Similar Posts
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Nama: Nurul Ayunda
Nim: 859875543
Pokjar: Tebing Tinggi
UBPJJ: Medan
Setelah melihat video diatas “Membaca untuk mendapatkan informasi” banyak hal yang dapat dilakukan seorang guru untuk membuat pembelajaran dikelas lebih menyenangkan, tidak harus monoton dengan buku. Memang, jika ingin mendapat informasi harus rajin rajin membaca. Tetapi sebagai seorang guru juga harus mencari ide ide baru untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan asik sehingga apa yang sudah didapatkan dari membaca bisa langsung dapat dilihat realita nya pada kehidupan. Seperti hal nya permainan yang ditampilkan yaitu bakiak, siswa pastinya sudah membaca dan mendapatkan informasi dari apa yang telah mereka baca, contohnya jika tidak sama gerakan kaki dengan teman sekelompoknya maka mereka akan terjatuh. Dan hal tersebut dapat dilihat langsung pada realita saat mereka mempraktikkan bermain bakiak, bahwa jika mereka tidak sama gerakan kaki maka akan terjatuh. Jadi apa yang telah mereka baca ternyata benar dan nyata. Selain itu, pendapatan informasi pada pembelajaran tersebut terlihat lebih menyenangkan, karena semua siswa terlibat aktif dalam permainan, hal ini dapat dicontoh oleh rekan rekan guru lain untuk selalu memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa. Jika guru memberikan pembelajaran dengan kreatif dan menyenangkan pastinya siswa akan lebih mudah menyerap informasi yang diberikan dan didapatkan oleh mereka.
Izin menanggapi video diatas
Nama : Atika Asianida Tanjung
Nim : 856026825
Pokjar : Salut Zauhari Labura
Menurut saya terdapat kelebihan dalam proses pembelajaran tersebut yaitu: guru menciptakan pembelejaran yang inovatif dan kreatif dengan cara mengajak siswa belajar di luar ruang kelas dan mengenalkan kepada siswa tentang permainan tradisional. Adapun kelemahan yang terdapat dalam proses pembelelajaran tersebut adalah guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan.
Nama : Novita Dwi Cahyani
Nim : 860104249
Ijin menanggapi tentang video pembelajaran di atas
Setelah melihat dan mengamati tentang video pembelajaran tersebut. Guru memberikan materi dengan tema membaca menggunakan alat peraga yaitu bakiak. Guru memberikan pertanyaan pemantik kepada siswa dan siswa dapat menjawab dengan baik.
Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi terlebih dahulu, lalu guru memanfaatkan lingkungan sekolah untuk pembelajaran diluar kelas. Hal ini membuat siswa antusias mengikuti pelajaran.
Dalam pembelajaran ini guru tidak hanya memberikan materi melalui ceramah namun dengan praktek langsung tentang cara menggunakan alat peraga tersebut. Disini siswa dapat melihat langsung kegunaan alat peraga setelah siswa selesai membaca, sehingga tujuan untuk mendapatkan informasi dari hasil bacaan tercapai.
