Memainkan Alat Musik Sederhana

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.

Rusdianto

  1. Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

379 Comments

  1. Nama: TARMIRANTI
    NIM: 856833698
    Program Studi: PGSD
    Mata Kuliah: Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar(PKM)

    Guru memulai pembelajaran dengan sapaan yang ramah (“pagi anak-anak”) dan langsung mengaitkan dengan kegiatan yang menyenangkan (bermain pianika lagu Indonesia Raya), yang berpotensi membangkitkan minat siswa. Guru memecah pembelajaran memainkan pianika menjadi beberapa langkah yang jelas: memainkan lagu bersama, mempelajari nilai dan ketukan nada, teknik penjarian dengan tangga nada, dan akhirnya memainkan lagu utuh. Pendekatan ini memudahkan siswa untuk mengikuti dan memahami. Guru menekankan pemahaman nilai dan ketukan nada serta teknik penjarian yang benar sebagai fondasi penting sebelum memainkan lagu secara keseluruhan. Ini adalah pendekatan yang sistematis dan membantu siswa membangun keterampilan yang benar sejak awal. Guru tidak hanya menjelaskan tetapi juga mendemonstrasikan teknik penjarian sambil memegang pianika, yang sangat membantu siswa dalam memahami gerakan jari yang benar. Guru melakukan pengulangan teknik penjarian, memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempraktikkan dan memperkuat pemahaman mereka. Guru berkeliling ke setiap meja siswa untuk memberikan bimbingan dan koreksi secara langsung saat mereka mencoba memainkan lagu. Ini adalah bentuk perhatian individual yang sangat efektif. Memulai dengan lagu Indonesia Raya membuat siswa lebih termotivasi karena sudah mengenal melodi lagu tersebut.

    Meskipun guru menulis di papan tulis, video tidak secara jelas menunjukkan bagaimana nilai dan ketukan nada tersebut diaplikasikan saat memainkan pianika. Visualisasi yang lebih konkret mungkin membantu. Teknik penjarian mungkin menjadi tantangan bagi beberapa siswa dengan perkembangan motorik halus yang berbeda. Video tidak menunjukkan bagaimana guru mengakomodasi perbedaan ini. Setelah Indonesia Raya, guru langsung fokus pada tangga nada dan teknik penjarian dengan nada ‘c’. Mungkin akan lebih menarik jika ada contoh lagu sederhana lain yang menggunakan teknik penjarian dasar tersebut sebelum beralih ke tangga nada. Meskipun langsung praktik, akan lebih baik jika guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini secara eksplisit kepada siswa.

    Memulai pembelajaran musik dengan memainkan lagu Indonesia Raya dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air sekaligus mengenalkan alat musik. Penjelasan guru mengenai posisi jari untuk setiap nada dalam tangga nada sangat detail dan mendasar, menunjukkan pentingnya teknik yang benar. Video menunjukkan upaya guru untuk menyeimbangkan antara pemahaman teori dasar musik (nilai dan ketukan, tangga nada) dengan praktik langsung memainkan alat musik.

    Guru dapat menggunakan media visual tambahan (misalnya, gambar not balok yang diperbesar dengan penekanan pada nilai dan ketukan) atau bahkan aplikasi interaktif jika tersedia. Guru dapat mempertimbangkan untuk memberikan alternatif latihan penjarian yang lebih sederhana atau bantuan tambahan bagi siswa yang mengalami kesulitan motorik halus. Setelah tangga nada, guru bisa memberikan contoh memainkan melodi sederhana dari lagu anak-anak yang hanya menggunakan beberapa nada dasar. Di awal pembelajaran, guru sebaiknya menyampaikan kepada siswa apa yang diharapkan akan mereka capai pada akhir pembelajaran. Penggunaan rekaman suara pianika yang dimainkan dengan benar sebagai contoh mungkin akan sangat membantu siswa. Setelah siswa menguasai satu lagu, guru dapat memberikan tantangan untuk mempelajari lagu lain yang lebih kompleks.
    Secara keseluruhan, video ini menggambarkan pendekatan yang terstruktur dan berpusat pada penguasaan keterampilan dasar dalam memainkan alat musik pianika. Fokus pada teknik penjarian dan pendampingan individual adalah poin yang sangat kuat. Pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan dengan meningkatkan visualisasi konsep musik dasar dan mempertimbangkan kebutuhan individual siswa.

