silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut.  Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu  Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…

Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri.  Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

158 Comments

  1. NAMA : KIKI PUSPITA DEWI
    NIM : 856022043
    UPBJJ : 12/ MEDAN
    POKJAR :ASAHAN

    Refleksi video Berdasarkan video di atas yang berjudul “Membaca Cerita secara Bergilir” menurut pendapat saya dalam vido yang ditampilkan dalam pembelajaran tersebut terlihat masih ada beberapa siswa yang tidak fokus dalam proses belajar seharusnya sebelum memulai pembelajaran guru melakukan ice breaking untuk menciptakan suasana yang kondusif terlihat dalam vidio tersebut berada pada kelas rendah maka dari itu sebagai guru harus menciptakan berbagai inovasi dalam menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media pembelajaran agar manarik perhatian siswa.

  2. Nama :Husnul Agustriani
    Nim : 856024925
    Program Studi : PGSD S1
    Mata Kuliah : Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Smester : 6 A
    UPBJJ : Medan
    Berdasarkan hasil refleksi saya tentang vidio diatas dapat saya jawab:
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan?
    Diawal guru masuk anak murid cukup antusias untuk mengikuti kegiatan belajar, namun ada juga suasana kegaduhan sebentar.
    Anak murid di dalam vidio tersebut bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh ibu guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melalukan pembelajaran?
    Kelemehan yang dilakukan guru ialah guru tidah mengucap salah saat ingin memulai pelajaran,selain itu juga guru tidak mencontohkan kegiatan membaca bergilir. Seharusnya guru mencontohkan terlebih dahulu sebelum mengajak anak murid untuk praktek di depan kelas.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pemebelajaran?
    Kelebihan yang dimiliki guru tersebut ialah sang guru mampu menertibkan suasana ribut di dalam kelas dengan sabar dan lembut namun tegas,
    sang guru juga bisa memanfaatkan media belajar seperti papan tukis yang digambar dngan menarik.
    4. Hal hal unik apa saja yang dilakukan dalam vidio tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Hal unik yang dapat saya temui saat menonton vidio tersebut ialah sang anak yang memainkan mainan yoyo dan bu guru langsung sigap mengatasinya dan mengembalikan kondisi kelas menjadi kondusif kembali.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang anda amati dari tayangan vidio, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Upaya yang sapat saya usulkan ialah alangkah baiknya guru menggunakan kagiatan Pembuka, inti, dan penutup dalam kegiatan mengajar.
    Selain itu guru juga bisa memberikan Hiburan atau ice breaking saat belajar, agar anak didik tidak mudah bosan.

  3. Nama : Intun Mei Devi Marpaung
    Nim : 856037803
    Pokjar : labusel
    UPBJJ : Medan
    Mengenai Vidio membaca cerita secara bergilir.
    Menurut analisa saya , dalam proses belajar mengajar di dalam Vidio tersebut masih ada reaksi siswa yang tidak fokus , jadi penting sekali untuk melakukan refleksi terlebih dahulu sebelum proses belajar mengajar berlangsung, dan tujuan nya agar siswa jadi lebih fokus. Dalam membaca cerita secara bergiliran, tentunya harus melibatkan siswa berperan aktif dalam membaca. Akan tetapi guru juga harus menirukan nya terlebih dahulu. Yaitu bagaimana cara membaca cerita dengan baik dan benar secara bergiliran. Dalam Vidio tersebut metode yang digunakan guru tersebut sudah baik dan benar. Yaitu dengan menyuruh siswanya bergilir ke depan kelas guna menumbuhkan rasa percaya diri. Dan menurut analisa saya, di dalam video itu guru sudah membuat kelas jadi lebih menarik lagi dalam proses pembelajaran di mulai . Yaitu dengan cara tepuk semangat.
    Itu lah analisa saya .

  4. Nama : Cicha
    Nim : 856020777
    Prodi : PGSD S1
    pokjar : labura
    UPBJJ : Medan

    Dari hasil analisis saya terhadap video tersebut, dapat saya simpulkan bahwa dalam video tersebut terlihat guru berusaha menarik perhatian siswanya dengan menggunakan media gambar. Selain itu guru tersebut juga memberi motivasi kepada para siswanya dengan memberi hukuman kepada siswa yang tidak mau memperhatikan dengan hukuman berupa harus menggantikan temannya Membaca cerita. Kemudian, saat ada siswa yang kedapatan bermain saat jam belajar, guru tersebut menyita mainan siswanya sebagai hukuman. Namun dapat kita lihat juga bahwa ada beberapa siswa yang tidak fokus memperhatikan guru tersebut seperti bermain, bercerita dengan temannya, dan sebagainya.
    Kelemahan guru tersebut dalam mengajar adalah guru tersebut terlalu lama dalam kegiatan pembukaan dan tidak menampilkan kegiatan pembelajaran inti yaitu membaca cerita secara bergilir.

