Similar Posts
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Nama :Yeni Agustina
Nim : 85683535
Kelas : D
Pokjar : Sidomulyo
Upbjj : Bandar Lampung
Materi : membaca untuk mendapatkan informasi
1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru Siswa merasa senang karena pembelajaran yang disampaikan tidak baku dan membosankan karena melibatkan pembelajaran diluar kelas, sehingga siswa mendapatkan suasana baru.
2.kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran
a.tidak mengucapkan salam diawal pembelajaran
b.tidak membaca doa sebelum belajar
c.tidak memeriksa kehadiran siswa
3.kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran
a.melakukan literasi diawal pembelajaran
b.menggunakan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran
c.pembelajaran dengan metode yang tidak membosankan
d.membimbing siswa untuk melakukan praktik.
4.hal-hal unik dalam video pembelajaran
Guru memberikan contoh nyata dengan alat peraga yang tersedia.
5.upaya yang dapat dilakukan Sebaiknya guru tersebut Melakukan kegiatan awal pembelajaran Seperti mengucap salam,membaca doa dan mengecek kehadiran siswa dan ditengah pembelajaran berikan ice breaking untuk mengurangi rasa bosan siswa saat pembelajaran berlangsung.
NAMA : ISWANA DEWI
NIM : 857029088
UPBJJ : SIDOMULYO
Menurut pendapat saya setelah Mengamati isi video di GPO ini “Membaca adalah salah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari suatu yang di tulis, karena semakin banyak membaca, maka semakin banyak pula informasi yang kita peroleh”.
Dari vidio di atas guru memberikan informasi melalui media secara langsung seperti bakiak. Dan guru menyuruh siswa membaca buku tentang bakiak, setelah siswa membaca dan memahami guru menyuruh anak untuk melakukan permainan secara langsung dan cara memainkan bakiak tersebut.
Dari sini kita tau pentingnya membaca buku untuk mendapatkan informasi.
terimakasih.
Nama :Yeni Agustina
Nim : 85683535
Kelas : D
Pokjar : Sidomulyo
Upbjj : Bandar Lampung Materi : membaca untuk mendapatkan informasi
1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru Siswa merasa senang karena pembelajaran yang disampaikan tidak baku dan membosankan karena melibatkan pembelajaran diluar kelas, sehingga siswa mendapatkan suasana baru.
2. kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran
a.tidakdak mengucapkan salam diawal pembelajaran
b.tidak membaca doa sebelum belajar
c.tidak memeriksa kehadiran siswa
3.kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran
a.melakukan literasi diawal pembelajaran b.menggunakan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran c.pembelajaran dengan metode yang tidak membosankan d.membimbing siswa untuk melakukan praktik.
4.hal-hal unik dalam video pembelajaran
Guru memberikan contoh nyata dengan alat peraga yang tersedia.
5.upaya yang dapat dilakukan
Sebaiknya guru tersebut Melakukan kegiatan awal pembelajaran Seperti mengucap salam,membaca doa dan mengecek kehadiran siswa dan ditengah pembelajaran berikan ice breaking untuk mengurangi rasa bosan siswa saat pembelajaran berlangsung.
Nama : ISWANA DEWI
NIM : 857029088
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Pokjar : SIDOMULYO
Materi : Membaca untuk mendapatkan Informasi
Menurut pendapat saya setelah Mengamati isi video di GPO ini “Membaca adalah salah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari suatu yang di tulis, karena semakin banyak membaca, maka semakin banyak pula informasi yang kita peroleh”. Dari video di atas guru memberikan informasi melalui media secara langsung seperti bakiak. Dan guru menyuruh siswa membaca buku tentang bakiak, setelah siswa membaca dan memahami guru menyuruh anak untuk melakukan permainan secara langsung dan cara memainkan bakiak tersebut. Dari sini kita tau pentingnya membaca buku untuk mendapatkan informasi.
terima kasih.
