silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : nosi Fitriyanti
NIM : 826233654
Progam Studi : PGSD
UPBJJ : bengkulu
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran pada video sudah sangat bagus karena guru melakukan kegiatan mengulas pembelajaran sebelumnya yang memberikan keterkaitan dengan pembelajaran selanjutnya. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk terlibat aktif dan berani memberikan contoh di depan kelas serta memberikan kata motivasi untuk anak anak lainnya agar berani maju kedepan. Kondisi kelas pun tenang serta anak-anak tampak fokus mengikuti pembelajaran yang disampaikan dengan bahasa sederhana sehingga mudah ditangkap.
Namun dalam pembelajaran guru belum menyampaikan tujuan awal pembelajaran serta kalimat-kalimat pemantik untuk anak. metode pembelajaran yang digunakan masih metode ceramah saja, serta belum menggunakan media pembelajaran untuk mendukung pemahaman anak lebih mudah.
NAMA : MUHAMMAD SOPIAN
NIM : 859895735
PRODI : PGSD BI S1
UPBJJ : MEDAN
POKJAR : MADINA
Dalam video tersebut telah jelas di jelaskan bahwa sifat- sifat dari operasi hitung.
Operasi hitung matematika secara umum memiliki tiga sifat, yaitu komutatif, asosiatif, dan distributif,
1. Sifat Komutatif (Pertukaran)
Sifat komutatif adalah sifat operasi hitung terhadap 2 bilangan yang memenuhi pertukaran letak antar bilangan sehingga menghasilkan hasil yang sama. Sifat komutatif juga disebut dengan hukum komutatif.
Operasi hitung yang memenuhi sifat komutatif menghasilkan hasil yang sama, walaupun letak bilangan yang dihitung saling ditukarkan.
Operasi hitung pada bilangan yang memenuhi sifat komutatif adalah penjumlahan dan perkalian.
*Sifat komutatif pada operasi penjumlahan dapat dirumuskan sebagai berikut,
a + b = b + a = c
contoh :
7 + 6 = 6 + 7 = 13
karena 7 + 6 = 13 dan 6 + 7 = 13
*Sifat komutatif pada operasi perkalian dapat dirumuskan sebagai berikut,
a × b = b × a = c
Contoh:
3 × 4 = 4 × 3 = 12
Karena 3 × 4 = 12 dan 4 × 3 = 12
*Sifat Komutatif tidak berlaku pada Pengurangan dan Pembagian
Contoh:
7 – 3 = 4 tidak sama dengan 3 – 7 = (-4)
2. Sifat Asosiatif (Pengelompokan)
Sifat asosiatif adalah sifat operasi hitung terhadap 3 bilangan menggunakan bantuan pengelompokan 2 bilangan dengan tanda kurung dan apabila pengelompokan ditukarkan hasil tetap sama. Sifat asosiatif juga disebut dengan hukum asosiatif.
operasi hitung yang memenuhi sifat asosiatif menghasilkan nilai yang sama, walaupun tanda kurung (pengelompokan) ditukarkan.
* Sifat asosiatif pada operasi penjumlahan dapat dirumuskan sebagai berikut,
(a + b) + c = a + (b + c) = d
Contoh:
(1 + 2) + 3 = 1 + (2 + 3) = 6
karena
(1 + 2) + 3 = 3 + 3 = 6
1 + (2 + 3) = 1 + 5 = 6
* Sifat asosiatif pada operasi perkalian dapat dirumuskan sebagai berikut,
(a × b) × c = a × (b × c) = d
Contoh:
(2 × 3) × 4 = 2 × (3 × 4) = 24
karena
(2 × 3) × 4 = 6 × 4 = 24
2 × (3 × 4) = 2 × 12 = 24
* Sifat Asosiatif tidak berlaku pada Pengurangan dan Pembagian
Contoh :
(8 – 4) – 2 = 4 – 2 = 2 tidak sama dengan
8 – (4 – 2) = 8 – 2 = 6
(24 : 6) : 2 = 4 : 2 = 2 tidak sama dengan
24 : (6 : 2) = 24 : 3 = 8
3. Sifat Distributif (Penyebaran)
Sifat distributif adalah sifat operasi hitung dengan 2 operasi hitung yang berbeda, salah satu operasi hitung berfungsi sebagai operasi penyebaran dan operasi lainnya digunakan untuk menyebarkan bilangan yang dikelompokkan dalam tanda kurung.
* Sifat distributif perkalian terhadap operasi penjumlahan dapat dirumuskan sebagai berikut,
a × (b + c) = (a × b) + (a × c) = d
Contoh:
2 × (3 + 4) = (2 × 3) + (2 × 4)
= 6 + 8
= 14
* Sifat distributif perkalian terhadap operasi pengurangan dapat dirumuskan sebagai berikut,
a × (b – c) = (a × b) – (a × c) = d
atau
a × (b – c) = (a × b) + (a × (-c)) = d
Contoh :
3 × (4 – 2) = (3 × 4) – (3 × 2)
= 12 – 6
= 6
Ini sama dengan
3 × (4 – 2) = 3 × 2
= 6
NAMA : SITI JAMI’ATUL KHOLIFAH
NIM : 858170314
PRODI : S1-PGSD BI
Kelebihan :
Assalamu’alaikum. Izin mengomentari video tersebut. Menurut saya, pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah cukup bagus dan mudah dipahami. Pada video pembelajaran tersebut, guru cukup baik dalam melakukan kegiatan pendahuluan untuk membuka pembelajaran. Guru sudah mampu membuat kaitan yakni pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya berupa penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa, sehingga hal tersebut akan dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih bermakna. Pada kegiatan inti, guru sudah dapat melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, dimana hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran juga akan lebih bermakna bagi siswa. Tampak guru sangat menguasai materi pembelajaran yang disampaikan. Pada kegiatan penutup guru juga tampak telah menyimpulkan pembelajaran atau menyampaikan inti pelajaran. pembelajaran yang disampaikan oleh ibu guru sudah baik, dimana terdapat interaksi antara siswa dengan guru yang baik, saat guru memberikan pertanyaan siswa mampu menjawab pertanyaan tersebut, saat guru menunjuk salah satu siswa untuk menyelesaikan soal yang dibuatoleh ibu guru siswa mampu menyelesaikan soal tersebut dengan benar
Kekurangan :
Pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta tidak tampak guru menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh siswa. Dalam video tersebut juga tidak terlihat guru memberikan acuan pembelajaran seperti tujuan (kemampuan) pembelajaran, sehingga siswa tidak mengetahui tujuan apa yang diharapkan dari materi yang akan dipelajari.
Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang akan lebih memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan, tampak guru hanya menggunakan metode ceramah yang cenderung akan mengurangi mint siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan diakhir pembelajaran.
Saran :
Hendaknya guru melakukan kegiatan pendahuluan dengan lebih rinci yakni menyampaikan tujuan pembelajaran, membangkitkan motivasi siswa. Hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk lebih memudahkan siswa seperti media – media yang bagus dan menarik, video di atas adalah metode pembelajar mungkin dapat diganti dengan kelompok dan media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga. serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi seperti kegiatan diskusi dan sebagainya. Guru juga hendaknya melakukan refeksi dan tindak lanjut pada akhir pembelajaran. agar siswa betul-betul mengerti dengan materi yang telah diajarkan.
