silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

373 Comments

  1. Nama : YENI RACHMAWATI
    NIM : 858974196
    Menurut analisis saya, dalam video pembelajaran tersebut guru sudah menguasai materi operasi bilangan sepenuhnya. Tetapi guru hanya menggunakan metode yang monoton yaitu ceramah sehingga beberapa siswa saja yang dapat menyelesaikan soal dengan benar, mereka tidak sepenuhnya memahami konsep yang mendasarinya. Hal ini menunjukkan bahwa pengajaran prosedural saja tidak cukup untuk membantu siswa mencapai pemahaman matematika yang lebih dalam. Pembelajaran dimulai dengan penyampaian materi, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa maju kedepan untuk mengerjakan soal secara spontan. Kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, dalam pembelajaran melibatkan siswa. Tetapi seharusnya dapat dilakukan diskusi kelompok untuk lebih membuat pemahaman siswa semakin bertambah. Karena dengan hal tersebut dapat membuat kerjasama antar siswa dalam penyelesaian persoalan pembelajaran terjalin.

  2. Nama : Bella Viddya Sari
    NIM : 857997517
    Menurut pendapat saya, pada vidio pembelajaran diatas materi memahami sifat pada operasi hitung, untuk pendahuluan sebaiknya dibuka dengan salam dan melakukan absensi pada siswa, dalam menyampaikan materi sudah cukup jelas dan terlihat guru sudah menguasai materi dengan cukup baik, menjelaskan konsep dasar dari sifat pada operasi hitung, kemudian memberi contoh dan mengajak siswa untuk aktif berpartisipasi dalam mengerjakan contoh soal sehingga pembelajaran mudah dipahami. dari vidio terlihat ada beberapa siswa yang belum faham, seharusnya guru lebih aktif mengajak interksi dan mengharuskan siswa untuk mencoba mengerjakan soal di depan secara bergilir sehingga tau mana dan berapa persen siswa yang belum memahami mateir yang di ajarkan, guru juga harus memberikan pujian berupa kata apresiasi atau tepuk tangan kepada siswa yang sudah bisa menjawab soal dengan baik sebagai bentuk bangga agar siswa semangat, serta melalukan ice breaking di tengah pembelajaran agar asik dan tidak membosankan, terakhir lakukan sesi penutup dengan memberikan tugas, serta salam kepada siswa.

  3. Nama : Annisa Qurrota A’yuni Furqon
    NIM : 857024981

    Vidio pertama GPO yang saya amati berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung” . Pada video tersebut menurut saya siswa terlihat aktif dalam mengikuti pembelajaran . Terlihat pada video tersebut siswa memahami apa yang di sampaikan guru , sehingga ada beberapa siswa yang berani untuk mengerjakan tugas atau contoh soal yang ditulis oleh guru di papan tulis.
    Dalam proses pembelajaran tersebut pada kegiatan pendahuluan tidak dilengkapi dengan salam, dan doa. Guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran , sehingga dalam penyampaian materi siswa hanya mendengarkan dan bersifat monoton.
    Guru juga harus memberikan pujian berupa kata apresiasi atau tepuk tangan kepada siswa yang sudah bisa menjawab soal dengan baik sebagai bentuk bangga agar siswa semangat.
    Namun guru sangat mengusai materi dan apa yang disampaikan dapat dimengerti siswa. Selain itu guru dapat membangun rasa percaya diri siwa dengan melibatkan siswa dalam memecahkan contoh soal dipapan tulis .
    Keunikan guru tersebut sebelum menjelaskan beliau mencoba memancing pecerta didik dalam pembelajaran agar siswa berpartisipasi aktif.
    Saran saya dalam pembelajaran sebaiknya kegiatan pendahuluan diawali salam dan doa . Dan menggunakan model dan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

  4. NAMA : HERNAWATI
    NIM : 817163711
    Menanggapi vidio uang disajikan ialah menunjukkan pembelajaran prosedural belum cukup memberikan pemahaman kepada siswa secara merata, diperlukan metode pemebelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan secara merata

