silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak.

Vera Maya Santi, M.Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep perkalian dengan alat peraga gambar ayam.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang perkalian sudah benar, yaitu bahwa perkalian adalah merupakan penjumlahan berulang tetapi belum dihubungkan dengan alat peraga yang ada.

Guru dalam memberikan contoh perkalian bilangan 3 x  1 = 1 + 1 + 1 = 3 dan 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6 tidak mengkaitkan dengan alat peraga. Alat peraga hanya dipajang di papan tulis dan tidak difungsikan bagaimana proses perkalian tersebut sehingga menjadi penjumlahan berulang.

Selanjutnya guru dalam menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan perkalian bilangan 4 x 3 = …. dengan peraga yang ada juga tidak dilakukan oleh siswa.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa diharapkan akan lebih mudah memahami konsep perkalian, namun belum nampak.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup sudah jelas, sudah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, Materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

229 Comments

  1. Nama : Wenia Elfinta
    NIM : 855743866
    UPBJJ : UT Bandar Lampung
    3. Kelemahan dalam Video Pembelajaran 1
    Kelemahan yang saya dapat dari video tersebut antara lain sebagai berikut:
    a. Tidak ada kegiatan doa sebelum pembelajaran
    b. Guru tidak memberi salam kepada siswa dan tidak menanyakan kabar siswa
    c. Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
    d. Guru tidak memberikan tugas kepada siswa.
    4. Kelebihan dalam Video Pembelajaran 1
    Kelebihan pembelajaran yang saya dapatkan dalam video tersebut antara lain sebagai berikut:
    a. Komunikasi antara guru dengan siswa sangat baik, sehingga siswa sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran.
    5. Hal Unik Yang Terdapat dalam Video Pembelajaran 1
    Hal unik yang saya temui dari video tersebut yaitu Guru menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet sehingga siswa tertarik untuk belajar.
    6. Rencana Pembelajaran yang Akan Dilakukan
    Rencana pembelajaran yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:
    a. Sebelum pembelajaran dimulai, guru sebaiknya mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
    b. Guru sebaiknya mengecek kehadiran siswa dan mengajak siswa untuk bernyanyi.
    c. Sebelum masuk pada materi inti, guru sebaiknya menjelaskan tujuan pembelajaran.
    d. Guru seharusnya memberi tugas sekolah maupun tugas rumah kepada siswa.

  2. NAMA : RUSMITA
    NIM : 858297726
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : TAPIN
    UPBJJ : BANJARMASIN

    Saya akan mencoba memberikan tanggapan pada video pembelajaran yang berjudul “Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah dikelas Rendah ”
    – Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
    Para siswa merasa antusias terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Mereka merasa nyaman dengan suasana belajar yang dibangun oleh guru. Selain itu para siswa pun dapat mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.
    – Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    Pada bagian pendahuluan, guru belum mengajak para siswa untuk berdoa. Guru juga tidak melakukan proses absensi, padahal absensi sangat penting untuk mengetahui siswa yang tidak hadir dan tertinggal pelajaran. Guru pun tidak memberikan tugas untuk siswa.
    – Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Guru dapat membawa suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa sehingga siswa interaktif dalam kegiatan pembelajaran.Selain itu, guru juga dapat menyampaikan materinya menggunakan alat peraga yang mudah untuk dipahami.
    – Hal unik yang dapat ditemukan dalam video pembelajaran.
    Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan alat peraga berupa gambar ayam dan telor sehingga membuat siswa lebih minat dalam pembelajaran matematika
    – Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya.
    Agar kualitas pembelajaran dalam video tersebut dapat meningkat, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa dan mencek kehadiran siswa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajar, Guru perlu memberikan sedikit waktu untuk siswa tanya jawab tentang materi yang di sampaikan.
    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran tersebut, menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.

  3. Nama : Rani Veronika Ritonga
    Nim : 859791653
    Upbjj : Medan
    Pokjar : labura

    Dari vidio diatas saya berpendapat bahwa video yang saya tonton diatas terdapat kelemahan dan juga kelebihannya.
    Untuk kelemahannya antara lain:
    1. Kurangnya pendekatan diawal, yang menyebabkan siswa cenderung lebih diam dan siswa menjadi kurang semangat untuk mengikuti pembelajaran diawal.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
    3. Tidak adanya ice breaking, karena ini pembelajaran dikelas rendah pentingnya untuk melakukan ice breaking, tetapi guru tidak melakukan hal tersebut.

