silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…
Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri. Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
Nama : Ni Kadek Ria Carmanita Dewi
NIM : 859043274
Prodi : PGSD
Ijin memberikan pendapat terkait video pembelajaran di atas.
Sebelumnya, sampai saat ini saya belum pernah mengalami masalah seperti itu. Dari pengalaman saya mengajar, ada beberapa hal yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua terkait cara mengajar yang menarik, yaitu :
1. Seorang guru harus memberikan motivasi pada awal pembelajaran agar semangat siswa meningkat dalam mengikuti pembelajaran.
2. Variasikan metode mengajar seperti kurangi metode mengajar ceramah dan lebih banyak praktik atau diskusi, simulasi, projek, kerja kelompok, serta gunakan metode mengajar yang lebih interaktif dan multimedia seperti penayangan cerita dalam bentuk video. Guru harus berinovasi dalam membuat konten edukatif yang menarik. Misalnya, membuat presentasi interaktif, skenario drama, atau even eksperimental yang relevan dengan topik pembelajaran. Hal ini dapat membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan diminati oleh siswa.
3. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan seperti sesekali ajaklah siswa belajar di luar kelas, serta pastikan ruang kelas cukup ventilasi, hening, dan terorganisir.
4. Ajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar dengan bertanya-tanya dan memberikan feedback yang konstruktif. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi dan minat siswa dalam pembelajaran.
5. Lakukan penilaian yang tidak hanya fokus pada hasil akhir tapi juga pada proses belajar, sehingga guru dapat mengetahui bagaimana siswa belajar. Penilaian ini juga dapat membantu meningkatkan motivasi siswa dengan memberikan umpan balik yang relevan.
Sekian beberapa hal yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua.
Terima kasih.