silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

483 Comments

  1. Nama : M. MULYADI
    NIM : 856854803
    Progam Studi : PGSD
    UPBJJ : BENGKULU

    Berdasarkan dari video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran pada video sudah sangat bagus karena guru melakukan kegiatan mengulas pembelajaran sebelumnya yang memberikan keterkaitan dengan pembelajaran selanjutnya. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk terlibat aktif dan berani memberikan contoh di depan kelas serta memberikan kata motivasi untuk anak anak lainnya agar berani maju kedepan. Kondisi kelas pun tenang serta anak-anak tampak fokus mengikuti pembelajaran yang disampaikan dengan bahasa sederhana sehingga mudah ditangkap.

    Namun dalam pembelajaran guru belum menyampaikan tujuan awal pembelajaran serta kalimat-kalimat pemantik untuk anak. metode pembelajaran yang digunakan masih metode ceramah saja, serta belum menggunakan media pembelajaran untuk mendukung pemahaman anak lebih mudah. dan masih belum adanya kegiatan evaluasi dan refleksi untuk siswa dan guru.

  2. Nama Lita Nurhayati
    NIM ; 857527906
    Program Studi PGSD Semester 6

    Hasil pengamatan saya mengenai video tersebut :
    1. Untuk reaksi anak terhadap kegiatan belajar mengajar bisa kita lihat penerimaan siswa terhadap pelajaran begitu antusias dimana reaksi dari jawaban serta penerimaan materi dari guru dapat dicerna juga dengan baik dan hampir kompak dalam menjawab pertanyaan dari guru.
    2. Kelemahan guru saat melakukan pembelajaran dalam video tersebut guru kurang menjelaskan pendahuluan dan tujuan dari pembeajaran ini selain itu hanya terfokus di depan saja sehingga terlihat monoton.
    3. Kelebihan kegiatan belajar mengajar dalam video tersebut yaitu penjelasan yang diberikan guru sangat detail sehingga murid hampir mampu memahami, metode mengajak murid untuk berpartisipasi dalam mengerjakan soal juga menjadi perhatian bagi siswa agar lebih semangat dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
    4. Hal unik yang ditemukan guru memberikan tantangan sebelummenjelaskan yang mana dari perkataan tersebut guru berhasil memberikan pengarahan kepada murid untuk selalu membaca materi sebelum masuk ke dalam kelas sehingga murid ada gambaran mengenai materi yang akan dipelajari.
    5. mungkin dalam kegiatan KBM guru diharapan aktif dan lebih bisa memperhatikan kesetiap sudut kelas yang mana akan mampu lebih dekan dan mengetahui bilamana ada beberapa siswa yang kurang paham menegenai penguasaan materi.

  3. NAMA : NURHALIZA ZEIN
    NIM : 858181808
    POKJAR : JATIROGO TUBAN
    Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran tersebut adalah beberapa poin yang menurut saya perlu menjadi bahan pertimbangan dalam menyampaikan konsep dasar matematika. Pertama, guru sudah baik dalam menyampaikan teori dasar mengenai sifat operasi hitungnya, namun baiknya setelah menyampaikan teori, guru tidak terburu-buru untuk menyampaikan teori selanjutnya, perbanyak terlebih dahulu contoh-contoh soal yang bervariatif untuk disampaikan kepada peserta didik, agar peserta didik dapat lebih memahami konsep secara sistematis. selain itu, semakin banyak peserta didik diberikan contoh soal mereka akan terstimulus dan tertantang pemahamannya, sehingga teori yang disampaikan akan dipahami dengan tepat selanjutnya dalam belajar matematika baiknya guru tidak bertanya kepada peserta didik secara tersurat apakah mereka sudah memahaminya atau belum, karena mayoritas peserta didik yang belum memahami cenderung tidak memberikan reaksi atau malah mengikuti temannya yang sudah paham, karena ada rasa takut yang membuat peserta didik enggan untuk bertanya. Solusinya, buatlah latihan soal singkat seperti yang telah diberikan dicontoh soal dengan menunjuk beberapa atau semua peserta didik. Sehingga dengan demikian guru dapat menganalisis dengan baik siapa saja peserta didik yang sudah memahami dan belum memahami. Karena pada dasarnya peserta didik memiliki kemampuan kognitif yang berbeda, maka perlakuannya pun harus berbeda.

  4. Nama : Patrio Akbar
    Nim : 855835818
    UPBJJUT- Medan
    Pokjar : Serdang Bedagai

    Menurut saya video pembelajaran di atas sudah bagus, namun di dalam video pembelajaran tersebut tidak ada kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup hanya terdapat kegiatan inti saja. Kegiatan pendahuluan berisi orientasi, presensi, apersepsi, motivasi. Sedangkan kegiatan penutup berisi guru menarik kesimpulan point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran, memeriksa pekerjaan siswa, berdoa dan mengucapkan salam penutup. Dalam video pembelajaran tersebut terlihat guru aktif mengajak peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat dan berani tampil. Peserta didik juga aktif menjawab pertanyaan dari guru dan berani tampil.

