silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola ritmik lagu tersebut untuk ditempel di papan tulis. Pada pembelajaran topik ini guru sering menyuruh anak langsung memainkan lagu dalam partitur tersebut, tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik tersebut
–
–
–
Keseluruhan bagus dilihat dari cara membuka dan memberitahu tujuan pembelajaran dll.
Arfan Santoso, S.S.
Nama : mona diafutri
Nim : 856589475
Memainkan alat musik ritmis maupum melodi
Reaksi siswa :
Siswa sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
Kelebihan :
Guru terserbut telah melakukan pembelajarab secara berkelompok sesuai dengan alat musik yang dimainkan masing masing kelompok dengan mempraktekan langsung secara perkelompok
Hal unik :
Guru nengajak siswa atau meminta yang telah di bagu perkelompo untuk memainkan alat musik dan cara beliua sudah sesuai dengan not
Kekurangan :
Seharusnya pada awal pembelajaran melakukan pembacaan doa terlebih dahulu sebelum melakukan proses belajar mengajar
NAMA : ERIKA OKTAVIA
NIM: 858921347
POKJAR: GIRI
setelah saya menganalisis video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan mengenai video yang berjudul ” Memainkan musik ritmis maupun melodis ”
Di dalam video tersebut guru membagi peserta didik berdasarkan jenis alat musik yang digunakannya supaya memudahkan peserta didik didalam memainakan alat musik sesuai dengan partitur melodi yang telah dibagikan oleh guru tersebut.
1. Kelemahan:
– Guru seharusnya memberikan penjelasan yang jelas tentang pengertian alat musik ritmis dan melodis
serta perbedaannya. Ini membantu siswa memahami konsep dasar sebelum mereka mulai memainkan
alat musik tersebut.
– Penting bagi guru untuk mendemonstrasikan cara memainkan alat musik secara praktis. Ini membantu
siswa melihat dan mendengar bagaimana alat musik seharusnya dimainkan dengan benar.
– Guru harus secara aktif memantau siswa ketika mereka berlatih atau memainkan alat musik. Ini
termasuk memeriksa teknik mereka dan mendengarkan apakah ada kesalahan not atau ritme. Jika ada
kesalahan, guru harus memberikan bimbingan dan koreksi yang sesuai.
– Guru harus menciptakan lingkungan kelas yang terbuka untuk pertanyaan dan diskusi. Siswa harus
merasa nyaman untuk bertanya jika mereka tidak paham atau ingin berbicara tentang alat musik yang
mereka pelajari.
2. Kelebihan:
– Komunikasi dan suara guru jelas dan dapat ditangkap oleh seluruh anak-anak
– Guru mampu menggunakan perangkat bahasa lisan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah dengan baik untuk
menjelaskan konsep atau teknik kepada siswa. Ini membantu siswa memahami dengan lebih baik.
– Guru tampaknya memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik, dan ini tercermin dalam perhatian
siswa selama proses pembelajaran. Kemampuan guru untuk mempertahankan perhatian siswa adalah
kunci dalam pengajaran yang efektif.
– Mengapresiasi siswa setelah mereka selesai belajar alat musik hal ini merupakan tindakan yang positif.
Nama : Shally Putri Jola
NIM : 877529112
UPBJJ : UT Medan
Pokjar : Humbang Hasundutan
Video : Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
Setelah saya menyimak video dari laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya adalah sebagai berikut
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dari keseluruhan proses pembelajaran yang dilakukan sudah berjalan baik, siswa antusias dalam memainkan alat musik yang dipegangnya
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
-. Guru tidak mengajarkan siswa membaca not angka atau menyanyikan partitur
-. Guru tidak lengkap melakukan pembukaan seperti mengisi absen dan memberitahukan tujuan pembelajaran
-. Guru tidak melakukan pembelajaran inti menjelaskan materi tentang memainkan alat musik ritmis maupun melodi
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
-Guru membagi siswa berdasarkan alat musik yang akan dimainkan .