Sekian dari saya, terimah kasih
NAMA : SITI JAMI’ATUL KHOLIFAH
NIM : 858170314
PRODI : PGSD BI
Assalamu alaikum wr wb
Saya akan mengomentari tentang vidio tersebut,
kelebihannya
menurut saya vidio pembelajaran tersebut sudah cukup jelas dan sangat bagus sekali, karena materi – materi yang di ajarkan sudah sangat jelas dan sangat menarik sekali. mulai dari kegiatan pembuka , inti dan penutup.
kekurangannya
media yang disajikan kurang kalau bisa dikasih media – media yang lebih menarik lagi dan ditambah lagi alat peraga , agar lebih menarik dan sangat jelas untuk siswa . Terima kasih
wassalamualaikum wr.wb
Nama : Dina rismaya
Nim :856573309
Parodi: pgsd S1
Menurut saya video pembelajaran di atas sudah bagus, namun di dalam video pembelajaran tersebut tidak ada kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup hanya terdapat kegiatan inti saja. Kegiatan pendahuluan berisi orientasi, presensi, apersepsi, motivasi. Sedangkan kegiatan penutup berisi guru menarik kesimpulan point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran, memeriksa pekerjaan siswa, berdoa dan mengucapkan salam penutup. Dalam video pembelajaran tersebut terlihat guru aktif mengajak peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat dan berani tampil. Peserta didik juga aktif menjawab pertanyaan dari guru dan berani tampil.
NAMA: QISTI ZULFIANI DINIKA
NIM: 856075899
PRODI: S1-PGSD
UPBJJ: BATAM
Dalam video pembelajaran, guru telah menguasai beberapa keterampilan dasar mengajar yaitu: – keterampilan bertanya – keterampilan memberi penguatan pembelajaran – keterampilan mengadakan variasi pembelajaran – keterampilan menjelaskan materi pembelajaran secara singkat namun dapat di mengerti Peserta Didik – keterampilan membuka dan menutup pembelajaran – keterampilan mengelola kelas – keterampilan mengajar kelompok kecil perorangan namun, dalam keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil belum dapat di analisis karena pembelajaran menggunakan metode kelompok kecil perorangan.
NAMA: ASTER RIKO
NIM : 858904247
PRODI : PGSD
UPBJJ : JEMBER
POKJAR : UMBULSARI
Dalam video tersebut telah jelas di jelaskan bahwa sifat- sifat dari operasi hitung.
Operasi hitung matematika secara umum memiliki tiga sifat, yaitu komutatif, asosiatif, dan distributif,
1. Sifat Komutatif (Pertukaran)
Sifat komutatif adalah sifat operasi hitung terhadap 2 bilangan yang memenuhi pertukaran letak antar bilangan sehingga menghasilkan hasil yang sama. Sifat komutatif juga disebut dengan hukum komutatif.
Operasi hitung yang memenuhi sifat komutatif menghasilkan hasil yang sama, walaupun letak bilangan yang dihitung saling ditukarkan.
Operasi hitung pada bilangan yang memenuhi sifat komutatif adalah penjumlahan dan pertambahan.
*Sifat komutatif pada operasi penjumlahan dapat dirumuskan sebagai berikut,
a + b = b + a = c
contoh :
7 + 6 = 6 + 7 = 13
karena 7 + 6 = 13 dan 6 + 7 = 13
*Sifat komutatif pada operasi percepatan dapat dirumuskan sebagai berikut,
a × b = b × a = c
Contoh:
3 × 4 = 4 × 3 = 12
Karena 3 × 4 = 12 dan 4 × 3 = 12
*Sifat Komutatif tidak berlaku pada Pengurangan dan Pembagian
Contoh:
7 – 3 = 4 tidak sama dengan 3 – 7 = (-4)
2. Sifat Asosiatif (Pengelompokan)
Sifat asosiatif adalah sifat operasi hitung terhadap 3 bilangan menggunakan bantuan pengelompokan 2 bilangan dengan tanda kurung dan apabila pengelompokan ditukarkan hasil tetap sama. Sifat asosiatif juga disebut dengan hukum asosiatif.
operasi hitung yang memenuhi sifat asosiatif menghasilkan nilai yang sama, walaupun tanda kurung (pengelompokan) ditukarkan.
* Sifat asosiatif pada operasi penjumlahan dapat dirumuskan sebagai berikut,
(a + b) + c = a + (b + c) = d
Contoh:
(1 + 2) + 3 = 1 + (2 + 3) = 6
karena
(1 + 2) + 3 = 3 + 3 = 6
1 + (2 + 3) = 1 + 5 = 6
* Sifat asosiatif pada operasi pertambahan dapat dirumuskan sebagai berikut,
(a × b) × c = a × (b × c) = d
Contoh:
(2 × 3) × 4 = 2 × (3 × 4) = 24
karena
(2 × 3) × 4 = 6 × 4 = 24
2 × (3 × 4) = 2 × 12 = 24
* Sifat Asosiatif tidak berlaku pada Pengurangan dan Pembagian
Contoh :
(8 – 4) – 2 = 4 – 2 = 2 tidak sama dengan
8 – (4 – 2) = 8 – 2 = 6
(24 : 6) : 2 = 4 : 2 = 2 tidak sama dengan
24 : (6 : 2) = 24 : 3 = 8
3. Sifat Distributif (Penyebaran)
Sifat distributif adalah sifat operasi hitung dengan 2 operasi hitung yang berbeda, salah satu operasi hitung berfungsi sebagai operasi penyebaran dan operasi lainnya digunakan untuk menyebarkan bilangan yang tersembunyi dalam tanda kurung.
* Sifat distributif pertambahan terhadap operasi penjumlahan dapat dirumuskan sebagai berikut,
a × (b+c) = (a × b) + (a × c) = d
Contoh:
2 × (3 + 4) = (2 × 3) + ( 2 × 4)
= 6 + 8
= 14
* Sifat penambahan distributif terhadap operasi pengurangan dapat dirumuskan sebagai berikut,
a × (b – c) = (a × b) – (a × c) = d
atau
a × (b – c) = (a × b) + (a × (-c)) = d
Contoh :
3 × (4 – 2) = (3 × 4) – (3 × 2)
= 12 – 6
= 6
Ini sama dengan
3 × (4 – 2) = 3 × 2
= 6
adalah: Guru masih kurang menguasai materi. Hal ini ditunjukkan saat guru sedikit ragu ketika ia mencontohkan sifat operasi hitung distributif. Selain itu, pemanfaatan media juga kurang. Selama pembelajaran berlangsung, guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan siswa. Hanya beberapa siswa saja yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung materi yang sudah mereka terima.
3. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran. Siswa terlihat aktif menjawab ketika guru bertanya dan mampu mengkondisikan siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.
4. Untuk keunikan dalam pembelajaran saya belum melihatnya. Namun, saya cukup kagum dengan bonding antara guru dan siswa. Siswa dan guru memiliki kepercayaan yang cukup baik, sehingga meskipun guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, siswa tetap memperhatikan dan antusias untuk maju ke depan menyelesaikan latihan dari guru.
5. Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran semakin baik adalah:
Sebaiknya, selain mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan diterima siswa, guru dapat melakukan serangkaian kegiatan pendahuluan, seperti berdoa, menyanyikan lagu nasional, bisa juga menambahkan kegiata literasi dan yang terpenting adalah menyampaikan tujuan pembelajaran serta motivasi yang dapat meningkatkan semangat dan minat belajar. Kemudian, pada kegiatan inti, guru bisa mengolaborasikan beberapa metode, tidak hanya ceramah dan tanya jawab, tetapi bisa juga dengan metode diskusi dengan cara membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan soal latihan sebagai alat penilaian selama pembelajaran. Lalu, pada kegiatan penutup, selain memberikan kesimpulan, guru bisa mereview ulang materi yang telah ia sampaikan dan memberitahu sekilas tentang materi selanjutnya. Jika diperlukan guru bisa memberikan motivasi sebelum mengakhiri pembelajaran, serta berdoa bersama.
Berikut pendapat saya. Terima kasih.
tinaasih60 says:
April 15, 2023 at 4:50 am
Nama : Tina Asih
Nim : 857498425
Prodi : PGSD S1
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran pada video sudah sangat bagus.
