silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…
Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri. Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
Nama: Jerni Hartati Sibagariang
Prodi: PGSD
Semester: 6
Nim: 878260528
UPBJJ: Medan
Pokjar: Tobasa
Izin Berkomentar:
Kelemahan dalam Video diatas:
1. Guru tidak menginformasikan tujuan pembelajaran
2. Guru tidak melakukan Apersepsi
3. Guru tidak melakukan Motivasi
4. Guru tidak menjelaskan sedikit mengenai cerita “Timun Mas” kepada siswa
5. Guru tidak menentukan jumlah kelompok dan tidak memberikan waktu kerja sama dalam kerja kelompok.
6. Tidak ada Tanya Jawab
7. Media belajar yang terlalu minim
8. Guru tidak memberikan umpan balik
9. Guru tidak menyimpulkan pelajaran
10.Guru tidak melakukan evaluasi
11. Guru tidak memberikan pekerjaan rumah
Kelebihan pada Video diatas:
1. Adanya media belajar seperti Papan Tulis
2. Guru memberikan alat peraga lewat animasi yang dilukis sendiri oleh Guru
3. Guru tanggap mengatasi siswa yang sewaktu-waktu menimbulkan keributan
Terima Kasih
Nama :YENISMAR
NIM. :856479192
Upjj/Pokjar:Pekan baru/Kemuning
Setelah melihat video tersebut saya menyimpulkan video pembelajaran di kelas 1 SD mata pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita timun mas
Kekurangan pada video tersebut yang pertama tidak ada salam pembuka doa dan absen kemudian siswa tidak fokus dan ada yang membawa mainan tidak ada ice breaking biar anak semangat dan fokus kemudian guru terlalu lama mengarahkan dan mendiamkan anak sehingga tidak sempat masuk ke materinya dan guru tidak memberikan alokasi waktu terhadap pembelajaran tersebut.
Dan kelebihan video tersebut guru sabar dalam menghadapi siswa dan guru memberi gambar tentang cerita timun mas.
Nama : Aderindah Berliana Simatupang
NIM : 878272199
UPBJJ : MEDAN
1. Kelemahannya adalah guru tidak melakukan apresiasi untuk memotivasi siswa. Materi belum tersampaikan karena suasana kelas yang kurang kondusif.
2. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran kurang kondusif. Sebagian siswa antusias dan sebagian lagi ssiswa sibuk dengan dunianya masing-masing sehingga siswa kurang memperhatikan penjelasan guru.
3. Kelebihannya adalah guru menggambar tokoh dalam cerita yang akan dibaca di papan tulis untuk menarik minat siswa.
4. Hal unik yang saya temukan adalah guru yang sabar dan tenang dalam menghadapi siswanya, serta menggunakan cara dan bahasa yang baik untuk dalam menyita mainan siswa tersebut karena siswa tersebut kurang kondusif.
Nama : Fardiyani
NIM : 857126809
UPBJJ : UT-Jakarta
Setelah menyimak video kegiatan pembelajaran tersebut, ada beberapa hal yang menjadi catatan bagi saya dari sudut pandang pengajar yaitu:
1. Guru tidak memberikan penjelasan tujuan dari kegiatan pembelajaran.
2. Guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada anak-anak membaca teks cerita terlebih dahulu secara mandiri
3. Sebaiknya setelah membaca cerita anak-anak diberikan kesempatan untuk menceritakan ulang dengan kalimat mereka sendiri
4. Sebaiknya guru membagi kelas ke dalam beberapa kelompok dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca secara bergantian
Namun demikian, saya sangat mengapresiasi kesabaran serta kebijakan guru dalam mengatasi siswa yang ribut di kelas dengan cara menegur tanpa memberikan sanksi.
