Similar Posts
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh
Nama : Titania Merry Anjani
NIM : 858908459
UPBJJ : JEMBER
Pokjar : Genteng-A
Dari hasil pengamatan video pembelajaran diatas ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut :
Kekurangan :
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak mengucapkan salam dan tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama
– Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan absensi
– Tidak adanya penyampaian motivasi belajar diawal pembelajaran
Kelebihan :
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak
Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung
Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh
Nama : Titania Merry Anjani
NIM : 858908459
UPBJJ : JEMBER
Pokjar : Genteng-A
Dari hasil pengamatan video pembelajaran diatas ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut : Kekurangan :
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak mengucapkan salam dan tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama
– Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan absensi
– Tidak adanya penyampaian motivasi belajar diawal pembelajaran
Kelebihan :
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung
Nama : Manja Tambunan
Nim : 859801872
Pokjar : LABURA
UPBJJ : Medan
Izin menanggapi video simulasi pembelajaran pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan judul “Membaca untuk Mendapatkan Informasi”.
– Dalam memulai pembelajaran guru tidak memulai dengan mengucapkan kata-kata Ucapan assalamuaikum/selamat pagi, tanya kabar, bernyanyi dan berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa.
– Cara guru dalam mengajar terlalu kaku
– Guru tidak menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham atau belum akan materi yang telah disampaikan
– Guru tidak menyampaikan kesimpulan
Kelebihan :
– Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
– Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat dipraktekan langsung
– Guru memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai tempat pembelajaran sehingga siswa terlihat antusias dalam melakukan pembelajaran.
Upaya yang dilakukan :
Guru harus mengawali pembelajaran dengan sapaan tanya kabar, bernyanyi dan berdoa serta mengecek kehadiran siswa. Guru sesekali bertanya apakah siswa sudah paham atau belum pada materi yang telah disajikan, Guru menyimpulkan hasil pembelajarannya.
Nama: Nani Marlina
Nim:856753694
Pokjar : Gelumbang
UPBJJ: Palembang
Assalamualaikum
Izin menanggapi video tersebut.
Menurut saya walaupun keterbatasan waktu pembuatan Video seharusnya Guru dalam video tersebut harus tetap melaksanakan kegiatan belajar dengan diawali pembukaan, mengecek kehadiran siswa dan berdoa, kegiatan inti dilanjutkan penutup.
1. Adapun kekurangan dari video pembelajaran tersebut yakni; sesuai dengan judulnya “Membaca Untuk Mendapatkan Informasi” namun Guru pada video tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang wacana, karena dapat dilihat beberapa siswa kebingungan setelah Guru tersebut memberikan tugas untuk mencari informasi terkait wacana permainan Bakiak.
2. Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar diluar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk belajar wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wacana tersebut.
Assalamu’alaikum wr.wb.
Nama: NUR IKA RIZKI
Nim:856029189
Pokjar : Ajamu
UPBJJ: Medan
Izin menanggapi video tersebut.
Saya sependapat dengan ibu nani.
Menurut saya juga walaupun keterbatasan waktu pembuatan Video seharusnya Guru dalam video tersebut harus tetap melaksanakan kegiatan belajar dengan diawali pembukaan, mengecek kehadiran siswa dan berdoa, kegiatan inti dilanjutkan penutup.
1. Adapun kekurangan dari video pembelajaran tersebut yakni; sesuai dengan judulnya “Membaca Untuk Mendapatkan Informasi” namun Guru pada video tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang wacana, karena dapat dilihat beberapa siswa kebingungan setelah Guru tersebut memberikan tugas untuk mencari informasi terkait wacana permainan Bakiak.
2. Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar diluar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk belajar wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wacana tersebut.
Assalamualaikum,
Nama : Tomi Purwo Susilo
NIM : 858876266
UPBJJ : Malang
Pokjar : kediri
Setelah mengamati video pembelajaran diatas ‘’Membaca Untuk Mendapatkan Informasi’’ saya menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut :
Kekurangan:
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak ada pembukaan mengucapkan salam, cek kehadiran dan tidak mengajak siswa untuk berdoa Bersama.
Kelebihan:
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan
Nama: Juliya Agustina
Nim: 855857694
Upbjj: UT MEDAN
Pokjar: Labura
Judul: Membaca untuk mendapatkan informasi
pada awal pembelajaran guru tidak membukanya dengan kegiata seperti menyanyikan lagu nasional atau ice breaking lainnya. menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan dengan perencanaan yang matang cukup baik, artinya materi yang telah dibaca oleh peserta didik langsung dapat di praktekkan dikehidupan nyata seperti permainan bakkia tersebu, jadi diharapkan pembelajaran tersebut jadi lebih bermakna. sekian dari saya, terima kasih
Nama : Akhirul Siska Septiyani.