Kelebihan :
Guru melakukan kegiatan mengulas pembelajaran sebelumnya . Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk terlibat aktif dan berani memberikan contoh di depan kelas serta memberikan kata motivasi untuk anak anak lainnya agar berani maju kedepan. Kondisi kelas pun tenang serta anak-anak tampak fokus mengikuti pembelajaran yang disampaikan dengan bahasa sederhana sehingga mudah ditangkap.pada kegiatan penutupnya juga sudah lumayan bagus, guru menyimpulkan materi yang telah di bahas.
Kekurangan:
Dalam pembelajaran guru belum menyampaikan tujuan awal pembelajaran dan kurang mengapersepsi siswa,tidak memberikan kesempatan kpada anak untuk bertanya,dan guru tidak memberikan applause kepada siswa yang telah aktif serta kurangnya kalimat-kalimat pemantik untuk anak. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan diakhir pembelajaran.
dihetheresia says:
April 15, 2023 at 9:54 am
Nama Theresia Avila Dien
Nim 859616438
Pokjar Nabire
Upbjj Jayapura
Salam kenal
Berdasarkan video pembelajaran yang saya amati, guru menjelaskan materi dengan baik sehingga dapat dipahami oleh para siswa, kemudian siswa mengamati dan memahami materi dengan baik dan mampu menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru, selain itu juga guru memberikan pekerjaan rumah, agar siswa dapat lebih memahami dan mengerti tentang materi yang di ajarkan
mayangs1320 says:
April 15, 2023 at 2:36 pm
Dewi Mayang Sari [ 858422169] [PGSD-S1]
saya setuju dengan pendapat anda, karena selain guru menjelaskan guru juga memberikan kesempatan pada siswa agar dapat berani maju ke depan untuk memberikan contoh. kemudian pada saat pelajarab cara guru menjelaskan juga sangat mudah di pahami karena guru setelah menjelaskan kemudian memberikan contoh dan memerikan kesempatan untuk siswa bisa aktif di dalam kelas dan memahami pembelajaran tersebut.
snikipermata says:
April 15, 2023 at 2:50 pm
Nama : Niki Permata Sari,S.Pd
Nim : 856253371
Prodi : PGSD BI S1
UPBJJ : Padang
Dalam video ini kita bisa menganalisis beberapa kekurangan yang dapat kita sampaikan, dari guru yang mengajar kita dapat menganalisis pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta tidak tampak guru menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa, metode yang digunakan hanya menoton dan interaksi yang dilakukan guru tidak ada di dalam kelas sehingga anak merasa bosan saat belajar dan mendengarkan, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, dari materi ini guru tidak membuat kelompok belajar sehingga materi pembelajaran yang disampaikan tidak kondusif
Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang akan lebih memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan, tampak guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga metode yang dilakukan tidak ada media pembelajarannya, yang cenderung akan mengurangi permintaan siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan di akhir pembelajaran. Sehingga tidak ada yg bertanya apakah anak sudah mengerti dengan pembelajaran
snikipermata berkata:
15 April 2023 pukul 14:55
Nama : Niki Permata Sari,S.Pd
Nim : 856253371
Prodi : PGSD BI S1
UPBJJ : Padang
tampak guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga metode yang dilakukan tidak ada media pembelajarannya , yang cenderung akan mengurangi permintaan siswa karena pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan di akhir pembelajaran. Sehingga tidak ada yg bertanya apakah anak sudah mengerti dengan pembelajaran
rikamaya2020 says:
April 15, 2023 at 3:06 pm
Nama : Rika Maya Saputri
Nim : 835672502
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : UT Pekanbaru
Menurut saya dalam video pembelajaran diatas, materi yang disajikan sudah runtut dan sistematis. Penyampaian materi tidak berbelit Belit sehingga peserta didik mudah untuk memahami. Selain itu dalam penyampaian materi, guru sudah melibatkan siswa secara langsung untuk menyelesaikan kepapan tulis
Namun terdapat hal hal yang masih menjadi kekurangan untuk dilakukan perbaikan bersama diantara nya:
1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan. Padahal dalam kegiatan pendahuluan ini kita bisa mengetahui kesiapan siswa sebelum mengikuti proses belajar mengajar.
2. Guru tidak melakukan mobilisasi kelas. Hal ini dapat terlihat guru hanya berdiri saja didepan, dan tidak memantau bagaimana kondisi siswa yang berada dibelakang.
3. Guru tidak memberikan penugasan kepada peserta didik sebagai tolak ukur pemahaman materi yang disampaikan.
4. Guru tidak mengembangankan metode pembelajaran yang bervariatif.
5. Guru tidak memberikan melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa, karena dalam video lebih banyak siswa yang terlihat lesu dari pada yang samangat
Dan sebagai penutup alangkah baiknya kita memberikan reward kepada peserta didik yang sudah aktif dalam kegiatan pembelajaran, misalnya hanya sebuah tepuk tangan atau memberikan ice breaking yang sederhana, sehingga siswa lain juga termotivasi untuk melakukan hal yang sama.
Sekian dan terimakasih.
RIA AYU LESTARI says:
April 15, 2023 at 3:19 pm
Nama : Ria Ayu Lestari
NIM : 823488113
Prodi : S1 PGSD
Upbjj : Pekabaru
Pokjar : Bangko
menurut saya vidio ini memiliki kelebihan dan kekurangan , kelebihannya : guru menjelaskan pembelajaran dengan bagus, adanya metode tanya jawab antara guru dan siswa , dengan kata lain adanya hubungan timbal balik antara guru dengan siswa berjalan dengan baik. kekurangan nya adalah diman guru tidak melakukan appersepsi dalam pembelajaran , guru tidak membuka pembelajaran, guru tidak mengabsen siswa, guru tidak memiliki rancangan pembelajaran. Saran saya tentang vidio ini seharusnya guru membuat rancangan pembelajaran , guru harus melakukan appersepsi, dan guru hendaknya menggunakan media yang lebih menarik lagi.
Selfa sari says:
April 15, 2023 at 4:35 pm
Nama : Selfa sari
Nim : 856456203
Prodi : S1-PGSD
Menurut saya pada video pembelajaran tersebut guru kurang memberikan apersepsi untuk pembukaan pembelajaran sehingga dalam video tersebut siswa tampak belum siap mengikuti pembelajaran. Untuk materi yang disampaikan sudah cukup baik namun guru tidak memberikan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa
Eva Octavia says:
April 15, 2023 at 11:23 pm
NAMA : EVA OCTAVIA
NIM : 858822408
Dalam video pembelajaran tersebut, guru meminta siswa untuk meriview materi pelajaran yang sudah diberikan kembali secara mandiri, lalu guru menjelaskan kembali tentang sifat-sifat operasi hitung. Penjelasan yang diberikan cukup jelas dengan memberikan soal contoh pada siswa serta pertanyaan ulang untuk siswa yang belum mengerti. Guru juga memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan berani untuk maju didepan kelas untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.
