Similar Posts
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yang terhormat Ibu Fadilah Nur Sugiyanto danRekan-rekan mahasiswa
izin menanggapi diskusi sesi 1 ini
Nama : Tyas Subekti
NIM : 857876002
UPBJJ : Surakarta
Diskusi sesi 1 ini adalah memberikan hasil analisis kita terhadap salah satu video yang ada di portal http://www.gurupintar.ut.ac.id
Hasil analisis saya adalah sebagai berikut :
* Judul Video : Membaca Untuk Mendapatkan Informasi
* Link : https://gurupintar.ut.ac.id/membaca-untuk-mendapatkan-informasi/
* Ringkasan video : Pembelajaran menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga yaitu bakiak yang dipraktekkan di luar kelas. Serta buku modul yang dibaca di dalam kelas. Sebuah variasi dalam belajar untuk menghilangkan kebosanan.
* Kelemahan pembelajaran dalam video :
1. Kelemahan dari guru
– Guru tidak memberikan motivasi
– Guru tidak memberikan tugas rumah / PR
– Guru tidak memberikan evaluasi
2. Kelemahan dari siswa
– Siswa hanya bertanya mengenai pembelajaran yang berkaitan dengan bakiak sedangkan dalam video siswa diperintahkan untuk membaca dan tidak bertanya apa isi bacaan yang dibaca
* Kelebihan pembelajaran dalam video :
1. Kelebihan dari guru
– Guru telah memberikan variasi belajar baru untuk menghilangkan rasa kebosanan siswa dengan belajar di luar kelas
– Guru menggunakan alat peraga agar materi pembelajaran mudah dipahami
– Guru telah memberikan umpan balik / tanya -jawab
– Guru menyamapaikan tujuan dalam pembelajaran bahasa indonsia
2. Kelebihan dari siswa
– Siswa menhajukan pertanyaan atau siswa aktif
– Siswa melaksanakan perintah guru untuk membaca
– Siswa mengerjakan tugas untuk menjawab soal dibuku yang dijawab
– Siswa menjawab pertanyaan guru dengan baik
* Hal unik dalam pembelajaran video tersebut adalah dengan menggunakan alat peraga berupa bakiak. Dimana bakiak sekarang jarang dijumpai karena termasuk dalam permainan tradisional.
Demikian dari saya
Terima kasih
Kelebihan Video Pembelajaran Membaca untuk Mendapatkan Informasi
1. Penyampaian Strategi Membaca yang Efektif
Video ini kemungkinan menyajikan teknik membaca seperti skimming, scanning, serta identifikasi kata kunci dan kalimat utama secara praktis dan mudah diterapkan oleh siswa.
2. Penggunaan Contoh Konkret
Disertai contoh nyata penerapan strategi membaca dalam berbagai jenis teks, sehingga siswa bisa memahami cara kerja strategi dalam konteks yang berbeda.
3. Visualisasi yang Memperjelas Konsep
Elemen visual atau ilustrasi yang menarik dapat memperjelas konsep serta meningkatkan daya tarik dan keterlibatan siswa selama pembelajaran.
Kekurangan Video Pembelajaran Membaca untuk Mendapatkan Informasi
1. Kurangnya Fokus pada Keterampilan Berpikir Kritis
Video cenderung menekankan teknik memperoleh informasi secara literal tanpa mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, atau mensintesis informasi.
2. Tidak Mengakomodasi Perbedaan Tingkat Kemampuan Membaca
Video mungkin belum memberikan pendekatan yang sesuai bagi siswa dengan tingkat kemampuan membaca yang berbeda, sehingga siswa yang kesulitan bisa tertinggal.
3. Keterbatasan dalam Variasi dan Konteks Teks
Contoh teks yang digunakan mungkin belum cukup bervariasi atau kontekstual, sehingga aplikasi strategi membaca dalam mata pelajaran lain menjadi kurang terlihat.
Solusi untuk Meningkatkan Video Pembelajaran Membaca
1. Integrasi Elemen Pemikiran Kritis
Tambahkan pertanyaan analitis, evaluatif, dan reflektif untuk mendorong siswa berpikir lebih dalam tentang informasi yang diperoleh.
