Similar Posts
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Menurut pendapat saya, berdasarkan video tersebut seorang guru membuka kegiatan pembelajaran dengan menyampaikan materi yang akan dipelajari dapat menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Selain itu guru juga memberikan contoh langsung terkait materi permainan lomba bakiak melalui media nyata bentuk dari bakiak. Dengan guru memberikan contoh nyata, kesempatan siswa membaca dan menjawab soal, hal ini dapat memacu saya tarik siswa dalam menyelesaikan persoalan yang ada. Terlebih dengan adanya KBM diluar kelas hal ini dapat digunakan sebagai suatu sarana meningkatkan semangat belajar siswa, melatih berfikir kritis siswa dalam mengamati kesalahan dalam permainan bakiak. Sehingga tercipta suana KBM yang sangat baik dan berjalan dengan lancar.
Akan tetapi, alangkah baiknya jika seorang guru ketika melakukan KBM juga memperhatikan cara membuka pembelajaran, menyampaikan materi, melakukan tanya jawab dengan intonasi yang sesuai. Sehingga tidak terkesan monoton dan tegang. Dengan demikian dapat tercipta suana belajar yang ceria, menyenangkan namun tetap serius.
NAMA : YOGI PRANANDA
NIM : 856462809
UPBJJ : PEKANBARU
POKJAR : SUNGAI LALA (SALUT SAPA INDRAGIRI).
a. Bagaimana reaksi / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Peserta didik sangat antusias dalam belajar tetapi masih ada beberapa peserta didik yang kurang fokus dalam belajar saat di dalam kelas disebabkan peserta didik kurang tertarik dengan metode yang ceramah. Sehingga berdampak pada daya tangkap dan fokus anak ketika proses pembelajaran. Namun, ketika guru mengubah pembelajaran didalam kelas menjadi pembelajaran diluar kelas, siswa bersemangat dalam melakukan pembelajaran, dan ketika guru mengajak praktik siswa pun lebih disiplin, aktif, ceria dan lebih efektif dalam menangkap informasi saat temannya sedang melakukan praktik.
b. Secara keseluruhan Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru tidak mengajak peserta didik untuk berdo’a saat awal pembukaan pembelajaran.
– Guru tidak mengucapkan salam di awal proses pembelajaran.
– Guru tidak melakukan absensi untuk mengecek kehadiran peserta didik.
– Guru tidak menanyakan kabar peserta didik.
– Guru tidak mengulas kembali pembelajaran materi pada pertemuan sebelumnya.
c. Secara keseluruhan Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
– Guru menggunakan media pembelajaran saat berlangsungnya pembelajaran
– Guru melakukan inovasi pembelajaran dengan bermain sambil belajar sehingga peserta didik tidak bosan saat belajar.
– Guru mengajak peserta didik memberikan kesimpulan
– Guru memotivasi peserta didik untuk tidak malas membaca
d. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
– Pada video tersebut guru tidak hanya melakukan metode pembelajaran ceramah saja di dalam kelas saja, tetapi guru tersebut mengajak peserta didik untuk menerapkan secara langsung materi yang dipelajari.
– Pembelajaran yang dilakukan oleh guru cukup menarik dengan mengajak anak bermain bersama di luar kelas untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan informasi.
– Guru mempraktekkan permainan sebelum peseta didik bermain.
e. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
– Mengatasi kejenuhan peserta didik, guru harus menerapkan metode pembelajaran yang bervariatif dengan contohnya mengajak peserta didik belajar sambil bermain diluar kelas.
– Guru mempersiapkan pembelajaran dengan matang dan jelas.
– Guru mencari alternatif variasi lain untuk mempermudah pemahaman pembelajaran peserta didik di dalam kelas.