Selpani Orlanda says:
April 16, 2023 at 1:30 am
Nama: Selpani Orlanda
NIM. : 856256037
Prodi. : PGSD Masukan Sarjana
UT Padang
Bismillah…
Dari vidio pembelajaran yang saya lihat, menurut saya sebaiknya guru memulai pembelajaran dengan pendahuluan dengan memberi motivasi atau yel-yel agar anak semangat dan termotivasi dalam melajar matematika. Sebab dari vidio tetsebut masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, karena guru menjelaskan materi tidak nampak dari dasarnya. Sehingga siswa yang kurang paham hanya banyak diam dan siswa yang cepat tanggap saja yang mengerti dalam penyampaian guru. Sebaiknya guru lebih banyak memberikan contoh-contoh terhadap pembelajaran matematika sehingga teori yang disampaikan dapat dipahami oleh banyak siswa.
athoillahmohamad says:
April 16, 2023 at 9:01 am
Nama : Mohamad Athoillah
NIM : 858794015
UPBJJ : UT Malang
analisis video tersebut;
video tersebut tidak menampilkan kegiatan awal/pembuka dan kegiatan akhir/penutup. menurut saya proses belajar mengajarnya sudah bagus namun ada beberapa hal yang perlu untuk diperbaiki seperti awal dalam kegiatan inti alangkah baiknya jika ada penanaman pemahaman awal, atau pembahasan yang menerangkan tentang materi yang sedang di bahas. kemudian media juga berperan penting dalam suatu pembelajaran, apabila pembelajaran itu menggunakan media maka kelas akan semakin aktif dan peserta didik menjadi semangat dalam pembelajaran. selain itu pembentukan kelompok-kelompok kecil juga akan mempengaruhi jalannya pembelajaran, apabila pembelajaran itu membentuk kelompok-kelompok kecil maka peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran akan ikut dalam memahami pelajaran tersebut.
muhammadrijalqoyyim says:
April 16, 2023 at 9:38 am
Nama : Muhammad Rijal Qoyyim
Nim : 856818237
Pokjar : argamakmur
Program studi : s1 PGSD
Kekurangan
Kalau saya melihat kekurangan dari video tadi mungkin dimana guru pada saat membuka pembelajaran, belum terlihat memotivasi siswa terlebih dahulu, Kemudian saat memberi pembelajaran guru maish kurang dalam membangun kominikasi dua arah, terlebih ini adalah pelajaran matematika.
Kelebihan
Setelah saya melihat video sudah memberikan tujuan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung, yang di mana telah tergambarkan pada saat siswa maju ke depan dengan memberikan jawaban yang benar .
indahprmtha says:
April 16, 2023 at 11:14 am
NAMA : NI WAYAN INDAH PARAMITHA
NIM : 859032501
PRODI : PGSD BI S1
UPBJJ : DENPASAR
POKJAR : KUTA UTARA
Menurut saya, dalam video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan :
Guru sudah melakukan apresepsi pada kegiatan pendahuluan untuk membuka pembelajaran. Guru sudah mengkaitkan pengetahuan yang dimiliki siswa melalui contoh soal penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa. Hal ini dapat membuat materi pelajaran yang disajikan lebih bermakna. Pada kegiatan inti pembelajaran, guru sudah dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran secara langsung sehingga pembelajaran berlangsung dua arah.
Kekurangan:
Pada kegiatan pendahuluan, guru kurang menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas kepada siswa. Guru juga kurang menggunakan media pembelajaran, hal ini menyebabkan proses pembelajaran kurang menarik. Tidak hanya itu, pada kegiatan penutup guru tidak membuat kesimpulan sehingga pemahaman materi pembelajaran anak-anak masih belum maksimal sehingga dapat menyebabkan kekeliruan dalam mengerjakan tugas.
enisyahvitri says:
April 16, 2023 at 3:32 pm
NAMA : ENI SYAVITRI
NIM : 856021897
PRODI : PGSD-S1
UPBJJ : MEDAN
POKJAR : ASAHAN
Menurut saya pada video pembelajaran tersebut dalam kegiatan pendahuluan guru telah mampu membuat kaitan pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya tetang penjumlahan dan pengurangan dengan materi yang akan dipelajari . Guru juga tampak menguasai materi pembelajaran yang disampaikan.
Namun, pada video pembelajaran tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak tampak menyampaikan motivasi untuk menarik perhatian siswa. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran da hanya menggunakan metode ceramah yang membuat siswa mudah bosan dan sulit untuk memahami pembelajaran.
Risma Rosita says:
April 16, 2023 at 9:27 pm
Nama : Risma Rosita
NIM : 859616176
Semester : 8
UPBJJ : Jayapura
Menurut pendapat saya dalam video diatas mengenai guru yang mengajar pelajaran matematika kelas empat memiliki kekurangan dalam pembuka di kelas seperti salam, bertanya kabar, absensi, padahal seharusnya guru memberi motivasi atau masukan terlebih dahulu sebelum ke materi yang ingin di sampaikan.
Tetapi jika di dalam penjelasan materi yang di berikan sudah cukup baik karena materi yang di berikan membuat siswa aktif dalam menjawab pertanyaan yang di berikan.
witrialwi100 says:
April 16, 2023 at 9:37 pm
Nama : Witri
Nim : 856068822
Prodi : PGSD-SI
UPBJJ : Medan
Pokjar : Asahan
Menurut pendapat saya dalam video pembelajaran tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, akan tetapi dalam penambahan pembelajaran tersebut guru tersebut dapat dengan mudah menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat lebih mudah memahami apa yang telah disampaikan guru tersebut.
Pembahasan yang disampaikan oleh guru tersebut yaitu “memahami sifat operasi hitung”
Adapun sifat-sifat operasi hitung terbagi 3 yaitu:
1. Sifat komunitatif
Adapun contoh yang bisa saya berikan yaitu 3+4 =4+3, mengapa bisa demikian karena suatu pertukaran jika kita jumlah maka hasilnya akan tetap sama sehingga tidak mempengaruhi hasil dari sisi mana permainan kata-kata.
2. Sifat Distributor
Contoh dari sifat distributif ini
(5×3) +(5×5) = 5x(2+4) =5×6 =30, sebab pada sifat distributif ini referensi yang sama 3. Sifat Asosiatif 3x
(
6 ×6) =3×36 =108 , meski bilangan berbeda tapi akan tetap menghasilkan nilai yang sama.
Dalam hal ini agar saya dapat menarik kesimpulan sebagai tenaga pendidik kita harus dapat memperhatikan metode apa yang dapat menarik minat belajar siswa sehingga pembelajaran tersebut dapat efektif dan membuat siswa lebih mudah memahaminya
Ika Julianti Tanjung berkata:
16 April 2023 pukul 21:57
Nama : Ika Julianti Tanjung
Nim. : 856037914
UPJJ. : Medan
Dalam media pembelajaran tersebut, dimana terdapat kekurangan guru tidak melakukan awal pendahuluan atau pembukaan dalam proses pembelajaran kurang memotivasikan sehingga siswa kurang semangat dalam belajar.
Dan pada kegiatan inti sudah terlihat bagus,di mana cara memandu guru tersebut terlihat efektif ,sehingga siswa terlihat aktif dalam proses tanya jawab yang diberikan oleh guru.
Namun dalam video tersebut tidak mengkhairin dengan penutupan.sekian dari saya terimah kasih.
Restiana berkata:
16 April 2023 pukul 10:13 malam
Nama : Restiana
Nim : 856991276
Kelas : A (semester 6)
Pokjar : Sidomulyo
Kelebihan :
Pada video pembelajaran di atas, guru sudah cukup baik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Penjelasan materi dengan suara yang lantang dan jelas mampu membuat anak murid semakin fokus dan memahami materi pembelajaran. Guru mampu melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik dan dapat dipahami oleh siswa.
Kekurangan:
Pada video pembelajaran di atas guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan sebelum melakukan proses pembelajaran, guru tidak mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan guru tidak tampak menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa.
Pada kegiatan inti, guru menggunakan metode ceramah yang cenderung mengurangi minat siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Dan sangat monoton tidak ada kegiatan permainan edukatif yang mendukung proses belajar mengajar.
Pada kegiatan penutup, guru tidak menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa. Guru tidak menanyakan kembali kepada siswa apakah siswa sudah paham atau belum mengenai materi pembelajaran yang sudah diberikan. Sebaiknya, guru juga memberi penghargaan kepada siswa atas usahanya dalam belajar.
Restiana says:
April 16, 2023 at 10:14 pm
Nama : Restiana
Nim : 856991276
Kelas : A (semester 6)
Pokjar : Sidomulyo
Kelebihan :
Pada video pembelajaran di atas, guru sudah cukup baik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Penjelasan materi dengan suara yang lantang dan jelas mampu membuat anak murid semakin fokus dan memahami materi pembelajaran. Guru mampu melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik dan dapat dipahami oleh siswa.