  5. NAMA : SRI HANDAYANI
    NIM : 858182698
    Pokjar : JATIROGO TUBAN
    Menurut pendapat saya setelah mengamati video di atas adalah sebagai berikut :
    1. Untuk reaksi anak terhadap kegiatan belajar mengajar bisa kita lihat penerimaan siswa terhadap pelajaran begitu antusias dimana reaksi dari jawaban serta penerimaan materi dari guru dapat dicerna juga dengan baik dan hampir kompak dalam menjawab pertanyaan dari guru.
    2. Kelemahan guru saat melakukan pembelajaran dalam video tersebut guru kurang menjelaskan pendahuluan dan tujuan dari pembeajaran ini selain itu hanya terfokus di depan saja sehingga terlihat monoton.
    3. Kelebihan kegiatan belajar mengajar dalam video tersebut yaitu penjelasan yang diberikan guru sangat detail sehingga murid hampir mampu memahami, metode mengajak murid untuk berpartisipasi dalam mengerjakan soal juga menjadi perhatian bagi siswa agar lebih semangat dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
    4. Hal unik yang ditemukan guru memberikan tantangan sebelummenjelaskan yang mana dari perkataan tersebut guru berhasil memberikan pengarahan kepada murid untuk selalu membaca materi sebelum masuk ke dalam kelas sehingga murid ada gambaran mengenai materi yang akan dipelajari.
    5. mungkin dalam kegiatan KBM guru diharapan aktif dan lebih bisa memperhatikan kesetiap sudut kelas yang mana akan mampu lebih dekan dan mengetahui bilamana ada beberapa siswa yang kurang paham menegenai penguasaan materi.

  6. Nama : Friska Tampubolon
    Nim : 877527957
    Pokjar : Simalungun (Sumatera Utara)
    Prodi : PGSD
    Pada video ini guru menjelaskan kepada siswa Kelas IV Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan.
    Setelah mengamati dan menyimak videotersebut, menurut analisa saya yaitu
    Reaksi siswa pada saat menerima pembelajaran adalah ada siswa yang terlihat terlalu tegang ketika mulai menerima pembelajaran. Ada juga siswa yang sangat antusias dalam mengerjakan tugas yang diberikan
    Kelemahan guru pada saat memberikan pembelajaran yaitu tidak memberikan tugas rumah (PR) pada siswanya supaya pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran tersebut tidak cepat lupa.
    Kelebihan guru dalam memberikan pembelajaran adalah Guru mampu memancing motivasi dan semangat siswa dengan memberikan metode penugasan untuk menyelesaikan soal yang diberikan di papan tulis. Serta memberikan soal-soal yang lain sebagai latihan siswa di kelas.
    Demikianlah analisis, saran dan masukan yang dapat saya berikan. Dan saya mengucapkan terima kasih karena telah memberikan saya inspirasi dan motivasi dalam mengajar melalui video ini.
    Terima Kasih.

  7. Menurut saya, pembelajaran di tersebut sudah bagus, tetapi di dalam video tidak terdapat pendahuluan, danpenutup, hanya menekankan pada inti pembelajaran. Untuk pembelajaran yang diberikan guru sudah baik, tetapi alahkah baiknya sebelum guru memberikan tugas kepada siswa, terlebih dahulu guru menjelaskan bagaimana materi-materi yang akan diajarkan, sehingga siswa tidak terlihat kebingungan saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru tersebut.

  8. NAMA : RISALATUL NAFISAH
    NIM : 858525421
    SEMESTER : 6
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : DEMAK
    UPBJJ : SEMARANG

    Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran tersebut yaitu beberapa poin yang menurut saya perlu menjadi bahan pertimbangan dalam menyampaikan konsep dasar matematika.
    Pertama, guru sudah baik dalam menyampaikan teori dasar mengenai sifat operasi hitungnya, namun baiknya setelah menyampaikan teori, guru tidak terburu-buru untuk menyampaikan teori selanjutnya, seharusnya memberikan contoh-contoh soal yang bervariatif untuk disampaikan kepada peserta didik, agar peserta didik dapat lebih memahami konsep secara sistematis. selain itu, semakin banyak peserta didik diberikan contoh soal mereka akan terstimulus dan tertantang pemahamannya, sehingga teori yang disampaikan akan dipahami dengan tepat selanjutnya dalam belajar matematika baiknya guru tidak bertanya kepada peserta didik secara tersurat apakah mereka sudah memahaminya atau belum, karena mayoritas peserta didik yang belum memahami cenderung tidak memberikan reaksi atau malah mengikuti temannya yang sudah paham, karena ada rasa takut yang membuat peserta didik enggan untuk bertanya. Solusinya, buatlah latihan soal singkat seperti yang telah diberikan dicontoh soal dengan menunjuk beberapa atau semua peserta didik. Sehingga dengan demikian guru dapat menganalisis dengan baik siapa saja peserta didik yang sudah memahami dan belum memahami. Karena pada dasarnya peserta didik memiliki kemampuan kognitif yang berbeda-beda, maka perlakuannya pun harus berbeda-beda.
    Kelebihan guru dalam memberikan pembelajaran adalah Guru mampu memancing motivasi dan semangat siswa dengan memberikan metode penugasan untuk menyelesaikan soal yang diberikan di papan tulis. Serta memberikan soal-soal yang lain sebagai latihan siswa di kelas.
    Demikianlah analisis, saran dan masukan yang dapat saya berikan. Dan saya mengucapkan terima kasih karena telah memberikan saya inspirasi dan motivasi dalam mengajar melalui video ini.

    Terima Kasih.

  9. NAMA : RISALATUL NAFISAH
    NIM : 858525421
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : DEMAK
    Kelebihan :
    Assalamu’alaikum. Izin mengomentari video tersebut. Menurut saya, pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah cukup bagus dan mudah dipahami. Pada video pembelajaran tersebut, guru cukup baik dalam melakukan kegiatan pendahuluan untuk membuka pembelajaran. Guru sudah mampu membuat kaitan yakni pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya berupa penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa, sehingga hal tersebut akan dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih bermakna. Pada kegiatan inti, guru sudah dapat melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, dimana hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran juga akan lebih bermakna bagi siswa. Tampak guru sangat menguasai materi pembelajaran yang disampaikan. Pada kegiatan penutup guru juga tampak telah menyimpulkan pembelajaran atau menyampaikan inti pelajaran. pembelajaran yang disampaikan oleh ibu guru sudah baik, dimana terdapat interaksi antara siswa dengan guru yang baik, saat guru memberikan pertanyaan siswa mampu menjawab pertanyaan tersebut, saat guru menunjuk salah satu siswa untuk menyelesaikan soal yang dibuatoleh ibu guru siswa mampu menyelesaikan soal tersebut dengan benar
    Kekurangan :
    Pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta tidak tampak guru menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh siswa. Dalam video tersebut juga tidak terlihat guru memberikan acuan pembelajaran seperti tujuan (kemampuan) pembelajaran, sehingga siswa tidak mengetahui tujuan apa yang diharapkan dari materi yang akan dipelajari.
    Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang akan lebih memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan, tampak guru hanya menggunakan metode ceramah yang cenderung akan mengurangi mint siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan diakhir pembelajaran.
    Saran :
    Hendaknya guru melakukan kegiatan pendahuluan dengan lebih rinci yakni menyampaikan tujuan pembelajaran, membangkitkan motivasi siswa. Hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk lebih memudahkan siswa seperti media – media yang bagus dan menarik, video di atas adalah metode pembelajar mungkin dapat diganti dengan kelompok dan media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga. serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi seperti kegiatan diskusi dan sebagainya. Guru juga hendaknya melakukan refeksi dan tindak lanjut pada akhir pembelajaran. agar siswa betul-betul mengerti dengan materi yang telah diajarkan.
    Sekian dari saya, terimah kasih

  10. Nama: RETDIANA
    Nim: 856636954

    Setelah saya melihat vidio tersebut ada beberapa poin yang menurut saya perlu menjadi bahan pertimbangan dalam menyampaikan konsep dasar matematika.
    Karena didalam vidio tersebut guru belum menyampaikan tujuan awal pembelajaran serta kalimat-kalimat pemantik untuk anak. metode pembelajaran yang digunakan masih metode ceramah saja, serta belum menggunakan media pembelajaran untuk mendukung pemahaman anak lebih mudah. dan masih belum adanya kegiatan evaluasi dan refleksi untuk siswa dan guru.

    1.Kelebihan kegiatan belajar mengajar dalam video tersebut yaitu penjelasan yang diberikan guru sangat detail sehingga murid hampir mampu memahami, metode mengajak murid untuk berpartisipasi dalam mengerjakan soal juga menjadi perhatian bagi siswa agar lebih semangat dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
    2.. Kelemahan guru saat melakukan pembelajaran dalam video tersebut guru kurang menjelaskan pendahuluan dan tujuan dari pembeajaran ini selain itu hanya terfokus di depan saja sehingga terlihat monoton.
    3.saran guru diharapan aktif dan lebih bisa memperhatikan kesetiap siswa .mana siswa yang lebih mengerti dan mana siswa yang sulit untuk mengerti.

Leave a Reply