silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

482 Comments

  1. Nama : Aulia putri fariz ikrima
    NIM : 857155372

    Video ini membahas tentang sifat-sifat pada operasi hitung, khususnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, yang ditujukan untuk siswa Sekolah Dasar. Video ini menunjukkan bagaimana seorang guru menjelaskan konsep-konsep tersebut kepada siswa, dengan menggunakan pendekatan PCL (Penjelasan, Contoh, dan Latihan).
    Berikut beberapa poin analisis dari video tersebut:
    -Kelebihan:
    *Pendekatan PCL: Guru dalam video ini menggunakan pendekatan PCL yang efektif untuk membangun pemahaman siswa. Dia memberikan penjelasan, contoh, dan kemudian melibatkan siswa dalam latihan.
    *Pemilihan Materi Sesuai: Materi sifat-sifat operasi hitung cocok untuk siswa Sekolah Dasar dan sesuai dengan kurikulum 2013.
    *Motivasi: Guru memberikan motivasi kepada siswa di akhir video untuk terus belajar di rumah.
    -Kekurangan:
    *Kurang Interaktif: Video menunjukkan guru yang kurang interaktif dengan siswa. Dia kurang melibatkan siswa dalam tanya jawab atau diskusi untuk mengukur pemahaman mereka.
    *Kurang Evaluasi: Video kurang menampilkan kegiatan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa setelah pembelajaran berlangsung.
    *Kurang Penggunaan Media: Guru dalam video kurang memanfaatkan media pembelajaran untuk memperjelas penjelasan, seperti alat peraga visual atau contoh-contoh konkret.
    *Pembahasan Asosiatif Terlambat: Pembahasan sifat asosiatif perkalian baru muncul di akhir video, yang kurang ideal. Idealnya, pembahasan asosiatif dilakukan bersamaan dengan sifat-sifat operasi hitung lainnya.
    -Saran:
    *Meningkatkan Interaktivitas: Guru dapat melibatkan siswa lebih aktif dalam tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah bersama.
    *Menambahkan Evaluasi: Video dapat dilengkapi dengan kegiatan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa, seperti soal-soal latihan atau kuis singkat.
    *Memanfaatkan Media Pembelajaran: Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang visual dan menarik, seperti gambar, video, alat peraga, atau kartu flashcard untuk memperjelas penjelasan.
    *Meletakkan Pembahasan Asosiatif di Tempat yang Tepat: Pembahasan sifat asosiatif perkalian sebaiknya dilakukan bersamaan dengan sifat-sifat operasi hitung lainnya, bukan di akhir video.
    Secara keseluruhan, video ini memberikan gambaran yang baik tentang bagaimana menjelaskan sifat-sifat operasi hitung kepada siswa Sekolah Dasar. Namun, video ini dapat ditingkatkan dengan menambahkan interaktivitas, evaluasi, dan penggunaan media pembelajaran yang lebih efektif.

  2. Nama Pendi Cordias Lombu
    Nim 855864485
    Menurut saya ,penguasaan materi kepada murid sudah jelas ,tetapi sebaiknya pada awal pembelajaran hendaklah seorang guru melakukan pembukaan ,seperti menyapa siswa ,menanyakan kabar ,dan setelah itu sebaiknya di awal siswa jugak harus diajak untuk melakukan ice breaking karna bertujuan untuk membuat anak semangat ,dan saat proses berlajar berlangsung siswa tidak mengantuk ,dan kemudian setelah itu baru guru memberitahukan kepada siswa akan materi pembelajaran apa yang akan mereka pelajari ,dan selain itu dalam vidio tersebut kurangnya metode pembelajaran yang menarik ,
    Kelebihan :
    a. Sebelum memulai pelajaran, guru pengulangan materi sebelumya, seperti penjumlahan dan pengurangan.
    b. Guru menjelaskan/menyampaikan materi tentang sifat operasi hitung dengan memberikan contoh langsung
    c. Guru banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan untuk menjawab dan menuliskan sifat dari operasi hitung dengan tujuan supaya siswa aktif dalam pembelajaran.
    d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi sifat dari operasi hitung yang belum dimengerti.
    e. Adanya kaloborasi yang baik dan terciptanya kelas yang kondusif