Kekurangan:
Pada video pembelajaran di atas guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan sebelum melakukan proses pembelajaran, guru tidak mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan guru tidak tampak menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa.
Pada kegiatan inti, guru menggunakan metode ceramah yang cenderung mengurangi minat siswa karena pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Dan sangat monoton tidak ada kegiatan permainan edukatif yang mendukung proses belajar mengajar.
Pada kegiatan penutup, guru tidak menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa. Guru tidak menanyakan kembali kepada siswa apakah siswa sudah paham atau belum mengenai materi pembelajaran yang telah diberikan. Sebaiknya, guru juga memberikan penghargaan kepada siswa atas pencapaian dalam belajar.
rinaswara70 berkata:
16 April 2023 pukul 22:24
Rina Widyaiswara
859616262
Menurut pendapat saya dari Vidio di atas penjelasannya sudah bagus .guru juga menggunakan metode tanya jawab untuk melibatkan siswa lebih aktif.namun kekurangan dari Vidio tersebut adalah pada kegiatan pendahuluan guru tdk memahami salam,tidak mengabsen siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran .
Pada saat penutup guru memberikan kesimpulan pada materi pembelajaran yang diberikan agar siswa lebih paham serta guru harus memberikan tugas PR agar siswa lebih jelas materi yang telah di ajari.
fattarif14 berkata:
17 April 2023 pukul 7:26 pagi
Nama: Siti Fatimah
NIM: 858792835
Program Studi: S1-PGSD (Semester 8)
UPBJJ: Malang
Pokjar: Ngunut, Tulungagung
Menurut saya gaya mengajar yang dilakukan guru pada video tersebut sudah bagus dengan menggunakan materi review sebelumnya dan mengajak siswa untuk aktif. Dengan gaya belajarnya yaitu guru memberikan pengertian sifat-sifat operasi hitung kemudian memberikan satu contoh dan membuat soal di papan tulis dan meminta siswa untuk maju ke depan untuk langsung menjawab. Dengan metode pembelajaran tersebut menjadi semangat dan aktif serta tidak bosan siswa.
Kekurangan dalam video pembelajaran tersebut:
-Tidak ada penjelasan untuk tujuan materi pembelajaran tersebut.
-Ketika dalam penutup pelajaran, guru tidak memberikan PR agar pemahaman bisa lebih baik karena hanya sekilas seperti tu dan tidak semua siswa yang maju kedepan ditakutkan siswa bisa mudah lupa.
-Supaya pembelajaran menarik hendaknya guru menyiapkan media pembelajaran supaya bisa benar-benar faham akan materi tersebut.
Sekian dari saya, terimakasih.
ali marzuki berkata:
17 April 2023 pukul 13:08
Nama : Ali Marzuki
Nim : 858169398
Pokjar : Tulangan
jurusan : PGSD – S1
Menurut pendapat saya terkait video bu guru tersebut, ibu guru tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan atau apersepsi, yaitu salam, menanyakan kabar siswa, memberikan penguatan/motivasi, mengecek kehadiran siswa, menanyakan perlengkapan alat tulis, ini sangat penting dilakukan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran atau memasuki kegiatan inti, siswa akan mendengarkan penjelasan guru dengan tenang dan fokus.
Guru tidak memberikan tugas latihan kepada siswa secara keseluruhan atau berkelompok tentang materi yang dijelaskan oleh guru tersebut, hanya beberapa perwakilan dari siswa yang mencoba mengerjakan contoh soal di papan, perlu diberikan soal latihan baik dikelas atau pekerjaan rumah (PR) sehingga guru akan bisa melihat seberapa jauh pemahaman siswa dalam memahami materi dan di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dan penutupan dalam materi tersebut, alangkah baiknya guru memberikan penguatan diakhir pemebalajaran, apa makna atau manfaat mempelajari materi ini
Kegiatan inti dalam menjelaskan materi tersebut, sangat bagus sekali, dalam memulai pembelajaran, mereview materi hitung sebelumnya, menjelaskan dan memberikan contoh, siswa akan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru, metode yang digunakan oleh guru tersebut juga sangat aktif, tanya jawab, siswa tampil percaya diri karena penjelasan dari guru tersebut bisa mudah dicerna oleh siswa
1
dermawisiagian says:
April 17, 2023 at 6:56 pm
Nama : Dermawi Siagian
Nim : 856075724
Pokjar : UT Batam
jurusan : PGSD – S1/Sem: 6
Nama : Dermawi Siagian
Nim : 856075724
Pokjar : UT Batam
jurusan : PGSD – S1/Sem: 6
Menurut saya tentang sistem pembelajaran yang disampaikan ibu tersebut adalah cukup baik, dikarenakan di dalam video tersebut ibu guru tidak menyampaikan kegiatan pendahuluan (apersepsi) misalnya menanya kabar, keadaan siswa, memotivasi siswa sebelum belajar sehingga siswa memiliki semangat untuk belajar, tidak mengulang materi pembelajaran sebelumnya, dan sebagainya. Sebaiknya, sebelum pembelajaran , guru melakukan pendahuluan seperti di atas agar siswa terpacu untuk belajar.
Di kegiatan penutup (refleksi) ibu guru juga tidak memberikan penguatan kepada siswa. Seabiknya guru memberikan refleksi sehingga siswa tidak trauma untuk belajar memahami sifat pada operasi hitung.
Kelebihan: dalam penyampaian materi guru sangat bagus dikarenakan peserta didik antusias dan tidak malu saat guru meminta siswa untuk menegrjakan ke depan.
Terimaksih
laiayanisa72 says:
April 18, 2023 at 5:41 am
NAMA : YANISA LAIA
NIM : 817507596
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : 12 Medan
POKJAR : Teluk Dalam
Dari Video Pembelajaran yang disampaikan Oleh Ibu Guru diatas kelemahannya adalah Pada awal Kegiatan Pembelajaran tidak menjelaskan Sifat-sifat Operasi hitung yang terdiri dari 3 , yaitu sifat komutatif,sifat distributif dan sifat asosiatif, dan apa artinya serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut.
Ibu Guru Juga cara mengajarnya terlalu cepat, dan tidak memberikan semangat belajar kepada siswa, misalnya sebelum memulai pembelajaran ibu Guru memancing Gairah belajar anak Misalnya bernyanyi sebelum memulai pembelajaran.Sekian tanggapan ndari saya.
Tika liana says:
April 18, 2023 at 9:48 am
Nama : Tika Liana
Nim : 858056396
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : 47/Pontianak
Pokjar: Melawi
Menurut pendapat saya pada video pembelajaran di atas mengenai guru yang mengajar pelajaran matematika tersebut terdapat kekurangan yang di mana guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan atau pembukaan dalam proses pembelajaran, guru juga tidak mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar di kelas, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak tampak menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa,
Tetapi jika di dalam penjelasan materi yang disampaikan sudah cukup baik karena materi yang diberikan membuat siswa lebih aktif dan menjawab pertanyaan yang diberikan.
astiwulandari795 says:
April 18, 2023 at 2:22 pm
Nama : Asti
Nim. : 859170854
Prodi. :S1 PGSD – AKPM/ 118
UPJJ. :MATARAM
Pokjar:kabupaten Bima Menurut pendapat saya Vidio diatas tidak ada apersepsi dan ibu guru langsung masuk pada materi.terus anak anak ada yang belum siap untuk menerima mata pelajaran yang dikasih sama ibu guru sehingga anak-anak yang duduk di depan sudah memahami sdangkan anak2 yg duduk d belakang belum memahami materi yg ibu guru kasih karna dalam video ini ibu guru tidak menjelaskan materi sedetail mungkin, di kegiatan penutup (refleksi) ibu guru tidak memberikan penguatan kepada siswa, sebaik nya ibu guru memberika refleksi sehingga siswa tidak bosan untuk menerima pelajaran sifat operasi hitung..
nursanirasabou1982 says:
April 18, 2023 at 3:32 pm
Nama : NUR SANI
NIM : 859169978
Prodi : S-1 PGSD (AKPMM) / 118
Pokjar : Kabupaten Bima
UPBJJ : Mataram
Setelah saya menyimak video dalam laman Guru Pintar Online (GPO), yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung”, menurut pendapat saya siswa terlihat terlalu tegang dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Terlihat tidak ada kesiapan dari para siswa. Ketidaksiapan siswa tersebut disebabkan karena tidak adanya apersepsi dari guru.
