silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Desy Kristiani Waruwu
NIM : 859876577
UPBJJ : UT Medan
Pokjar : Idanogawo
Materi yang disampaikan dalam video ini sangat relevan dengan pembelajaran matematika di kelas IV. Penjelasan guru sangat sistematis, jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik. Video ini tidak hanya membantu siswa memahami sisfat-sifat operasi hitung, tetapi dapat juga menjadi referensi yang bai bagi guru dalam mengembangkan materi pembelajaran.
Nama : Jubaidah
Nim : 822290377
Kelas : B semester 10
Menurut saya: Menurut pendapat saya, guru dalam menyampaikan materi sudah jelas dan mudah dipahami siswa. Selain itu, guru mengajak siswa aktif dalam pembelajaran sehingga siswa cepat memahaminya dan siswa tidak mudah bosan dalam pembelajaran. Tetapi di sisi lain, guru dalam pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa terkadang kurang memperhatikannya.
Nama : cindy heppy lestari
Nim : 857030749
Upbjj : Bandar lampung
Reaksi peserta didik :
Peserta didik antusis dalam pembelajaran operasi hitung
Kelemahan :
Pendidik tidak melakukan pembukaan di awal pembelajaran
Pendidik tidak absensi peserta didik
Pendidik menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran operasi hitung
Pendidik tidak membagi kelompok kepada peserta didik
Pendidik tidak memerikan LKPD pada peserta didik
Kelebihan :
Pendidik mengajak peserta didik aktif dalam pembelajaran operasi hitung
Pendidik mengulang materi sebelumnya, sebelum melanjutkan materi yang selanjutnya
Rekomendasi :
Sebaiknya pendidik melakukan salam sebelum memulai pembelajaran
Sebaiknya pendidik mengecek absensi peserta didik
Sebaiknya pendidik menggunakan metode yang kratif supaya peserta didik dapat lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran operasi hitung
Menurut saya dari hasil melihat video di atas, dapat saya simpulkan atau analisis.
1. Tidak ada pembukaan dan penutupan
2. Guru tidak mengisi presensi siswa dan jurnal mengajar
3. Guru masih menggunakan metode ceramah sedangkan di kurikulum merdeka seharusnya menggunakan metode yang lebih menarik perhatian siswa agar siswa tidak asik sendiri ataupun mengantuk dan bosan
4. Guru sudah menguasai materi walaupun masih memegang contekan, tetapi bisa menjelaskan dengan baik kepada siswa dan siswa banyak yang sudah paham dengan materi yang di ajarkan
5. Guru sudah menggunakan bahasa yang baik
6. Dalam penyajian video sudah bagus dan menarik
NAMA : ELIYANA KINTAN FERLINDA
NIM : 857045566
PRODI : S1-PGSD
TEMA : MEMAHAMI SIFAT PADA HITUNG
JUDUL VIDEO : MEMAHAMI SIFAT PADA OPERASI HITUNG
Menurut pendapat saya, terkait video pembelajaran yang baru saja saya tonton yaitu tentang memahami sifat pada operasi hitung, guru sudah menyampaikan materi dengan sangat baik serta sudah melibatkan para siswa sehingga mudah dipamami. Akan tetapi terlihat dari video ada beberapa siswa yang kurang paham, jadi alangkah baiknya apabila metode yang digunakan bukan hanya metode ceramah saja sehingga anak-anak lebih tertarik untuk belajar matematika.
Nama : Nurhayani
UPBJJ : Bandar Lampung
menanggapi dari video diatas adalah ada beberapa kekurangan dan kelabihan
kelebihannya
1 Visualisasi Proses Pembelajaran Nyata:
Melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dapat memperlihatkan dinamika kelas yang sesungguhnya dan bagaimana siswa berpikir saat menyelesaikan soal.
2. VIdeo ini bisa menjadi referensi atau model bagi guru SD untuk menyusun strategi mengajar yang lebih efektif dalam memperkenalkan sifat operasi hitung.
Kekurangannya adalah kurangnya Variasi Strategi Mengajar:
Jika hanya mengandalkan penjelasan guru dan soal latihan, siswa yang memiliki gaya belajar berbeda (misalnya kinestetik atau visual) mungkin kurang terfasilitasi. Bisa lebih menarik jika ditambah dengan permainan, alat peraga, atau aktivitas kelompok.
