silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar, kemudian membagi kelas menjadi beberapa kelompok siswa, meminta masing-masing kelompok untuk mengamati objek yang diminati dan guru memberikan bimbingan mereka agar bisa membagi informasi dengan kelompok lain.
Rusdianto
Dalam tampilan video sesi awal materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Dalam tampilan tersebut guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga mengakibatkan siswa kelihatan tidak berminat terhadap pembelajaran, mengantuk, tidak semangat dan acuh tak acuh terhadap pembelajaran guru. Dalam sesi perbaikan materi pembelajarannya adalah mengukur, terlihat guru sudah membangun interaksi dengan siswa, tanya jawab, pemberian tugas, anak mencoba mengukur bidang yang ada di sekitar. Hanya kekurangannya adalah cara mengukur setelah menggunakan jaritangan, sebaiknya dilanjutkan dengan ukuran yang standar, misalnya menggunakan penggaris atau meteran.
Komentar secara Umum: Dalam tampilan video sesi lanjut terlihat bahwa suasana belajar ai dalam kelas tampak hidup siswa semangat mengikuti pembelajaran.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Masih tetap teacher center dan sudah mulai menggunakan kegiatan aplikatif yang berkaitan dengan tema materi.
- Sudah cukup sesuai untuk peserta didik.
- Sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama ; Nuranofi
Nim : 869179614
Dengan memperhatikan vidio diatas tentu nya para siswa akan merasa bosan atau ngantuk disaat proses belajar. disini kita sebagai guru harus ekstra kreatif, bagaimana caranya mereka mengalihkan pikiran dan menjadi semangat dan ceria lagi. sepengalaman saya sebagai guru, saya akan langsung kasih ice breaking setelah itu melanjutkan pelajaran, dan setelah beberapa menit saya akan membuat games sambil belajar. tentunya games itu berkaitan dengan pelajaran yang sedang berlangsung. dan pada akhirnya para siswa akan kembali semangat dan tidak ngantuk dan suasana kelas kembali ceriah lagi.
Nama : Syukurman Laoli
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Idanogawo
berdasarkan vidio ini, cara untuk membangun suasan interaktif dan menyenangkan memang sangat menarik jika kita menggunakan media pembelajaran yang ada disekitar kita seperti di vidio, menghitung ukurn meja dengan jengkal. hanya saja yang menjadi kelemahannya adalaha di vidio tersebut tidak adanya kegiatan pembuka, dan penutup pembelajaran, dimana kegiatan pembuka itu merupakan hal yang sangat penting dalam membangun suasana pembelajaran dimana diawali dengan sapa dan doa, sehingga perhatian siswa dapat fokus dalam memperhatikan pelajaran.
NAMA : FAJAR TAUFIQUR ROHMAN
NIM : 858936995
POKJAR : UMBULSARI
KELAS : 6A
Video ini sangat inspiratif karena menampilkan perubahan pendekatan guru dalam mengajar, dari yang awalnya pasif menjadi lebih aktif dan melibatkan siswa. Upaya guru mengajak siswa mengeksplorasi objek melalui kegiatan berhitung dasar serta kerja kelompok membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan partisipasi siswa, tetapi juga melatih kemampuan berpikir kritis dan kerja sama. Pendekatan ini sangat tepat untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Semoga semakin banyak guru yang menerapkan cara serupa di kelas mereka.
NAMA : FAJAR TAUFIQUR ROHMAN
NIM : 858936995
POKJAR : UMBULSARI
KELAS : 6A
Video ini sangat inspiratif karena menampilkan perubahan pendekatan guru dalam mengajar, dari yang awalnya pasif menjadi lebih aktif dan melibatkan siswa. Upaya guru mengajak siswa mengeksplorasi objek melalui kegiatan berhitung dasar serta kerja kelompok membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan partisipasi siswa, tetapi juga melatih kemampuan berpikir kritis dan kerja sama. Pendekatan ini sangat tepat untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Semoga semakin banyak guru yang menerapkan cara serupa di kelas mereka.
Dari vidio diatas tersebut, ada beberapa siswa ngantuk semntra guru menjelaskan pelajaran, oleh karena itu kita sebagai guru harus berusaha memberikan pengarahan kepada siswa itu..
Dan kita hrus melakukan ice breaking supya siswa tdk ngantuk didalam kelas.
Nama:maryam meeradji
Nim : 856325496
Setelah sy menonton vidio tersebut ada bebrapa siswa yg lagi ngantuk ketika bpk guru menjelaskan dipapan tulis, oleh karena itu kita sebagai guru yg profesional harus sabar menghadapi siswa seperti.. dan kita harus berusaha mengarahkan siswa itu tsb agar fokus dalam menerima pelajaran.
Nama : Aulia Isnanda
Nim : 857811996
Video ini sangat inspiratif dan menggambarkan dengan jelas bagaimana suasana pembelajaran di SD dapat dibangun menjadi lebih aktif, interaktif, dan menyenangkan. Guru terlihat mampu menciptakan lingkungan belajar yang membuat siswa terlibat secara penuh melalui berbagai metode yang variatif, seperti permainan edukatif, diskusi kelompok, dan penggunaan media pembelajaran yang menarik.
Pendekatan yang digunakan tidak hanya membangun antusiasme siswa, tetapi juga mendorong kolaborasi dan kreativitas. Hal ini sangat penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat belajar anak sejak dini. Selain itu, interaksi dua arah antara guru dan siswa dalam video ini mencerminkan pentingnya komunikasi yang terbuka dan saling menghargai di dalam kelas.
Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh praktik baik yang patut dicontoh oleh para pendidik dalam mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada siswa. Semoga lebih banyak video seperti ini yang dapat menginspirasi guru-guru di seluruh Indonesia.
Terimakasih