silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Rina Widyaiswara
859616262
Menurut pendapat saya dari Vidio di atas penjelasannya sudah bagus .guru juga menggunakan metode tanya jawab untuk melibatkan siswa lebih aktif.namun kekurangan dari Vidio tersebut adalah pada kegiatan pendahuluan guru tdk mengucapkan salam,tidak mengabsen siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran .
Pada saat penutup sebaiknya guru memberikan kesimpulan pada materi pembelajaran yang di berikan agar siswa lebih paham serta guru harus memberikan tugas PR agar siswa lebih jelas materi yang telah di ajari.
Nama: Siti Fatimah
NIM: 858792835
Program Studi: S1-PGSD (Semester 8)
UPBJJ: Malang
Pokjar: Ngunut, Tulungagung
Menurut saya gaya mengajar yang dilakukan guru pada video tersebut sudah bagus dengan menggunakan review materi sebelumnya dan mengajak siswa untuk aktif. Dengan gaya belajarnya yaitu guru memberikan pengertian sifat-sifat operasi hitung kemudian memberikan satu contoh dan membuat soal di papan tulis dan meminta siswa untuk untuk maju ke depan untuk langsung menjawab. Dengan metode pembelajaran tersebut siswa menjadi semangat dan aktif serta tidak bosan.
Kekurangan dalam video pembelajaran tersebut:
-Tidak ada penjelasan untuk tujuan pembelajaran materi tersebut.
-Ketika dalam penutup pembelajaran, guru tidak memberikan PR supaya pemahaman bisa lebih baik karena hanya sekilas seperti tu dan tidak semua siswa yang maju kedepan ditakutkan siswa bisa mudah lupa.
-Supaya pembelajaran menarik seharusnya guru menyiapkan media pembelajaran supaya bisa benar-benar faham akan materi tersebut.
Sekian dari saya, terimakasih.
Nama : Ali Marzuki
Nim : 858169398
Pokjar : Tulangan
jurusan : PGSD – S1
Menurut pendapat saya terkait video bu guru tersebut, ibu guru tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan atau apersepsi, yaitu salam, menanyakan kabar siswa, memberikan penguatan / motivasi, mengecek kehadiran siswa, menanyakan perlengkapan alat tulis, ini sangat penting dilakukan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran atau memasuki kegiatan inti, siswa akan mendengarkan penjelasan guru dengan tenang dan fokus.
Guru tidak memberikan tugas latihan kepada siswa secara keseluruhan atau berkelompok tentang materi yang dijelaskan oleh guru tersebut, hanya beberapa perwakilan dari siswa yang mencoba mengerjakan contoh soal di papan, perlu diberikan soal latihan baik dikelas atau pekerjaan rumah (PR) sehingga guru akan bisa melihat seberapa jauh pemahaman siswa dalam memahami materi dan di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dan penutupan dalam materi tersebut, alangkah baiknya guru memberikan penguatan diakhir pemebalajaran, apa makna atau manfaat mempelajari materi ini
Kegiatan inti dalam menjelaskan materi tersebut, sangat bagus sekali, dalam memulai pembelajaran, mereview materi hitung sebelumnya, menjelaskan dan memberikan contoh, siswa akan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru, metode yang digunakan oleh guru tersebut juga sangat aktif, tanya jawab, siswa tampil percaya diri karena penjelasan dari guru tersebut bisa mudah dicerna oleh siswa
Nama : Dermawi Siagian
Nim : 856075724
Pokjar : UT Batam
jurusan : PGSD – S1/Sem: 6
Nama : Dermawi Siagian
Nim : 856075724
Pokjar : UT Batam
jurusan : PGSD – S1/Sem: 6
Menurut saya tentang sistem pembelajaran yang disampaikan ibu tersebut adalah cukup baik, dikarenakan di dalam video tersebut ibu guru tidak menyampaikan kegiatan pendahuluan (apersepsi) misalnya menanya kabar, keadaan siswa, memotivasi siswa sebelum belajar sehingga siswa memiliki semangat untuk belajar, tidak mengulang materi pembelajaran sebelumnya, dan sebagainya. Sebaiknya, sebelum pembelajaran , guru melakukan pendahuluan seperti di atas agar siswa terpacu untuk belajar.
Di kegiatan penutup (refleksi) ibu guru juga tidak memberikan penguatan kepada siswa. Seabiknya guru memberikan refleksi sehingga siswa tidak trauma untuk belajar memahami sifat pada operasi hitung.
Kelebihan: dalam penyampaian materi guru sangat bagus dikarenakan peserta didik antusias dan tidak malu saat guru meminta siswa untuk menegrjakan ke depan.
Terimaksih
NAMA : YANISA LAIA
NIM : 817507596
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : 12 Medan
POKJAR : Teluk Dalam
Dari Video Pembelajaran yang disampaikan Oleh Ibu Guru diatas kelemahannya adalah Pada awal Kegiatan Pembelajaran tidak menjelaskan Sifat-sifat Operasi hitung yang terdiri dari 3 , yaitu sifat komutatif,sifat distributif dan sifat asosiatif, dan apa artinya serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut.