Nama : Leni fransiska
pokjar : sidomulyo
Di dalam Video tersebut tampak guru sedang menyampaikan materi kepada siswa SD mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama siswa diberikan soal-soal hitungan dan menghitung hasilnya. Siswa tersebut belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Dan pada penggalan kedua, siswa diberi penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Kelebihan :
a. Sebelum memulai pelajaran, guru pengulangan materi sebelumya, seperti penjumlahan dan pengurangan.
b. Guru menjelaskan/menyampaikan materi tentang sifat operasi hitung dengan memberikan contoh langsung
c. Guru banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan untuk menjawab dan menuliskan sifat dari operasi hitung dengan tujuan supaya siswa aktif dalam pembelajaran.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi sifat dari operasi hitung yang belum dimengerti.
e. Adanya kaloborasi yang baik dan terciptanya kelas yang kondusif
Kelemahan :
a. Guru tidak melakukan salam, dan kegiatan do’a sebelum pembelajaran
b. Guru tidak mengecek kehadiran siswa, ice breaking, atau memotivasi siswa sebelum pembelajaran
c. Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju ke depan.
d. Tidak semua siswa antusias untuk maju ke depan
e. Guru tidak memberikan Lembar Kerja Siswa sebagai tolak ukur pemahaman siswa atas materi yang disampaikan
Nama : Nada Nabilah Wulandari
NIM: 877309919
Setelah menyimak tersebut, pada pembelajaran ini, guru kurang dalam kegiatan pembuka. Diantaranya tidak ada salam pembuka, apersepsi, doa bersama sebelum memulai pembelajaran. untuk mengkaji ulang materi di pertemuan sebelumnya sudah bagus sehingga serta tujuan pembelajran pada pertemuan kali ini juga sudah dipaparkan secara jelas kepada siswa. Dalam penyampaian materi sudah baik dan guru terlihat menguasai materi yang diajarkan. Guru juga melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Namun, metode yang digunakan hanya metode ceramah dan tidak bervariasi serta tidak ada media pembelajaran sehingga siswa terlihat bosan dan suasana kelas sedikit kurang menyenangkan dalam pembelajaran matematika. sekian pendapat dari saya. terimakasih
NAMA : Kiki Fatmala
NIM : 856113143
PRODI : S1 PGSD
setelah saya menonton video pembelaran diatas, guru sudah menjeaskan materi dangan baik dan penguasaan materinya dengan baik sehingga siswa yang memperhatikan lebih mudah memahami. kemudia pengusaan kelasnya juga bagus karen guru mengajak siswa dalam mengerjakan soal yang ada di papan tulis sehingga siswa yang lainnya tertarik ingin mencoba mengerjakan soal yang diberikan guru sehingga lebih konsentasi dalam belajar.
Nama: Yanti Hardiyanti
NIM: 857491461
Dalam video pembelajaran ini memberikan penjelasan yang cukup baik tentang sifat-sifat operasi hitung kepada siswa Sekolah Dasar. Namun ada beberapa faktor yang harus diperhatikan:
Kelebihan
Pendekatan PCL : Guru menggunakan pendekatan Penjelasan, Contoh, dan Latihan yang efektif untuk memperkenalkan sifat-sifat operasi hitung.
Partisipasi Siswa : Siswa diberi kesempatan untuk maju ke depan dan menjawab, yang membantu meningkatkan keterlibatan mereka.
Materi Relevan: Materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum dan perkembangan siswa di usia 10-11 tahun.
Kekurangan
Pembukaan dan Penutupan: Tidak ada pengantar yang jelas di awal pembelajaran, seperti sapaan atau pengecekan kehadiran. Kegiatan penutup juga kurang terlihat, hanya berupa kesimpulan tanpa evaluasi yang jelas.
Interaksi dengan Siswa : Selama proses pembelajaran, guru kurang melakukan interaksi yang aktif dengan siswa, sehingga beberapa siswa mungkin merasa kurang terlibat.
Saran
Penggunaan Alat Peraga : Menambahkan alat peraga atau media visual untuk membantu menjelaskan konsep dapat membuat pembelajaran lebih menarik.
Variasi Metode Pembelajaran: Menggunakan metode yang lebih interaktif, seperti diskusi kelompok atau permainan, untuk meningkatkan keterlibatan siswa.
Latihan Tambahan: Menyediakan lembar kerja atau latihan yang melibatkan semua siswa agar pemahaman mereka lebih terukur.
Secara keseluruhan, pembelajaran ini memiliki potensi yang baik, tetapi perlu perbaikan dalam hal pengelolaan kelas dan metode pengajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sifat-sifat operasi hitung.