  2. Nama : Yenny Rahmawati
    NIM : 859537862

    Menurut saya, dalam mengajarkan teknik alat musik sederhana seperti vidio diatas, sebagai guru memperkenalkan terlebih dahulu alat musik nya, cara bermainnya, dan menjelaskan ciri-ciri alat musik tersebut Setelah itu guru mengajarkan kepada siswa tentang deretan kunci apa saja yang harus diingat oleh siswa dimulai dari do, re, mi, fa ,sol, la, si, do.Setelah siswa memahami dan dapat menghafalnya, guru mengajarkan teknik dan memberikan contoh cara bermain alat musik tersebut dengan baik dan benar

  3. NAMA : ELDA SARI
    NIM : 857029586
    Pokjar : Sidomulyo, lampung selatan
    Upbjj : BANDAR LAMPUNG

    assalamualaikum izin menanggapi dan mengomrntari
    Kelebihan Video

    Materi sesuai dengan kurikulum: Ini menunjukkan bahwa konten pembelajaran sudah terarah dan relevan dengan capaian pembelajaran yang diharapkan.

    Kesesuaian dengan tingkat peserta didik: Menandakan bahwa guru memahami karakteristik siswa dan menyesuaikan penyampaian materi dengan usia serta kemampuan mereka.

    Pemakaian media visual: Walaupun sederhana, media ini membantu memberikan gambaran konkret kepada siswa, terutama dalam memahami konsep matematika seperti penjumlahan dan pengurangan.

    2. Kekurangan Video

    Kurangnya penjelasan konsep dasar di awal: Guru belum membahas makna atau sinonim dari kata “bertambah” dan “berkurang”, yang penting untuk membantu pemahaman soal cerita.

    Media hanya bersifat visual, bukan interaktif: Media belum dimanfaatkan untuk melibatkan siswa secara aktif, misalnya dengan permainan, tanya jawab, atau manipulatif yang bisa disentuh.

    3. Hal Unik yang Terjadi

    Usaha guru dalam menarik perhatian siswa: Ini menunjukkan kreativitas guru, meskipun belum dijelaskan secara rinci bentuknya. Bisa jadi dengan ekspresi, gerakan, atau gaya bicara yang menarik—hal ini perlu diapresiasi.

    Fokus pada soal cerita: Memberikan tantangan nyata karena soal cerita sering kali menjadi kendala bagi siswa, dan video ini mencoba menyentuh aspek tersebut.

    4. Rekomendasi Perbaikan

    Awali dengan pengenalan konsep dasar: Jelaskan arti kata “bertambah” dan “berkurang” dengan contoh nyata atau benda konkret, agar siswa paham maknanya sebelum masuk ke soal.

    Gunakan media interaktif: Misalnya dengan kartu bergambar, alat peraga hitung, atau permainan peran untuk membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.

    Libatkan siswa secara verbal: Ajak mereka menjawab pertanyaan, menyebutkan contoh sendiri, atau bahkan memerankan soal cerita.

    Tambahkan penekanan bahasa: Guru bisa memberi penekanan atau pengulangan pada kata-kata kunci seperti “diberi”, “hilang”, atau “dibeli” agar siswa makin familier dengan variasi bahasa.

    Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan lebih dan kurang mohon maaf
    Wassalammualaikum wr wb

  4. Nama : SITI NURHALIZAH
    Nim : 859882667
    Pokjar : Asahan
    UPBJJ : Medan

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?

