silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama:Riyan Bernaldy Hidayat
Nim:856822814
UBJJ:Bengkulu
Setelah melihat video pembelajaran diatas, guru tersebut sudah terlihat sangat menguasai materi ajar yang di sampaikan yaitu mengenai sifat pada operasi hitung. Guru menggunakan metode ceramah dan melakukan interaksi dengan siswa seperti memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan beberapa masalah dan meminta siswa maju untuk menyelesaikannya dipapan tulis. Dengan metode seperti ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk berani tampil didepan umum. Selain itu, saran ketika materi ini untuk lebih menarik lagi .
Nama:Ryan Bernaldhi Hidayat Nim:856822814
UPBJJ:Bengkulu
Pokjar:Ketahun
Setelah melihat video pembelajaran diatas, guru tersebut sudah terlihat sangat menguasai materi ajar yang di sampaikan yaitu mengenai sifat pada operasi hitung. Guru menggunakan metode ceramah dan melakukan interaksi dengan siswa seperti memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan beberapa masalah dan meminta siswa maju untuk menyelesaikannya dipapan tulis. Dengan metode seperti ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk berani tampil didepan umum. Selain itu, saran ketika materi ini untuk lebih menarik lagi .
Nama : Sahadatul Khoiriah br Harahap
Nim : 855856718
Setelah melihat video tersebut menurut saya, guru dapat mengajak siswa berpartisipasi dalam pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa maju kedepan untuk menjawab pertanyaan dari guru tersebut, namun guru kurang memberi apresiasi kepada siswa yang telah berani maju kedepan.
Nama: Arya Arga Dinata
Nim: 858071453
Menurut pendapat saya pribadi sesuai dengan pengamatan yang saya lakukan dengan menonton video diatas, yakni guru sudah memahami sifat dalam operasi hitung-menghitung, guru sangat menguasai materi tersebut, selalu memberikan kesempatan yang sama kepada siswa agar bisa berperan aktif di dalam kelas ,juga dengan memberikan soal-soal serta penjelasan untuk membangun siswa dan membuat kesempatan kepada siswa agar lebih mandiri dan lebih maju dalam pola pikir dan pemahan dalam pembelajaran, namun ada sedikit saran dimana guru masih terlalu cepat dan agak terburu buru dalam menjelaskan materi pembelajaran, alangkah baiknya untuk bisa lebih di perjelas lagi agar siswa lebih mudah dan nyaman untuk memahami materi pembelajaran yang dijelaskan.
Nama: Arya Arga Dinata
Nim: 858071453
Menurut pendapat saya pribadi sesuai dengan pengamatan yang saya lakukan dengan menonton video diatas, yakni guru sudah memahami sifat dalam operasi hitung-menghitung, guru sangat menguasai materi tersebut, selalu memberikan kesempatan yang sama kepada siswa agar bisa berperan aktif di dalam kelas ,juga dengan memberikan soal-soal serta penjelasan untuk membangun siswa dan membuat kesempatan kepada siswa agar lebih mandiri dan lebih maju dalam pola pikir dan pemahan dalam pembelajaran.
namun ada sedikit saran dimana guru masih terlalu cepat dan agak terburu buru dalam menjelaskan materi pembelajaran, alangkah baiknya untuk bisa lebih di perjelas lagi agar siswa lebih mudah dan nyaman untuk memahami materi pembelajaran yang dijelaskan.
Nama : Arya Arga Dinata
NIM : 858071453
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, guru yang berada di dalam rekaman video tersebut sudah terlihat sangat menguasai materi pembelajaran yang di sampaikan kepada para murid atau siswa yaitu mengenai sifat operasi hitung. Guru tersebut menggunakan metode ceramah serta melakukan interaksi kepada murid, contohnya seperti memberikan kesempatan kepada para murid untuk menyelesaikan masalah dan meminta murid untuk maju menyelesaikan masalah dipapan tulis. Dengan metode ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kepada murid untuk berani tampil didepan umum. Selain itu, juga ada saran ketika materi ini baru pertama kali diajarkan, maka guru harus bisa menjelaskan terlebih dahulu materinya. Dalam menjelaskan materi, guru harus menggunakan kata-kata yang senderhana sehingga mudah dipahami oleh para murid dikelas. Seperti pada sifat operasi hitung pertama adalah komutatif atau biasa disebut sifat pertukaran. Jadi guru tidak hanya menyebutkan ini adalah sifat komutatif tetapi juga dapat disertai artinya yaitu pertukaran.
sekian terimakasih
Nama : Arya Arga Dinata
NIM : 858071453
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, guru yang berada di dalam rekaman video tersebut sudah terlihat sangat menguasai materi pembelajaran yang di sampaikan kepada para murid atau siswa yaitu mengenai sifat operasi hitung. Guru tersebut menggunakan metode ceramah serta melakukan interaksi kepada murid, contohnya seperti memberikan kesempatan kepada para murid untuk menyelesaikan masalah dan meminta murid untuk maju menyelesaikan masalah dipapan tulis. Dengan metode ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kepada murid untuk berani tampil didepan umum. Selain itu, juga ada saran ketika materi ini baru pertama kali diajarkan, maka guru harus bisa menjelaskan terlebih dahulu materinya. Dalam menjelaskan materi, guru harus menggunakan kata-kata yang senderhana sehingga mudah dipahami oleh para murid dikelas. Seperti pada sifat operasi hitung pertama adalah komutatif atau biasa disebut sifat pertukaran. Jadi guru tidak hanya menyebutkan ini adalah sifat komutatif tetapi juga dapat disertai artinya yaitu pertukaran.
sekian, terimakasih
Nama : Arya Arga Dinata
NIM : 858071453
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, guru yang berada di dalam rekaman video tersebut sudah terlihat jelas guru tersebut sangat menguasai materi pembelajaran yang ia sampaikan kepada para murid atau siswa yaitu mengenai sifat operasi hitung pada matematika. Guru tersebut menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi serta melakukan interaksi kepada murid, contohnya seperti memberikan kesempatan kepada para murid untuk menyelesaikan masalah dan meminta murid untuk maju menyelesaikan masalah dipapan tulis. Dengan metode ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kepada murid untuk berani tampil didepan umum. Selain itu, juga ada saran ketika materi ini baru pertama kali diajarkan, maka guru harus bisa menjelaskan terlebih dahulu materinya. Dalam menjelaskan materi, guru harus menggunakan kata-kata yang senderhana sehingga mudah dipahami oleh para murid dikelas. Seperti pada sifat operasi hitung pertama adalah komutatif atau biasa disebut sifat pertukaran. Jadi guru tidak hanya menyebutkan ini adalah sifat komutatif tetapi juga dapat disertai artinya yaitu pertukaran.
sekian, terimakasih
Setelah melihat video yang ditayangkan di atas saya melihat Guru sudah menguasai tentang sifat-sifat pada operasi hitung seperti komutatif,distributif dan assosiatif. Penjelasan guru singkat namun tepat sehingga membuat siswa-siswa lebih mudah memahaminya. guru tersebut juga melibatkan siswa untuk maju kedepan mengerjakan soal siswa pun aktif tidak terpaku oleh penjelasan guru dan sehingga guru bisa mengetahui apakah siswa tersebut sudah paham atau belum.
Nama: Endah Rega Safitri
NIM : 856974721
Pokjar : Kota Agung Barat
Menurut analisis saya, dalam pembelajaran tersebut guru dalam mengajar sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis secara bergantian. Kekurangannya ada siswa yang tidak maju mengerjakan soal dan tidak berani bertanya tentang materi tersebut jadi guru tidak mengetahui apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi pelajaran yang diberikan.