silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.
Rusdianto
–
–
- Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Lerissa Manurung
Nim : 855856574
Kelas : A
UPBJJ : UT Medan
Semester : 6 (Enam)
1. reaksi siswa dalam video tersebut dalam kegiatan pembelajaran siswa sangat antusiasme hal ini dapat dilihat dengan siswa mengikuti setiap materi dan Instruksi dari gurunya dalam kegiatan belajar
2. Kelemahan dari video tersebut adalah tidak mengawali dengan nyanyian lagu nasional atau lagu wajib, tidak berdoa dan tidak menjelaskan apa tujuan dari pembelajaran yang akan berlangsung.
3. Kelebihan dari guru dalam video tersebut adalah setelah guru selesai menyampaikan materi belajar pada hari sebelumnya dan teknik memainkan alat musik
melodi sederhana dan siswa mampu menerapkan ajaran/teknik yang diberikan oleh guru.
4. hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru adalah guru menjelaskan materi pada sebelumnya dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga
ketika guru mempraktekkan cara memainkan alat musik melodi siswa sangat mudah memahami alat musik melodi sederhana.
5. upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran alangkah baiknya jika mengawali/membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu wajib/nasional, berdoa, seharusnya guru menanyakan kabar siswa/i nya, mengapresiasi/memotivasi siswa/i dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
Nama : HAIRUNNISA
NIM : 855863888
POKJAR : Batu Bara
Hasil pengamatan saya :
1. Tidak adanya kegiatan pembuka pelajaran seperti mengucapkan salam, berdoa sebelum belajar, menyampaikan tujuan pembelajaran maupun kegiatan yang akan dilakukan.
2. Penyampaian materi pembelajaran terlalu monoto
3. Pada akhir pembelajaran juga tidak ada kegiatan penutup pembelajaran dan menyimpulkan pembelajaran, maupun penguatan dari guru untuk siswanya
Nama : DENI ASTUTI
Nim : 856990962
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Baradatu
izin menanggapi video yang berjudul “Memainkan Alat Musik Sederhana”
Menurut pendapat saya, siswa terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari keseriusan siswa ikut memainkan alat musik bersama guru.
Secara keseluruhan kekurangan guru dalam melakukan pembelajaran :
1. Di awal pembelajaran (kegiatan pendahuluan) guru melewatkan kegiatan berdo’a, tidak mengabsen siswa, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Guru tidak menguasai keterampilan membuka pelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan tindakan guru yang tidak menarik perhatian siswa, tidak memotivasi
siswa, dan tidak melakukan apresepsi
3. Guru tidak melakukan tes evaluasi kepada masing-masing siswa
4. Guru tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran
adapun kelebihannya yakni :
– Guru menjelaskan Teknik bermain pianika dengan lugas
– Guru ikut langsung bermain alat musik dalam kegiatan pembelajaran, tidak hanya memberikan materi saja
– Guru melakukan pemantauan langsung kepada masing-masing siswa
– Guru menyemangati,memberi masukan serta membantu siswa yang terlihat kesulitan
saya juga menemukan hal unik dalam video pembelajaran tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu Guru terampil menjelaskan teknik bermain pianika dan mahir memainkan pianika
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video, upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya antara lain :
– Sebaiknya guru melakukan kegiatan pendahuluan pembelajaran dan penutup pembelajaran
– sebaiknya guru melakukan tes kepada masing-masing siswa dengan cara siswa praktek maju satu-satu memainkan alat musik pianika dengan lagu yang sudah dipelajari supaya guru tau apakah siswa sudah bisa atau belum
Nama : DENI ASTUTI
Nim : 856990962
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Baradatu
izin menanggapi video yang berjudul “Memainkan Alat Musik Sederhana”
Menurut pendapat saya, siswa terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari keseriusan siswa ikut memainkan alat musik bersama guru.
Secara keseluruhan kekurangan guru dalam melakukan pembelajaran :
1. Di awal pembelajaran (kegiatan pendahuluan) guru melewatkan kegiatan berdo’a, tidak mengabsen siswa, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Guru tidak menguasai keterampilan membuka pelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan tindakan guru yang tidak menarik perhatian siswa, tidak memotivasi
siswa, dan tidak melakukan apresepsi
3. Guru tidak melakukan tes evaluasi kepada masing-masing siswa
4. Guru tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran
adapun kelebihannya yakni :
– Guru menjelaskan Teknik bermain pianika dengan lugas
– Guru ikut langsung bermain alat musik dalam kegiatan pembelajaran, tidak hanya memberikan materi saja
– Guru melakukan pemantauan langsung kepada masing-masing siswa
– Guru menyemangati,memberi masukan serta membantu siswa yang terlihat kesulitan
saya juga menemukan hal unik dalam video pembelajaran tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu Guru terampil menjelaskan teknik bermain pianika dan mahir memainkan pianika
Nama : Latifa Khairiyah
Nim : 856241495
Semester : 6
UPBJJ : UT PADANG
Berdasarkan video yang telah saya amati dan saya perhatikan ada kelebihan dan kelemahannya yaitu sebagai berikut :
– Kelebihan
Guru menjelaskan dengan baik dan anak-anak ketika belajar menggunakan alat musik , dan sudah bisa menggunakannya dengan baik. Siswa aktif berpartisipasi dan memperhatikan pembelajaran yang dijelaskan gurudi dalam kelas.
