Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
nama : Swanni Zandroto
UPBBJ : Medan
Salut : Idanogawo
ijin menanggapi, setelah saya menonton video tersebut hal ada beberapa hal yang dapat saya sebagai perhatian yaitu :
1. sebagai seorang guru SD harusnya memiliki jiwa yang ceria , dengan memiliki ekspresi yang ceria dapat membuat siswa tertarik dan semangat dalam belajar.
2. Menarik dan Menyenangkan
Pembelajaran di luar kelas dengan menggunakan media bakiak membuat aktivitas membaca terasa lebih menyenangkan. Siswa tidak hanya duduk diam, tetapi aktif bergerak sambil tetap fokus memahami isi teks.
3. Meningkatkan Kerja Sama dan Konsentrasi
Penggunaan bakiak yang mengharuskan kerja tim mendorong siswa untuk bekerja sama dan tetap berkonsentrasi, baik saat bergerak maupun saat membaca dan menjawab pertanyaan dari teks.
4. Kontekstual dan Bermakna
Dengan mengaitkan aktivitas fisik seperti bakiak dengan isi teks yang dibaca, siswa dapat lebih mudah mengaitkan informasi yang diperoleh dengan pengalaman nyata, sehingga pemahaman menjadi lebih dalam.
5. Melatih Kemampuan Multitasking
Model ini secara tidak langsung melatih siswa untuk tetap fokus dalam kondisi yang menantang. Mereka harus membaca, memahami informasi, dan berkoordinasi dalam kelompok secara bersamaan.
6. Meningkatkan Antusiasme dan Partisipasi Aktif
Karena aktivitasnya unik dan berbeda dari biasanya, siswa cenderung lebih antusias dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, terutama siswa yang biasanya pasif dalam kegiatan membaca di kelas.
Nama: Ariya Annisa Izzati Rahma
NIM: 857030652
POKJAR : Sidomulyo
JUDUL: membaca untuk mendapatkan informasi
Setelah saya meliht video tersebut, dapat saya simpulkan beberapa hal, yaitu:
1. Kelebihan
a. Konten Informatif: Video ini memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami mengenai topik yang dibahas.
b.Visual Menarik: Penggunaan grafik dan animasi yang mendukung penjelasan membuat materi lebih mudah dicerna.
2. Kekurangan
-Kurangnya Interaksi dengan siswa: Video ini kurang melibatkan siswa melalui pertanyaan atau ajakan untuk berdiskusi, yang dapat meningkatkan keterlibatan.
-tidak didahului dengan berdoa,absensi siswa
3. Saran
a. Memperpendek Durasi: Memotong bagian-bagian yang kurang penting dapat membuat video lebih padat dan menarik.
b. Menambahkan Segmen Tanya Jawab: Menyertakan sesi tanya jawab atau diskusi dapat meningkatkan interaksi dengan penonton.
Nama: lisa marthiana waruwu
Nim : 859883558
Judul . Mengenal materi membaca untuk mendapatkan informasi.
Disini saya sudah menonton video gpo.
Yang berjudul diatas
Disini saya sudah melihat apa kekurangan pada video tersebut adalah disaat awal masuk tidak ada sapaan atau pun berdoa
Langsung masuk ketopik pembahasan saja
Bagusnya pada awal masuk itu harus ada yang namanya salam dan berdoa dan mengabsen siswa..
