silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Maisyaroh Siregar
Nim : 856029386
Prodi : 118/S1-PGSD
UPBJJ : Medan
Analisis yang saya lakukan pada video materi Memahami sifat pada operasi hitung di atas saya menemukan reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran sudah baik, para siswa memperhatikan penjelasan bu guru dan aktif dalam menjawab soal. Kelemahan dalam video Kegiatan diatas dalam memulai dan akhir pembelajaran tidak terdapat pembukaan dan penutup seperti salam, menanyakan kabar. Kelebihannya bu guru dalam menjelaskan materi sifat-sifat operasi hitung di paparkan dengan jelas kepada siswa sehingga siswa mampu memahami materinya. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran diatas adalah sebaiknya sebelum memulai pembelajaran hendaknya mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa dan berdoa bersama terlebih dahulu,memberikan motivasi sehingga siswa lebih bersemangat lagi untuk memulai kegiatan pembelajaran.
Nama : Hardiyanti
NIM : 856946897
Prodi : S1-PGSD
Setelah saya menyaksikan cuplikan video tentang “memahami sifat pada operasi hitung” saya dapat menemukan beberapa kelemahan dan kelebihan yakni:
Kelebihan:
1. Guru melibatkan siswa 1 atau 2 orang
2. Ada 1/2 siswa aktif mengikuti pembelajaran
3. Guru memberikan penjelasan dengan baik
4. Guru cukup ramah sehingga menarik perhatian siswa dan menimbulkan rasa takut pada siswa
Adapun beberapa kelemahan yang saya temukan, (kelemahan-kelemahan tersebut dapat menjadi acuan bagi saya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas)
Kelemahan :
1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Guru tidak menggunakan metode yang bervariasi
3. Tidak semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran
4. Belum semua siswa memahami konsep pembelajaran
NAMA : SRI ULAN DARI
NIM : 856022423
PRODI : S1-PGSD
UPBJJ : MEDAN
POKJAR : ASAHAN
1.Judul dan alamat sumber daring video
• Memahami sifat pada operasi hitung bilangan.
2.Ringkasan isi video
•Reaksi siswa pada saat pembelajaran cukup antusia, adapun beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju kedepan.
3.Kelemahan pembelajaran dalam video
•Guru terlalu cepat menjelaskan materi yang disampaikan didepan kelas.
•Tidak ada penjelasan untuk tujuan pembelajaran materi tersebut.
4.Kelebihan pembelajaran dalam video
•Guru mampu menguasai materi sehingga siswa lebih aktif saat pembelajaran mulai.
5.Hal unik dalam pembelajaran dalam video
•Guru mengajak siswa aktif untuk maju kedepan untuk mengerjakan soal-soal latihan.
6.Rencana perbaikan yang dapat dilakukan
• Menurut saya sebaiknya sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran diberikan pendahuluan atau ice breaking agar siswa lebih semangat belajar.
Nama : Marianus Rugi
Nim : 859280456
1. Judul Video.
– Judul : Memahami Sifat Pada Operasi Hitung.
2. Ringkasan isi video.
Sinopsis atau ringkasan video tentang memahami sifat pada operasi hitung. Pada video guru menjelaskan kepada para siswanya dilingkungan sekolah dasar dengan materi pembelajaran memahami sifat- sifat yang ada pada operasi hitung dan memberikan contoh soal dengan cara penyelesaian hitungan tersebut dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat- sifat pada operasi hitung. Guru juga memberikan kesempatan kepada para siswa untuk maju ke depan untuk mengerjakan soal sesuai dengan materi yang diberikan.
3. Kelemahan pembelajaran dalam video ini adalah :
a. Guru belum menguasai ap resepsi dalam membuka suatu pembelajaran secara baik dan benar.
b. Guru belum menciptakan metode pembelajaran yang baik dalam proses pembelajaran sehingga sebagai besar para siswa tidak konsentrasi dalam menerima pelajaran berlangsung.
4. Kelebihan pembelajaran dalam video ini adalah :
a. Guru membangun kepercayaan kepada para siswa sehingga ada siswa yang berani maju ke depan untuk menyelesaikan soal yang diberikan.
b. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui sudah seberapa paham siswa atas materi pembelajaran yang sudah dijelaskan.
Nama : Sri Nita Dwi Utami
Nim :856028771
Pokjar : Asahan
Prodi : PGSD
Dari hasil video yang saya tonton, ada beberapa kelebihan dan kekurangan didalam video tersebut
Kelebihan:
Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk memberanikan diri mengerjakan soal di depan
Kekurangan :
Guru tidak melakukan pembukaan (salam) pada awal pembelajaran. kemudian tidak adanya penyampaian tujuan pembelajaran. Tidak ada ice breaking untuk menarik semangat siswa sehingga siswa terlihat bosan. Terlalu cepat menjelaskan, karena tidak semua siswa mampu menerima dengan cepat dari apa yang di jelaskan oleh gurunya.
NAMA : DESTI TRI LESTARI
NIM : 857016683
PRODI : S1-PGSD
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : KALIREJO
1.Judul dan alamat sumber daring video
• Memahami sifat pada operasi hitung bilangan.
2.Kelebihan pembelajaran dalam video
•Reaksi siswa pada saat pembelajaran cukup antusias, adapun beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju kedepan.
•Guru mampu menguasai materi sehingga siswa lebih aktif saat pembelajaran mulai.