Karena apersepsi dari guru itu sangat penting untuk memberikan stimulus dan memotivasi semangat belajar siswa.
Sebagai penutup pembelajaran, seharusnya guru dapat memberikan pekerjaan rumah (PR) pada siswanya, supaya pemahaman siswa dalam menerima pelajaran tersebut tidak cepat lupa.
Kelebihan dari video di atas, adanya beberapa siswa yang aktif saat gurunya menyuruh maju ke depan untuk menyelesaikan soal yang disediakan oleh gurunya.
arifinmamin1 says:
April 18, 2023 at 9:07 pm
NAMA :ARIFIN
NIM : 859151173
PRODI : S1-PGSD
Rumusan analisis masalah
Pada video pembelajaran tersebut, guru cukup baik dalam melakukan kegiatan pendahuluan untuk membuka pembelajaran. Guru sudah mampu membuat kaitan yakni pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya berupa penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa, sehingga hal tersebut akan dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih bermakna. Pada kegiatan inti, guru sudah dapat melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, dimana hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran juga akan lebih bermakna bagi siswa. Tampak guru sangat menguasai materi pembelajaran yang disampaikan. Pada kegiatan penutup guru juga tampak telah menyimpulkan pembelajaran atau menyampaikan inti pelajaran.
identifikasi masalah
Pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta tidak tampak guru menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh siswa.
Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang akan lebih memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan, tampak guru hanya menggunakan metode ceramah yang cenderung akan mengurangi mint siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan diakhir pembelajaran.
solusi yang ditempuh terhadap masalah :
Hendaknya guru melakukan kegiatan pendahuluan dengan lebih rinci yakni menyampaikan tujuan pembelajaran, membangkitkan motivasi siswa. Hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk lebih memudahkan siswa seperti media magic board, serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi seperti kegiatan diskusi dan sebagainya. Guru juga hendaknya melakukan refeksi dan tindak lanjut pada akhir pembelajara
deliusmandra87 says:
April 18, 2023 at 10:35 pm
NAMA : DELIUS GIAWA
NIM : 818971629
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : 12 MEDAN
POKJAR : TELUK DALAM
Dari Video Pembelajaran yang disampaikan Oleh Ibu Guru diatas kelemahannya adalah Pada awal Kegiatan Pembelajaran tidak menjelaskan Sifat-sifat Operasi hitung yang terdiri dari 3 , yaitu sifat komutatif,sifat distributif dan sifat asosiatif, dan apa artinya serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut.
Ibu Guru Juga cara mengajarnya terlalu cepat, dan tidak memberikan semangat belajar kepada siswa, misalnya sebelum memulai pembelajaran ibu Guru memancing Gairah belajar anak Misalnya bernyanyi sebelum memulai pembelajaran.Sekian tanggapan ndari saya.
Meita Rizki Indriani says:
April 19, 2023 at 6:35 am
NAMA : MEITA RIZKI INDRIANI
NIM : 856998326
KELAS : A (semester 6)
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : SIDOMULYO
Menurut pendapat saya pada video pembelajaran di atas. Pembelajaran yang disampaikan Oleh Ibu Guru terdapat kelemahan pada awal Kegiatan Pembelajaran tidak menjelaskan Sifat-sifat Operasi hitung yaitu sifat komutatif,sifat distributif dan sifat asosiatif, dan apa artinya serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut.
Ibu Guru Juga cara mengajarnya terlalu cepat, dan tidak memberikan semangat belajar kepada siswa untuk saling berdiskusi.
Kegiatan penutup (refleksi) ibu guru tidak memberikan penguatan kepada siswa, sebaik nya ibu guru memberika refleksi sehingga siswa tidak bosan untuk menerima pelajaran sifat operasi hitung.
betty.septianie says:
April 19, 2023 at 1:04 pm
NAMA : BATTY ERMAWATI
NIM : 857727115
PRODI : S1 PGSD SEMESTER 7
Menurut pendapat saya dalam video pembelajaran tersebut guru menyampaikan tujuan pembelajaran, akan tetapi dalam penyampaian pembelajaran tersebut guru dapat dengan mudah menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat lebih mudah memahami apa yang telah disampaikan guru tersebut.
Pembahasan yang disampaikan oleh guru tersebut yaitu “memahami sifat operasi hitung”
Kelebihan :
Guru tersebut dengan mudah dan jelas memberiak materi kepada siswa dan siswa bisa denganmudah memahami dan menghafal materi sifat operasi hitung.
Kekurangan :
Guru dihimnau lebih aktif dan kreatif lagi untuk materi yang selanjutnya.
bayu.kasta says:
April 19, 2023 at 7:52 pm
NAMA : DWI BAYU SEPTIHADI
NIM : 858422818
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : 50/SAMARINDA
POKJAR : NABILA RAHADATUL
Setelah saya melihat video Memahami Sifat pada Operasi Hitung, saya melihat siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dan saya melihat kelemahan guru di dalam video yakni guru tidak menjelaskan pengertian dari Sifat pada operasi hitung, langsung masuk ke materi 3 sifat operasi hitung. Kelebihan ibu guru di dalam video yakni dalam penyampaian materi pembelajaran ibu guru selalu mengajak para siswa untuk maju ke depan papan tulis supaya untuk meningkatkan keberanian siswa dalam mengerjakan soal.
Nama : DariatiNim 858161988 Prodi : PGSD BI S1UPBJJ: Palangkaraya KAL-TENG Pokjar Kotawaringin Timur says:
April 19, 2023 at 9:10 pm
ASSALAMUALAIKUM.WR.WB…ijinkan saya mengemukaan pendapat mengenai vidio pembelajaran diatas.
Kelebihan :
Guru cukup baik dalam menemukan pembelajaran dimana guru memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat sifat operasi hitung, hal ini dilihat dari cara bagaimana guru memberi contoh terlebih dahulu tentang penjumlahan,pengurangan kemudian melibatkan siswa dengan cara menyelesaikan soal yang diajukan guru. sangat bersemangat sehingga siswa merespon dengan cepat.
kekurangannya:
dalam memulai pembelajaran belum terlihat adanya motivasi,persepsi,tujuan pembelajaran.
guru langsung kegiatan inti pembelajaran sehingga siswa terlalu tegang.hal ini bisa di siasati dengan metode pembelajaran nya bisa di ganti dengan menggunkan media pembelajaran yang sangat sederhana sehingga siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan mengasyikan.
demkian pendapat saya semoga bermanfaat waslamualikum.wr.wb
Ridho bagaskara berkata:
19 April 2023 pukul 21:20
Ridho Bagaskara
858934383
Pokjar Mempawah
Dari Video Pembelajaran yang disampaikan Oleh Ibu Guru diatas kelemahannya adalah Pada awal Kegiatan Pembelajaran tidak menjelaskan Sifat-sifat Operasi hitung yang terdiri dari 3 , yaitu sifat komutatif,sifat distributif dan sifat asosiatif, dan apa artinya serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut.