-.Guru memimpin setiap siswa untuk memainkan alat musik yang dipegang dan memberi kesempatan kepada masing masing siswa untuk membunyikan alat musiknya lalu di akhir semua siswa secara bersamaan memainkan alat musik yang dipegangnya bersama.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut saya hal unik didalam video pembelajaran yang ditayangkan adalah saat murid punya alat musik masing masing untuk digunakan.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut pendapat saya, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan mengajarkan membaca not angka dan memperbanyak partitur untuk dilatih
Demikian saya sampaikan, Terimakasih
Nama: ANGGUN ASNIA
NIM : 857000778
Kelas : 6.a pgsd
UPBJJ
Nama: ANGGUN ASNIA
NIM : 857000778
Kelas : 6.a pgsd
UPBJJ : Salut WayTuba Bandar Lampung
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang sedang dilakukan menurut saya mereka masih kebingungan saat memainkan musik ensambel, ini karena pembelajaran topik ini guru sering menyuruh anak langsung memainkan lagu dalam partitur tersebut, tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik tersebut
2. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Guru tidak melalukan tugas rutin kelas saat memulai pembelajaran, seharusnya guru menyuruh siswa untuk berdo’a terlebih dahulu, dan memberi motivasi sebelum pelajaran dimulai, belum mengembangkan hubungan antarpribadi yang sehat dan serasi. Guru hanya berdiam saja saat anak melakukan diskusi, sehingga tidak peka terhadap kesalahan pada siswa, serta guru belum melaksanakan penilaian akhir pembelajaran, saat mengakhiri kegiatan pembelajaran belum cukup baik. Guru tidak menentukan judul lagu.
3.Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Guru Sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran secara logis dan sistematis. Proses pelaksanakan kegiatan pembelajaran siswa secara individual, dan berkelompok. Guru melakukan komunikasi secara efektif, serta sudah melaksanakan penilaian pada awal pembelajaran. Sehingga memicu dan memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Guru sudah kreatif, anak-anak bergairah dan bersemangat ketika belajar dan Guru sudah menguasai alat musik.
4. Hal Unik dalam Pembelajaran Video
Ada siswa yang menundukkan kepala diatas meja saat guru menjelaskan. Beberapa siswa masih ada yang tengok kanan dan kiri sehingga asyik mengobrol saat pembelajaran. Saat menyampaikan hasil tugasnya siswa malu dan masih siswa asyik bercerita dengan teman sebangkunya ketimbang mendengarkan penjelasan guru.
NAMA : GRASELLA HIA
NIM : 859799508
POKJAR: SIANTAR
setelah saya menganalisis video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan mengenai video yang berjudul ” Memainkan musik ritmis maupun melodis ”
Di dalam video tersebut guru membagi peserta didik berdasarkan jenis alat musik yang digunakannya supaya memudahkan peserta didik didalam memainakan alat musik sesuai dengan partitur melodi yang telah dibagikan oleh guru tersebut.
1. Kelemahan:
– Guru seharusnya memberikan penjelasan yang jelas tentang pengertian alat musik ritmis dan melodis
serta perbedaannya. Ini membantu siswa memahami konsep dasar sebelum mereka mulai memainkan
alat musik tersebut.
– Penting bagi guru untuk mendemonstrasikan cara memainkan alat musik secara praktis. Ini membantu
siswa melihat dan mendengar bagaimana alat musik seharusnya dimainkan dengan benar.
– Guru harus secara aktif memantau siswa ketika mereka berlatih atau memainkan alat musik. Ini
termasuk memeriksa teknik mereka dan mendengarkan apakah ada kesalahan not atau ritme. Jika ada
kesalahan, guru harus memberikan bimbingan dan koreksi yang sesuai.
– Guru harus menciptakan lingkungan kelas yang terbuka untuk pertanyaan dan diskusi. Siswa harus
merasa nyaman untuk bertanya jika mereka tidak paham atau ingin berbicara tentang alat musik yang
mereka pelajari.
2. Kelebihan:
– Komunikasi dan suara guru jelas dan dapat ditangkap oleh seluruh anak-anak
– Guru mampu menggunakan perangkat bahasa lisan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah dengan baik untuk
menjelaskan konsep atau teknik kepada siswa. Ini membantu siswa memahami dengan lebih baik.
