silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…
Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri. Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
Assalamualaikum
Nama: Linda yunita
Nim : 867098842
Prodi : S1 PGSD
Upbjj : Jakarta
Pokja: Kalideres
Menurut pengamatan sy terhadap video di atas, guru kurang menguasai kelas, guru juga kurang menguasai waktu pembelajaran, guru hanya berbicara sendiri tidak melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik juga sibuk sendiri, guru juga kurang menggunakan media yang menarik untuk berceita sehingga peserta didik kurang tertarik dalam pembelajarannya
NAMA : MUHAMMAD BAHRUL ‘ULU
NIM : 858820056
PRODI: S1-PGSD
UPBJJ : UT MALANG
POKJAR : MUSI NGANJUK
Menurut saya, metode membaca cerita secara bergilir dalam video ini bisa digunakan dalam proses pembelajaran siswa dalam kelas, tetapi pada video tersebut terlihat tidak melakukan pembukaan kelas, menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan, dapat kita lihat bahwa menarik perhatian siswa sebelum melakukan proses pembelajaran sangatlah penting untuk dilakukan. Dan menurut saya seharusnya hal itu perlu dilakukan. dan membuat kontrak kelas sebelum melakukan pembelajaran juga merupakan hal yang dapat dilakukan seorang guru untuk mengajarkan arti disiplin kepada anak, serta mengetahui apa kosekuensinya jika ia melanggar kontrak kelas yang telah di sepakati oleh seluruh anggota kelas tersebut. sehingga dengan cara itu juga dapat menumbuhkan kesadaran pada diri siswa, sehingga proses pembelajaran dikelas dapat berlangsung dengan baik dan mencapai tujuan kompetensi yang ingin dicapai dari pembelajaran tersebut.
NAMA : MUHAMMAD BAHRUL ‘ULUM
NIM : 858820056
PRODI: S1-PGSD
UPBJJ : UT MALANG
POKJAR : MUSI NGANJUK
Menurut saya, metode membaca cerita secara bergilir dalam video ini bisa digunakan dalam proses pembelajaran siswa dalam kelas, tetapi pada video tersebut terlihat tidak melakukan pembukaan kelas, menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan, dapat kita lihat bahwa menarik perhatian siswa sebelum melakukan proses pembelajaran sangatlah penting untuk dilakukan. Dan menurut saya seharusnya hal itu perlu dilakukan. dan membuat kontrak kelas sebelum melakukan pembelajaran juga merupakan hal yang dapat dilakukan seorang guru untuk mengajarkan arti disiplin kepada anak, serta mengetahui apa kosekuensinya jika ia melanggar kontrak kelas yang telah di sepakati oleh seluruh anggota kelas tersebut. sehingga dengan cara itu juga dapat menumbuhkan kesadaran pada diri siswa, sehingga proses pembelajaran dikelas dapat berlangsung dengan baik dan mencapai tujuan kompetensi yang ingin dicapai dari pembelajaran tersebut.
Nama: Rahmawati
Nim: 858071342
Prodi: S1 PGSD
Pokjar: Mempawah
UPBJJ: Pontianak
Menurut analisis saya dari video di atas, ialah:
A. Ada anak yang antusias dan bersemangat, ada juga yang tidak tertarik dan sibuk sendiri.
B. Dari video tersebut, guru yang sedang melakukan pembelajaran, sudah memiliki keterampilan komunikasi yang baik, namun dalam keterampilan menajemen kelas masih kurang, sebab masih ada beberapa anak yang dibiarkan sibuk sendiri. Serta Kurangnya kreativitas dalam metode pengajaran yang tepat untuk anak SD.
C. Hal-hal yang seharusnya ditingkatkan oleh guru adalah Memahami materi dengan baik, memperbaiki kreativitas dalam metode pengajaran, serta meningkatkan keterampilan manajemen kelas.
Assalamualaikum
Nama: Linda yunita
Nim : 857098842
Prodi : S1 PGSD
Upbjj : Jakarta
Pokja: Kalideres
Menurut pengamatan sy terhadap video di atas, guru kurang menguasai kelas, guru juga kurang menguasai waktu pembelajaran, guru hanya berbicara sendiri tidak melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik juga sibuk sendiri, guru juga kurang menggunakan media yang menarik untuk berceita sehingga peserta didik kurang tertarik dalam pembelajarannya
Nama : Siti Herdianti
Nim : 856053625
Prodi : S1-PGSD
Pokjar: Asahan
Menurut analisis tentang video ” membaca cerita secara bergilir”
Menurut pendapat saya tentang guru tersebut yaitu guru tersebut tidak dapat menguasai pembelajaran. Dan guru tidak mendisiplinkan anak murid, sehingga anak anak asyik sendiri dan ribut di dalam kelas. Mereka tidak mau mendengar kan teman nya yg sedang bercerita, guru tersebut kurang tegas dan kurang mendisiplinkan murid agar bisa duduk diam mendengarkan temannya. Dan kekurangan nya adalah tidak memakai media pembelajaran seperti video pada cerita timun mas tersebut, supaya lebih menarik perhatian para siswa nya, terimakasih.
