Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh
Nama : Titania Merry Anjani
NIM : 858908459
UPBJJ : JEMBER
Pokjar : Genteng-A
Dari hasil pengamatan video pembelajaran diatas ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut :
Kekurangan :
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak mengucapkan salam dan tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama
– Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan absensi
– Tidak adanya penyampaian motivasi belajar diawal pembelajaran
Kelebihan :
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak
Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung
Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh
Nama : Titania Merry Anjani
NIM : 858908459
UPBJJ : JEMBER
Pokjar : Genteng-A
Dari hasil pengamatan video pembelajaran diatas ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut : Kekurangan :
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak mengucapkan salam dan tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama
– Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan absensi
– Tidak adanya penyampaian motivasi belajar diawal pembelajaran
Kelebihan :
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung
Nama : Manja Tambunan
Nim : 859801872
Pokjar : LABURA
UPBJJ : Medan
Izin menanggapi video simulasi pembelajaran pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan judul “Membaca untuk Mendapatkan Informasi”.
– Dalam memulai pembelajaran guru tidak memulai dengan mengucapkan kata-kata Ucapan assalamuaikum/selamat pagi, tanya kabar, bernyanyi dan berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa.
– Cara guru dalam mengajar terlalu kaku
– Guru tidak menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham atau belum akan materi yang telah disampaikan
– Guru tidak menyampaikan kesimpulan
Kelebihan :
– Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
– Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat dipraktekan langsung
– Guru memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai tempat pembelajaran sehingga siswa terlihat antusias dalam melakukan pembelajaran.
Upaya yang dilakukan :
Guru harus mengawali pembelajaran dengan sapaan tanya kabar, bernyanyi dan berdoa serta mengecek kehadiran siswa. Guru sesekali bertanya apakah siswa sudah paham atau belum pada materi yang telah disajikan, Guru menyimpulkan hasil pembelajarannya.
Nama: Nani Marlina
Nim:856753694
Pokjar : Gelumbang
UPBJJ: Palembang
Assalamualaikum
Izin menanggapi video tersebut.
Menurut saya walaupun keterbatasan waktu pembuatan Video seharusnya Guru dalam video tersebut harus tetap melaksanakan kegiatan belajar dengan diawali pembukaan, mengecek kehadiran siswa dan berdoa, kegiatan inti dilanjutkan penutup.
1. Adapun kekurangan dari video pembelajaran tersebut yakni; sesuai dengan judulnya “Membaca Untuk Mendapatkan Informasi” namun Guru pada video tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang wacana, karena dapat dilihat beberapa siswa kebingungan setelah Guru tersebut memberikan tugas untuk mencari informasi terkait wacana permainan Bakiak.
2. Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar diluar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk belajar wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wacana tersebut.
Assalamu’alaikum wr.wb.
Nama: NUR IKA RIZKI
Nim:856029189
Pokjar : Ajamu
UPBJJ: Medan
Izin menanggapi video tersebut.
Saya sependapat dengan ibu nani.
Menurut saya juga walaupun keterbatasan waktu pembuatan Video seharusnya Guru dalam video tersebut harus tetap melaksanakan kegiatan belajar dengan diawali pembukaan, mengecek kehadiran siswa dan berdoa, kegiatan inti dilanjutkan penutup.
1. Adapun kekurangan dari video pembelajaran tersebut yakni; sesuai dengan judulnya “Membaca Untuk Mendapatkan Informasi” namun Guru pada video tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang wacana, karena dapat dilihat beberapa siswa kebingungan setelah Guru tersebut memberikan tugas untuk mencari informasi terkait wacana permainan Bakiak.
2. Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar diluar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk belajar wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wacana tersebut.
Assalamualaikum,
Nama : Tomi Purwo Susilo
NIM : 858876266
UPBJJ : Malang
Pokjar : kediri
Setelah mengamati video pembelajaran diatas ‘’Membaca Untuk Mendapatkan Informasi’’ saya menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut :
Kekurangan:
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak ada pembukaan mengucapkan salam, cek kehadiran dan tidak mengajak siswa untuk berdoa Bersama.
Kelebihan:
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan
Nama: Juliya Agustina
Nim: 855857694
Upbjj: UT MEDAN
Pokjar: Labura
Judul: Membaca untuk mendapatkan informasi
pada awal pembelajaran guru tidak membukanya dengan kegiata seperti menyanyikan lagu nasional atau ice breaking lainnya. menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan dengan perencanaan yang matang cukup baik, artinya materi yang telah dibaca oleh peserta didik langsung dapat di praktekkan dikehidupan nyata seperti permainan bakkia tersebu, jadi diharapkan pembelajaran tersebut jadi lebih bermakna. sekian dari saya, terima kasih