Jadi kesimpulannya kita sebagai guru wajib memperhatikan apa yang menjadi perhatian siswa agar mereka bisa berbuat dengan baik sebagaimana kita membuatnya juga
Nama: Nelsa hedchi
Nim 857030029
Prodi : PGSD
Berdasarkan video diatas
Kelebihan : Pembelajaran interaktif, kontekstual dan sudah disampaikan Tujuan Pembelajaran
Kekurangan : Perlu apersepsi di awal pembelajaran, kegiatan membaca tidak tergambar, penguatan atau kesimpulan diakhir pembelajaran, teacher oriented
Saran dan masukan :
1. Gunakan media lain agar lebih menarik dalam menyampaikan materi
2. Ciptakan suasana santai dan menyenangkan di kelas dengan melakukan permainan antara siswa
3. Penampilan guru ramah di depan siswa
4. Aktivitas siswa dalam pembelajaran belum relevan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Nama: Desliana sitorus
Pokjar : Asahan
Nim : 878369085
Setelah saya melihat dan mengamati apa yang ada didalam vidio tersebut, terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan menurut saya,
Diantara nya:
Kelebihan :
1.Guru mengajak siswa nya membaca/literasi terlebih dahulu sebelum melaksanakan pembelajaran di luar kelas
2. Siswa menjadi senang karena belajar di luar kelas
3. Membantu siswa dalam mencari informasi dari bacaan yaitu dengan cara mengamati secara langsung dengan melakukan praktik anak menjadi mengetahui hal yang baru
4.guru membimbing siswanya untuk menilai temen sekelasnya
5. Siswa menjadi memiliki teman kelompok dan dapat menilai kelompok lain
Kelemahannya:
1. Guru tidak mengucapkan salam
2. Guru tidak mengajak siswa nya berdoa
3.guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
4.guru tidak menanyakan kabar siswanya
5. Mungkin sebagian siswa ketika belajar di luar kelas,menjadi gaduh yang akan berujung belajarnya menjadi tidak efektif.
Nama : Nuriza Hani
Nim : 859882864
Prodi : PGSD-S1
Menurut Saya, Pembuka Pelajarannya Kurang berkreasi, apalagi tidak di dahului dengan Berdoa terlebih dahulu jadi terlalu Monoton sehingga Tidak ada Basa Basi yang menarik atau tidak ada Ice breaking.
Kelebihan Dari video pembelajaran ini adalah guru mampu memberikan contoh yang Nyata (Bakiak) sehingga Siswa tidak berkhayal tentang bentuk bakiak tersebut.Cara guru juga mengajak siswa bermain sambil belajar membuat pelajaran menjadi lebih menyenangkan, dan juga siswa dapat memahami konsep dengan cara yang lebih praktis.
Untuk merubah dan meningkatkan kualitas cara belajar dan mengajar agar lebih baik menurut saya adalah , menciptakan suasana belajar yang positif dimulai dari berdoa terlebih dahulu.
Nama : Dwi Safitri
NIM : 858706218
UPBJJ : UT Surabaya
Pokjar : Bangkalan
Ijin menanggapi video pembelajaran yang berjudul “Membaca untuk mendapatkan Informasi”
Kelebihan dalam video pembelajaran yang dilakukan :
– Menggunakan alat/media pembelajaran yang nyata. dalam proses pembelajaran tersebut,guru menggunakan suatu objek permainan tradisional yaitu Bakiak. dalam hal tersebut siswa dapat melihat secara langsung (nyata) tentang benda tersebut dan juga siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan mainan tradisional tersebut.
– Pembelajaran yang Inovatif. pada saat guru mengajak siswa bermain sambil belajar menggunakan mainan tradisional tersebut, guru secara tidak langsung membuat suasana pembelajaran tidak jenuh dan membuat siswa bersemangat karena pembelajaran tidak monoton didalam kelas sehingga siswa menjadi tidak jenuh dan menjadi penuh semangat.
– Menyampaikan tujuan pembelajaran. dalam video tersebut guru menyampaika tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh siswa. Tujuannya yaitu siswa diajak untuk melakukan literasi terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi mengenai alat/media pembelajaran yang akan digunakan selama pelajaran berlangsung.
Kekurangan dalam video pembelajaran yang dilakukan :
– Guru tidak mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai dan mengakhiri pelajaran.
– Guru tidak melakukan Apersepsi untuk sedikit mengingat kembali pelajaran yang sebelumnya
– Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
Hal unik yang saya temukan pada video pembelajaran diatas yaitu guru memiliki alat permainan tradisional yang dapat dimainkan dan dipraktikkan secara langsung oleh siswa dengan cara berkelompok yang dapat menilai kekompakan siswa dalam memainkan permainan tradisional tersebut. guru juga melakukan lomba untuk dapat melihat ketangkasan serta kerjasama siswa. siswa juga menjadi leih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran.
Nama : Serulestari Waruwu
Nim : 859884732
Kelas : D
Menurut pendapat saya setelah Mengamati isi video di GPO ini
Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi dari suatu yang di tulis, karena semakin banyak yang dibaca, maka semakin banyak pula informasi yang kita peroleh.
