silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.
Rusdianto
–
–
- Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Noer Suroja Syamsudin
Nim : 858911418
prodi : S1 PGSD
Upbjj : Jember
pokjar : lumajang
1. respon siswa terhadap pembelajaran yang disampaikan guru yaitu masih ada beberapa siswa yang tidak begitu tertari dengan pembelajaran yang diajarkan
2. pada video dimenit awal kegiatan awal pembelajan yang dimana di pada bagaian pembukaan masih belum dilaksanakan dengan baik oleh guru, lalu guru tidak menjelaskan maksud dan tujuan pembelajaran, selain itu pada menit awal video lebih baik lagi dilaksanakan sebagaimana menit pembelajaran kedua diaman guru mendampingi siswa dalam memainkan alat musik pianika dan bukan hanya ikut memainkan pianikanya saja. untuk awal pengenalan alat musik dan nada lagu seharusnya diajarkan terlebih dahulu sebelum memainkan p[ianika
3. penggunaan sarana yang digunakan pembelajaran sudah tepat
4. memperbaiki lagi dalam kegiatan awal pembelajaran seperti adanya salam pembuka dan tujuan pembelajaran kemudian guru memulai pembelajaran inti dengan menjelaskan terlebih dahulu ke pada siswa tentang materi yang diajarkan, kemudian guru mendampingi siswa saat siswa memainkan pianika tersebut
Nama : Erna Fitri Listyawati
Nim : 857699997
Setelah mengamati Vidio pembelajaran seni budaya yaitu memainkan alat musik sederhana pada kelas IV SD.
1. Pada vidio diatas guru tidak menyampaikan salam pembuka, kegiatan awal, inti, sampai akhir dalam kegiatan KBM tidak tertera secara jelas di dalam vidio tersebut. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada muridnya. Selain itu KBM yang dilakukan guru pun kurang bervariasi, seharusnya guru bisa melakukan KBM sambil bermain agar anak tidak bosan dalam belajar.
Untuk kegiatan akhir guru tdk menjelaskan inti dari kegiatan yang sudah di pelajari hari ini dan tidak memberi kesempatan bertanya kepada anak.
Nama : Erna Fitri Listyawati
Nim : 857699997
Setelah mengamati Vidio pembelajaran seni budaya yaitu memainkan alat musik sederhana pada kelas IV SD.
Pada vidio diatas guru tidak menyampaikan salam pembuka, kegiatan awal, inti, sampai akhir dalam kegiatan KBM tidak tertera secara jelas di dalam vidio tersebut. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada muridnya. Selain itu KBM yang dilakukan guru pun kurang bervariasi, seharusnya guru bisa melakukan KBM sambil bermain agar anak tidak bosan dalam belajar.
Untuk kegiatan akhir guru tdk menjelaskan inti dari kegiatan yang sudah di pelajari hari ini dan tidak memberi kesempatan bertanya kepada anak.
Nama : Mesrida Daeli
Nim : 856034198
Program setudi S1-PGSD
Kelebihan dan kekurangan dari vidio diatas, yaitu :
– Sebelum memulai pelajaraan diawali terlebih dahulu dengan berd’oa,menyapa siswa, guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan materi yang dipelajari.
-Di kegiatan inti guru sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu tentang not angka, dan menjelaskan pula dalam memainkan pianika yang cukup penting diketahui adalah tuts berwana hitam dan putih, mengenalkan penempatan jari saat memainkan pianika agar jari tidak kaku. dan pengaturan nafas saat tuts ditekan.
– terlihat dari vidio tersebut ada beberapa siswa yang belum mengerti cara memainkan pianika
-Di kegiatan penutup Guru dan siswa tidak menyimpulkan pelajaran, tidak ada tanya jawab
-sebelum menutup pembelajara sebaiknya menyampaikan kesan dan pesan lalu berdoa untuk penutup pelajaran.