    Para siswa menunjukkan antusiasme dan keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Mereka tertarik dengan pendekatan eksploratif yang digunakan oleh guru, seperti membilang dan menemukan benda-benda di sekitar yang dapat dijadikan alat musik sederhana. Respons positif ini terlihat dari partisipasi mereka dalam menjawab pertanyaan dan mengikuti instruksi guru dengan semangat.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kurangnya penjelasan awal mengenai konsep dasar seperti “bertambah” dan “berkurang”, yang dapat menyebabkan kebingungan pada siswa saat menghadapi soal cerita dengan variasi kata-kata tersebut.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    • Kemampuan untuk menarik perhatian siswa melalui metode eksploratif dan interaktif.
    • Pemberian penguatan positif saat siswa memberikan respon, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar mereka.
    • Materi yang disampaikan sesuai dengan tingkat perkembangan dan kurikulum yang berlaku, sehingga relevan bagi siswa.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru melaksanakan pembelajaran?
    • Guru mendorong siswa untuk menemukan dan menggunakan benda-benda di sekitar mereka sebagai alat musik sederhana, seperti botol atau kaleng, yang dapat menghasilkan bunyi.
    • Pendekatan pembelajaran yang bersifat eksploratif dan kontekstual, memungkinkan siswa untuk mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari mereka.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Menambahkan penjelasan konsep dasar secara lebih mendalam di awal pembelajaran untuk memastikan pemahaman siswa dan mengintegrasikan media pembelajaran yang melibatkan aspek audio dan praktik langsung, seperti demonstrasi alat musik sederhana, untuk memperkaya pengalaman belajar siswa.

  5. Nama : Risma Puspa Sari
    NIM : 858081644

    Dalam kegiatan pembelajaran pada video diatas menunjukkan guru menggunakan metode praktik yang dapat memberikan pengalaman langsung bagi siswa. Tidak hanya melalui penjelasan, tetapi siswa juga diberikan contoh dan mempraktikkannya langsung sehingga siswa dapat memahami materinya dengan mudah. Dengan memainkan alat musik secara langsung membuat kondisi kelas yang kondusif karena siswa antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

    Namun, dalam video tersebut guru tidak melakukan kegiatan pembuka dan penutup pembelajaran. Tidak adanya penugasan dari guru dimana hal tersebut penting untuk menilai kemampuan dan pemahaman siswa. Serta kurangnya kegiatan refleksi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap yang sudah dipelajari.

  6. NAMA : Choirun Nisya Salsabila
    NIM : 859542936
    Komentar:
    1. Diawal pembelajaran anak terlihat kurang antusias dan siswa cenderung bermain sendiri, hingga menimbulkan kegaduhan (ribut), guru kesulitan menarik perhatian siswa disebabkan guru kurang menarik.
    2. Diawal pembelajaran guru tidak memiliki persiapan untuk mengkondisikan siswa,tidak menanyakan kabar,tdak mengecek kehadiran siswa ,tidak berdoa dan langsung mengenalkan benda-benda sekitar
    3. Kelebihan dalam pembelajaran siswa diajak untuk mengeksplorari banyak benda dan anak dapat menjawab guru memberikan penguatan atau respon berupa pujian.
    4. Siswa berani menjawab pertanyaan yang diajukan
    5. Upaya dalam menarik perhatian siswa guru perlu memelihara konssentrasi siswa dengan cara membangun suasana yang aktif interaktif. guru perlu persiapan langkah langkah pembelajaran seperti; Pendahuluan /kegitan awal; Kegiatan inti; penutup/kegiatan akhir

  7. NAMA : Choirun Nisya Salsabila

    NIM : 859542936

    Komentar:
    1. Reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru terlihat antusias dan semangat

    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran, tidak adanya pendahuluan dalam pembukaan pembelajaran dan langsung menuju pada kegiatan praktik dan setelah melakukan praktik guru menjelaskan teknik ketukan pada nada melalui jari.

    3. Kelebihan dalam pembelajaran, guru menguasai materi dan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan semangat.