Nama Serini Dawolo
Pokjar Nias Barat
Serini Dawolo
Ijin menanggapi tentang video pembelajaran di atas.
video pembelajaran tentang membaca untuk mendapatkan informasi.
seorang guru memperlihatkan sebuah benda kepada siswa yang berkaitan pada pembelajaran bahasa indonesia.
pada proses pembelajran tersebut seorang guru mengadakan variasi untuk mengatasi kejenuhan siswa dan mengajak semua siswa keluar kelas. dan seperti yang
ada di video terlebih dahulu mereka mebaca buku utuk mendapatkan informasi tentang benda pembelajaran yang di pelajari hari ini dan setelah itu semua siswa langsung mempraktekannya langsung di luar kelas.
pada saat memperaktekan juga semua murid mengamati apa yang menjadi kesalahan paa saat mempraktekannya semua siswa juga sangat antusia memperhatikan karena itu adalah salah satu tugas yang akan di tulis dan di berikan kepada guru.
guru mempertanyakan langsung kepada siswa apa yang di alami dan juga apa keasalahan yang di rasasakan selama mempraktekan pembelajaran. terlihat juga beberapa siswa menjawab pertanyaan tersebut dengan baik.
setelah saya amati juga video pembelajaran ada beberapa kelemahan yanng say dapatkan:
guru langsung pada kegiatan inti tidak di awali dengan kegiaatan awal, guru tidak meyapa siswa,tidak mengajak siswa berdoa
guru langsung ke tujuan pembelajaran.
solusinya adalah di lakukan dulu kegiatan awal baru kegiatan inti dan kegiatan penutup
NAMA : Nurjannah Harahap
NIM : 860127633
UPBJJ : UT MEDAN
Menurut pendapat saya setelah Mengamati isi video di GPO ini
Membaca adalah salah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari suatu yang di tulis, karena semakin banyak membaca, maka semakin banya pula informasi yang kita peroleh.
Dari vidio di atas guru memberikan informasi melalui media secara langsung seperti bakiak. Nah yang dimana guru bertanya langsung kepada siswa apa yg di pegang nya dan guru menyuh siswa membaca buku tentang bakiak yang dimana ada di buku tanpa menjelaskan terlebih dahulu.
dan Setelah itu guru menyuruh anak untuk melakukan permainan secara langsung dan cara memain bakiak tersebut.
Setelah melakukan kegiatan hari ini guru memberikan informasi. Pentingnya membaca buku untuk mendapatkan informasi dari mana saja.
Nama : Rosa Ratnawati zai
Nim : 859883533
Pokja : idanogawo
Jurusan : PGSD
Materi : membaca untuk mendapatkan informasi
Dividio ini mengajarkan kita bahwa membaca itu sangat bermanfaat bagi kita baik anak – anak maupun org dewasa. Disini mengajar kan kita bahwa materi ini sangat lah penting untuk menyadarkan kita bahwa membaca itu sangat penting.
NAMA : MIARMIA SIREGAR
NIM : 857034169
Pokjar : Sidomulyo
Izin menanggapi video pada seri pembelajaran SD yang berjudul “Membaca Untuk Mendapatkan Informasi”
Setelah melihat video tersebut, dapat disimpulkan reaksi siswa sangat antusias dalam belajar namun masih ada beberapa peserta didik yang kurang fokus dalam belajar saat di kelas disebabkan peserta didik kurang tertarik dengan metode yang ceramah. Sehingga berdampak pada daya tangkap dan fokus anak ketika proses pembelajaran. Namun, ketika guru mengubah pembelajaran di dalam kelas menjadi pembelajaran diluar kelas, siswa bersemangat dalam melakukan pembelajaran, dan ketika guru mengajak praktik siswa pun lebih disiplin, aktif, ceria dan lebih efektif dalam menangkap informasi saat siswa sedang melakukan praktik.
• Kelemahan :
• Guru tidak mengajak peserta didik untuk berdo’a saat awal pembukaan pembelajaran.
• Guru tidak mengucapkan salam di awal proses pembelajaran.
• Guru tidak melakukan absensi untuk memeriksa kehadiran peserta didik.
• Guru tidak menanyakan kabar peserta didik.
• Guru tidak mengulas kembali materi pada pertemuan sebelumnya.