Jadi ada beberapa yang menjadi kelemahan dari guru tersebut, pertama guru tidak mengajak siswa berdoa,serta bernyanyi sebelum proses belajar,guru juga tidak mengecek kehadiran siswa nya,
Ada pun juga yang menjadi kelebihan nya sebelum guru mengajak siswa keluar untuk belajar di luar,guru terlebih dahulu menyuruh siswa membaca informasi di buku setelah selesai siswa membaca informasi tersebut yang akan di praktekkan di luar yaitu bakiak, otomatis siswa juga sangat senang dan bahagia karena belajar di luar dan mempraktekkan materi bakiak secara langsung.Siswa juga dapat merasakan tekstur kayu, bau kayu, dan merasakan proses pembuatan secara lebih langsung dan mendalam. Ini meningkatkan pemahaman dan ingatan mereka.
yang menjadi kesimpulan dari mata pelajaran “membaca untuk mendapatkan informasi” materi bakiak ini yaitu di ajarkan ke pada siswa materi bakiak ini bukan sekedar menjelaskan suatu materi saja tapi guru juga mengajak siswa belajar di luar sehingga siswa langsung mempraktekkan nya tanpa penasaran dan Siwa juga tidak cepat bosan dan merasa sangat bahagia dan ketawa lepas dan sangat semangat juga dan karena mendapat informasi lebih dari materi yang di ajarkan guru
Demikian pendapat saya
Pertama buat nama Nim
Komen kelemahan kelebihan video
Nama : Ardelia Khansa Rofifah
NIM : 857133961
Kelas : A
Semester : VIII (Delapan)
A. Pada video yang telah saya tonton didapati bahwa siswa sudah memfokuskan perhatiannya pada guru seperti mendengarkan dan merespon dan siswa merasa tertarik dengan materi pembelajaran.
B. Permasalahan yang didapati pada guru adalah guru tidak memberikan kesempatan pada siswa/i untuk menyampaikan informasi yang ia ketahui (siswa menjawab tau tentang permainan bakiak, seharusnya guru mengizinkan siswi tersebut untuk menyampaikan informasi yang ia ketahui tentang permainan bakiak), guru hanya berceramah, guru tidak menjelaskan inti dari materi pembelajaran (permainan bakiak) dengan jelas hanya menunjukkan bendanya dan kegiatan pembelajaran terasa membosankan dan sulit dipahami oleh siswa/i.
C. Guru memaparkan tujuan pembelajaran namun ia menghilangkan apersepsi pada kegiatan awal pembelajaran, guru mengubah metode ceramah dengan model pembelajaran berbasis permainan sehingga kegiatan pembelajaran terasa bermakna dan menyenangkan. Pembelajaran pun tidak berpusat pada guru, siswa/i diperintahkan untuk membaca guna mendapatkan informasi tentang permainan bakiak sehingga guru berperan sebagai fasilitator.
D. Tujuan kegiatan membaca dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan informasi tetapi juga untuk mengembangkan berbagai keterampilan yang mendukung proses belajar secara keseluruhan adapun tujuan kegiatan pembelajaran yang divariasikan dengan permainan adalah a) siswa dapat melihat dan merasakan langsung proses penjumlahan dan pengurangan, yang membantu mereka memahami konsep tersebut dengan lebih baik, b) pembelajaran yang menyenangkan melalui permainan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar matematika, sehingga mereka lebih aktif berpartisipasi dalam proses belajar, dan c) melalui permainan kelompok, siswa juga dapat belajar bekerja sama dan berkomunikasi dengan teman-teman mereka.
E. Kelebihan kegiatan membaca:
1. Membaca membantu siswa untuk memperoleh informasi dan pengetahuan baru.
2. Kegiatan membaca dapat meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, termasuk kosakata, tata bahasa, dan kemampuan menulis.
3. Membaca memerlukan konsentrasi yang tinggi, sehingga dapat membantu siswa untuk melatih kemampuan fokus mereka.
F. Kelemahan kegiatan membaca:
1. Salah satu tantangan utama dalam kegiatan membaca adalah rendahnya minat baca di kalangan siswa.
2. Beberapa siswa mungkin mengalami kesulitan dalam memahami teks yang dibaca, terutama jika teks tersebut mengandung kosakata yang sulit atau konsep yang kompleks.
3. Dalam konteks pembelajaran yang padat, siswa mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk membaca secara mendalam.