  5. Nama : Khipli Parna Heru Tinambunan
    Nim : 855838727
    Pokjar : Humbang Hasundutan
    Izin menanggapi video pembelajarannya ibu, Pada video pembelajarna tersebut langsung ke inti pembelajaran tanpa melakukan pendahuluan yaitu mengucap salam, berdoa dan melakukan absensi. Dalam video pembelajaran tersebut terlihat guru menguasai materi pembelajaran dengan baik, guru tersebut menggunakan metode ceramah, sebaiknya guru tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi juga menggunakan metode diskusi kelompok, guru tersebut juga tidak memberikan lembar kerja siswa untuk mengetahui kemampuan siswa siswi tersebut, guru tersebut hanya melibatkan beberapa siswa saja yang maju ke depan untuk mengerjakan soal. Guru juga tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang telah maju ke depan untuk mengerjakan soal tersebut padahal dengan memberikan apresiasi kepada siswa itu akan menumbuhkan semangat siswa siswi tersebut. Pada sesi penutup guru juga tidak melakukan penugasan dan tidak ada doa dan salam penutup. Demikian tanggapan dari saya terimakasih

  6. Nama : Indah Rahayuningsih
    NIM : 857742702

    Menurut pendapat saya tentang vidio diatas, alangkah baiknya pembelajaran diawali dengan salam pembuka, mengabsen siswa dan memastikan siswa siap untuk menerima pelajaran. guru sebaiknya memberikan kaitan antara pelajaran yang lalu ( pertemuan sebelumnya) dengan pelajaran yang akan dipelajari pada waktu itu. Dibagian Kegiatan inti pelajaran Guru hanya monoton menggunakan metode ceramah intik menerangkan kepada siswa. Namun disini guru baik dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba maju kedepan mengerjakan soal dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
    Dibagian akhir pembelajaran sebaiknya guru membuat simpulan dari apa yang disampaikan hari ini. dan menjelaskan pada siswa apa yang akan di pelajari besok.

  7. Nama: Imawan Wahyu Sulistiyanto
    NIM: 857819041

    Menurut pendapat saya, guru dalam menyampaikan materi sudah jelas dan mudah dipahami siswa. Selain itu, guru mengajak siswa aktif dalam pembelajaran sehingga siswa cepat memahaminya dan siswa tidak mudah bosan dalam pembelajaran. Tetapi disisi lain, guru dalam pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa terkadang kurang memperhatikannya.

  8. Nama: Dony Satrio Utomo NIM : 858976444

    Berdasarkan video pembelajaran tersebut, saya menemukan beberapa hal.
    1. Pada proses pembelajaran siswa memperhatikan dan menyimak dengan seksama. Siswa memberikan respon positif terhadap materi yang diberikan oleh guru.
    2. Kelebihan
    Guru sudah mampu menjelaskan konsep dan materi dengan baik dan benar. Guru sudah melakukan interaksi kepada siswa. Respon dari siswa sudah cukup baik karena mereka berani maju ke depan kelas untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan
    3. Kekurangan
    Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa. Tidak ada kegiatan pembuka seperti mengucapkan salam, menyapa siswa, berdoa, atau memeriksa kehadiran. Tujuan pembelajaran juga tidak disampaikan. Terdapat beberapa materi yang kurang dikuasi. Selain itu, guru tidak memberikan tugas latihan kepada siswa dan tidak ada kegiatan penutup. Tidak ada kegiatan ice breaking
    4. Saran
    Sebaiknya guru melakukan kegiatan pembuka dan penutub, memberikan apersepsi, dan lebih memperhatikan kondisi kelas. Perlu adanya kegiatan ice breaking untuk menyegarkan suasana kelas.

  9. Menurut saya metode pembelajaran dalam vidio sudah baik karena guru sudah mengemukakan pelajaran yang sudah diberikan sebelumnya seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat-sifat operasi hitung namun memiliki kekurangan tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif distributif dan asosiatif dan alangkah lebih baiknya bila pembelajaran ditunjang dengan alat peraga atau media pembelajaran sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan.

Leave a Reply