silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

483 Comments

  1. ELA LAELASARI
    857529569

    Setelah melihat video pembelajaran diatas, guru tersebut sudah terlihat sangat menguasai materi ajar yang di sampaikan yaitu mengenai sifat pada operasi hitung. Guru menggunakan metode ceramah dan melakukan interaksi dengan siswa seperti memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan beberapa masalah dan meminta siswa maju untuk menyelesaikannya dipapan tulis. Dengan metode seperti ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk berani tampil didepan umum. Selain itu, saran ketika materi ini pertama kali diajarkan, maka guru harus menjelaskan terlebih dahulu materinya. Dalam menjelaskan materi guru harus menggunakan kata-kata senderhana yang mudah dipahami oleh siswa. Seperti sifat operasi hitung pertama adalah komutatif atau bisa disebut sifat pertukarann. Jadi, guru tidak hanya menyebutkan bahwa ini adalah sifat komutatif tetapi disertai artinya yaitu pertukaran.

  2. Menurut saya guru tersebut sudah terlihat sangat menguasai materi ajar yang di sampaikan yaitu mengenai sifat pada operasi hitung. Guru menggunakan metode ceramah dan melakukan interaksi dengan siswa seperti memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan beberapa masalah dan meminta siswa maju untuk menyelesaikannya dipapan tulis. Dengan seperti itu dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk berani tampil didepan umum. Saran saat pertama kali materi ini diajarkan, Guru harus menjelaskan terlebih dahulu materinya. Dalam menjelaskan materi guru harus menggunakan kata-kata senderhana yang mudah dipahami oleh siswa. Seperti sifat operasi hitung pertama adalah komutatif atau bisa disebut sifat pertukaran. Jadi, guru tidak hanya menyebutkan bahwa ini adalah sifat komutatif tetapi disertai artinya yaitu pertukaran.

  3. Setelah melihat video pembelajaran diatas, guru tersebut sudah terlihat sangat menguasai materi ajar yang di sampaikan yaitu mengenai sifat pada operasi hitung. Guru menggunakan metode ceramah dan melakukan interaksi dengan siswa seperti memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan beberapa masalah dan meminta siswa maju untuk menyelesaikannya dipapan tulis. Dengan metode seperti ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk berani tampil didepan umum. Selain itu, saran ketika materi ini pertama kali diajarkan, maka guru harus menjelaskan terlebih dahulu materinya. Dalam menjelaskan materi guru harus menggunakan kata-kata senderhana yang mudah dipahami oleh siswa. Seperti sifat operasi hitung pertama adalah komutatif atau bisa disebut sifat pertukarann. Jadi, guru tidak hanya menyebutkan bahwa ini adalah sifat komutatif tetapi disertai artinya yaitu pertukaran.

  4. Mohon ijin untuk menanggapi, dalam pembelajaran matematika yg di tampilkan dalam video, guru terlihat menguasai materi pembelajaran, interaksi dengan murid juga berjalan dengan baik, dimana guru mempersilahkan peserta didik untuk berani mencoba mengerjakan di papan tulis, hal ini membangkitkan motivasi dan kepercayaan diri siswa. Pembelajaran di kemas dengan suasana yang nyaman, guru penuh kasih sayang dan materi tersampaikan dengan baik. Terimakasih

  5. NAMA : SHYNTA LAMBARA
    NIM : 856104864

    Mohon izin untuk menganalisis video, setelah saya lihat video mciro teaching sampai selesai maka dapat saya analisi bahwa guru tersebut sudah sangat menguasai materi , guru juga sudah mampu membangun minat siswa dengan sesi tanya jawab dan juga memberikan kesempatan siswa maju kedepan untuk menjawab soal, hal ini membuat siswa lebih semangat dan juga tertarik dengan materi yang diajarkan

  6. menurut pendapat saya,
    Dengan metode seperti ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk berani tampil didepan umum. Selain itu, saran ketika materi ini pertama kali diajarkan, maka guru harus menjelaskan terlebih dahulu materinya. Dalam menjelaskan materi guru harus menggunakan kata-kata senderhana yang mudah dipahami oleh siswa. Seperti sifat operasi hitung pertama adalah komutatif atau bisa disebut sifat pertukarann. Jadi, guru tidak hanya menyebutkan bahwa ini adalah sifat komutatif tetapi disertai artinya yaitu pertukaran.
    guru terlihat menguasai materi pembelajaran, interaksi dengan murid juga berjalan dengan baik, dimana guru mempersilahkan peserta didik untuk berani mencoba mengerjakan di papan tulis, hal ini membangkitkan motivasi dan kepercayaan diri siswa. Pembelajaran di kemas dengan suasana yang nyaman, guru penuh kasih sayang dan materi tersampaikan dengan baik

  7. Nama : Bingarianggaluh AP
    NIM : 877968123

    Izin menanggapi video
    Guru menguasai materi yang disampaikan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa, sehingga siswa dengan cepat menangkap materi yang disampaikan guru. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis, sehingga guru dapat mengetahui apakah siswa mengerti betul tentang materi yang sudah disampaikan. Namun pada video pembelajaran tersebut, kegiatan awal atau pendahuluan berupa presensi tidak dilakukan, hanya menjelaskan singkat tentang materi yang akan dipelajari pada saat itu. Kemudian pada kegiatan akhir atau penutup guru belum menjelaskan atau sekedar memberitahu materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Terimakasih

  8. Nama : Fina Aulia
    NIM : 856641132

    Menurut saya metode pengajaran yang digunakan guru tersebut sudah sangat baik. Guru nya sangat jelas dalam menerangkan materi, selalu memberi kesempatan ke siswa untuk aktif menjawab pertanyaan ke depan. Pendekatan yang digunakan dengan memberikan contoh-contoh soal dan penjelasan yang jelas dari guru membantu membangun pemahaman siswa. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran juga merupakan strategi yang baik untuk memastikan pemahaman siswa.

  9. Nama : Anita Rizki rambe
    Nim : 856037939

    Berdasarkan vidio pembelajaran diatas tentang memahami sifat pada operasi hitung adalah menurut saya guru tersebut sudah menguasai materi tersebut. Tetapi menurut saya guru tersebut masih menjelaskan materi terlalu terburu buru sehingga sebagian siswa kelihatan tidak fokus mendengarkan guru menyampaikan materi sehingga keadaan kelas kelihatan kurang kondusif.
    Namun metode yang dilakukan guru tersebut dengan melibatkan siswa untuk ikut serta dalam memecahkan masalah dengan cara mengajak murid maju satu persatu kedepan untuk menjawab soal dapat sangat membantu membangun kepercayaan diri siswa pada kemampuan nya.

  10. Nama:Dwi Madya Suraningsih
    Nim:856823128
    Menurut pendapat saya sesuai dengan pengamatan yang saya lihat pada video diatas yakni guru sudah memahami sifat pada operasi hitung ,guru sangat menguasai materi ,selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif di kelas ,dengan memberikan soal -soal dan penjelasan membangun siswa dan kesempatan siswa lebih mandiri dan lebih maju dalam pola pikir dan pemahan ,namun sedikit saran masih terlalu cepat dan agak sedikit terburu buru ,alangkah baik nya untuk lebih di perjelas lagi .

Leave a Reply