Nama: Yaman efori zai
Nim: 859876126
Dari vidio tersebut dapat kita ketahui bahwa skil dan variasi untuk mengajari siswa itu sangat lah penting karna kata bosan tak pernah lepas dari dlm diri siswa oleh karena itu guru harus bisa menemukan cara dengan menggunakan berbagai cara
Seperti di vidio tersebut guru langsung menggunakan media nyata dalam proses belajar sehingga siswa dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari baik dari bacaan maupun dalam bentuk peragaan
NAMA : STEPHIE CAHAYA ASTRIWAN
NIM : 856085646
PRODI : S1 PGSD SEMSTER 6
UPBJJ : BATAM
Kelemahan Pembelajaran Dalam Video
a. Guru tidak ada menyampaikan apersepsi ( awal kegiatan)
b. Kegiatan awal dan inti ada hanya sedikit di sampaikan dan kurang runtut
c. Guru tidak memberikan gambaran di awal pembelajaran
Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
a. Guru menyampaikan materi dengan kata-kata yang lengkap dan mudah di pahami siswa
b. Guru membawa alat peraga yang konkret sesuai dengan materi yg di ajarkan
c. Guru mengajak keluar kelas agar dapat memberi rasa senang karena tidak monoton kelas
d. Guru memberikan peluang yang sangat banyak untuk ke aktifan murid dalam menyampaikan pendapat
Hal Unik Yang Terdapat Pada Video Pembelajaran
a. Guru membuat siswa lebih aktif dengan cara membaca dan menyimak setiap wacana yang di baca siswa sehingga memberikan pemahaman yang sangat baik untuk siswa dalam merespon atau menyikapi setiap masalah yang ada di wacana
b. Dengan memberi ruang lebih banyak untuk siswa merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat menunjang untuk siswa dalam kegiatan belajar
c. Memberikan reward berupa tepuk tangan jg akan membangkitkan semangat siswa dalam pembelajaran
NURUL HASANAH
NIM : 855860915
POKJAR : ASAHAN
Kelebihan Video Pembelajaran Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
Video ini kemungkinan besar secara efektif menyajikan strategi yang dapat membantu siswa dalam memahami teks dan mengekstrak informasi yang relevan. Kelebihannya mungkin terletak pada penyampaian teknik-teknik membaca pemahaman yang praktis dan mudah diterapkan, seperti scanning untuk mencari informasi spesifik, skimming untuk mendapatkan gambaran umum, atau mengidentifikasi kata kunci dan kalimat utama. Selain itu, video ini kemungkinan memberikan contoh-contoh konkret bagaimana strategi tersebut dapat diaplikasikan pada berbagai jenis teks, sehingga siswa dapat memahami kegunaannya dalam konteks yang berbeda. Visualisasi atau ilustrasi dalam video juga dapat menjadi nilai tambah untuk memperjelas konsep dan membuat materi lebih menarik bagi siswa.
Kekurangan Video Pembelajaran Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
Salah satu kekurangan yang mungkin ada adalah kurangnya penekanan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa saat membaca untuk mendapatkan informasi. Video mungkin terlalu fokus pada teknik ekstraksi informasi literal tanpa mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, atau mensintesis informasi yang mereka peroleh. Selain itu, video ini mungkin tidak secara mendalam membahas bagaimana mengatasi tantangan yang dihadapi siswa dengan tingkat pemahaman membaca yang berbeda. Kurangnya variasi dalam contoh teks yang digunakan atau tidak adanya panduan tentang cara mengaplikasikan strategi dalam konteks pembelajaran yang berbeda juga dapat menjadi keterbatasan video ini.
Solusi untuk Meningkatkan Video Pembelajaran Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
Untuk meningkatkan efektivitas video ini, beberapa solusi dapat dipertimbangkan. Pertama, video perlu mengintegrasikan elemen-elemen yang mendorong pemikiran kritis, seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang pemahaman tingkat tinggi (misalnya, menganalisis hubungan sebab-akibat, membandingkan perspektif, atau mengevaluasi keakuratan informasi). Kedua, video sebaiknya menyajikan strategi diferensiasi untuk membantu siswa dengan berbagai tingkat kemampuan membaca, termasuk memberikan scaffolding untuk siswa yang kesulitan dan tantangan yang lebih kompleks untuk siswa yang lebih mahir. Terakhir, video akan lebih bermanfaat jika menyertakan contoh penerapan strategi membaca untuk mendapatkan informasi dalam berbagai mata pelajaran dan konteks pembelajaran yang lebih luas, sehingga siswa dapat melihat relevansi dan aplikasi praktisnya.
Assalamualaikum
Nama : Masrifatul Ulfah
Nim : 856345918
UPBJJ : UT Pangkalpinag
Mohon izin menanggapi vidio pembelajaran ” Membaca untuk Mendapatkan Informasi”
Kelebihan dari vidio tersebut, terletak pada penguasaan guru dalam proses pembelajaran, yang dimana guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yang dimana anak diberikan kesempatan untuk membaca atau menggali informasi secara mandiri dan guru menjelaskan informasi tentang bakiak dengan cara yang menarik sehingga anak mudah untuk menerima dan menangkap informasi dengan jelas, dalam vidio juga terlihat guru menggunakan alat / media pembelajaran yang nyata yaitu “Bakiak” sehingga anak dapat mempraktekkan langsung secara berkelompok sehingga juga melatih kekompakan dan kerjasama anak, dan memahami cara kerja permainan tradisional tersebut, guru dapat membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dengan cara mengajak anak untuk belajar di luar kelas sehingga membuat anak tidak bosan dan pembelajaran tidak monoton.