NAMA : YOGI PRANANDA
NIM : 856462809
UPBJJ : PEKANBARU
POKJAR : SUNGAI LALA (SALUT SAPA INDRAGIRI)
1. Bagaimana reaksi / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Peserta didik sangat antusias dalam belajar tetapi masih ada beberapa peserta didik yang kurang fokus dalam belajar saat di dalam kelas disebabkan peserta didik kurang tertarik dengan metode yang ceramah. Sehingga berdampak pada daya tangkap dan fokus anak ketika proses pembelajaran. Namun, ketika guru mengubah pembelajaran didalam kelas menjadi pembelajaran diluar kelas, siswa bersemangat dalam melakukan pembelajaran, dan ketika guru mengajak praktik siswa pun lebih disiplin, aktif, ceria dan lebih efektif dalam menangkap informasi saat temannya sedang melakukan praktik.
2. Secara keseluruhan Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru tidak mengajak peserta didik untuk berdo’a saat awal pembukaan pembelajaran.
– Guru tidak mengucapkan salam di awal proses pembelajaran.
– Guru tidak melakukan absensi untuk mengecek kehadiran peserta didik.
– Guru tidak menanyakan kabar peserta didik.
– Guru tidak mengulas kembali pembelajaran materi pada pertemuan sebelumnya.
3. Secara keseluruhan Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
– Guru menggunakan media pembelajaran saat berlangsungnya pembelajaran
– Guru melakukan inovasi pembelajaran dengan bermain sambil belajar sehingga peserta didik tidak bosan saat belajar.
– Guru mengajak peserta didik memberikan kesimpulan
– Guru memotivasi peserta didik untuk tidak malas membaca
4. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
– Pada video tersebut guru tidak hanya melakukan metode pembelajaran ceramah saja di dalam kelas saja, tetapi guru tersebut mengajak peserta didik untuk menerapkan secara langsung materi yang dipelajari.
– Pembelajaran yang dilakukan oleh guru cukup menarik dengan mengajak anak bermain bersama di luar kelas untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan informasi.
– Guru mempraktekkan permainan sebelum peseta didik bermain.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
– Mengatasi kejenuhan peserta didik, guru harus menerapkan metode pembelajaran yang bervariatif dengan contohnya mengajak peserta didik belajar sambil bermain diluar kelas.
– Guru mempersiapkan pembelajaran dengan matang dan jelas.
– Guru mencari alternatif variasi lain untuk mempermudah pemahaman pembelajaran peserta didik di dalam kelas.
Bismillah…
Nama Wardi risky Hariono
NIM 859166997
S1 PGSD FKIP
Sumber video dari laman guru pintar online
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/membaca-untuk-mendapatkan-informasi/
yang saya dapat perhatikan dan pelajari dari video tersebut adalah
• Pembelajaran masih berpusat pada guru.
• Tujuan pembelajaran tidak disampaikan guru
• Absensi tidak dilakukan.
• Pembelajaran secara langsung mempraktekkan apa yang dipelajari ( dibaca) secara langsung.
• Anak anak suka pembelajaran diluar kelas.
• Anak anak suka belajar sambil bermain
• Anak anak pada akhirnya aktif bertanya dan paham akan materi setelah membaca dan praktek secara langsung
• Dibutuhkan variasi dalam pembelajaran dalam media metode dan alat peraga agar anak anak paham dan tujuan pembelajaran tercapai
• anak anak aktif dalam belajar di luar ruangan
Assalamu Alaikum Wr.Wb.
Nama: Yulia fatma Sari
NIm: 859423765
Prodi: PGSD
UPBJJ: Makassar
Tanggapan saya setelah menonton video pembelajaran tadi, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dilakukan oleh guru tersebut/
kelemahannya:
1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa dan tidak mengecek kehadiran siswa.
2. Guru tidak memberi penjelasan terkait materi yg akan dijelaskan, melainkan hanya menyuruh siswa untuk membaca buku teks.