Ibu Guru Juga cara mengajarnya terlalu cepat, dan tidak memberikan semangat belajar kepada siswa, misalnya sebelum memulai pembelajaran ibu Guru memancing Gairah belajar anak Misalnya bernyanyi sebelum memulai pembelajaran.
Ridho bagaskara berkata:
19 April 2023 pukul 21:21
Ridho Bagaskara
858934383
Pokjar Mempawah
Dari Video Pembelajaran yang disampaikan Oleh Ibu Guru diatas kelemahannya adalah Pada awal Kegiatan Pembelajaran tidak menjelaskan Sifat-sifat Operasi hitung yang terdiri dari 3 , yaitu sifat komutatif,sifat distributif dan sifat asosiatif, dan apa artinya serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut.
Ibu Guru Juga cara mengajarnya terlalu cepat, dan tidak memberikan semangat belajar kepada siswa, misalnya sebelum memulai pembelajaran ibu Guru memancing Gairah belajar anak Misalnya bernyanyi sebelum memulai pembelajaran.
Menurut pendapat saya pada video pembelajaran di atas mengenai guru yang mengajar pelajaran matematika tersebut terdapat kekurangan yang di mana guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan atau pembukaan dalam proses pembelajaran, guru juga tidak mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar di kelas, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak tampak menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa,
lesitaauliaputri20 says:
April 20, 2023 at 12:15 pm
Nama : Lesita Aulia Putri
Nim : 856979784
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : Bandar lampung
Pokjar: Banjar agung
Setelah saya melihat menyimak ataupun mendengarkan video pembelajaran diatas tentang memahami sifat pada operasi hitunh, pembelajaran yang dilakukan guru diatas sudah bagus. Akan tetapi ada kekurangan dan juga ada kelebihannya. Yaitu:
1. Reaksi siswa pada saar pembelajaran cukup antusias, hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah anak yang mau maju ke depan ketika guru melakukan sesi tanya-jawab. Meskipun guru menggunakan metode ceramah, tetapi beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju ke depan menyelesaikan soal tentang operasi hitung.
2. Kelemahan yang dapat dianalisis adalah: Guru masih kurang menguasai materi. Hal ini ditunjukkan saat guru sedikit ragu ketika ia mencontohkan sifat operasi hitung distributif. Selain itu, pemanfaatan media juga kurang. Selama pembelajaran berlangsung, guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan siswa. Hanya beberapa siswa saja yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung materi yang sudah mereka terima.
3. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran. Siswa terlihat aktif menjawab ketika guru bertanya dan mampu mengkondisikan siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.
4. Siswa dan guru memiliki kepercayaan yang cukup baik, sehingga meskipun guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, siswa tetap memperhatikan dan antusias untuk maju ke depan menyelesaikan latihan dari guru.
5. Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran semakin baik adalah:
Sebaiknya, selain mengaitkan pembelajaran sebelumnya kegiatan pendahuluan, seperti berdoa, menyanyikan lagu nasional, bisa juga menambahkan kegiata literasi dan yang terpenting adalah menyampaikan tujuan pembelajaran serta motivasi yang dapat meningkatkan semangat dan minat belajar. Kemudian, pada kegiatan inti, guru bisa mengolaborasikan beberapa metode, tidak hanya ceramah dan tanya jawab, tetapi bisa juga dengan metode diskusi dengan cara membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan soal latihan sebagai alat penilaian selama pembelajaran. Lalu, pada kegiatan penutup, selain memberikan kesimpulan, guru bisa mereview ulang materi yang telah ia sampaikan dan memberitahu sekilas tentang materi selanjutnya. Jika diperlukan guru bisa memberikan motivasi sebelum mengakhiri pembelajaran, serta berdoa bersama. Dan mengakhiri pembelajaran.
NAMA : NIA ARISTA NIM: 858416584 PRODI : S1.PGSD says:
April 21, 2023 at 9:01 am
Setelah saya menyaksikan cuplikan video tentang “memahami sifat pada operasi hitung” saya dapat menemukan beberapa kelemahan dan kelebihan yakni:
Kelebihan:
1. Guru melibatkan siswa 1 atau 2 orang
2. Ada 1/2 siswa aktif mengikuti pembelajaran
3. Guru memberikan penjelasan dengan baik
4. Guru cukup ramah sehingga menarik perhatian siswa dan menimbulkan rasa takut pada siswa
Adapun beberapa kelemahan yang saya temukan, (kelemahan-kelemahan tersebut dapat menjadi acuan bagi saya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas)
Kelemahan :
1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Guru tidak menggunakan metode yang bervariasi
3. Tidak semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran
4. Belum semua siswa memahami konsep pembelajaran
1
satriyabudiw says:
April 21, 2023 at 9:36 am
Nama : Satriya Budi Wibawa
Nim : 856991212
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : SIDOMULYO
Pada video pbelqjran tersebut guru sudah cukup baik dalam menyampaikan materi dan para murid cukup antusias dan guru mampu mengendalikan kelas
Kekurangan
Guru tidak menggunakan media pembelajaran, atau alat peraga yang mampu menunjang dan mempermudah guru dalamengajar.
Saran
Guru diharapkan mampu membuat alat peraga agar paras siswa dapat lebih mudah memahami dan lebih antusias dalam mengukuti kegiatan pembelajaran.
nursanirasabou1982 says:
April 21, 2023 at 4:03 pm
Bismillah,
NAMA : NUR SANI
NIM : 859169978
UPBJJ : MATARAM
POKJAR : KABUPATEN BIMA
Setelah mengamati dan menyimak video 1 yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung”, hasil analisis saya adalah sebagai berikut:
Reaksi siswa pada saat menerima pembelajaran :
Ada siswa yang terlihat terlalu tegang ketika mulai menerima pembelajaran.
Ada juga siswa yang sangat antusias dalam mengerjakan tugas yang diberikan
Kelemahan guru pada saat memberikan pembelajaran :
Tidak memberikan tugas rumah (PR) pada siswanya supaya pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran tersebut tidak cepat lupa.
Kelebihan guru dalam memberikan pembelajaran :
Guru mampu memancing motivasi dan semangat siswa dengan memberikan metode penugasan untuk menyelesaikan soal yang diberikan di papan tulis.
sholigalihpangestu says:
April 22, 2023 at 1:29 am
NAMA : SHOLI GALI PANGISTU
NIM : 858901417
PRODI : S1 – PGSD
POKJAR : Giri-Banyuwangi
UPBJJ : Jember
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru pada video tersebut, tidak terdapat satu pun kegiatan pendahuluan atau apersepsi. Guru tidak memberi salam sehingga kurang menarik perhatian siswa di kelas tersebut. Guru juga tidak memperhatikan kehadiran sehingga guru tidak mengetahui siswa mana siswa yang tidak masuk pada hari itu, mengingat banyaknya siswa yang terdapat di kelas tersebut. Guru tidak terlihat mengecek atau pun membantu kesiapan siswa, media, maupun perlengkapan siswa.
Dalam video tersebut juga tidak terlihat guru memberikan acuan pembelajaran seperti tujuan (kemampuan) pembelajaran, sehingga siswa tidak mengetahui tujuan apa yang diharapkan dari materi yang akan dipelajari. Guru juga tidak menjelaskan terlebih dahulu kaitan antara materi sifat pada operasi hitung yang dipelajari saat ini dengan materi yang dipelajari sebelumnya.
Dalam kegiatan pembelajaran di video tersebut, guru menggunakan metode ceramah, yang mana metode pembelajaran tersebut tergolong dalam kegiatan pembelajaran klasikal. Namun, dalam material yang terlihat guru hanya sedikit menyampaikan konsep-konsep sifat dalam operasi hitung. Selain itu, dalam pembelajarannya guru tidak menggunakan media pembelajaran, siswa hanya menerima materi saja sehingga pembelajaran kurang menarik yang menyebabkan kurangnya minat belajar siswa. Siswa SD mayoritas belum mampu berpikir abstrak, sehingga materi yang diajarkan oleh guru perlu divisualisasikan dalam bentuk yang lebih nyata/kongkrit.