  5. NAMA : NASARIANI SIMARMATA
    NIM : 856075082
    KELAS : 6 B
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : UT BATAM

    Berdasarkan video tersebut:
    a. Reaksi siswa tersebut adalah ketika guru masuk ke dalam kelas mereka sangat antusias, namun ketika sudah setengah pembelajaran banyak siswa yang ribut dan tidak memperhatikan gurunya saat menjelaskan.
    b. Dari keseluruhan, kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu tidak mempersiapkan alat peraga atau media pembelajaran yang nyata untuk siswa agar siswa lebih memahami apa yang dimaksud oleh gurunya.
    c. Dari keseluruhan, kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah guru selalu memotivasi anak agar selalu memprhatikan guru saat menjelaskan dan saat istirahat guru memperingati siswa agar tidak bermain di jalan dan tidak jajan sembarangan.
    d. Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah ketika salah satu siswa asik dengan dunia bermainnya yaitu bermain yoyo, guru berusaha menasehati siswa agar tidak bermain saat pembelajaran, dan teman-temannya justru mengusulkan pada gurunya agar didin dihukum namun gurunya tidak menghukumnya melainkan menasehatinya.
    e. Dari video tersebut saya mengusulkan agar guru sebelum masuk pembelajaran inti, seharusnya melakukan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Guru juga bisa menambahhkan dalam pembelajaran menyanyi atau ice breaking, supaya siswa semakin antusias dan tidak bosan dalam pembelajaran.

  6. Nama : Moh. Haris Riyan Suherman
    Nim : 858650603
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ-UT : Surabaya

    Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Kekurangan video itu guru tersebut tidak melakukan aperepsi di awal dan belum menggunakan media pembelajaran.

  7. Nama : Emi Herlina
    Nim : 856734053
    Program studi:PGSD-S1
    Pokjar :Baturaja
    UPBJJ : Palembang

    Setelah saya menyimak video ini, saya menarik kesimpulan bahwasanya seorang guru itu sebelum masuk kepembelajaran inti sebaiknya melakukan kegiatan pendahuluan dulu seperti ice breaking misalnya agar anak – anak dapat memulai pelajaran dengan baik.
    Adapun kelebihanya Guru tersebut sudah berusaha menarik perhatian siswa dengan menggunakan media gambar. dan guru tersebut juga memberi motivasi kepada para siswanya juga sudah membuat kesepakatan kelas dengan cara memberikan hukuman pada anak yang tidak memperhatikan.

    Terima kasih.

  8. NAMA : SITI NURHALIMAH
    NIM : 855974958
    PRODI : PGSD-S1
    Menurut saya dalam video tersebut adalah guru sudah menggunakan metode dan media yang sesuai dengan materi pembelajaran yakni bercerita dengan media gambar di papan tulis. Namun, pada saat penyampaian materi guru kurang menjelaskan tentang bagaimana langkah-langkah bercerita, dan juga guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bercerita.

  9. Nama : Wida Mawaddah
    Nim : 857154442
    Semenster : 2
    Prodi : PGSD S1
    Mata Kuliah : PKP
    pokjar : Makasar Jakarta Timur

    Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini?
    Pernah
    Bagaimana cara Anda mengatasinya?
    Belajar lagi cara membuka dan mengelola kelas yang menyenangkan, kelas kondusif dan fokus
    Misal:
    Ketika mengabsen guru mengajak anak-anak melihat sekeliling untuk memeriksa siapa saja teman nya yang tidak hadir.
    Berdoa, memberikan kesempatan kepada semua anak untuk memimpin doa
    Memberikan cerita yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari hari ini.
    Ketika mengintruksikan kelompok yang maju, anak-anak yang lain diminta untuk memperhatikan dan menulis informasi yang didapatkan dari bacaan kelompok yang maju.

    Didalam Video, Gambar ibu guru di papan tulis sudah bagus, karena tidak ada media audio visualnya beliau berusaha menampilkan gambar pendukung. Namun ada baiknya ditambahkan dengan kreasi-kreasi yang mendukung bacaan cerita.

    Untuk membuka kelas sebaiknya lebih menarik agar anak-anak antusias dan tidak jenuh. Sebelum meminta anak-anak untuk maju secara bergiliran untuk membaca di depan kelas. Baiknya Ibu guru meneceritakan sedikit isi dari cerita Timun Mas dengan gaya yang ekspresif sehingga anak-anak akan tertarik dan penasaran tentang cerita itu. setelah itu ibu guru baiknya menyampaikan peraturan yang harus diikuti saat pembelajaran, seperti, ketika ada yang membaca anak-anak yang lain harus diam, memperhatikan, menulis informasi, tidak bercanda dan fokus.

    diakhir, ibu guru menyampaikan kesimpulan dan nasihat yang terkandung dalam cerita terebut.

    Terima Kasih

  10. Nama : indah safitri
    Nim : 856834191
    Prodi : Bi pgsd
    UPBJJ : Kota Bengkulu
    Setelah saya melihat video di atas, untuk siswa aktif dan berani pada saat membaca cerita , sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran lain agar bervariasi dalam pembelajaran , dari video tersebut guru terlihat kaku saat menghadapi siswa yang sedang ribut pada saat di suruh giliran membaca cerita , karena pada dasarnya saat anak diminta kedepan dan berbicara mereka sedikit kesulitan, dan disarankan guru menggunakan media pembelajaran agar siswa tidak bosan ketika belajar di dalam kelas.

Leave a Reply