– Kelemahannya
Guru sebaiknya menjelaskan dari dasar tentang musik dan bagaimana cara nggunakan pianaika dengan benar, dan masih terlihat dari siswa yang belum mengerti cara memainkan pianika.
.
Nama : Erika Apriani
NIM : 878253959
UPBJJ: Medan
Pokjar : Mandailing Natal
Setelah menyimak video maka dapat saya simpulkan :
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik. Terlihat dari antusiasme siswa dalam mendengarkan penjelasan dan arahan dari guru.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah diawal pembelajaran tidak dilakukan apersepsi dan langsung pada kegiatan inti yakni penyampaian materi.
Sebelum praktek ke alat musik, alangkah lebih baiknya jika guru menjelaskan tentang not angka terlebih dahulu dan penting juga diajarkan teknik mengatur napas saat tuts memainkan tuts.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah memanfaatkan fasilitas untuk praktek langsung menggunakan alat musik sederhana, yakni pianika. Guru juga menghampiri siswa untuk mengecek kemampuan siswa, membimbing langsung dan memberikan motivasi terhadap siswa agar terus mencoba hingga menguasai materi.
4. Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah guru ikut serta mempraktekkan bermain alat musik sederhana, menunjukkan teknik jarinya, sehingga siswa lebih mudah memahami materi. Saat sama2 memainkan alat musik sederhana bersama siswa, sesekali guru berhenti untuk memastikan kemampuan siswanya.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati Deri tayangan video, upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah melakukan apersepsi pada kegiatan awal untuk memotivasi siswa. Memperbanyak literatur agar lebih menguasai materi pada kegiatan inti. Melakukan evaluasi untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran. Berikan juga apresiasi bagi siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran. Serta tidak lupa menutup pembelajaran dengan menyimpulkan pelajaran bersama- sama antara guru dan siswa.
Terima kasih
Nama : Putri Andini
NIM : 855867742
Semester : 6-c
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
Dari vidio diatas yang berjudul “Memainkan Alat Musik Sederhana” kita dapat mencontoh guru tersebut. Bukan hanya mengajari siswanya dengan lagu-lagu nasional, tetapi guru tersebut juga mengajakan perpindahan not dengan jari. Banyak guru-guru atau bahkan diri kita sendiri ketika mengajari siswa kita di sekolah tentang Alat Musik Sederhana hanya menekankan siswa untuk bisa membunyikan pianika dengan menekan saja tanpa mengajarkan metode perpindahan jari dari not yang satu ke not yang lain.
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
– menurut saya, mereka sangat antusias akan hal tersebut. terlebih ada media belajar yang menarik. itu menjadi hal baru bagi mereka. pada usia mereka sangat diperlukan untuk mengenalkan alat musik sederhana. namun lebih baik lagi untuk awal permulaan perkenalan alat musik sebaiknya menggunakan alat musik tradisional seperti angklung. karena pengaplikasiannya yg sangat mudah dibanding pianika.
2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– guru tidak menyampaikan tujuan belajar. juga tidak ada pembukaan pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa. guru langsung menyampaikan pada inti dari pembelajaran sehingga jika di perhatikan siswa tidak bisa memahami dengan benar apa yg di sampaikan oleh guru.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– guru menyampaikan materi inti dengan cukup jelas. juga ia bisa menunjukkan bagaimana cara memainkan alat musiknya dengan benar.
4. Apa saja hal-hal yang sangat baik untuk mendukung perkembangan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
– media pembelajaran yang baik. sehingga dapat menarik siswa untuk mau belajar.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
– dengan dibukanya kelas dengan baik seperti melakukan ice breaking, menyampaikan tujuan belajar, media yg bagus juga dengan penguasaan materi, dan terakhir melakukan refleksi pada siswa hal itu akan memudahkan siswa untuk mengerti dan paham. sehingga materi yang di berikan oleh guru sukses di mengerti oleh siswa.
Nama : Frisky Ariska wanda
Nim : 856044547
Pokjar : Sei balai
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan atau ditargetkan oleh seorang guru, tentunya guru tersebut haruslah bisa menguasai materi dan juga mengkondisikan siswa dikelas supaya bisa dalam keadaan siap untuk menerima pembelajaran. Mengucapkan salam di awal pembukaan pembelajaran, melakukan Apersepsi dan metode dalam penyampaian materi sangat diperlukan apalagi dalam kegiatan belajar mengajar.
Menurut saya,siswa cukup baik dalam memainkan alat musik,terlihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran.
NAMA : ONGKI SAPUTRA
NIM : 855746696
POKJAR : RUMBIA
Menurut saya,siswa cukup baik dalam memainkan alat musik,terlihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Adapun kelemahan dan kelebihan guru tersebut,kelemahan nya yakni ia lngsung ke materi tanpa membuka atau memberikan motivasi belajar untuk para siswa/siswinya.kelebihannya
Yakni guru mampu mengamati kemampuan siswa-siswinya melalu mapel yang ia ajarkan.
Hal yang unik yakni,siswa dan guru tersebut bisa menggunakan media langsung untuk mempraktekkan alat musik tersebut.
Upaya yang bisa dilakukan guru tersebut agar pembelajarannya lebih efektif yakni,,seorang guru harus mampu mengkondisikan kelas,memapresiasi kemampuan siswa,dan penympaian materinya harus secara jelas dan singkat agar mudah di pahami oleh para siswa/siswinya.