Kekurangan dari vidio diatas, adalah langkah – langkah dalam pembelajaran kurang dari mulai berdoa, Apersepsi terhadap anak, dan tidak secara mendalam membahas bagaimana mengatasi tantangan yang dihadapi anak dengan tingkat pemahaman yang berbeda, kurangnya pembahasan informasi yang telah di bacakan anak, kurangnya contoh penerapan strategi membaca untuk mendapatkan dan menggali informasi secara jelas, kurangnya kesempatan pada anak unutuk mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang kritis, yang dimana hal itu dapat dibahas sehingga anak mendapatkan informasi yag lebih, seharusnya guru juga memberikan informasi dari berbagai sumber.
Nama : Citra Wati Ningsih
Nim : 859539311
Upbbj : Bandar lampung
Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu siswa tersebut merasa senang dengan inovasi baru dalam belajar yaitu dengan melakukan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas. Sehingga siswa merasa ada suasana belajar baru yang lebih menyenangkan.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Tidak melakukan ice breaking untuk memantapkan memulai pembelajaran
2. Tidak melakukan doa sebelum belajar
3. Tidak adanya absensi
4. Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus di capai siswa
5.tidak ada informasi dari guru sebelum meragakan alat 9eraga tersebut
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Menemukan inovasi baru dalam belajar sehingga tidak terkesan membosankan
2. Mengajak siswa berinteraksi tanya jawab dalam kelas
3. Melakukan literasi
4. Membantu siswa menemui informasi dalam bacaan
5. Membimbing siswa untuk mengamati dan menilai siswa yang lain dalam melakukan praktik
6. Menggunakan alat peraga dalam pembelajaran
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
Guru tersebut mengajak anak belajar di luar kelas sehingaga anak anak dapat menambah informasi baru dan guru memberikan contoh bagaimana cara menggunakan alat peraga yang beliau bawa, sehingga memancing siswa untuk mengikuti bagaimana penggunakan alat peraga tersebut yang belum di ketahui siswa sebelumnya.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu bagaimana guru tersebut dapat melakukan kegiatan awal pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif dalam menarik perhatian siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Tahap pembelajaran dari awal sampai akhir harus tersusun rapi sesuai dengan RPP dan tujuan pembelajaran terhadap materi yang akan diajarkan. Dapat dengan mengunakan berbagai macam metode pembelajaran yang saat ini sudah banyak sekali , sehingga mengurangi kejenuhan siswa dalam belajar.
Saya yuli Anjani 859873786 mahasiswa semester 6 universitas terbuka.
Menurut saya guru dalam video ini menunjukkan cara mengajar yang sangat efektif dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan. Pendekatannya yang komunikatif dan interaktif membuat siswa lebih mudah memahami materi dan aktif berpartisipasi. Selain itu, guru juga tampak menguasai materi dengan baik dan mampu menyampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga sesuai dengan kemampuan siswa. Metode pengajaran yang variatif dan perhatian pada kebutuhan siswa sangat terlihat, sehingga proses belajar menjadi lebih bermakna dan menarik
saya yuli Anjani (859873786) mahasiswa semester 6 universitas terbuka
Menurut saya guru dalam video ini menunjukkan cara mengajar yang sangat efektif dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan. Pendekatannya yang komunikatif dan interaktif membuat siswa lebih mudah memahami materi dan aktif berpartisipasi. Selain itu, guru juga tampak menguasai materi dengan baik dan mampu menyampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga sesuai dengan kemampuan siswa. Metode pengajaran yang variatif dan perhatian pada kebutuhan siswa sangat terlihat, sehingga proses belajar menjadi lebih bermakna dan menarik.