Nama : Siti Herdianti
Nim : 856053625
Prodi : S1-PGSD
Pokjar: Asahan
Menurut analisis tentang video ” membaca cerita secara bergilir”
Menurut pendapat saya tentang guru tersebut yaitu guru tersebut tidak dapat menguasai pembelajaran. Dan guru tidak mendisiplinkan anak murid, sehingga anak anak asyik sendiri dan ribut di dalam kelas. Mereka tidak mau mendengar kan teman nya yg sedang bercerita, guru tersebut kurang tegas dan kurang mendisiplinkan murid agar bisa duduk diam mendengarkan temannya. Dan kekurangan nya adalah tidak memakai media pembelajaran seperti video pada cerita timun mas tersebut, supaya lebih menarik perhatian para siswa nya, terimakasih.
Nama : Laili maghfiroh
Nim : 858918481
Prodi : S1-PGSD
Pokjar: kalisat
analisis saya tentang vidio ” membaca cerita secara bergilir “. menurut saya ( kekurangan )pembelajaran tersebut kurang menarik untuk anak – anak sd karena hanya menggunakan media gambar pada papan tulis sehingga anak – anak tidak bisa membayangkan atau sulit untuk berimajinasi tentang cerita yang di ceritakan oleh guru tersebut serta anak – anak tidak memperhatikan saat guru bercerita sehingga asyik untuk berbicara sendiri. guru tersebut juga kurang tegas dalam engajar anak – anak sehingga anak – anak tidak menghargai guru yang sedang bercerita, seandainya guru tersebut menggunakan media vidio untuk mengajar kemungkinan besar anak – anak akan lebih bnyak peluang untuk mendengarkan.
( kelebihann ) guru sangat telaten dan setia bercerita tanpa marah sedkitpun meskipun tidak didengarkan oleh muridnya
Nama : Laili maghfiroh
Nim : 858918481
Prodi : S1-PGSD
Pokjar: kalisat
analisis saya tentang vidio ” membaca cerita secara bergilir “. menurut saya ( kekurangan )pembelajaran tersebut kurang menarik untuk anak – anak sd karena hanya menggunakan media gambar pada papan tulis sehingga anak – anak tidak bisa membayangkan atau sulit untuk berimajinasi tentang cerita yang di ceritakan oleh guru tersebut serta anak – anak tidak memperhatikan saat guru bercerita sehingga asyik untuk berbicara sendiri. guru tersebut juga kurang tegas dalam engajar anak – anak sehingga anak – anak tidak menghargai guru yang sedang bercerita, seandainya guru tersebut menggunakan media vidio untuk mengajar kemungkinan besar anak – anak akan lebih bnyak peluang untuk mendengarkan.
( kelebihann ) guru sangat telaten dan setia bercerita tanpa marah sedkitpun meskipun tidak didengarkan oleh muridnya
Nama : Wella Febiola
Nim : 858050363
Prodi : PGSD-S1
Upbjj : Pontianak
Pokjar : Opu Daeng Menambon
Izin saya untuk menaggapi video diatas tersebut ada pun yang akan saya sampaikan kelebihan dan kekurang guru dalam mengajar di kelas.
Kelebihan:
Di video ini guru dapat membuat anak anak tertib di kelas dan tidak ribut walau pun sempat ribut masalah mainan yoyo tetapi guru lansung segera menegur nya agar kelas kembali tenang seperti di awal.
Disini guru secara tidak lansung mengajar anak anak harus taat tata tertib dalam melakasanakan pembelajaran di kelas.
Kekurangan:
1. Tidak adanya kegiatan awal di video seperti memberi salam.
2. Disini guru kurang dalam menguasai kelas dan waktu.
3. Guru kurang memberikan motivasi dalam pembelajaran karna motivasi membuat anak menjadi semangkin semangat dalam melaksanakan pembelajaran.
Terimaksih