Nim : 859763124
Prodi : PGSD S1
UPBJJ: Kendari
Dalam hasil analisis video pembelajaran yang telah saya lakukan yaitu, seharusnya guru tersebut harus tetap melakukan kegiatan awal pembelajaran yang diawali dengan pembukaan, mengecek kehadiran siswa, dan berdoa.
Kelemahan dari video tersebut yaitu, guru tersebut tidak menjelaskan kepada siswa terlebih dahulu tentang materi wacana yang akan dipelajari , kerena dalam video tersebut ada beberapa siswa yang masih bingung. Setelah itu guru tersebut juga memberikan tugas untuk mencari informasi terkait dari wacana tentang permainan bakiak
Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar di luar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk mempelajari wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakan pun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melakukan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wawasan tersebut.
Nama : Umu Atiqoh
NIM : 856972434
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
Analisis Video Pembelajaran : Membaca untuk Mendapatkan Informasi
Berdasarkan analisis video pembelajaran tersebut, terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan yang saya temukan yaitu,
Kekurangan :
1. Pada awal pembelajaran, guru tidak menyampaikan salam atau berdoa bersama terlebih dahulu.
2. Selanjutnya, guru juga tidak melakukan absensi kelas.
3. Guru tidak menyampaikan motivasi belajar untuk menambah semangat siswa dalam belajar.
4. Pada akhir pembelajaran, guru juga tidak menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan hari ini kepada siswa.
5. Komunikasi dan tata bahasa yang digunakan guru terlalu kaku.
Analisis kelebihan dari video pembelajaran tersebut, antara lain :
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan hari ini.
2. Guru memberikan contoh atau menggunakan media dengan benda konkret atau nyata sehingga siswa akan lebih memahami pembelajaran.
3. Guru memanfaatkan lingkungan sekitar, seperti belajar diluar kelas yang tujuannya untuk mengubah suasana kelas agar siswa tidak merasa bosan.
4. Guru melibatkan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari beberapa siswa yang mengankat tangan untuk bertanya kepada guru.
5. Guru dapat mempraktikan secara langsung permainan yang nanti akan siswa mainkan bersama.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Dara Dyastika
Nim : 857001139
Prodi : PGSD S1
UPBJJ: Salut Way Tuba Bandar Lampung
1. Reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru pada video GPO:
Menurut saya, reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru adalah siswa kurang bersemangat, pembelajaran kurang efektif ketika didalam kelas dikarenakan siswa jenuh dan kurang tertarik ketika belajar didalam kelas dengan metode yang begitu-begitu saja. Sehingga berdampak pada daya tangkap dan fokus anak ketika proses pembelajaran.
Ketika guru mengubah pembelajaran didalam kelas menjadi pembelajaran diluar kelas, siswa bersemangat dalam melakukan pembelajaran, dan ketika guru mengajak praktik siswa pun lebih disiplin, aktif, ceria dan lebih efektif dalam menangkap informasi saat temannya sedang melakukan praktik.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
Guru tidak mengucapkan salam di awal proses pembelajaran.
Guru tidak mengajak siswa untuk berdo’a
Guru tidak melakukan absensi untuk mengecek kehadiran siswa.
Guru tidak menanyakan kabar siswa.
Guru tidak mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengucapkan Pancasila.
Guru tidak menghubungkan pembelajaran kemarin dengan pembelajaran hari ini.
Guru kurang jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran:
Guru mengajak siswa untuk belajar diluar kelas
Guru mengajak siswa untuk belajar secara berkelompok
Guru menyebutkan tujuan pembelajaran
Respon guru cepat saat menjawab pertanyaan yang diajukan siswa
Guru mengamati siswa dalam proses pembelajaran
Guru menggunakan alat peraga dalam permainan bakiak
Guru mengajak siswa bermain untuk menghindari kejenuhan
Guru dalam penyampaian materi menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga mudah dipahami oleh siswa.
Guru mengajak siswa memberikan kesimpulan
Guru memotivasi siswa untuk tidak malas membaca
4. Hal unik yang terdapat pada video pembelajaran:
Pembelajaran yang dilakukan oleh guru cukup menarik dengan mengajak anak bermain bersama di luar kelas untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan informasi.
Guru mempraktekkan permainan sebelum siswa bermain.
5. Upaya dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran:
Mengatasi kejenuhan siswa, guru membuat variasi dengan mengajak siswa belajar diluar kelas
Guru mempersiapkan pembelajaran dengan matang dan jelas.
Guru mencari alternatif variasi lain untuk mempermudah pemahaman pembelajaran siswa di dalam kelas.