– Guru tampaknya memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik, dan ini tercermin dalam perhatian
siswa selama proses pembelajaran. Kemampuan guru untuk mempertahankan perhatian siswa adalah
kunci dalam pengajaran yang efektif.
– Mengapresiasi siswa setelah mereka selesai belajar alat musik hal ini merupakan tindakan yang positif.
Terimakasih.
NAMA : Weny Ayu Nengsib
NIM : 858071446
POKJAR: Opu Daeng Manambon
setelah saya menganalisis video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan mengenai video yang berjudul ” Memainkan musik ritmis maupun melodis ”
Di dalam video tersebut guru membagi peserta didik berdasarkan jenis alat musik yang digunakannya supaya memudahkan peserta didik didalam memainakan alat musik sesuai dengan partitur melodi yang telah dibagikan oleh guru tersebut.
1. Kelemahan:
– Guru seharusnya memberikan penjelasan yang jelas tentang pengertian alat musik ritmis dan melodis
serta perbedaannya. Ini membantu siswa memahami konsep dasar sebelum mereka mulai memainkan
alat musik tersebut.
– Penting bagi guru untuk mendemonstrasikan cara memainkan alat musik secara praktis. Ini membantu
siswa melihat dan mendengar bagaimana alat musik seharusnya dimainkan dengan benar.
– Guru harus secara aktif memantau siswa ketika mereka berlatih atau memainkan alat musik. Ini
termasuk memeriksa teknik mereka dan mendengarkan apakah ada kesalahan not atau ritme. Jika ada
kesalahan, guru harus memberikan bimbingan dan koreksi yang sesuai.
– Guru harus menciptakan lingkungan kelas yang terbuka untuk pertanyaan dan diskusi. Siswa harus
merasa nyaman untuk bertanya jika mereka tidak paham atau ingin berbicara tentang alat musik yang
mereka pelajari.
2. Kelebihan:
– Komunikasi dan suara guru jelas dan dapat ditangkap oleh seluruh anak-anak
– Guru mampu menggunakan perangkat bahasa lisan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah dengan baik untuk
menjelaskan konsep atau teknik kepada siswa. Ini membantu siswa memahami dengan lebih baik.
– Guru tampaknya memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik, dan ini tercermin dalam perhatian
siswa selama proses pembelajaran. Kemampuan guru untuk mempertahankan perhatian siswa adalah
kunci dalam pengajaran yang efektif.
– Mengapresiasi siswa setelah mereka selesai belajar alat musik hal ini merupakan tindakan yang positif
NAMA: RESTU TRYNANDA PUTRA
NIM: 858057667
POKJAR : MARIA ELYSE
Setelah saya memperhatikan vidio tersebut terdapat ada beberapa kekurangan dan kelebihan pada saat guru menyampaikan materi “Memainkan musik ritmis maupun melodis ”.
Kelebihan
– Guru mampu menajemen kelas dengan baik dan membagi kelompok masing-masing alat.
– Bahasa yang di gunakan guru mudah di cerna
– apresiasi sangat penting untuk memotivasi siswa
Kekurangan
– Di dalam vidio tersebut guru tidak menjelaskan tentang materi musik ritmis dan melodis
– Kurangnya teliti terhadap anak yang bisa maupun tidak memainkan alat tersebut
– Guru tidak memberi contoh cara memainkan alat ritmis dan melodis
Saran
Berdasarkan hasil dari analisis saya tersebut sebaiknya guru memberikan pemahaman dan sesi bertanya kepada siswa sehingga materi tersebut siswa lebih mengerti dan paham untuk memainkan alat musik tersebut.
Nama : Sari Puspita
NIM : 857590505
POKJAR : Purwokerto Selatan
Analisis terhadap video pembelajaran seni ini yang berjudul “Memainkan Musik Ritmis dan Melodi” , terdapat beberapa tinjauan yang beragam sebagai berikut :
Sinopsis
Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa siswinya berlatih musik ansambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola ritmik lagu tersebut untuk ditempel di papan tulis. Pada pembelajaran topik ini guru sering menyuruh anak langsung memainkan lagu dalam partitur tersebut, tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik tersebut
Dalam video tersebut guru membagi siswa menurut jenis instrumen yang digunakan agar siswa lebih mudah memahaminya.
