silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola ritmik lagu tersebut untuk ditempel di papan tulis. Pada pembelajaran topik ini guru sering menyuruh anak langsung memainkan lagu dalam partitur tersebut, tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik tersebut 

Keseluruhan bagus dilihat dari cara membuka dan memberitahu tujuan pembelajaran dll.

Arfan Santoso, S.S.

Similar Posts

43 Comments

  1. Nama: Ratu Aulia Salsabila
    Nim: 856590645

    Kelebihan:
    Dalam hal aksesibilitas yang fleksibel, visualisasi konsep yang memudahkan pemahaman teknik bermain alat musik ritmis dan melodis secara langsung, demonstrasi praktis berbagai contoh permainan yang dapat ditiru, kemampuan untuk mengulang dan meninjau materi kapan saja, potensi cakupan berbagai jenis alat musik, penyajian pembelajaran yang lebih menarik dan tidak monoton, panduan langkah demi langkah yang sistematis, potensi untuk menginspirasi kreativitas bermusik, standarisasi materi pembelajaran yang terpercaya, serta efisiensi biaya dan waktu dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka.

    Kekurangan:
    kurangnya interaksi dan umpan balik langsung dari instruktur yang bisa didapatkan dalam pembelajaran tatap muka, keterbatasan dalam mengoreksi kesalahan teknik bermain secara individual, potensi kesulitan dalam memahami aspek-aspek musikal yang lebih subtil tanpa bimbingan personal, kemungkinan kurangnya motivasi dan disiplin diri karena sifat belajar mandiri, keterbatasan dalam mengakomodasi gaya belajar yang sangat beragam, potensi kendala teknis seperti masalah koneksi internet atau kualitas video yang kurang optimal, serta tidak adanya kesempatan untuk berkolaborasi dan berinteraksi langsung dengan peserta lain.

  2. om swastiastu 🙏🏻
    perkenalkan saya :
    Nama: GORANGGI
    NIM: 857046994
    PRODI : PGSD
    UPBJJ UT BANDAR LAMPUNG,SALUT BANJAR AGUNG

    Dari video tadi memainkan alat musik ritmis maupun melodi sangat bermanfaat untuk melatih kepekaan rasa, konsentrasi, dan kerja sama. Alat musik ritmis tamborin atau gendang dan lainya membantu anak mengenal irama dan tempo, sedangkan alat musik melodi seperti pianika atau recorder melatih mereka memainkan nada dan melodi dengan tepat.

    Kegiatan ini bukan cuma menyenangkan, tapi juga bisa mengembangkan kecerdasan musikal anak. Apalagi kalau dilakukan bersama-sama, anak jadi belajar mendengarkan satu sama lain dan bermain kompak. Ini juga jadi sarana yang bagus buat menumbuhkan rasa percaya diri dan ekspresi diri lewat musik.
    sekian terimakasih 🙏🏻

  3. Nama : Gery Fallo
    Nim :859284858
    Menurut saya dalam video ini siswa siswi Sangat antusias namun ada Kekurangannya yaitu,
    Siswa di bagi di dalam kelompok sehingga mungkin ada salah satu yang salah tidak terlalu kedengaran sehingga tidak ada bimbingan khusus tetapi ada juga kelebihannya yaitu, Terdapat beberapa alat musik sehingga kedengarannya unik, dan tentunya semua anak bisa memainkan alat musik tersebut dengan baik. Dari kelebihan dan kekurangan tersebut terdapat hal unik yang saya temukan yaitu, sekolah memiliki banyak fasilitas sehingga terdapat beberapa jenis alat musik selain itu guru yang menyampaikan dengan nada yang lembut tidak kasar sehingga siswa dan siswi merasa tidak takut. Dari hal ini ada upaya peningkatan yang bisa dilakukan seperti kedepan bisa di periksa satu persatu sehingga anak-anak bisa mengembangkan bakat mereka
    Terimkakasih…

Leave a Reply