• Kelebihan :
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
• Guru menggunakan media pembelajaran saat berlangsungnya pembelajaran
• Guru melakukan inovasi pembelajaran dengan bermain sambil belajar sehingga peserta didik tidak bosan saat belajar.
• Guru mengajak peserta didik memberikan kesimpulan
• Guru memotivasi peserta didik untuk tidak malas membaca
• Hal-hal unik :
• Pada video tersebut guru tidak hanya melakukan metode pembelajaran ceramah saja di dalam kelas saja, tetapi guru tersebut mengajak peserta didik untuk menerapkan langsung materi yang dipelajari.
• Pembelajaran yang dilakukan oleh guru cukup menarik dengan mengajak anak bermain bersama di luar kelas untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan informasi.
• Guru mempraktekkan permainan sebelum peseta didik bermain.
• Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
• Mengatasi kejenuhan peserta didik, guru harus menerapkan metode pembelajaran yang bervariatif dengan contohnya mengajak peserta didik belajar sambil bermain di luar kelas.
• Guru mempersiapkan pembelajaran dengan matang dan jelas.
• Guru mencari alternatif variasi lain untuk mempermudah pemahaman pembelajaran peserta didik di dalam kelas.
• Rekomendasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.
Untuk mengatasi kejenuhan peserta didik guru harus menerapkan metode pembelajaran yang bervariatif dengan contohnya mengajak peserta didik belajar sambil bermain di luar kelas.
Guru mempersiapkan pembelajaran dengan matang dan jelas.
Serta guru mencari alternatif variasi lain untuk mempermudah pemahaman pembelajaran peserta didik di dalam kelas.
Nama : Rinetis zai
Nim : 859885189
pokjar : Idanogawo
prodi : PGSD-S1
Berdasarkan video diatas saya sangat mengapresiasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru tersebut karena dapat mengatasi kejenuhan siswa dan juga mengajak siswa belajar diluar kelas. Kemudian didalam pembelajaran dikelas sangat menarik jika adanya alat peraga yang sesuai dengan materi yang disampaikan kepada siswa.
bermain bersama siswa dapat membuat pembalajran menarik dan efektif, permainan dapat meningkatkan motivasi, kreativitas dan keterampilan sosial siswa.
Nama : Ni Wayan Agnes Yunita
NIM : 859539232
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : UT Bandar Lampung
Perkenankan saya memberikan analisis pada video yang berjudul Membaca Untuk Mendapatkan Informasi,
Kelebihan dari video :
1. Pendekatan Inovatif: Guru mengajak siswa belajar di luar kelas, menciptakan suasana baru yang menyenangkan dan meningkatkan antusiasme belajar.
2. Interaktif: Pembelajaran melibatkan tanya jawab, literasi, dan penggunaan alat peraga, membantu siswa memahami informasi dalam bacaan.
3. Kolaboratif: Guru membimbing siswa untuk mengamati dan menilai praktik teman sekelas, mendorong keterlibatan aktif.
kekurangan dari video :
Kurangnya Struktur: Tidak ada ice breaking, doa pembuka, absensi, atau penyampaian tujuan pembelajaran, yang dapat memengaruhi kesiapan siswa.
keunikan dari video :
1. Pembelajaran di Luar Kelas: Menggunakan lingkungan luar sebagai ruang belajar, memberikan pengalaman berbeda bagi siswa.
2. Penilaian Teman Sebaya: Siswa diajak mengamati dan menilai praktik teman, melatih keterampilan evaluasi dan empati.
Saran :
1. Struktur Pembelajaran: Menambahkan ice breaking, doa pembuka, absensi, dan penyampaian tujuan pembelajaran untuk meningkatkan kesiapan dan pemahaman siswa.
2. Refleksi dan Umpan Balik: Mengajak siswa merefleksikan pembelajaran dan memberikan umpan balik untuk memperkuat pemahaman.
3. Integrasi Teknologi: Menggunakan media digital untuk memperkaya materi dan meningkatkan keterlibatan siswa.
Itulah analisa dari saya, Terimakasih.