Memainkan alat musik mengikuti melodi yang diberikan oleh guru.
1.Kelemahan:
-Tidak adanya kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai,absensi siswa dan pemberian tujuan pembelajaran pada siswa hal ini menunjukan kegiatan awal ( Pembukaan ) yang kurang dalam melangsungkan pembelajaran.
– Dalam vidio pembelajaran Guru belum memberikan penjabaran tentang materi alat musik ritmis dan melodis karena perlu bagi guru untuk menjelaskan terlebih dahulu dengan jelas pengertian dan perbedaan alat musik ritmis dan melodi.Hal ini akan membantu siswa memahami konsep dasar sebelum mereka mulai memainkan instrumen .
– Guru tidak memberikan contoh dalam memainkan masing masing alat musik yang dibawa siswa dan tidak mengajarkan cara membaca noto/partitur lagu yang dibagikan ,Penting bagi guru untuk memberikan demonstrasi praktis memainkan instrumen tersebut. Hal ini memungkinkan siswa melihat dan mendengar cara memainkan alat musiknya dengan benar.
– Guru harus secara aktif memantau siswa ketika mereka berlatih atau memainkan alat musiknya.Hal ini melibatkan pemeriksaan teknik mereka dan mendengarkan kesalahan dalam nada dan ritme.Untuk mengetahui kesalahan siswanya , guru hendaknya memberikan bimbingan dan koreksi yang tepat.
– Guru harus menciptakan lingkungan kelas yang menerima pertanyaan dan diskusi.
Siswa hendaknya merasa bebas untuk bertanya jika mereka tidak memahami atau ingin mendiskusikan instrumen yang mereka pelajari.
2.Kelebihan:
-Pembelajaran dengan media belajar yang menyenangkan membuat siswa semangat dalam belajar
-Pembentukan kelompok alat musik ritmis dan melodis membuat keterlibatan dan partisipasi siwa yang aktif dalam pembelajaran hal ini membuat pembelajaran semakin bermakna
-Mengkondisikan kelas dengan baik sehingga pembelajaran berlangsung dengan kondusif
– Komunikasi dan suara guru jelas dan dapat dimengerti oleh semua anak.
– Guru dapat menggunakan kata-kata lisan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah untuk menjelaskan konsep dan teknik kepada siswa.
Hal ini akan memperdalam pemahaman siswa.
– Guru terlihat mampu mengelola kelas dengan baik, hal ini tercermin dari perhatian siswa selama proses pembelajaran.
Kemampuan seorang guru dalam mempertahankan perhatian siswa adalah kunci pengajaran yang efektif.
– Memberi apresiasi pada siswa yang telah mempelajari alat musik merupakan tindakan positif
3. Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran Video
Dari pengamatan saya hal unik dari pembelajaran tersebut guru mulai dari awal pelajaran di mulai sampai penutup sangat semangat hingga tidak sama sekali sejenak duduk di meja guru.Ada pengalihan potongan vidio dari sumber vidio lain ditengah tengah pembelajaran
4. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
– Di bagian pembuka atau pendahuluan menambahkan materi wawasan kebangsaan, sapaan dengan bahasa yang santun dan tepat dan adanya kegiatan literasi
– Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran
– Dalam hal kegiatan pendahuluan, yaitu membuka kegiatan pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran
– Bagian awal di isi dengan kegiatan apersepsi, dan pemberian acuan
– Guru memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KBM pada pertemuan yang berlangsung
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
– Bagian penutup guru memberikan penguatan berupa evaluasi
– Guru membimbing dan mengarahkan setiap kelompok dalam mengerjakan
tugas agar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
– Dalam kegiatan inti meniru kegiatan pengelolaan kelas, dan dilakukan sesuai dengan langkah pembelajaran yang terdapat pada RPP dalam kegiatan menutup yaitu memberi tindak lanjut.