silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Menurut saya metode pembelajaran dalam vidio sudah baik karena guru sudah mengemukakan pelajaran yang sudah diberikan sebelumnya seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat-sifat operasi hitung namun memiliki kekurangan tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif distributif dan asosiatif dan alangkah lebih baiknya bila pembelajaran ditunjang dengan alat peraga atau media pembelajaran sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan
Nama : Laras Nanda Julita
NIM : 858136081
Menurut analisis saya berdasarkan video diatas guru sudah cukup baik dalam penyampaian materi tentang sifat operasi hitung. Namun sebisa mungkin seorang guru menggunakan bahasa yang lebih sederhana sehingga siswa mudah memahami penjelasan guru tentang sifat operasi hitung ini. Siswa juga berperan aktif, berpartisipasi dalam pembelajaran. Keterlibatan siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dan dapat pula dijadikan sebagai tolak ukur pemahaman siswa terhadap materi sifat operasi hitung. Namun dari analisis video tersebut penjelasan kurang merata kesemua siswa, guru harus lebih peka melakukan interaksi yang lebih aktif lagi dengan siswa, khususnya bagi siswa yang duduk di bagian paling belakang. Sehingga pemahaman siswa terhadap materi sifat operasi hitung akan merata, baik siswa yang duduk di depan maupun di belakang.
Terimakasih.
Menurut saya Guru tersebut sudah sangat menguasai materi tentang sifat-sifat penjumlahan dan cara penyampaian materinya menarik, tetapi masih terdapat kekurangannya di mana guru tersebut masih menggunakan metode Ceramah sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan dan masih ada peserta didik yang masih bingung dan masih asyik sendiri. Seharusnya guru tersebut dapat menggunakan metode pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik lebih termotivasi dalam menerima pembelajaran tersebut. Misalnya guru tersebut dapat menggunakan metode CTL, inkuiri ataupun metode PBL sebagai contoh. Selain penggunaan metode juga masih terdapat kekurangan dalam hal kegiatan penutup di mana guru tersebut masih secara konvensional dalam menarik kesimpulan pembelajaran dan dalam melakukan evaluasi pembelajaran terakhir ketika melakukan instrumen penilaian.
Guru tersebut juga tidak memberikan penugasan selanjutnya sebelum menutup pembelajaran.
Nama : Dinar Oviyan Ndaru
NIM : 858539666
menurut saya, pada vidio diatas materi memahami sifat pada operasi hitung, untuk memulai pembelajaran sebaiknhya dibuka dengan salam, berdoa dan melakukan absensi pada siswa, akan lebih baik lagi kalau menyanyikan lagu nasional dulu. Dalam menyampaikan materi sudah cukup jelas dan guru sudah menguasai materi dengan cukup baik, menjelaskan konsep dasar dari sifat pada operasi hitung, kemudian memberi contoh
Nama : Ni Luh Putu Wahyu Darmayanti
NIM : 859043006
Menurut pendapat saya di dalam video tersebut guru sudah menguasai materi dengan baik. Tetapi metode pembelajaran yang digunakanoleh guru tersebut kurang menarik untuk para siswa, terlihat dalam video siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Sebaiknya guru menyusun atau mengajak para siswa dengan metode yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh para siswa.
Sekian pendapat saya,Terimakasih.
Nama : Nia Uswatun Afifah
NIM : 857879441
Menurut analisis saya, pada video di atas guru sudah memberikan penjelasan materi sifat – sifat operasi hitung dengan baik dan jelas. Guru sudah menguasai materi yang diajarkan. Sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajarannya dapat berjalan dengan aktif dan siswa paham mengenai materi yang disampaikan, dan guru sudah memberi kesempatan siswa untuk bertanya apabila ada yang belum jelas.