Kelebihan :
-Guru mengajarkan siswa tentang ketukan
– minat dan bakat siswa dalam pembelajaran alat musik sedrhana sangat baik
– guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai
– siswa aktif dan memperhatikan yang di jelaskan guru di depan kelas
Eka Purnama Sari
856484836
Menurut saya,
Sebelum memulai pembelajaran terlebih dahulu guru memberi salam sebelum memulai pembelajran , kemudian absensi kehadiran murid kemudian masuk ke inti pembelajaran dan menjelaskan maksud dan tujuan memainkan alat musik pianika,mendampingi aiswa dalam memainkan alat musik pianika untuk awal pengenalan alat musik pianika dan nada lagu seharusnya diajarkan terlebih dahulu sblm memainkan pianika.penggunaan sarana sudah tepat lebih di perhatikan kembali pada awal pembelajaran dilakukan pembukaan salam,absensi dan tujuan pembelajaran lalu kemudian guru menjelaskan kegiatan inti dengan menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa ttg materi yang akan diajarkan kemudian mendampingi siswa untuk memainkan pianika tersebut.
Nama: Tenia sapitri
Nim: 856949086
Kalau menurut saya lebih baik di awali pembelajaran dengan mengucapkan selamat pagi atau selamat siang. Atau salam juga bisa. Di dalam video di atas jugaak anak kurang memahami not atau tangga nada. Sebaik nya guru harus menjelaskan di awal tentang not yang akan di bawakan
NAMA: QISTI ZULFIANI DINIKA
NIM: 856075899
PRODI: S1-PGSD
UPBJJ: BATAM
Dalam video pembelajaran, guru telah menguasai beberapa keterampilan dasar mengajar yaitu:
– keterampilan bertanya
– keterampilan memberi penguatan pembelajaran
– keterampilan mengadakan variasi pembelajaran
– keterampilan menjelaskan materi pembelajaran secara singkat namun dapat di mengerti Peserta Didik
– keterampilan membuka dan menutup pembelajaran
– keterampilan mengelola kelas
– keterampilan mengajar kelompok kecil perorangan
namun, dalam keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil belum dapat di analisis karena pembelajaran menggunakan metode kelompok kecil perorangan.
Nama : Khotimatu Sa’adah
Nim : 858908244
Pokjar : Ut Jember (Wuluhan)
Berdasarkan yang saya analisis pada video pembelajaran tersebut yakni :
Kelemahan :
-seharusnya guru memberikan penjelasan mengenai alat musik tersebut atau konsep seni musik yang dimainkan, sehingga anak akan lebih mudah memahami pembelajaran musik tersebut
Kelebihan :
-guru menguasai seni musik dan mahir memainkan pianika, serta mengajarkan kepada anak-anak cara memainkan alat pianika tersebut.
Nama : Nahrul Ahmadi
Nim. : 858901574
Semester : 6
Pokjar : Wuluhan
Upbjj : jember
Setelah memperhatikan dan menyimak pemaparan dalam video diatas, terdapat beberapa hal yang perlu digaris bawahi. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebelum kita mempelajari pembelajaran tersebut sebaiknya guru harus di awali salam terlebih dahulu dan memberikan beberapa kata motivasi kepada siswa agar bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran, menanya kabar, absen. Setelah itu guru juga harus menjelaskan terlebih dahulu materi sebelum melanjutkan praktek tentang alat musik apa yang sedang dimainkan dan bagaimana cara teknik memainkannya.
Dilain sisi terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dari video tersebut:
– Kelebihan
1.Penggunaan media belajar yang digunakan telah sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga siswa menjadi tertarik.
– kekurangan
1. Kegiatan pembelajaran tidak diawali dengan salam
2. sebelum pembelajaran, tidak dijelaskan lebih mendetail tentang alat musik yang digunakan.
sekian terimakasih 🙏
Nama : Anita Nur Fitria Ningsih
Nim : 858901646
semester: 6
Pokjar : Wuluhan
setelah melihat Vidio pembelajaran dan menyimak dalam vidio di atas perlu di ketahui sebaiknya guru harus menentukan dan mengenalkan alat musik dan menjelaskan kegunaannya apa dan mengenalkan reff musik jadi siswa tidak kebingungan dalam memainkan alat musik dan anak anak juga tidak faham mana nada tinggi rendahnya suara