Dalam kegiatan akhir pembelajaran, guru tidak melaksanakan kegiatan meringkas atau menyimpulkan materi yang dipelajari. Hal ini bisa dilakukan oleh guru itu sendiri atau dengan menunjuk siswa untuk menyampaikan materi yang dipelajari. Untuk kegiatan penghakiman, guru tersebut tidak memberikan satu pun tes kepada siswa. Padahal kegiatan penghakiman ini sangatlah penting bertujuan untuk mengetahui tercapai atau tidaknya kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa atau untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang diberikan oleh guru.
Saran, Seharusnya pada pembelajaran tersebut ditampilkan kegiatan pendahuluan atau apersepsi terlebih dahulu sebelum masuk pada materi pemaparan. Guru bisa memulainya dengan memberi salam kepada siswa, menanyakan kabarnya, dilanjut dengan mengabsen kehadiran siswa satu per satu. Selanjutnya yang harus dilakukan guru adalah mengecek atau pun membantu kesiapan siswa, media yang digunakan dalam pembelajaran, maupun perlengkapan siswa. Selanjutnya, guru memberikan acuan pembelajaran seperti tujuan (kemampuan) pembelajaran. Guru juga harus lebih spesifik dalam memberikan pembelajaran, serta menggunakan media pembelajaran, agar materi yang disampaikan lebih cepat dipahami oleh siswa.
aghufron595 berkata:
22 April 2023 pukul 15:17
NAMA : AHMAD GHUFRON
NIM : 856982507
PRODI : PGSD-S1
UPBJJ : Bandar lampung
POKJAR : Banjar Agung
Assalamualaikum,WR,WB.
Izin menyampaikan pendapat, Setelah saya melihat, mendengarkan ataupun mendengarkan video pembelajaran diatas tentang memahami sifat pada operasi hitung, pembelajaran yang sudah dilakukan Guru diatas cukup bagus. Tidak menutup kemungkinan ada kekurangan dan juga ada kelebihannya. diantaranya:
1. Reaksi Siswa pada saaT pembelajaran cukup antusias, hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah Anak yang mau maju ke depan ketika Guru melakukan sesi tanya-jawab. Meskipun Guru hanya menggunakan metode ceramah, tetapi beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju ke depan dalam menyelesaikan soal tentang operasi hitung.
2. Kelemahan yang dapat saya analisis adalah:Kemampuan Guru menguasai materi masih kurang. Hal ini ditunjukkan saat Guru sedikit ragu ketika ia mencontohkan sifat operasi hitung distributif. Selain itu juga, pemanfaatan media yang kurang. Selama pembelajaran berlangsung, Guru tidak melakukan penilaian terhadap seluruh Siswa. Hanya beberapa Siswa saja yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung materi yang telah mereka terima.
3. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah Guru mampu melibatkan Siswa dalam pembelajaran. Siswa terlihat aktif menjawab ketika Guru bertanya dan mampu mengkondisikan Siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.
4. Siswa dan Guru memiliki kepercayaan yang cukup baik, sehingga meskipun Guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, Siswa tetap memperhatikan dan antusias untuk maju ke depan menyelesaikan latihan dari Guru.
5. Menurut Saya, Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran semakin baik adalah:
Apalagi selain mengaitkan pembelajaran sebelumnya kegiatan pendahuluan, seperti berdoa, menyanyikan lagu nasional, bisa juga menambahkan kegiatan literasi dan yang terpenting adalah menyampaikan tujuan pembelajaran serta motivasi yang dapat meningkatkan semangat dan minat belajar. Kemudian, pada kegiatan inti, Guru bisa mengolaborasikan beberapa metode, tidak hanya ceramah dan tanya jawab, tapi bisa juga dengan metode diskusi dengan cara membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan soal latihan sebagai alat penilaian selama pembelajaran. Lalu, pada kegiatan penutup, selain memberikan kesimpulan, Guru dapat meninjau ulang materi yang telah ia sampaikan dan beri tahu sekilas tentang materi selanjutnya. Jika perlu Guru bisa memberikan motivasi sebelum mengakhiri pembelajaran, serta berdoa bersama.
Cukup sekian pendapat dari Saya, kurang lebihnya Saya mohon ma’af.
dan Saya akhiri.
Wassalamualaikum,wr,wb.
Nenden Dwi Aryanti berkata:
23 April 2023 pukul 9:57 pagi
NAMA : Nenden Dwi Aryanti
NIM : 857312668
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : BOGOR
POKJAR : PELABUHAN RATU
BISMILLAH Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
1.Reaaksi siswa aatau anak dalam kegiatan belajar baik, meskipun ada beberapa anak yang ngantuk. Tetapi siswa sangat antusias saat pembelajaran.
2.Kelemahannya. Guru terlalu cepat menjelaskan materi yang disampaikan di depan kelas. Sehingga ada beberapa siswa yang kurang fokus.
3.Kelebihannya. Guru mampu menguasai kelas dengan baik. Sehingga siswa aktif saat pembelajaran di mulai.
4.Hal yang unik yaitu mampu menguasai kelas dan mengajak siswa aktif untuk tampil ke depan mengerjakan soal-soal
Terima kasih
Nama : selvia
Nim : 855747018
Upbjj: bandar lampung
Pokjar : kedaton bandar lampung
Bismilahirohmanirohim
Setelah melihat Dan menyimak prose’s pembeljaran yang di lakukan oleh guru sangat baik Karena melihat kan peserta didik dalam pembeljaran ,memeusat kan perhatian kepada peserta didik sehingga peserta didik sangat aktip mengikuti prosese belajar . Sesuai kurikukum yang sudah d tetap kN , Hanya Sana vidio tersebut tdak d sets kan dengan pembukaan, jadi kurang lengkap untuk prosese pembeljaran ,, prosese pembeljaran Ada pembuka, inti dan penutup
Nama : Fitri Sukma Rahayu
Nim : 85710583
Kelas : semester 6
Pokjar : Ciampel
Kelebihan :
Pada video pembelajaran di atas, guru sudah cukup baik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Penjelasan materi dengan suara yang lantang dan jelas mampu membuat anak murid semakin fokus dan memahami materi pembelajaran. Guru mampu melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik dan dapat dipahami oleh siswa.
Kekurangan:
Pada video pembelajaran di atas guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan sebelum melakukan proses pembelajaran, guru tidak mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan guru tidak tampak menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa.
Pada kegiatan inti, guru menggunakan metode ceramah yang cenderung mengurangi minat siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Dan sangat monoton tidak ada kegiatan permainan edukatif yang mendukung proses belajar mengajar.
Pada kegiatan penutup, guru tidak menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa. Guru tidak menanyakan kembali kepada siswa apakah siswa sudah paham atau belum mengenai materi pembelajaran yang sudah diberikan. Sebaiknya, guru juga memberi penghargaan kepada siswa atas usahanya dalam belajar.
Melani Mandasari
Nim : 856023876
Menurut saya,penjelasan guru pada video tersebut sudah bagus,dan guru juga menggunakan metode tanya jawab yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran tersebut.
Dan saran saya,guru bisa menambahkan metode lain,seperti metode diskusi dan menggunakan media yang menarik agar semua siswa berperan aktif dalam pembelajaran tersebut.
Karena kalau dilihat dari video tersebut,sebagian Siswa masih ada yang kurang aktif dalam mendengarkan penjelasan guru.
Kelamahan guru dalam memulai pembelajaran guru tidak mengucapkan salam pembuka dan mengabsen siswa yang hadir. Kelebihan guru sudah mampu dalam menjelaskan secara detail dan terus mengulang-ngulang agar siswa paham.