silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak.

Vera Maya Santi, M.Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep perkalian dengan alat peraga gambar ayam.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang perkalian sudah benar, yaitu bahwa perkalian adalah merupakan penjumlahan berulang tetapi belum dihubungkan dengan alat peraga yang ada.

Guru dalam memberikan contoh perkalian bilangan 3 x  1 = 1 + 1 + 1 = 3 dan 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6 tidak mengkaitkan dengan alat peraga. Alat peraga hanya dipajang di papan tulis dan tidak difungsikan bagaimana proses perkalian tersebut sehingga menjadi penjumlahan berulang.

Selanjutnya guru dalam menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan perkalian bilangan 4 x 3 = …. dengan peraga yang ada juga tidak dilakukan oleh siswa.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa diharapkan akan lebih mudah memahami konsep perkalian, namun belum nampak.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup sudah jelas, sudah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, Materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

261 Comments

  1. NAMA : WIDIYA ASTUTI
    NIM : 859773609
    Video pembelajaran tersebut merupakan sebuah video untuk memberi pemahaman kepada siswa mengenai konsep perkalian kepada siswa sekolah dasar. menurut pendapat saya pada awal pembelajaran guru tersebut sudah mengarahkan dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan cara menjelaskan dan mengingatkan materi minggu lalu yang sudah di ajarkan sebelum guru tersebut memulai materi barunya mengenai materi perkaliann dengan menggunakan alat peraga berupa gambar. dalam video tersebut siswa dapat menangkap penjelasan mengenai perkalian dengan menggunakan alat peraga , karna ada sebagian besar siswa yang aktif menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru tersebut, dan sebagian siswa juga ada yang sudah mampu untuk mempraktekkan menggunakan alat peraga.

Leave a Reply