3. Siswa bosan ketika pembelajaran hanya dilakukan dalam kelas.
4. Guru tidak memberikan refleksi di akhir pembelajaran.
sedangkan kelebihannya:
1. Guru sudah memulai pembelajaran dengan salam.
2. Guru melakukan apersepsi terkait materi yg akan dipelajari.
3. Pembelajaran dilakukan diluar kelas sehingga siswa bersemangat.
Upaya yang harusnya dilakukan guru setelah menonton video tersebut adalah:
Sebaiknya guru memulai pembelajaran dengan salam dan berdoa, mengecek kehadiran siswa serta melakukan ice breaking sebelum masuk di pembelajaran. guru sebaiknya juga menggunakan media yang menarik dalam menjelaskan materi pelajarannya dan melakukan refleksi setelah siswa mempraktekkan materi yang dipelajari.
Nama : Anggi Halimatus Sa’diah
Nim : 858150724
Setelah menonton video tersebut menurut saya ada beberapa kekurangan dan kelebihan pada pembelajaran yang telah dilakukan guru tersebut kekurangannya seperti tidak ada mengajak siswa untuk berdoa bersama-sama sebelum memulai proses belajar, tidak melakukan absensi, tidak menanyakan kabar siswa dan tidak menghubungkan pembelajaran kemarin dan pembelajaran yang akan dilakukan hari ini .
Kelebihannya seperti guru menggunakan alat peraga berupa “BAKIAK” sehingga siswa lebih semangat dan antusias dalam belajar, siswa melakukan literasi membaca sebelum pembelajaran dimulai , guru mengajak siswa untuk belajar diluar sehingga siswa tidak jenuh karena hanya belajar di dalam kelas , guru menyebutkan tujuan pembelajaran serta respon guru yang cepat saat ada siswa yang bertanya .
Dalam membaca untuk mendapatkan informasi siswa dapat menggali informasi dari media bacaan, dan siswa dapat mempraktekkan nya serta guru sebagai pembimbing agar mudah di pahami siswa. Membaca merupakan pemanfaatan untuk melatih kosakata siswa yang sangat berguna untuk komunikasi dengan orang lain baik dengan teman sebaya maupun orang yang lebih tua darinya.
Menurut saya siswa sudah cukup bersemangat karena guru menggunakan media permainan agar siswa bersemangat dan tidak merasa jenuh di kelas serta guru memanfaatkan lingkungan agar siswa secara tidak langsung dapat menggali informasi dari media pembelajaran tersebut.
Kelebihan guru dalam pembelajaran:
1.Guru menggunakan media pembelajaran menggunakan benda permainan yaitu bakiak.
2.Guru mengajak siswa membentuk kelompok agar memahami makna bacaan yang ada.
3.Guru memotivasi siswa agar minat membaca.
4.Guru menjelaskan tujuan pembelajaaran .
5.Guru memperhatikan siswa satu persatu saat membaca
6.Guru mengajak siswa untuk bekerja sama saat melakukan kegiatan permainan bakja
7.Siswa jadi lebih aktif bertanya karna praktek langsung bermain sambil belajar .
8.Guru sudah menggunakan pakaian yang rapi.
