silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Pipi Elita hutauruk
nim : 856085083
■Penguasaan Materi: Guru telah menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap materi operasi bilangan, serta mampu menyampaikannya dengan jelas dan sistematis kepada siswa.
Penerapan Sifat Operasi
■Hitung: Guru telah berhasil mengajarkan siswa tentang sifat-sifat operasi hitung (komutatif, assosiatif, distributif) dan menerapkannya dalam penyelesaian soal.
■Keterlibatan Aktif Siswa: Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan dan mengerjakan soal secara spontan, guru telah berhasil melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri siswa, tetapi juga membantu mereka memahami materi dengan lebih baik.
■Evaluasi Pemahaman: Guru telah melakukan evaluasi pemahaman siswa di akhir pembelajaran dengan menanyakan apakah semua siswa sudah paham. Hal ini penting untuk mengetahui sejauh mana materi telah tersampaikan dan mengidentifikasi siswa yang masih mengalami kesulitan
Sedikit masukan: Koneksi dengan Kehidupan Sehari-hari; Guru dapat menghubungkan materi operasi bilangan dengan situasi sehari-hari yang familiar bagi siswa, seperti belanja, menghitung uang saku, atau membagi makanan. Hal ini akan membuat pembelajaran lebih bermakna dan relevan bagi siswa.
Terimakasih 🙏🏻🙏🏻
Nama : LALAZATULO HALAWA
NIM : 855836336
Pokjar : Idanogawo
Semester 8
menurut analisis saya dari vidoe pembelajaran tersebut Guru sudah menguasai materi yang disampaikan kepada murid yang dimana materi mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. dimana cara penyampaiannya guru tersebut sangat mudah dipahami oleh siswa dan siswa pun menjadi semangat mengikuti proses pembelajaran dan siswa tidak kewalahan dalam mengikuti proses pembelajaran bahkan ketika di suruh untuk mengerjakan soal, siswa pun langsung maju kedepan untuk mengerjakannya. setelah materi selesai guru memastikan apakah murid sudah memahami materi yang disampaikan.
Namun alangkah baiknya kalau guru tersebut menggunakan media pembelajaran sehingga siswa semakin tertarik dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Nama : Ade lestari
Nim : 856047829
Menurut pendapat saya didalam video pembelajaran tersebut ada kekurangan dan kelebihannya.
kelebihannya yaitu :
Guru mengkondisikan siswa dengan baik, guru juga sudah memahami pembelajaran operasi hitung dengan baik, siswa aktif dalam proses pembelajaran dilihat dari siswa maju satu persatu kedepan untuk mengerjakan soal, guru memberikan penjelasan dengan baik, adanya kesimpulan yang disampaikan oleh guru te tang pembelajaran operasi hitung.
kekurangannya yaitu :
Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan baik, tidak adanya absensi kehadiran siswa, tidak adanya apersepsi pembelajaran sebelumnya, di akhir pembelajaran kelas tidak ditutup dengan baik.
Nama : Ratna Yanti Ndruru
Nim : 856060921
pokjar : Idanogawo
UPBJJ : Medan
untuk menjadi lebih dipedomani siswa dalam metode pembelajaran guru harus aktif mengajak siswa dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa dalam pembelajaran tersebut tidak fakum dalam proses pembelajaran yang diberikan
Nama:Nopita anani
Nim:856821489
Perodi:PGSD S1
Menurut analisis saya, dalam video pembelajaran tersebut guru sudah menguasai materi operasi bilangan sepenuhnya. guru juga sudah menyampaikan pemahaman sifat pada operasi hitung dengan baik kepada siswa. pembelajaran dimulai dengan penyampaian materi, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa maju kedepan untuk mengerjakan soal secara spontan. kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. dalam pembelajaran melibatkan siswa. diakhir materi guru juga menanyakan apakah semua siswa sudah paham dengan materi operasi bilangan?
namun, sebaiknya guru memberikan ice breaking ditengah-tengah pembelajaran agar siswa bisa lebih semangat dan tidak jenuh dalam pembelajaran tersebut.
Hardi
856784375
Menurut saya, pada vidio tersebut gurunya sudah benar-benar menguasai sifat operasi hitung.
Kekurangannya, anak-anak kelihatan terlalu tegang menghadapi pembelajaran. Jadii kelihatan anak belajar kurang nyaman. Sebaiknya ciptakan kenyamanan di kelas dengan metode apa saja.
Nama : Vivi Otafianis
Nim : 857944918
Pada penggalan pertama, siswa diberikan beberapa soal hitungan untuk diselesaikan. Dalam sesi ini, mereka menghitung hasilnya tanpa mengetahui sifat-sifat dasar yang mendasari operasi tersebut.
Di penggalan kedua, guru memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung, seperti komutatif, asosiatif, dan distributif, disertai dengan contoh-contoh soal yang relevan. Tujuannya adalah untuk membangun pemahaman siswa tentang bagaimana sifat-sifat ini dapat membantu mereka dalam menyelesaikan masalah matematika dengan lebih mudah dan efisien.
Melalui video ini, diharapkan siswa tidak hanya mampu menghitung, tetapi juga memahami konsep di balik operasi hitung yang mereka lakukan.
Nama: Desfi aliyah putri
Nim: 856821242
Menurut analisis saya, dalam video pembelajaran di atas guru sudah menyampaikan pemahaman sifat pada operasi hitung dengan baik kepada siswa sehingga semua siswa mudah memahami nya.
Pembelajaran sudah sangat jelas pertama guru menerangakan semua materi ,dan langkah selanjutnya guru memberikan kesempatan siswa untuk mencoba mengerjakan soal yang melibatkan siswa dan memberanikan siswa untuk tampil d depan kelas..
tetapi pembelajaran sangat mudah membuat anak bosan jika tidak di selingi dengan kuis,soal atau ice breacking.
Nama: Rangga Angki Pangestu
NIM : 856085345
UPBJJ – UT : BATAM
Menurut saya setelah saya melihat video pembelajaran di atas tentang memahami sifat pada operasi hitung, pada saat guru membuka pelajaran, guru belum menyampaikan persepsi dan tujuan pembelajaran. Saat pembelajaran berlangsung guru kurang berinteraktif dengan siswa sehingga tidak semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Pada saat guru menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberikan soal. Namun guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan menggunakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan turun, kemudian mengungkapkan bagaimana memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diberikan yaitu sifat-sifat operasi hitung.
Nama : Ayu Ratih Haryanti
NIM : 856085241
Dari hasil pengamatan yang saya lihat dari video tersebut, alhamdulillah guru sudah menyampaikan materi dengan baik serta melibatkan siswa. adapun yang perlu ditambahkan dalam proses pembelajaran, yaitu sebelum guru menyampaikan materi sebaiknya guru menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dulu setelah itu guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. kemudian diakhir pembelajaran guru dan siswa sebaiknya menyimpulkan bersama-sama mengenai materi yang disampaikan.