif didalam pembelajaran dengan meminta kepada siswa untuk memberikan contoh dari macam macam sifat.
Namun yang perlu dikoreksi adalah disebagian sifat operasi hitung guru meminta kepada siswa untuk memberikan contoh terlebih dahulu padahal materi tentang sifat tersebut belum dijelaskan kepada siswa.kegiatan ini tepat agar anak dapat menemukan pengetahuan.akan tetapi seharusnya anak harus diberi kesempatan terlebih dahulu untuk mencari pengetahuan tersebut
Nama : Tri Sutrisno
NIM : 856705758
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : Palembang
Pokjar : Lawang Wetan
menurut saya vidio ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
kelebihannya : guru menjelaskan pembelajaran dengan bagus, adanya metode tanya jawab antara guru dan siswa , dengan kata lain adanya hubungan timbal balik antara guru dengan siswa berjalan dengan baik. kekurangannya adalah diman guru tidak melakukan appersepsi dalam pembelajaran , guru tidak membuka pembelajaran, guru tidak mengabsen siswa, guru tidak memiliki rancangan pembelajaran. Saran saya tentang vidio ini seharusnya guru membuat rancangan pembelajaran , guru harus melakukan appersepsi, dan guru hendaknya menggunakan media yang lebih menarik lagi.
Dari video pembelajaran yang dilakukan, guru sudah menyampaikan dan menjelaskan nya dengan baik, bahasa yang digunakan juga mudah di mengerti anak-anak sehingga ada interaksi antara anak dan guru saat guru mengajak anak-anak untuk menjawab. Namun diakhir, guru seharusnya memberikan kesimpulan tentang materi yang telah di sampaikan.