2. Diferensiasi Strategi Pembelajaran
Sajikan variasi pendekatan membaca sesuai tingkat kemampuan siswa, misalnya dengan scaffolding untuk pemula dan tugas analitis untuk siswa mahir.
3. Perluasan Konteks Pembelajaran
Libatkan contoh strategi membaca dari berbagai mata pelajaran seperti IPS, IPA, dan Bahasa Indonesia, agar siswa memahami aplikasinya secara lebih luas dan relevan.
Nama : Nur Hotimah
Nim : 859774592
Izin menanggapi video pembelajaran ” Membaca untuk mendapatkan Informasi” menurut saya, proses pembelajaran yang terdapat pada video tersebut memiliki beberapa kekurangan yaitu :
• guru tidak mengajak siswa untuk berdo’a sebelum memulai dan mengakhiri pembelajaran.
• Guru tidak melakukan apersepsi
• Guru tidak mengecek kehadiran siswa
Nama : Anna Riana Sipayung
NIM : 856086426
UPBJJ- UT Batam
Izin menangapi video diatas,
Menurut apa yang dilakukan guru dalam melakukan pembelajaran sudah benar yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang kongkrit dan dapat mendemonstrasikannya dengan baik sehingga peserta didik antusias dalam melakukan pembelajaran serta aktive bertanya walau ada beberapa dari peserta didik yang masih pasif. Usul saya hendaknya diawal pembelajaran guru melakukan apersepsi seperti bernyanyi atau bertepuk tangan dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Demikian tanggapan saya, terima kasih.
Nama : Anggi Annisa BatuBara
Nim : 856049009
Pokjar : Tebing Tinggi
UPPJB UT : Medan
Prodi : PGSD S-1
Semester : 8
Berdasarkan Video yang saya amati “yaitu Membaca Untuk Mendapatkan Informasi” Kelebihan dari Video Pembelajaran ini kemungkinan besar secara efektif menyajikan strategi yang dapat membantu siswa dalam memahami teks dan mengekstrak informasi yang relevan. Kelebihannya mungkin terletak pada penyampaian teknik-teknik membaca pemahaman yang praktis dan mudah diterapkan, seperti scanning untuk mencari informasi spesifik, skimming untuk mendapatkan gambaran umum, atau mengidentifikasi kata kunci dan kalimat utama. Selain itu, video ini kemungkinan memberikan contoh-contoh konkret bagaimana strategi tersebut dapat diaplikasikan pada berbagai jenis teks, sehingga siswa dapat memahami kegunaannya dalam konteks yang berbeda. Visualisasi atau ilustrasi dalam video juga dapat menjadi nilai tambah untuk memperjelas konsep dan membuat materi lebih menarik bagi siswa.
Pembelajaran yang Inovatif. pada saat guru mengajak siswa bermain sambil belajar menggunakan mainan tradisional tersebut, guru secara tidak langsung membuat suasana pembelajaran tidak jenuh dan membuat siswa bersemangat karena pembelajaran tidak monoton didalam kelas sehingga siswa menjadi tidak jenuh dan menjadi penuh semangat.
Menyampaikan tujuan pembelajaran. dalam video tersebut guru menyampaika tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh siswa. Tujuannya yaitu siswa diajak untuk melakukan literasi terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi mengenai alat/media pembelajaran yang akan digunakan selama pelajaran berlangsung.
Kekurangan dalam Video Tersebut adalah :
– Guru tidak mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai dan mengakhiri pelajaran.
– Guru tidak melakukan Apersepsi untuk sedikit mengingat kembali pelajaran yang sebelumnya
Solusi untuk Meningkatkan Video Pembelajaran Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
Untuk meningkatkan efektivitas video ini, beberapa solusi dapat dipertimbangkan. Pertama, video perlu mengintegrasikan elemen-elemen yang mendorong pemikiran kritis, seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang pemahaman tingkat tinggi (misalnya, menganalisis hubungan sebab-akibat, membandingkan perspektif, atau mengevaluasi keakuratan informasi). Kedua, video sebaiknya menyajikan strategi diferensiasi untuk membantu siswa dengan berbagai tingkat kemampuan membaca, termasuk memberikan scaffolding untuk siswa yang kesulitan dan tantangan yang lebih kompleks untuk siswa yang lebih mahir. Terakhir, video akan lebih bermanfaat jika menyertakan contoh penerapan strategi membaca untuk mendapatkan informasi dalam berbagai mata pelajaran dan konteks pembelajaran yang lebih luas, sehingga siswa dapat melihat relevansi dan aplikasi praktisnya.
– Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
Kelebihan dalam video pembelajaran yang dilakukan :
– Guru menggunakan alat/media pembelajaran yang nyata. dalam proses pembelajaran tersebut, guru menggunakan suatu objek permainan tradisional yaitu Bakiak. Memudahkan peserta didik untuk memahami maksud dari pembelajaran tersebut.
– Guru melakukan pembelajaran yang Inovatif. pada saat guru mengajak siswa bermain sambil belajar, itu membuat siswa lebih bersemangat untuk belajar dan tidak bosan dengan materi yang di sampaikan guru.
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. dalam video tersebut guru telah menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan dengan jelas tujuan apa saja yang harus di capai oleh siswa Tujuannya yaitu siswa diajak untuk melakukan literasi terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi mengenai alat/media pembelajaran yang akan digunakan selama pelajaran berlangsung.
Kekurangan dalam video pembelajaran yang dilakukan :
– Guru tidak mengecek kehadiran siswa
– Guru tidak melakukan Apersepsi untuk sedikit mengingat kembali pelajaran yang sebelumnya
– Guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
Hal unik yang saya temukan pada video pembelajaran diatas yaitu guru memiliki media pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional bakiak yang di mainkan oleh siswa menjadikan pembelajaran sangat menyenangkan dan siswa tidak bosan dalam pembelajaran dan lebih mudah memahami apa yang di pelajari.
– Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya sebaiknya perlu mengintegrasikan elemen-elemen yang mendorong pemikiran kritis, seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang pemahaman tingkat tinggi (misalnya, menganalisis hubungan sebab-akibat, membandingkan perspektif, atau mengevaluasi keakuratan informasi). Kedua, video sebaiknya menyajikan strategi diferensiasi untuk membantu siswa dengan berbagai tingkat kemampuan membaca, termasuk memberikan scaffolding untuk siswa yang kesulitan dan tantangan yang lebih kompleks untuk siswa yang lebih mahir.
Nama : Taufiq Hadi Ginanjar
NIM : 877838118
Prodi : PGSD
UPBJJ : UT Bandung
Assalamualaikum, ijin memberikan tanggapan.
berdasarkan pengamatan yang saya lihat dari video tentang “Membaca untuk Mendapatkan Informasi”, video tersebut menampilkan proses pembelajaran yang bermakna kepada siswa dengan variasi cara dalam mengajar. Hal tersebut terlihat ketika ibu guru menentukan tema pembelajaran dengan menggunakan media alat bantu atau objek benda yang akan dibahas, serta melakukan pembelajaran praktik diluar kelas terhadap tema pembelajaran. Hal tersebut dapat menjadi cara jitu atau strategi yang baik demi mengurangi kejenuhan belajar yang di alami siswa baik dari lingkungan kelas yang kurang kondusif, materi pembelajaran yang kurang menarik serta penyampaian materi dari guru yang dinilai kurang menarik bagi siswa. Dengan melakukan variasi proses pembelajaran tersebut diharapkan siswa dapat lebih memahami materi, suasana belajar jadi lebih bervariasi dan tidan jenuh serta siswa mendapatkan pengalaman baru dalam proses pembelajaran yang bermakna.