Ibu Guru Juga cara mengajarnya terlalu cepat, dan tidak memberikan semangat belajar kepada siswa, misalnya sebelum memulai pembelajaran ibu Guru memancing Gairah belajar anak Misalnya bernyanyi sebelum memulai pembelajaran.Sekian tanggapan ndari saya.
Nama : Tika Liana
Nim : 858056396
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : 47/Pontianak
Pokjar: Melawi
Menurut pendapat saya pada video pembelajaran di atas mengenai guru yang mengajar pelajaran matematika tersebut terdapat kekurangan yang di mana guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan atau pembukaan dalam proses pembelajaran, guru juga tidak mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar di kelas, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak tampak menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa,
Tetapi jika di dalam penjelasan materi yang disampaikan sudah cukup baik karena materi yang diberikan membuat siswa lebih aktif dan menjawab pertanyaan yang diberikan.
Nama : Asti
Nim. : 859170854
Prodi. :S1 PGSD – AKPM/ 118
UPJJ. :MATARAM
Pokjar:kabupaten Bima Menurut pendapat saya Vidio diatas tidak ada apersepsi dan ibu guru langsung masuk pada materi.terus anak anak ada yang belum siap untuk menerima mata pelajaran yang dikasih sama ibu guru sehingga anak-anak yang duduk di depan sudah memahami sdangkan anak2 yg duduk d belakang belum memahami materi yg ibu guru kasih karna dalam video ini ibu guru tidak menjelaskan materi sedetail mungkin, di kegiatan penutup (refleksi) ibu guru tidak memberikan penguatan kepada siswa, sebaik nya ibu guru memberika refleksi sehingga siswa tidak bosan untuk menerima pelajaran sifat operasi hitung..
Nama : NUR SANI
NIM : 859169978
Prodi : S-1 PGSD (AKPMM) / 118
Pokjar : Kabupaten Bima
UPBJJ : Mataram
Setelah saya menyimak video dalam laman Guru Pintar Online (GPO), yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung”, menurut pendapat saya siswa terlihat terlalu tegang dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Terlihat tidak ada kesiapan dari para siswa. Ketidaksiapan siswa tersebut disebabkan karena tidak adanya apersepsi dari guru.
Karena apersepsi dari guru itu sangat penting untuk memberikan stimulus dan memotivasi semangat belajar siswa.
Sebagai penutup pembelajaran, seharusnya guru dapat memberikan pekerjaan rumah (PR) pada siswanya, supaya pemahaman siswa dalam menerima pelajaran tersebut tidak cepat lupa.
Kelebihan dari video di atas, adanya beberapa siswa yang aktif saat gurunya menyuruh maju ke depan untuk menyelesaikan soal yang disediakan oleh gurunya.
NAMA :ARIFIN
NIM : 859151173
PRODI : S1-PGSD
Rumusan analisis masalah
Pada video pembelajaran tersebut, guru cukup baik dalam melakukan kegiatan pendahuluan untuk membuka pembelajaran. Guru sudah mampu membuat kaitan yakni pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya berupa penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa, sehingga hal tersebut akan dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih bermakna. Pada kegiatan inti, guru sudah dapat melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, dimana hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran juga akan lebih bermakna bagi siswa. Tampak guru sangat menguasai materi pembelajaran yang disampaikan. Pada kegiatan penutup guru juga tampak telah menyimpulkan pembelajaran atau menyampaikan inti pelajaran.
identifikasi masalah
Pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta tidak tampak guru menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh siswa.
Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang akan lebih memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan, tampak guru hanya menggunakan metode ceramah yang cenderung akan mengurangi mint siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan diakhir pembelajaran.
solusi yang ditempuh terhadap masalah :
Hendaknya guru melakukan kegiatan pendahuluan dengan lebih rinci yakni menyampaikan tujuan pembelajaran, membangkitkan motivasi siswa. Hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk lebih memudahkan siswa seperti media magic board, serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi seperti kegiatan diskusi dan sebagainya. Guru juga hendaknya melakukan refeksi dan tindak lanjut pada akhir pembelajara
NAMA : DELIUS GIAWA
NIM : 818971629
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : 12 MEDAN
POKJAR : TELUK DALAM
Dari Video Pembelajaran yang disampaikan Oleh Ibu Guru diatas kelemahannya adalah Pada awal Kegiatan Pembelajaran tidak menjelaskan Sifat-sifat Operasi hitung yang terdiri dari 3 , yaitu sifat komutatif,sifat distributif dan sifat asosiatif, dan apa artinya serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut.
Ibu Guru Juga cara mengajarnya terlalu cepat, dan tidak memberikan semangat belajar kepada siswa, misalnya sebelum memulai pembelajaran ibu Guru memancing Gairah belajar anak Misalnya bernyanyi sebelum memulai pembelajaran.Sekian tanggapan ndari saya.