silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar, kemudian membagi kelas menjadi beberapa kelompok siswa, meminta masing-masing kelompok untuk mengamati objek yang diminati dan guru memberikan bimbingan mereka agar bisa membagi informasi dengan kelompok lain.
Rusdianto
Dalam tampilan video sesi awal materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Dalam tampilan tersebut guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga mengakibatkan siswa kelihatan tidak berminat terhadap pembelajaran, mengantuk, tidak semangat dan acuh tak acuh terhadap pembelajaran guru. Dalam sesi perbaikan materi pembelajarannya adalah mengukur, terlihat guru sudah membangun interaksi dengan siswa, tanya jawab, pemberian tugas, anak mencoba mengukur bidang yang ada di sekitar. Hanya kekurangannya adalah cara mengukur setelah menggunakan jaritangan, sebaiknya dilanjutkan dengan ukuran yang standar, misalnya menggunakan penggaris atau meteran.
Komentar secara Umum: Dalam tampilan video sesi lanjut terlihat bahwa suasana belajar ai dalam kelas tampak hidup siswa semangat mengikuti pembelajaran.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Masih tetap teacher center dan sudah mulai menggunakan kegiatan aplikatif yang berkaitan dengan tema materi.
- Sudah cukup sesuai untuk peserta didik.
- Sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Membangun suasana aktif interaksidan menyenangkan, Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru tersebut kurang interaktif banyak siswa yang terlihat lesu da nada juga yang terlalu aktif menjawab pertanyaan guru, sehingga suasana kurang kondusif. Menurut saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut ialah guru terlalu memaksa meminta perhatian supaya focus di pembelajaran dan juga memaksa siswa untuk menjawab latihan secara lisan.Siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang guru tersebut harapkan, meskipun suasana kelas kurang interaktif. Siswa lebih antusias dan semangat saat belajar berkelompok dan siswa lebih memahami pengukuran dengan menggunakan jengkal jari mereka sendiri. Guru berupaya meningkatkan keteramppilan dalam menciptakan suasana yang membangun, interaktif dan menyenangkan.
Nama : Virna Witha Utari
NIM : 859870655
UPBJJ – UT : 12 / Medan
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memberikan komentar untuk video diatas :
Setelah saya menonton video diatas, video tersebut berisikan masalah tentang cara bagaimana guru memberikan tindakan untuk menjaga suasana kelas agar bisa kondusif dan menjaga konsentrasi siswa untuk kelancaran pembelajaran. Nah cara yang harus dilakukan oleh guru adalah mengajak langsung siswa untuk belajar dengan contoh di video guru menyuruh siswa membuat kelompok-kelompok belajar dan menghitung benda-benda di sekitar kelas dengan menggunakan jengkalan tangan atau penggaris, Dengan cara itu merupakan menarik daya tarik konsentrasi siswa karena langsung meraba belajarnya atau merasakan langsung bukan hanya mendengarkan guru berbicara (ceramah) tentang materi ajar yang mevuat para siswa kemungkinan jenuh atau bisa menjadi mengantuk karena sudah tidak konsentrasi dengan apa yang di ceramah kan ileh guru ditambah lagi dengan kelas yang ribut. Jadi, sebagai guru kita harus kreatif memikirkan hal-hal untuk memarik perhatian atau konsentrasi siswa agar siswa paham dan sampai la tujuan pembelajaran dari materi yang diajarkan.
Sekian, Terima Kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nina Andriana
Nim 860242466
Setelah menyimak tayangan “Membangun Suasana Aktif, Interaktif, dan Menyenangkan”, saya mendapatkan banyak wawasan baru tentang bagaimana seharusnya proses pembelajaran berlangsung, khususnya di tingkat sekolah dasar. Dalam tayangan tersebut, saya melihat bahwa ketika guru mengajar tanpa memperhatikan keterlibatan siswa, suasana kelas menjadi pasif dan siswa tampak kurang tertarik dengan materi.
Saya merasa pendekatan yang ditampilkan dalam solusi tayangan ini sangat menarik dan inspiratif. Guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber informasi, tetapi lebih berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa untuk aktif mengeksplorasi objek nyata, berdiskusi dalam kelompok, dan saling berbagi informasi. Cara ini membuat pembelajaran menjadi lebih hidup, menyenangkan, dan bermakna.
Sebagai mahasiswa yang sedang belajar untuk menjadi pendidik, saya menyadari pentingnya menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dan menciptakan suasana belajar yang interaktif. Saya juga belajar bahwa kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan dunia anak-anak yang penuh dengan rasa ingin tahu, permainan, dan pengalaman langsung.
Melalui tayangan ini, saya termotivasi untuk kelak menerapkan strategi pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga membangun keterlibatan aktif siswa. Saya ingin menjadi guru yang mampu menciptakan kelas yang menyenangkan, di mana siswa merasa nyaman, aktif, dan semangat untuk belajar.
Menurut pendapat saya, untuk membangun suasana pembelajaran yang aktif, interaktif, dan menyenangkan, selain menggunakan metode pembelajaran yang menarik adalah dengan menggunakan Media pembelajaran yang lebih Kreatif dan menarik. Sehingga dapat menarik perhatian siswa dan dapat membangun suasana pembelajaran yang aktif interaktif dan menyenangkan.