Namun pada beberapa bagian terlihat ada beberapa kekurangan yang terdapat dalam proses pembelajaran tersebut, diantaranya :
– Kekurangan dalam langkah kegiatan pembelajaran, seperti melakukan doa bersama di awal pembelajaran, guru memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut
– Kurangnya penekanan terhadap proses membaca untuk mendapatkan informasi sesuai dengan judul video, seharusnya guru dapat memunculkan atau melakukan tanya jawab ataupun diskusi lebih mendalam tentang hasil proses membaca yang dilakukan siswa sebelum melakukan prakti di luar kelas
Adapun solusi yang baik dilakukan untuk melengkapi proses pembelajaran tersebut adalah dengan melakukan perencanaan ulang langkah kegiatan di dalam kelas yang sesuai dengan RPP atau Modul Ajar yang digunakan di sekolah tersebut sebagai acuan dasar dalam proses mengajar didalam kelas serta merancang ulang rangkaian tahapan-tahapan proses pembelajaran dikelas mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, hingga penutup pembelajaran agar dapat dilakukan secara bertahap.
Nama: Tuti Alawiyah
Nim: 857365761
Dalam tayangan pada video pembelajaran terlihat guru sedang menyampaikan infromasi mengenai wacana permainan lomba bakiaksebagai pengantar dalam kegiatan pembelajaran.penggunaan metode ceramah saja kurang memuaskan dalam menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Indonesia mengenai membaca wacana.Akan tetapi guru tersebut menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakannya agar peserta didik dapat mengetahui apa tujuan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukannya, lalu guru mengajak peserta didik untuk membentuk sebuah kelompok dan mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran di lingkungan halaman sekolah dan memeragakan cara bermain bakiak melalui percobaan langsung terhadap peserta didiknya sambil didampingi oleh guru
Nama : Siti Nur Alpiah
NIM : 857363331
UPBJJ : Bogor
ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN
Dari video pembelajaran ini, pada saat kegiatan pembelajaran sikap peserta didik sudah bagus dengan ikut berpartisipasi aktif bersama guru.
Kelemahan : guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti berdoa, ice breaking, mengecek kehadiran, apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
Kelebihan : pada saat pembelajaran guru menggunakan alat/media pembelajaran yang nyata/konkret dan guru mengajak peserta didik belajar sambil bermain menggunakan mainan tradisional sehingga pembelajaran menarik.
Hal unik : guru menggunakan mainan tradisional yang dapat dimainkan dan dipratekkan langsung oleh peserta didik.
Upaya peningkatan : guru melakukan kegiatan awal saat memulai pembelajaran seperti berdoa, ice breaking, mengecek kehadiran, apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
Putri Ayuni Syahri Ramdania
857365869
UPBJJ BOGOR
Dalam video pembelajran,guru menyampaikan informasi tentang lomba bakiak sebagai materi pembelajaran. Metode ceramah masih kurang efektif untuk materi wacana Bahasa Indonesia. Namun ,guru menyampaikan tujuan pembelajaran,mengajak peserta didik membentuk kelompok,dan melakukan kegiatan belajar di luar kelas dengan mempraktikkan cara bermain bakiak secara langsung.
4. kelemahan pembelajaran dalam Video :
a. Guru tidak melakukan berdoa dan mengecek absen peserta didik
b. Penjelasan materi kepada siswa mengenai topik yang sedang dipelajari kurang mendalam .
c. Tidak terlihat diskusi saat dibagi kelompok
d. Ekspresi wajah dan tubuh guru terlihat monoton dan kurang hidup.
5. Kelebihan Pembelajaran Video :
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Guru memilih dan menerapkan model pembelajaran berbasi kelompok,Dimana peserta didik akan bekerja sama dan berinteraksi dan menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah.
c. Lokasi pembelajaran di lingkungan sekitar sekolah.
6. hal unik yang terdapat dalam pembelajaran :
Keunikan dalam pembelajaran video ini terletak pada cara guru melaksanakan kegiatan belajar yang sedikit berbeda dari biasanya. Dalam video ini, guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas atau di lingkungan sekolah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga mereka menjadi lebih bersemangat dan tidak sabar menantikan kegiatan belajar berikutnya.
7. rencana pembelajaran yang akan dilakukan
Pertama, guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Kemudian, setiap kelompok akan diminta untuk mendiskusikan satu topik mengenai wacana yang sedang dipelajari. Setelah proses diskusi selesai, setiap kelompok akan diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan teman-teman sekelas. Tujuannya adalah agar hasil diskusi tersebut dapat ditanggapi dan diberikan masukan oleh siswa lain.