Nama : Yosefina Tildis Hajun
NIM : 859292547
Menurut pendapat saya, pada vidio pembelajaran diatas materi memahami sifat pada operasi hitung, untuk pendahuluan sebaiknya dibuka dengan salam dan melakukan absensi pada siswa, dalam menyampaikan materi sudah cukup jelas dan terlihat guru sudah menguasai materi dengan cukup baik, menjelaskan konsep dasar dari sifat pada operasi hitung, kemudian memberi contoh dan mengajak siswa untuk aktif berpartisipasi dalam mengerjakan contoh soal sehingga pembelajaran mudah dipahami. dari vidio terlihat ada beberapa siswa yang belum faham, seharusnya guru lebih aktif mengajak interksi dan mengharuskan siswa untuk mencoba mengerjakan soal di depan secara bergilir sehingga tau mana dan berapa persen siswa yang belum memahami mateir yang di ajarkan, guru juga harus memberikan pujian berupa kata apresiasi atau tepuk tangan kepada siswa yang sudah bisa menjawab soal dengan baik sebagai bentuk bangga agar siswa semangat, serta melalukan ice breaking di tengah pembelajaran agar asik dan tidak membosankan, terakhir lakukan sesi penutup dengan memberikan tugas, serta salam kepada siswa.
Menurut pendapat saya, pada vidio pembelajaran diatas materi memahami sifat pada operasi hitung, untuk pendahuluan sebaiknya dibuka dengan salam dan melakukan absensi pada siswa, dalam menyampaikan materi sudah cukup jelas dan terlihat guru sudah menguasai materi dengan cukup baik, menjelaskan konsep dasar dari sifat pada operasi hitung, kemudian memberi contoh dan mengajak siswa untuk aktif berpartisipasi dalam mengerjakan contoh soal sehingga pembelajaran mudah dipahami. dari vidio terlihat ada beberapa siswa yang belum faham, seharusnya guru lebih aktif mengajak interksi dan mengharuskan siswa untuk mencoba mengerjakan soal di depan secara bergilir sehingga tau mana dan berapa persen siswa yang belum memahami mateir yang di ajarkan, guru juga harus memberikan pujian berupa kata apresiasi atau tepuk tangan kepada siswa yang sudah bisa menjawab soal dengan baik sebagai bentuk bangga agar siswa semangat, serta melalukan ice breaking di tengah pembelajaran agar asik dan tidak membosankan, terakhir lakukan sesi penutup dengan memberikan tugas, serta salam kepada siswa.
Nama: Rosita Sari
Nim: 858061936
Menurut pendapat saya, pada vidio pembelajaran diatas materi memahami sifat pada operasi hitung, untuk pendahuluan sebaiknya dibuka dengan salam dan melakukan absensi pada siswa, dalam menyampaikan materi sudah cukup jelas dan terlihat guru sudah menguasai materi dengan cukup baik, menjelaskan konsep dasar dari sifat pada operasi hitung, kemudian memberi contoh dan mengajak siswa untuk aktif berpartisipasi dalam mengerjakan contoh soal sehingga pembelajaran mudah dipahami. dari vidio terlihat ada beberapa siswa yang belum faham, seharusnya guru lebih aktif mengajak interksi dan mengharuskan siswa untuk mencoba mengerjakan soal di depan secara bergilir sehingga tau mana dan berapa persen siswa yang belum memahami mateir yang di ajarkan, guru juga harus memberikan pujian berupa kata apresiasi atau tepuk tangan kepada siswa yang sudah bisa menjawab soal dengan baik sebagai bentuk bangga agar siswa semangat, serta melalukan ice breaking di tengah pembelajaran agar asik dan tidak membosankan, terakhir lakukan sesi penutup dengan memberikan tugas, serta salam kepada siswa.
Menurut pendapat saya, pada vidio pembelajaran diatas materi memahami sifat pada operasi hitung, untuk pendahuluan sebaiknya dibuka dengan salam dan melakukan absensi pada siswa, dalam menyampaikan materi sudah cukup jelas dan terlihat guru sudah menguasai materi dengan cukup baik, menjelaskan konsep dasar dari sifat pada operasi hitung, kemudian memberi contoh dan mengajak siswa untuk aktif berpartisipasi dalam mengerjakan contoh soal sehingga pembelajaran mudah dipahami. dari vidio terlihat ada beberapa siswa yang belum faham, seharusnya guru lebih aktif mengajak interksi dan mengharuskan siswa untuk mencoba mengerjakan soal di depan secara bergilir sehingga tau mana dan berapa persen siswa yang belum memahami mateir yang di ajarkan, guru juga harus memberikan pujian berupa kata apresiasi atau tepuk tangan kepada siswa yang sudah bisa menjawab soal dengan baik sebagai bentuk bangga agar siswa semangat, serta melalukan ice breaking di tengah pembelajaran agar asik dan tidak membosankan, terakhir lakukan sesi penutup dengan memberikan tugas, serta salam kepada siswa.