    Kelemahan :
    a. Guru tidak melakukan salam, dan kegiatan do’a sebelum pembelajaran
    b. Guru tidak mengecek kehadiran siswa, ice breaking, atau memotivasi siswa sebelum pembelajaran
    c. Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju ke depan.
    d. Tidak semua siswa antusias untuk maju ke depan
    e. Guru tidak memberikan Lembar Kerja Siswa sebagai tolak ukur pemahaman siswa atas materi yang disampaikan

  3. Nama Pendi Cordias Lombu
    Nim 855864485
    Menurut pendapat saya, pada vidio pembelajaran diatas materi memahami sifat pada operasi hitung, untuk pendahuluan sebaiknya dibuka dengan salam dan melakukan absensi pada siswa, dalam menyampaikan materi sudah cukup jelas dan terlihat guru sudah menguasai materi dengan cukup baik, menjelaskan konsep dasar dari sifat pada operasi hitung, kemudian memberi contoh dan mengajak siswa untuk aktif berpartisipasi dalam mengerjakan contoh soal sehingga pembelajaran mudah dipahami. dari vidio terlihat ada beberapa siswa yang belum faham, seharusnya guru lebih aktif mengajak interksi dan mengharuskan siswa untuk mencoba mengerjakan soal di depan secara bergilir sehingga tau mana dan berapa persen siswa yang belum memahami mateir yang di ajarkan, guru juga harus memberikan pujian berupa kata apresiasi atau tepuk tangan kepada siswa yang sudah bisa menjawab soal dengan baik sebagai bentuk bangga agar siswa semangat, serta melalukan ice breaking di tengah pembelajaran agar asik dan tidak membosankan, terakhir lakukan sesi penutup dengan memberikan tugas, serta salam kepada siswa.

  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama = Aprilia Cahyaningtias
    NIM =859542477
    MATKUL =PKM
    UPBJJ= BANDAR LAMPUNG

    1. Anak-anak yang terdapat dalam video menunjukkan mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan baik
    2. Kelemahan yang terdapat dalam video tersebut yaitu alat peraga atau media yang digunakan kurang mendukung pembelajaran tersebut kemudian guru hanya fokus kepada anak-anak yang aktif saja.
    3. Kelebihan pengajaran yang dapat di video tersebut yaitu guru berfungsi atau berperang sebagai fasilitator dan anak-anak dijadikan sebagai in sumber informasi kemudian guru memberikan motivasi kepada anak-anak dalam akhir pembelajaran.
    4. Unik yang saya ambil dari video tersebut adalah guru benar-benar berperang sebagai fasilitator dan anak-anak diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasan mereka.
    5. Menghilangkan saya lakukan adalah pertama saya akan membuat rpp dengan baik kemudian berusaha semaksimal mungkin untuk melibatkan anak-anak dan peran guru hanya sebagai fasilitator setan menyediakan media atau alat untuk mendukung pembelajaran

  5. Nama = Aprilia Cahyaningtias
    Nim = 859542477
    UPBJJ= bandar lampung
    Menurut pendapat saya secara keseluruhan pembelajaran tersebut sudah berjalan dengan baik. Kelemahan yang dapat dalam pembelajaran tersebut guru kurang menyediakan media atau alat peraga untuk mendukung pembelajaran tersebut sedangkan kelebihan dari pembelajaran tersebut ialah gurun benar-benar menjadi peran fasilitator dan anak-anak diberikan kesempatan untuk menyampaikan mereka. Sedangkan hal unik dalam video tersebut walaupun pembelajaran nya matematika tetapi anak-anak bisa menyampaikan gagasan mereka dengan baik tanpa kesulitan. hal atau tindakan yang saya lakukan setelah menonton video tersebut adalah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat air pp yang sesuai dengan mata pelajaran dan meningkatkan kemampuan agar bisa menjadi guru yang benar-benar berperang sebagai fasilitator serta meng membangun pemikiran kognitif anak-anak.

  6. Nama : Eliyana Kintan Ferlinda
    Nim : 857045566
    Pokjar : Simpang Pematang
    video 1
    Tema : Memahami Sifat Pada Hitung
    Judul Video : Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
    Menurut pendapat saya terkait video pembelajaran diatas, terlihat dalam video bahwa para siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran kareana metode yang digunakan oleh guru kurang menarik untuk para siswa.
    kelebihan :
    -Sebelum memulai pelajaran guru mengulang materi sebelumnya, seperti penjumlahan dan pengurangan.
    -Guru menjelaskan atau menyampaikan materi tentang operasi hitung dengan memberikan contoh langsung.
    -Guru banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan untuk menjawab dan menulis sifat dari operasi hitung dengan tujuan supaya siswa aktif dalam pembelajaran.
    -Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi sifat dari operasi hitung yang belum mengerti.
    -Adanya kolaborasi yang baik dan terciptanya kelas yang kondusif.
    kelemahan :
    -Guru tidak melakukan salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai.
    -Guru tidak mengecek kehadiran para siswa, ice breaking dan memotivasi siswa sebelum pembelajaran.
    -Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju kedepan.
    -Tidak semua siswa antusias untuk maju ke depan.
    -Guru tidak memberikan lembar kerja siswa sebagai tolak ukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan.
    Hal-hal Unik :
    Pada akhir pembelajaran guru menyimpulkan materi dan memberikan motivasi untuk belajar lagi di rumah serta guru lebih berperan sebagai fasilitator bukan satu-satunya sumber informasi dan ini bisa mendorong siswa untuk lebih aktif.
    Upaya yang dapat diusulkan :
    ALangkah baiknya metode yang digunakan tidak hanya metode ceramah saja akan tetapi menggunakan alat peraga seperti media digital yang dapat membantu siswa memahami konsep operasi hitung, seperti sifat komutatif, asosiatif dan distributif.

  7. Nama : Entelina Hutajulu
    Nim : 856095314
    Menurut Pengamatan saya pada vidio pembelajaran Memahami sifat operasi hitung sebagai kelemahannya tidak ada kegiatan awal / pendahuluan seperti memberi salam kepada siswa, mengabsen kehadiran siswa dan tidak ada persebsi. Dalam pembelajaran masih terlihat pakum karena guru masih menggunakan ceramah sebagai metode pembelajaran .
    Kelebihannya cara penyampaian pembelajara sudah bagus dan guru sudah menguasai materi walaupun kadang melihat contekan dan guru juga melibatkan siswa dalam pembelajaran juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan untuk mengerjakan soal- soal.
    Sebagai solusinya sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan di sampaikan kepada siswa dan menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik untuk memicu semangat belajar bagi siswa.

  8. Nama : Istiqomah
    NIM : 858436364

    Dari video di atas, guru menjelaskan materi dengan baik, bahasa yang jelas dan mudah difahami, selalu memberi kesempatan pada siswa untuk ikut aktif dalam pelajaran dengan memberi jawaban dipapan tulis, guru juga sangat menguasai materi. Hanya saja guru bisa menggunakan metode lain dan media lain yang bisa membuat pelajaran lebih menyenangkan selain metode ceramah dan bisa memasukan ice breaking pada pelajaran dan mengawali pelajaran dengan greeting atau pembukaan, seperti menyapa murid dan mengabsensi siswa terlebih dahulu.

  9. Nama : Alvi Khikmatin
    Nim : 860011604

    Dari vidio diatas menurut saya guru sudah menguasai materi yang diajarkan, guru juga bertanya kepada siswa untukmemastikan apakah siswa sudah memahami materi yang diajarkan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab soal. Namun menurut saya masih ada beberapa hal yang kurang dalam pembelajaran diatas sperti, guru masih menggunakan metode ceramah, kurangnya media pembelajaran, dan guru kurang interaktif dengan siswa. alangkah lebih baik sebaiknya guru tidak hanya menggunakan cara ceramah dalam menerangkan materi contohnya dapat membagi kelompok untuk mencoba diskusi, dan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih mudah memahami, lebih mencoba berfikir kritis dan antusianya meningkat. Dan dari banyaknya siswa dalam kelas alangkah baiknya guru dapat mecoba berinteraksi dengan semua siswa untuk memastikan apakah semua siswa sudah paham atau belum, contohnya guru dapat berkeliling ketika siswa sedang mengerjakan soal.

  10. Video ini merupakan sumber belajar yang bermanfaat untuk memperkenalkan sifat-sifat operasi hitung kepada siswa SD. Dengan beberapa perbaikan, seperti peningkatan interaksi awal, penggunaan media pembelajaran yang lebih variatif, dan evaluasi yang lebih terstruktur, efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan

Leave a Reply