•Guru mengajak siswa aktif untuk maju kedepan untuk mengerjakan soal-soal latihan.
3.Kelemahan pembelajaran dalam video
•Guru terlalu cepat menjelaskan materi yang disampaikan didepan kelas.
•Tidak ada penjelasan untuk tujuan pembelajaran materi tersebut.
•sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran tidak diberikan pendahuluan atau ice breaking agar siswa lebih semangat belajar.
NAMA : DESTI TRI LESTARI NIM : 857016683 PRODI : S1-PGSD UPBJJ : BANDAR LAMPUNG POKJAR : KALIREJO 1.Judul dan alamat sumber daring video • Memahami sifat pada operasi hitung bilangan. 2.Kelebihan pembelajaran dalam video •Reaksi siswa pada saat pembelajaran cukup antusias, adapun beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju kedepan. •Guru mampu menguasai materi sehingga siswa lebih aktif saat pembelajaran mulai. •Guru mengajak siswa aktif untuk maju kedepan untuk mengerjakan soal-soal latihan. 3.Kelemahan pembelajaran dalam video •Guru terlalu cepat menjelaskan materi yang disampaikan didepan kelas. •Tidak ada penjelasan untuk tujuan pembelajaran materi tersebut. •sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran tidak diberikan pendahuluan atau ice breaking agar siswa lebih semangat belajar.
4. Hal yang unik yaitu mampu menguasai kelas dan mengajak siswa aktif untuk tampil ke depan mengerjakan soal-soal latihan.
Nama : Siti Saharani
Nim : 856028811
Kelas : 6-C AKPMM
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Asahan
UPJJ-UT : Medan
Setelah saya melihat video tersebut analisis yang saya berikan yaitu :
1. Kelebihan
Guru menyampaikan materi pelajaran tentang operasi hitung sangat jelas, lugas, dan mudah di pahami. Guru juga sudah melibatkan beberapa siswa dalam proses pembelajaran.
2. Kelemahan
Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa. Dan tidak semua anak aktif dalam proses pembelajaran. Kurangnya perhatian guru dalam mengajak anak aktif belajar.
Nama : Hanna Aulia Prastiwi Br Sinaga
NIM : 856046873
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : Medan
Pokjar : Langkat
– Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dalam video pembelajaran tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yakni siswa semuanya belajar dengan baik tetapi sebagian siswa ada yang focus dan juga kurang focus serta kurang bersemangat saat pembelajaran berlangsung.
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Menurut saya kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut guru kurang memberi semangat belajar kepada siswa maka dari itu ada sebagian siswa yang semangat dan hanya sebagian pula yang tidak focus. Dalam video pembelajaran guru sangat cepat menjelaskan pembelajaran kepada siswa sehingga bagi siswa yang cepat mengerti akan mengerti dan yang kurang mengerti akan kurang pula ngerti/memahami maka dari itu guru harus membuat metode belajar menyeluruh kepada semua siswa dan tidak hanya kepada siswa yang di tunjuk saja.
– Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru meskipun siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar tetapi guru tetap antusias dan juga bersemangat sehingga siswa semuanya ikut kembali antusias dan juga bersemangat.
– Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Dalam video tersebut hal unik yang menurut saya dapatkan, guru mampu menguasai dan dapat mengembalikan semangat siswa dan mengajak siswa secara berani aktif tampil di depan kelas mengerjakan soal latihan yang diberikan
– Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? (digunakan pula oleh kelompok mahasiswa yang tidak bisa mengakses internet sama sekali)
Saran saya dalam video pembelajaran tersebut tentang sifat pada operasi hitung yakni belajar menyeluruh sehingga semua siswa dapat memahami pembelajaran karena masih banyak siswa yang kurang memahami, dan juga disarankan guru harus memiliki rancangan pembelajaran sehingga proses pembelajaran berjalan secara berturut karena pada awal proses pembelajaran guru hanya focus ke pembelajaran inti saya tanpa menerapkan apresiasi lainnya seperti memberikan semangat, mengecek kehadiran dan lain sebagainya.
Nama: Sri nurjanah
NIM : 856982539
UPBJJ: BANDAR LAMPUNG
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
Reaksi siswa pada saat pembelajaran cukup baik, siswa pun aktif dalam sesi tanya jawab meskipun guru hanya menggunakan metode ceramah tetapi beberapa siswa terlihat aktif untuk maju ke depan menyelesaikan soal tentang operasi hitung
2. Apa kelebihan dari kegiatan yang dilakukan oleh guru
Guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran dan siswa terlihat aktif menjawab ketika guru bertanya dan mampu mengkondisikan siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang
3. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
Menurut saya guru kurang menguasai materi hal ini terlihat ketika guru ragu untuk mencontohkan operasi hitung distributif selain itu juga pemanfaatan media kurang, guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan siswa hanya beberapa siswa yang mendapat kesempatan untuk mencoba
4. Apa keunikan yang ada pada video tersebut
Guru dan siswa memiliki kepercayaan yang cukup baik sehingga siswa sangat antusias untuk maju ke depan untuk menyelesaikan latihan dari guru
5.Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran semakin baik
Guru bisa mengubah beberapa metode tidak hanya ceramah dan tanya jawab tetapi bisa juga dengan metode diskusi dengan cara membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan soal latihan sebagai alat penilaian selama pembelajaran lalu pada kegiatan penutup selain memberikan kesimpulan guru bisa memberikan motivasi sebelum mengakhiri pembelajaran