    4. Siswa sudah lebih dahulu bisa memainkan piano tanpa diajarkan.

    5. Upaya yang harus dilakukan guru, guru perlu persiapan langkah langkah pembelajaran seperti; Pendahuluan /kegitan awal; Kegiatan inti; penutup/kegiatan akhir

  8. Nama : Hervina Mutiara Sari
    Nim : 859546087
    UPBJJ : bandar lampung
    Pokjar : Natar

    Video ini menunjukkan upaya guru dalam mengajarkan keterampilan memainkan alat musik sederhana kepada siswa. Guru menggunakan pendekatan yang melibatkan eksplorasi dan partisipasi aktif siswa, seperti mengajak mereka untuk menghitung, memberikan respons positif, dan meminta siswa untuk menemukan serta menceritakan benda lain yang mereka temui. Pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

    Kelebihannya menurut saya:
    1. Pendekatan Interaktif: Guru mengajak siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka terhadap materi.
    2. Penggunaan Media yang Tepat: Pemilihan alat musik sederhana yang sesuai dengan usia dan kemampuan siswa dapat memudahkan mereka dalam memahami konsep musik dasar.
    3. Penerapan Kurikulum yang Sesuai: Materi yang diajarkan sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi relevan dan bermakna.

    Kekurangan dan Saran Perbaikan menurut saya:
    1. Ketiadaan Pembukaan yang Jelas: Beberapa komentar menunjukkan bahwa video tidak dimulai dengan salam, apersepsi, atau penyampaian tujuan pembelajaran yang jelas. Pembukaan yang baik dapat membantu siswa memahami konteks dan tujuan pembelajaran.
    2. Kurangnya Penjelasan Mendalam: Pada kegiatan inti, guru sebaiknya memberikan penjelasan yang lebih lengkap mengenai teknik memainkan alat musik sederhana, termasuk aspek-aspek seperti ketukan not dan teknik penjarian.
    3. Penyampaian Nada yang Lebih Jelas: Beberapa komentar menyarankan agar guru memberikan tanda yang jelas mengenai tinggi rendahnya nada, untuk membantu siswa memahami perbedaan nada dengan lebih baik.

  9. Nama : Sukrisni
    Nim :857029239
    Pokjar : Sidomulyo
    Setelah menonton vidio tersebut
    Video ini menunjukkan pendekatan yang menarik dari guru untuk mengajak siswa lebih fokus pada pelajaran yang di berikan

    Menggunakan alat musik sederhana dapat membuat suasana belajar lebih menyenangkan dan menarik.

    Keterlibatan Memainkan musik memungkinkan siswa merasa lebih terlibat dan mendorong mereka untuk berpartisipasi.

    Pendidikan Multisensor Menggabungkan audiovisual dengan musik bisa meningkatkan daya ingat dan pemahaman siswa.

    Guru dapat menjelaskan koneksi antara musik dan pelajaran sehingga siswa memahami relevansinya.

    Semua ini bisa membantu meningkatkan minat dan perhatian siswa dalam belajar yang cukup bagus

  10. Nama : Nuriza hafni
    Nim : 859882864
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Asahan

    Menurut saya, setelah Menonton Video ini di awal pembuka guru tidak memberi salam, jadi seperti nya kurang lengkap jika tidak ada pembuka yang di dahului dengan salam.
    Kemudian untuk di sesi pembelajaran sudah cukup baik, guru memberikan arahan yang menarik, sehingga mudah di ikuti dan di da pahami oleh siswa, pembelajaran yang disertai dengan praktik langsung menggunakan media sangat la baik dan juga menyenangkan. Guru juga sangat baik memberikan arahan yang baik dan dapat menarik perhatian. Untuk di akhir pembelajaran sedikit kurang nya yaitu guru tidak menyimpulkan pembelajaran yang telah di pelajari hari ini.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://teknik.untan.ac.id/https://sipil.teknik.untan.ac.id/https://industri.teknik.untan.ac.id/https://lingkungan.teknik.untan.ac.id/https://magisterelektro.teknik.untan.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777