Media pembelajaran yang menarik pun tidak lengkap jika tidak menggunakan metode pembelajaran yang menarik jugak sesuai kebutuhan siswa. Jika kedua nya terpenuhi, maka mudah untuk guru dalam membangun suasana pembelajaran yang aktif, interaktif dan menyenangkan
Menurut pendapat saya, video ini sangat bermanfaat karena menyajikan strategi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa masa kini, menekankan pentingnya komunikasi dua arah antara guru dan siswa, mendorong penggunaan metode mengajar yang bervariasi seperti permainan dan diskusi, serta mengingatkan bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar berbeda sehingga pendekatan fleksibel sangat diperlukan, di samping itu, contoh aktivitas yang diberikan sangat praktis untuk diterapkan baik secara luring maupun daring, dan video ini juga menegaskan pentingnya membangun suasana belajar yang menyenangkan, mendorong guru untuk terus belajar dan berinovasi, menyajikan visual serta penjelasan yang mudah dipahami, serta menggarisbawahi bahwa keaktifan siswa tumbuh dari rasa aman dan nyaman, dan bahwa pembelajaran yang bermakna tidak hanya tentang materi tetapi juga menciptakan pengalaman positif dan hubungan yang baik antara guru dan siswa.
Nama : Winda Dwi Ramadhanti
NIM : 858938935
UPBJJ – UT : Jember
menurut saya membangun suasana yang aktif, interaktif, dan menyenangkan di lingkungan belajar adalah kunci untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. suasana yang aktrif, interaktif, dan menyenangkan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, membuat mereka lebih terlibat, dan meningkatkan keingintahuan serta kreativitas mereka. penggunaan teknologi, kegiatan kolaboratif, pembelajaran berbasis proyek juga dapat membantu untuk membangun suasana belajar yang aktif. mereka akan lebih aktif untuk bertanya kepada teman/ gur apabila mereka terlibat dalam suatu proyek diskusi. untuk mempertahankan suasana belajar yang positif penting bagi guru untuk terus berinovasi dan mencari cara baru untuk melibatkan siswa. diskusi dan refleksi berkala tentang pengalaman belajar juga dapt membantu meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan. dengan demikian menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan menyenangkan tidak hanya meningkatkan kepuasan belajar siswa tetapi juga mempersiapkan mereka untuk tantangan di masa depan dengan cara menyenangkan dan bermakna.
Menurut saya, video tersebut menyoroti betapa pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang hidup, interaktif, dan menyenangkan demi meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam hal ini, guru dianjurkan untuk melakukan kegiatan apersepsi sebelum memulai topik baru sebagai upaya mengaitkan materi dengan pengetahuan siswa sebelumnya. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa sangat disarankan, termasuk mendorong kolaborasi melalui diskusi kelompok. Penggunaan media atau alat bantu pembelajaran yang tepat juga dianggap penting untuk membantu siswa memahami konsep yang diajarkan dengan lebih baik.
Menurut saya, video ini menyoroti betapa pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang hidup, interaktif, dan menyenangkan demi meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam hal ini, guru dianjurkan untuk melakukan kegiatan apersepsi sebelum memulai topik baru sebagai upaya mengaitkan materi dengan pengetahuan siswa sebelumnya. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa sangat disarankan, termasuk mendorong kolaborasi melalui diskusi kelompok. Penggunaan media atau alat bantu pembelajaran yang tepat juga dianggap penting untuk membantu siswa memahami konsep yang diajarkan dengan lebih baik.
Nama : Cece Aquarista sari
Nim : 857047054
Setelah saya menyimak tayangan di atas tentang membangun suasana pembelajaran yang aktif, interaktif, dan menyenangkan.
Menurut saya, selain memberikan contoh atau soal di papan tulis guru juga bisa menggunakan metode lain yang lebih kreatif sehingga dapat menarik perhatian siswa agar bisa membangun suasana belajar yang lebih aktif, interaktif, dan menyenangkan.
Selain itu juga dalam sesi pembelajaran yang lebih interaktif, guru mulai menggunakan metode seperti tanya jawab atau eksplorasi lingkungan sekitar, hal ini dapat membantu siswa lebih bersemangat dalam proses belajar.
Nama : Rania Salsabela
Nim : 858935764
UPBJJ : UT Jember
Setelah saya menyimak tayangan “Membangun Suasana Aktif, Interaktif, dan Menyenangkan”, kita mendapatkan wawasan penting tentang bagaimana proses pembelajaran di sekolah dasar seharusnya berlangsung. Tayangan ini menegaskan bahwa pembelajaran yang hanya berfokus pada guru sebagai sumber informasi menyebabkan suasana kelas menjadi pasif dan siswa kurang tertarik. Kita belajar bahwa guru idealnya berperan sebagai fasilitator yang mendorong siswa untuk aktif terlibat, misalnya dengan mengeksplorasi objek nyata, berdiskusi dalam kelompok, dan saling berbagi informasi. Pendekatan ini membuat pembelajaran lebih hidup, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa.