silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

483 Comments

  1. Muhajirin Hafid
    NIM 859773702

    Kelebihan:
    1. Penyampaian materi jelas dan runtut, disesuaikan dengan karakteristik siswa SD kelas 4.
    2. Media pembelajaran seperti papan tulis dan alat bantu visual sederhana digunakan cukup baik.
    3. Guru aktif membangun komunikasi dengan siswa melalui pertanyaan reflektif dan kegiatan latihan soal.
    4. Sikap guru positif dan membangun motivasi belajar, dengan ekspresi dan intonasi yang menarik perhatian.

    Kekurangan:
    1. Kurang penggunaan media interaktif digital, yang dapat menambah ketertarikan siswa.
    2. Variasi aktivitas belajar terbatas, dominan ceramah dan tanya jawab.
    3. Manajemen waktu belum optimal: pembukaan terlalu panjang, waktu untuk latihan soal terbatas.
    4. Refleksi di akhir pembelajaran tidak eksplisit, siswa belum diberi kesempatan merefleksi apa yang dipelajari.

    Solusi:
    1. Gunakan media interaktif berbasis TIK seperti kuis digital (contoh: Wordwall, Kahoot).
    2. Tambahkan aktivitas kolaboratif seperti diskusi kelompok kecil.
    3. Buat struktur waktu yang lebih proporsional: pembukaan singkat, latihan dan penutup lebih diberi porsi.
    4. Tambahkan sesi refleksi dengan pertanyaan pemandu seperti “Apa yang kamu pelajari hari ini?”

  2. Nama : Iswan Labudu
    Pokjar : Wundulako

    dari video tersebut, kita harus mencoba jadikan proses belajar lebih menyenangkan dan releva dengan kehidupan sehari-hari.
    1. Buat Belajar Menyenangkan:
    – Gunakan media belajar yang menarik: Misalnya, gunakan benda-benda di sekitar untuk menghitung, mainkan permainan edukatif matematika, atau libatkan anak dalam kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain game matematika online atau mengerjakan puzzle matematika.
    – Kaitkan dengan kehidupan sehari-hari: Tunjukkan bagaimana matematika digunakan dalam situasi sehari-hari, seperti menghitung uang belanja, mengukur bahan makanan, atau menentukan waktu kegiatan.
    – Jadikan matematika sebagai tantangan: Jangan buat anak merasa matematika sebagai beban, tetapi sebagai kegiatan yang menarik dan bisa mereka selesaikan.
    2. Beri Dukungan Positif:
    – Jangan memaksa: Jika anak kesulitan, jangan memaksa mereka. Beri mereka waktu untuk memahami konsep baru dan berikan dukungan yang penuh kasih sayang.
    – Beri pujian dan penghargaan: Apresiasi setiap usaha dan pencapaian anak, meskipun kecil. Ini akan meningkatkan motivasi mereka untuk terus belajar.
    – Ciptakan suasana belajar yang nyaman: Siapkan tempat belajar yang tenang dan teratur, dengan semua alat tulis dan bahan belajar yang mereka butuhkan.

  3. Nama : Mutiara Sakinah
    NIM : 857168014
    Sifat operasi hitung (komutatif, asosiatif, distributif, dan identitas) adalah fondasi penting dalam matematika. Pemahaman konsep ini membantu siswa menyelesaikan perhitungan kompleks dengan lebih efisien, terutama saat belajar aljabar, geometri, atau pemrograman. Video ini mungkin menjelaskan cara menerapkan sifat-sifat tersebut dalam contoh konkret, yang sangat berguna untuk pembelajaran siswa SD/SMP.
    Namun alangkah lebih baiknya Jika video menggunakan visualisasi atau analogi kehidupan nyata (misalnya : mengelompokkan benda untuk menjelaskan sifat asosiatif), hal ini akan memudahkan pemahaman siswa. Untuk memperdalam pemahaman, video bisa menambahkan contoh kasus di mana sifat operasi hitung tidak berlaku (misalnya: pembagian tidak bersifat komutatif).
    Integrasi dengan teknologi (aplikasi simulasi matematika) atau permainan edukatif akan membuat pembelajaran lebih menarik.
    terimakasih

  4. Kelebihan Pembelajaran dalam video :
    Guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran dan siswa terlihat aktif menjawab ketika guru bertanya dan mampu mengkondisikan baik sehingga siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.
    Kelemahan nya adalah : * Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    * Guru kurang menguasai materi hal ini dapat terlihat ketika guru ragu untuk mencontohkan operasi hitung distributif, selain itu juga
    pemanfaatan media kurang, guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan siswa hanya beberapa siswa yang mendapat
    kesempatan untuk mencoba.

  5. Nama : Rina Maya Sri
    NIM : 860108429
    Kelebihan Pembelajaran dalam video :
    Guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran dan siswa terlihat aktif menjawab ketika guru bertanya dan mampu mengkondisikan baik sehingga siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.
    Kelemahan nya adalah : * Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    * Guru kurang menguasai materi hal ini dapat terlihat ketika guru ragu untuk mencontohkan operasi hitung distributif, selain itu juga
    pemanfaatan media kurang, guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan siswa hanya beberapa siswa yang mendapat
    kesempatan untuk mencoba.