    Dan kelebihan dalam video diatas adalah:
    1. Guru kreatif dengan membuatkan media belajar untuk siswa berupa alat yang berupa gambar ayam dan telur.
    2. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran untuk tetap bisa aktif mengikuti pembelajaran dengan cara membentuk kelompok dan meminta siswa maju kedepan untuk mengerjakan sesuatu.

  4. Nama : Rani Veronika Ritonga
    Nim : 859791653
    Upbjj : Medan
    Pokjar : labura

    Dari vidio diatas saya berpendapat bahwa video yang saya tonton diatas terdapat kelemahan dan juga kelebihannya.
    Untuk kelemahannya antara lain:
    #Kurangnya pendekatan diawal, yang menyebabkan siswa cenderung lebih diam dan siswa menjadi kurang semangat untuk mengikuti pembelajaran diawal.
    #Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
    # Tidak adanya ice breaking, karena ini pembelajaran dikelas rendah pentingnya untuk melakukan ice breaking, tetapi guru tidak melakukan hal tersebut.

    Dan kelebihan dalam video diatas adalah:
    #Guru kreatif dengan membuatkan media belajar untuk siswa berupa alat yang berupa gambar ayam dan telur.
    # Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran untuk tetap bisa aktif mengikuti pembelajaran dengan cara membentuk kelompok dan meminta siswa maju kedepan untuk mengerjakan sesuatu.

  5. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Nama : Aldona Dwi Fitrianto
    NIM : 858535984
    Prodi : PGSD
    Pokjar: Rembang
    Mohon izin untuk menanggapi video tersebut.

    Kelebihan:
    1. Pembagian siswa ke dalam kelompok-kelompok membantu dalam interaksi antarsiswa dan memungkinkan siswa untuk bertanya kepada teman sebaya. Selain itu, guru dapat melihat seberapa aktif siswa dalam proses pembelajaran.
    2. Pemanfaatan media pembelajaran oleh guru mempermudah pemahaman materi bagi siswa. Dalam konteks usia siswa SD kelas rendah, mereka cenderung lebih mudah memahami konsep jika dijelaskan dengan contoh konkret yang bisa mereka lihat atau rasakan.

    Kekurangan:
    1. Guru kurang mengkomunikasikan tujuan pembelajaran secara jelas kepada siswa. Ini penting agar siswa memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin mereka pelajari.
    2. Pemanfaatan media pembelajaran bisa ditingkatkan dengan melibatkan siswa secara aktif. Hal ini akan membantu siswa untuk lebih memahami materi dan memberikan pengalaman yang lebih nyata, yang dapat meninggalkan kesan yang lebih dalam dalam pikiran siswa.

    Untuk saran perbaikan:
    Pada awal kegiatan pembelajaran guru perlu melaksanakan serangkaian kegiatan pendahuluan. Guru juga sebaiknya mengkomunikasikan tujuan pembelajaran agar siswa memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pembelajaran. Selanjutnya, pada inti kegiatan pembelajaran, guru harus menekankan bahwa perkalian sebenarnya adalah penjumlahan berulang agar konsep tersebut dapat dipahami oleh siswa secara menyeluruh. Guru juga disarankan memberikan lembar kerja untuk mengukur pemahaman siswa dan mengevaluasi keberhasilan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Di akhir kegiatan, guru perlu melakukan rangkuman pembelajaran, memberikan umpan balik atau penguatan kepada siswa, dan mengakhiri dengan doa dan salam.
    Sekian pendapat dari saya. Wassalamu’alaikum wr. wb.