Demikian
Terima kasih
Nama : Tiara Aprilia Khusnul Multiana
NPM : 878189932
UPBJJ : malang
Saat proses pembelajaran peserta didik masih asik dengan aktivitasnya masing-masing. Guru kurang dapat membangun susana kelas yang seru. Seharusnya Guru menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Dapat diawali dengan bernyanyi atau game untuk meningkatkan konsentrasi anak. Sedangkan, Kelebihan Guru adalah melakukan interaksi dengan peserta didik dengan membuat kesepakatan sebelum melakukan kegiatan pelajaran yang harus di patuhi peserta didik.
Nama : Tiara Aprilia Khusnul Multiana
NPM : 878189932
UPBJJ : malang
Saat proses pembelajaran peserta didik masih asik dengan aktivitasnya masing-masing. Guru kurang dapat membangun susana kelas yang seru. Seharusnya Guru menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Dapat diawali dengan bernyanyi atau game untuk meningkatkan konsentrasi anak. Sedangkan, Kelebihan Guru adalah melakukan interaksi dengan peserta didik dengan membuat kesepakatan sebelum melakukan kegiatan pelajaran yang harus di patuhi peserta didik
Nama : Yuniarti
Nim : 856651735
UPBJJ : UT Jambi
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru?
sebagian siswa ada yang memperhatikan ada yang tidak
2. secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
guru tidak memberi salam, menyapa, berdoa, dan absensi
3. secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
pembawaan guru saat menjelaskan materi sangat tenang dan sabar dalam menghadapi siswa.
4. hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
siswa belum ada yang maju kedepan untuk membaca secara bergilir tetapi bell istirahat sudah bunyi
5. upaya guru yang dapat menunjang pembelajaran yang kondusif yaitu?
-mengucapkan salam, menyapa, berdo’a dan absen
-melakukan ice breaking untuk menunjang semangat belajar
-menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa
-dapat mengatur waktu.
Nama : RENI YULIANTI
NIM : 835029554
UT Daerah : Palembang
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran kurang kondusif. Sebagian siswa antusias dan sebagian lagi sibuk dengan dunianya masing-masing sehingga kurang memperhatikan penjelasan guru.
2. Kelemahannya adalah guru tidak melakukan apersepsi untuk memotivasi siswa. Alangkah lebih baik guru terlebih dahulu membagi kelompok sebelum meminta siswa untuk maju kedepan dan bercerita secara bergiliran. Materi belum tersampaikan karena suasana kelas yang kurang kondusif.
3. Kelebihannya adalah guru menggambar tokoh dalam cerita yang akan dibaca di papan tulis untuk menarik minat siswa.
4. Hal unik yang saya temukan adalah guru yang sabar dan tenang dalam menghadapi siswanya, serta menggunakan cara dan bahasa yang baik untuk menyita mainan siswa yang kurang kondusif.
5. Usul saya untuk melakukan apersepsi di awal pembelajaran. Menggunakan model, metode, media yang lebih menarik agar siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran.
Nama : Dewi Optaviana
Nim : 855848086
UPBJJ : Medan
Dalam video tersebut, kelemahan yang terlihat yaitu guru langsung memberikan materi pembelajaran, tanpa diawali dengan salam, berdoa, ice breaking, sehingga peserta didik tampak kurang bersemangat saat mengikuti pelajaran, serta media pembelajaran yang diberikan kurang menarik perhatian peserta didik dan menyebabkan peserta didik sibuk dengan mainannya sendiri, dan guru kurang dalam mengalokasikan waktu pembelajaran.
Menurut saya dalam isi video membaca secara bergilir cukup baik dikarenakan guru menjelaskan pelajaran dengan membuat media ajar yaitu berupa gambar untuk memudahkan siswa dalam menceritakan cerita yang akan ia sampaikan kepada teman – temannya.
akan tetapi durasi belajar harusnya disesuaikan agar anak-anak dapat menyelesaikan materi yang berlangsung tanpa harus terganggu dan pembelajaran menjadi tergantung dikarenakan bel untuk jam istirahat telah berbunyi.