  6. Nama: Marsya Fauziyyah Yusuf
    NIM: 857407837

    Kelemahan pembelajaran dalam video:
    Media pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi dan proses pembelajaran tidak terlihat sepenuhnya.
    Kelebihan pembelajaran dalam video:
    Kelebihannya anak terlihat aktif menjawab dan maju mengerjakan soal di depan, guru menjelaskan materi dengan jelas, guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif.

  7. Assalamualaikum wr.wb

    Nama: Nanda Dwi Ulfa Yuniati
    NIM : 858935542
    Pokjar : Umbulsari Jember

    Menurut pendapat saya mengenai pembelajaran dalam video tersebut ialah guru sudah sangat antusias untuk menjelaskan materi sifat operasi hitung dengan lengkap dan dapat dipahami oleh peserta didik , hanya saja metode pengajaran yang beliau gunakan masih amat sangat lama, karena ketika metode seperti itu digunakan dapat membuat peserta didik menjadi bosan, alangka baiknya apabila pembelajaran di dukung dengan bahan ajar yang bervariasi misalnya dengan gambar atau bahkan dengan slide ppt atau bisa dengan video pada youtube

  8. Nama : Wulandari Solihat
    NIM : 857133692

    Dalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurang dalam proses pembelajaran.
    Kelebihannya:
    1. cara penyampaian materi sangat jelas dan rinci.
    2. Penggunaan strategi dan pendekatan terhadap siswa lumayan baik.
    3. Pembelajaran sesuai dengan kurikulum.
    4. Media pembelajaran yang ada seperti papan tulis dan alat visual dipergunakan sangat baik.
    5. Guru sangat aktif dalam memberikan materi dan tanya-jawab terhadap siswa.

    Kekurangannya:
    1. Metode pembelajaran seharusnya dibuatkan kelompok.
    2. Kurangnya media pembelajaran.
    3. Guru kurang menguasai materi saat menjelaskan operasi distributif, sehingga guru agak sedikit ragu saat menjelaskan kepada siswa.
    4. Guru tidak melibatkan semua siswa dalam pemberian soal.

    Kesimpulannya:
    Guru pada saat menyampaikan materi sangat jelas tetapi kurang menguasai materi operasi distributif,dan metode pembelajaran seharusnya dibuatkan kelompok. Kemudian, seharusnya guru harus melibatkan semua siswa dalam pemberian soal/pertanyaan.

  9. Nama : Latifa Khairiyah
    NIM : 85624149
    Kelebihan Pembelajaran dalam Video : Guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran dan siswa terlihat aktif menjawab ketika guru bertanya.
    Kelemahan Pembelajaran dalam Video : Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan guru tidak menilai keseluruhan siswa hanya sebagian saja

  10. Nama : Dini Atul Ngaliyah
    NIM : 857583398

    Video ini bertujuan untuk membantu siswa memahami sifat-sifat dalam operasi hitung. Hal ini tercermin dari cara guru memberikan contoh terlebih dahulu, kemudian meminta siswa untuk maju ke depan dan menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

    Guru telah melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik, dimulai dengan mengulas materi sebelumnya seperti penjumlahan dan pengurangan, lalu menjelaskan materi baru yaitu sifat-sifat operasi hitung. Namun, guru belum menggali pengetahuan awal siswa terkait sifat komutatif, distributif, dan asosiatif.

    Saat menyampaikan materi, guru menggunakan pendekatan PCL (Penjelasan, Contoh, Latihan). Guru menjelaskan masing-masing sifat dalam operasi hitung, memberikan contoh, dan mengajak tiga siswa ke depan untuk memberikan contoh latihan. Selanjutnya, guru menanyakan kepada seluruh kelas mengenai kebenaran jawaban yang diberikan. Beberapa siswa yang menjawab diberi penguatan, dan tampaknya ketiga siswa yang maju sudah memahami materi dengan baik.

    Pada bagian penutup, evaluasi pembelajaran tidak terlihat jelas, hanya disampaikan kesimpulan yang diakhiri dengan penjelasan tambahan tentang sifat asosiatif pada perkalian. Sebaiknya penjelasan tambahan ini disampaikan di lain waktu, bukan di akhir sesi. Meski begitu, guru sudah cukup baik dengan menutup pembelajaran melalui pemberian motivasi untuk belajar di rumah.

    Materi sifat-sifat operasi hitung untuk siswa kelas IV sudah sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia sekitar 10–11 tahun dan sejalan dengan Kurikulum 2013.

    Namun, saat menjelaskan sifat distributif, guru tampak kurang yakin dalam menyampaikan soal, menyebutkan 4 × 4 padahal yang dimaksud adalah 4 × 5. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menyiapkan soal terlebih dahulu dengan bantuan media.

    Secara keseluruhan, video ini telah menunjukkan upaya guru dalam memberikan pemahaman konsep sifat-sifat operasi hitung kepada siswa, yang terlihat dari keberhasilan siswa yang maju ke depan. Namun, untuk hasil yang lebih merata, akan lebih baik jika latihan melibatkan seluruh siswa dalam kelas.

Leave a Reply