Kelemahan
1.Guru tidak mengucapkan salam
2.Guru tidak mengajak doa
3.Guru tidak mengabsensi siswa
Nama : Gezi Putri mayesa
Nim :856232654
Pokjar : simalanggang
Assalamualaikum wr.wr
Menurut saya dari vidio di atas,guru kurang bersemangat untuk mengajar siswa sehingga siswa yang menerima informasi dari gurupun kurang bersemangat.Guru juga kurang memerhatikan keseriusan siswa sehingga hanya beberapa siswa saja yang fokus.walaupun di awal guru kurang bersemangat, guru cukup kreatif karna guru dapat melakukan pembelajaran dengan adanya praktek dan membawa anak untuk belajar diluar kelas sehingga anak lebih mengerti danlebih semangat karna mereka menyukai belajar diluar kelas guru juga dapat menjelaskan dengan baik bagaimana cara memainkan alat peraga yang di perkenalkan guru.Dari vidio ini terdapat poin penting bagi kita seorang guru ,kita sebagai seorang guru harus memiliki ida yang kreatif dalam memulai suatu pembelajaran bisa dengan game ,tanya jawab dan bisa juga dengan mengajak siswa untuk praktek lansung.sekian pendapat saya
Terimakasih
Nama : Luh Lia Agustina
NIM 859043529
UPBJJ UT Denpasar
Jika di lihat dalam video GPO yang membahas tentang membaca untuk mendapatkan informasi mengenai permainan bakiak, reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru menunjukkan adanya antusiasme, meskipun terdapat beberapa siswa yang kurang fokus. Hal ini menunjukkan bahwa metode pengajaran yang digunakan oleh guru dapat mempengaruhi tingkat perhatian dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Ketika guru menggunakan pendekatan yang lebih interaktif dan menarik, seperti permainan atau kegiatan di luar kelas, siswa cenderung lebih bersemangat dan aktif dalam belajar. Cara guru mengajak siswa bermain sambil belajar membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan juga membantu siswa memahami konsep-konsep dengan cara yang lebih praktis.
Adapun Beberapa Kelemahan Guru dalam proses pembelajaran dalam video tersebut diantaranya
Kurangnya Kegiatan Awal: Guru tidak memulai pelajaran dengan kegiatan seperti berdoa, menyanyikan lagu nasional, atau memeriksa kehadiran siswa. Ini penting untuk menciptakan suasana kelas yang positif.
Penjelasan Materi yang Kurang Jelas: Guru mungkin belum menjelaskan materi dengan cukup jelas sebelum meminta siswa untuk melakukan aktivitas membaca atau praktik.
Motivasi Siswa: Tidak ada upaya dari guru untuk memberikan motivasi kepada siswa agar mereka lebih semangat dalam belajar.
Selain kelemahan, Guru dalam proses pembelajaran di video tersebut juga memiliki kelebihan yaitu
Penggunaan Media Pembelajaran: Guru menggunakan alat peraga dan media yang menarik seperti yang dilihat dalam video adalah bakiak untuk membantu siswa memahami materi.
Pembelajaran Interaktif: Dengan mengajak siswa berkelompok dan berdiskusi, guru menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif.
Penyampaian Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas sehingga siswa tahu apa yang diharapkan dari mereka.
Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran kedepannya, Guru dapat melakukan hal sebagai berikut :
Menciptakan Suasana Kelas yang Positif: Memulai setiap pelajaran dengan kegiatan awal seperti berdoa dan memeriksa kehadiran.
Menggunakan Metode Variatif: Mengadopsi berbagai metode pengajaran untuk menjaga minat dan perhatian siswa.
Memberikan Umpan Balik: Memberikan umpan balik secara berkala kepada siswa mengenai kemajuan siswa agar menjadi motivasi untuk siswa kedepannya menjadi lebih baik dalam proses pembelajaran.
Terima Kasih.
NAMA : MUHAMMAD BOKSA AL AMIN
NIM : 857008131
PRODI : PGSD-S1
POKJAR : SIDOMULYO
1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
siswa tersebut merasa senang dengan gaya belajar di luar kelas yang dilakukan guru, sehingga pembelajaran tidak monoton hanya dikelas dan pembagian kelompok.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Tidak melakukan pendahuluan penarikan konsentrasi siswa
2. Tidak melakukan doa
3. Tidak adanya absensi
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Menemukan inovasi pembelajaran
2. Mengajak siswa berinteraksi
3. Membantu siswa dalam kegiatan membaca
4. Menggunakan alat peraga dalam pembelajaran
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
Guru tersebut menggunakan alat peraga dan dapat memberikan atau mencontohkannya kepada siswa secara langsung.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu bagaimana guru tersebut dapat melakukan kegiatan pembelajaran yang sebelumnya telah tersusun secara rapi dalam silabus ataupun RPP. Sehingga yang diharapkan pembelajaran selanjutnya akan lebih tersusun rapi.