  6. Nama : Sovi Fitriyani
    NIM : 858717909
    Prodi : S1 – PGSD
    UPBJJ : UT Surabaya
    Pokjar : Jatirogo
    Judul Vidio : Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah

    Setelah menonton video pembelajaran yang berjudul ” Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah ” saya akan mencoba memberi tanggapan pada video tersebut.
    Sebelum pembelajaran dimulai, guru sebaiknya mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu. Guru juga bisa menanyakan kabar siswa dan memeriksa kehadiran siswa. Dalam video tersebut reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru merasa sangat antusias karena mereka merasa nyaman dengan suasana belajar yang dibangun oleh guru. Guru juga membentuk kelompok untuk kegiatan pembelajaran tersebut, hal tersebut sangat bagus karena dengan dibuat kelompok siswa dapat bertukar pikiran dengan teman kelompoknya. Guru dapat menghadirkan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa sehingga siswa interaktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru juga dapat menyampaikan materinya menggunakan alat peraga yang mudah untuk dipahami yaitu guru menggunakan alat peraga berupa gambar ayam dan telur sehingga membuat siswa lebih berminat dalam pembelajaran matematika. Dalam video tersebut juga terdapat kurangnya apresiasi kepada siswa, yaitu pada saat menjawab pertanyaan ke depan, mungkin guru bisa memberikan tepuk tangan atau apresiasi lainnya kepada siswa yang menjawab pertanyaan di depan dengan benar.
    Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya.
    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran tersebut, berdasarkan keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.

  7. Nama : RITA CAMELIA
    Nim : 858819692
    PRODI : S1 – PGSD
    POKJAR : KOTA KEDIRI
    UPBJJ : MALANG

    Selamat pagi
    Izin berdiskusi

    Dari video pembelajaran yang berjudul “ Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah dikelas Rendah “ ditemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut antara lain

    Kelebihan yang ditemukan
     Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Guru dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa sehingga siswa interaktif dalam kegiatan pembelajaran.Serta guru tersebut juga dapat menyampaikan materinya yang dibawakannya dengan menggunakan alat peraga yang mudah untuk dipahami oleh para siswa dikelas rendah. Hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran antra lain, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru menggunakan alat peraga berupa gambar ayam dan telor sehingga memjadikan para siswa lebih minat dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada bab ini.

     Kelemahan yang saya temukan yaitu guru tidak melakukan beberapa hal dalam pembelajarannya antara lain, Pada bagian pendahuluan, guru belum mengajak para siswa untuk berdoa terlebih dahulu, Guru tersebut juga tidak melakukan proses presensi, padahal hal tersebut sangat penting untuk mengetahui ketidak hadir siswa. Guru tersebut pun juga tidak memberikan tugas untuk siswanya sebagai latihan siswa. serta kurangnya keaktifan guru dalam mengajak siswa aktif dalam pembelajaran.

     Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
    Para siswa merasa kurang telalu aktif terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Terlihat mereka merasa nyaman dengan suasana belajar yang diciptakan oleh guru. Selain itu para siswa pun dapat mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.
     Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya antra lain meningkatkan kualitas pembelajaran dalam video tersebut dengan melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa dan mengecek daftar kehadiran siswa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajarnya, Guru dapat memberikan sedikit waktu untuk siswa untuk melakukan tanya jawab tentang materi yang di sampaikan.

    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran tersebut, mohon maaf atas keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini dapat menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri saya sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa kedepanya.

  8. Nama : RITA CAMELIA
    Nim : 858819692
    PRODI : S1 – PGSD
    POKJAR : KOTA KEDIRI
    UPBJJ : MALANG

    Selamat pagi
    Izin berdiskusi

    Dari video pembelajaran yang berjudul “ Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah dikelas Rendah “ ditemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut antara lain

    Kelebihan yang ditemukan
    – Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Guru dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa sehingga siswa interaktif dalam kegiatan pembelajaran.Serta guru tersebut juga dapat menyampaikan materinya yang dibawakannya dengan menggunakan alat peraga yang mudah untuk dipahami oleh para siswa dikelas rendah. Hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran antra lain, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru menggunakan alat peraga berupa gambar ayam dan telor sehingga memjadikan para siswa lebih minat dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada bab ini.

    – Kelemahan yang saya temukan yaitu guru tidak melakukan beberapa hal dalam pembelajarannya antara lain, Pada bagian pendahuluan, guru belum mengajak para siswa untuk berdoa terlebih dahulu, Guru tersebut juga tidak melakukan proses presensi, padahal hal tersebut sangat penting untuk mengetahui ketidak hadir siswa. Guru tersebut pun juga tidak memberikan tugas untuk siswanya sebagai latihan siswa. serta kurangnya keaktifan guru dalam mengajak siswa aktif dalam pembelajaran.

    – Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
    Para siswa merasa kurang telalu aktif terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Terlihat mereka merasa nyaman dengan suasana belajar yang diciptakan oleh guru. Selain itu para siswa pun dapat mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.

    – Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya antra lain meningkatkan kualitas pembelajaran dalam video tersebut dengan melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa dan mengecek daftar kehadiran siswa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajarnya, Guru dapat memberikan sedikit waktu untuk siswa untuk melakukan tanya jawab tentang materi yang di sampaikan.

    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran tersebut, mohon maaf atas keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini dapat menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri saya sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa kedepanya.

  9. Nama : Rita Camelia
    NIM : 858819692
    PRODI : S1 – PGSD
    POKJAR : KOTA KEDIRI
    UPBJJ : MALANG

    Selamat pagi
    Izin berdiskusi

    Dari video pembelajaran yang berjudul “ Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah dikelas Rendah “ ditemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut antara lain :

    Kelebihan yang ditemukan
    – Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran Guru dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa sehingga siswa interaktif dalam kegiatan pembelajaran.Serta guru tersebut juga dapat menyampaikan materinya yang dibawakannya dengan menggunakan alat peraga yang mudah untuk dipahami oleh para siswa dikelas rendah. Hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran antra lain, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru menggunakan alat peraga berupa gambar ayam dan telor sehingga memjadikan para siswa lebih minat dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada bab ini.

    – Kelemahan yang saya temukan yaitu guru tidak melakukan beberapa hal dalam pembelajarannya antara lain, Pada bagian pendahuluan, guru belum mengajak para siswa untuk berdoa terlebih dahulu, Guru tersebut juga tidak melakukan proses presensi, padahal hal tersebut sangat penting untuk mengetahui ketidak hadir siswa. Guru tersebut pun juga tidak memberikan tugas untuk siswanya sebagai latihan siswa. serta kurangnya keaktifan guru dalam mengajak siswa aktif dalam pembelajaran.

    – Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
    Para siswa merasa kurang telalu aktif terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Terlihat mereka merasa nyaman dengan suasana belajar yang diciptakan oleh guru. Selain itu para siswa pun dapat mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.

    – Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya antra lain meningkatkan kualitas pembelajaran dalam video tersebut dengan melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa dan mengecek daftar kehadiran siswa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajarnya, Guru dapat memberikan sedikit waktu untuk siswa untuk melakukan tanya jawab tentang materi yang di sampaikan.

    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran tersebut, mohon maaf atas keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini dapat menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri saya sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa kedepanya.

  10. Nama : YAKIN DUWI IDHAR
    NIM : 858717948
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TUBAN
    UPBJJ : UT SURABAYA
    Setelah melihat video tersebut, saya akan memberikan tanggapan terhadap video yang berjudul “Membelajarkan konsep perkalian dengan mudah dikelas rendah”
    1. Kelemahan guru dalam video tersebut :
    – Guru belum mengajak siswa untuk berdo’a sebelum melakukan pembelajaran
    – Guru belum melakukan absensi terhadap siswa, karena absensi sangatlah penting untuk mengetahui siswa yang tidak hadir dan tertinggal pelajaran
    – Guru tidak memerikan tugas kepada siswa, sehingga guru tidak mengetahui sampai mana kemampuan siswa
    2. Kelebihan
    – Guru menyampaikan materi menggunakan alat peraga yang mudah untuk dipahami
    – Guru bisa mengontrol suasana belajar yang nyaman dan kondusif, sehingga siswa bisa interaktif dalam kegiatan pembelajaran
    3. Reaksi siswa
    – Siswa sangat antusias terhadap pembelajaran guru tersebut
    – Siswa merasa nyaman dengan suasana belajar yang dibangun oleh guru tersebut
    – Siswa dapat mengikuti instruksi yang diberikan guru dengan baik dan tertib
    4. Hal yang baik
    – Guru menggunakan alat peraga yang berupa gambar ayam dan telur.

    Supaya pembelajaran tersebut lebih baik lagi, sebaiknya guru melakukan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran dengan baik dan tertib, misalnya :
    a. Guru mengucapkan salam ketika masuk kelas
    b. Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
    c. Guru mengabsensi siswa
    d. Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
    e. Guru melakukan refleksi dengan memberikan sedikit pertanyaan kepada siswa tentang materi yang akan disampikan

    Demikian tanggapan dari saya mengenai video pembelajaran tersebut.

Leave a Reply