silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak.
Vera Maya Santi, M.Si.
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep perkalian dengan alat peraga gambar ayam.
Guru dalam memberikan pemahaman tentang perkalian sudah benar, yaitu bahwa perkalian adalah merupakan penjumlahan berulang tetapi belum dihubungkan dengan alat peraga yang ada.
Guru dalam memberikan contoh perkalian bilangan 3 x 1 = 1 + 1 + 1 = 3 dan 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6 tidak mengkaitkan dengan alat peraga. Alat peraga hanya dipajang di papan tulis dan tidak difungsikan bagaimana proses perkalian tersebut sehingga menjadi penjumlahan berulang.
Selanjutnya guru dalam menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.
Pada saat siswa disuruh meragakan perkalian bilangan 4 x 3 = …. dengan peraga yang ada juga tidak dilakukan oleh siswa.
Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa diharapkan akan lebih mudah memahami konsep perkalian, namun belum nampak.
Drs. Suparman, M.Pd.
Pakar Guru
Cara membuka, mengisi, dan menutup sudah jelas, sudah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, Materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.
Nama : TABIS TRI GULO
Nim : 856021249
Dengan analisa saya terkait dalam video tersebut tentang perkalian dimana melakukan perkalian dengan alat peraga itu sudah tentu sangat memudahkan siswa dalam melakukan penjumlahannya.
Dengan diiringi berbentuk kelompok sehingga memacu semangat siswa dalam memahami tujuan materi yang disampaikan serta dengan siswa melakukan percobaan sudah sangat mantap dimana tidak secara langsung mengetahui sejauh mana siswa memahami materi.
Dari video diatas bisa kita lihat, bahwa dalam video tersebut menjelaskan mengenai perkalian dalam soal cerita dikelas rendah. dijelaskan menggunakan alat peraga.
Guru menjelaskan perkalian menggunakan alat peraga dengan tujuan alat peraga ini agar memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru tersebut. Siswa terlihat sangat antusias dalam pembelajaran. Siswa memperhatikan dengan seksama. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk memudahkan siswa mendiskusikan Pembelajaran dan maju mengerjakan soal yang dicontohkan.
Dalam video terdapat kelebihan dan jugakekurangan.
Kelebihan :
1. Guru menjelaskan kepada siswa menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa
2. Guru menggunakan media Pembelajaran atau menggunakan lat peraga ketika menjelaskan pembelajaran kepada siswa.
3. siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan Pembelajaran dan maju untuk mengerjakan soal yang sudah dicontohkan dipapan tulis.
Kekurangan :
1. Guru tidak melakukan pendahuluan, tidak melakukan salam pembuka, berdoa dan absen anak pada awal Pembelajara
2. Guru tidak menyampaikan tujuan dari Pembelajaran.
3. Guru tidak mengecheck setiap siswa yang memang sudah paham atau tidak
4. Guru tidak memberi apresiasi kepada siswa yang mampu mengerjakan contoh soal yang diberikan
Saran atau tambahan : sebaiknya guru memperhatikan siswa dengan cara bertanya kepada setiap siswa yang sudah paham atau belum. Karena pasti ada yang belum paham mengenai pembelajaran yang disampaikan.
Nama : Yuni Kartika Sari
NIM : 857007409
UPBJJ / Pokjar : Bandar Lampung / Pasir Sakti
Setelah melihat video pembelajaran diatas, mohon ijin, menurut pendapat saya ibu guru sudah menyampaikan konsep perkalian dengan cara yang sangat sederhana dan dengan menyertakan penggunaan media pembelajaran yang tentunya juga untuk dapat menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung, namun ada baiknya jika seorang guru dapat melibatkan secara langsung siswanya dalam proses perhitungan tersebut secara bergantian dengan cara maju kedepan kelas agar siswa lebih mengerti tentang cara penerapan konsep perkalian tersebut karena mereka ikut mencobanya secara langsung dan tidak hanya cukup dengan melihatnya saja. Apabila siswa diajak berperan aktif, tentunya suasana kelas akan lebih hidup karena ada umpan balik dari apa yang guru sampaikan. terima kasih.
Nama : ZULKIFLI APRIANDI
NIM : 856949434
Smstr : 8
Matkul : PKP
Prodi : S1 PGSD
Analisa video yang menjelaskan pembelajaran tentang konsep perkalian dengan mudah dikelas rendah, dapat kita perhatikan bahwa guru tersebut menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan alat praga dengan tujuan agar memudahkan siswa dalam memahami konsep pembelajarn yang dieberikan oleh guru tersebut. Dan siswa terlihat senang, serta antusias dalam mendengarkan penjelasan guru tersebut.
Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, agar siswa dapat berdiskusi antar teman, serta dapat mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru tersebut.
Didalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran.
Kelebihan :
1. Didalam video tersebut, guru menggunakan media Pembelajaran atau menggunakan alat peraga pada kegiatan belajar mengajar siswa.
2. Guru lebih semangat dalam mengajar, karena siswa terlihat senang serta sedikit berantusias dalam kegiatan pembelajaran.
3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang mampu dalam mengerjakan soal diberikan oleh guru, sehingga siswa jadi lebih semangat.
4. Guru menggunakan metode kelompok belajar, untuk berdiskusi dalam mengerjakan soal yang diberikan kepada siswa, sehingga siswa dapat mengerjakannya dengan kerja sama.
Kekurangan
1. Dalam video tersebut, tidak diperlihatkan adanya kegiatan pembukaan seperti, salam, absensi siswa dll, serta kegiatan penutup juga tidak dicantumkan
2. Guru juga tidak menanyakan pembelajaran yang telah dipelajari kemaren.
Saran :
1. Guru harus mengatur alur dalam proses kegiatan belajar mengajar seperti Pembukaan serta penutup seperti dalam RPP
2. Sebelum kegiatan inti belajar berlangsung, guru harus menanyakan kembali pembelajarn yang telah dibahas kemarin-kemarin, sehingga pembelajaran yang sudah berlalu tidak hilang.
3. Menambahkan Media yang lebih menarik lagi, sehingga siswa yang masih kelas rendah semakin tertarik dalam kegiatan pembelajaran
4. Bahasa guru harus sedikit diperjelas serta pelan dalam memebrikan materi sehingga siswa yang seusia kelas rendah lebih dapat memahami
5. Seorang guru harus menanyakan kembali juga kepada siswa tentang pembelajaran yang baru dibahas, sehingga dapat menilai apakah siswa sudah banyak yang paham atau tidak.
Nama : ZULKIFLI APRIANDI
NIM : 856949434
Smstr : 8
Matkul : PKP
Prodi : S1 PGSD
Analisa video yang menjelaskan pembelajaran tentang konsep perkalian dengan mudah dikelas rendah, dapat kita perhatikan bahwa guru tersebut menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan alat praga dengan tujuan agar memudahkan siswa dalam memahami konsep pembelajarn yang dieberikan oleh guru tersebut. Dan siswa terlihat senang, serta antusias dalam mendengarkan penjelasan guru tersebut.
Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, agar siswa dapat berdiskusi antar teman, serta dapat mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru tersebut.
Didalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran.
Kelebihan :
1. Didalam video tersebut, guru menggunakan media Pembelajaran atau menggunakan alat peraga pada kegiatan belajar mengajar siswa.
2. Guru lebih semangat dalam mengajar, karena siswa terlihat senang serta sedikit berantusias dalam kegiatan pembelajaran.
3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang mampu dalam mengerjakan soal diberikan oleh guru, sehingga siswa jadi lebih semangat.
4. Guru menggunakan metode kelompok belajar, untuk berdiskusi dalam mengerjakan soal yang diberikan kepada siswa, sehingga siswa dapat mengerjakannya dengan kerja sama.
Kekurangan
1. Dalam video tersebut, tidak diperlihatkan adanya kegiatan pembukaan seperti, salam, absensi siswa dll, serta kegiatan penutup juga tidak dicantumkan
2. Guru juga tidak menanyakan pembelajaran yang telah dipelajari kemaren.
Saran :
1. Guru harus mengatur alur dalam proses kegiatan belajar mengajar seperti Pembukaan serta penutup seperti dalam RPP
2. Sebelum kegiatan inti belajar berlangsung, guru harus menanyakan kembali pembelajarn yang telah dibahas kemarin-kemarin, sehingga pembelajaran yang sudah berlalu tidak hilang.
3. Menambahkan Media yang lebih menarik lagi, sehingga siswa yang masih kelas rendah semakin tertarik dalam kegiatan pembelajaran
4. Bahasa guru harus sedikit diperjelas serta pelan dalam memebrikan materi sehingga siswa yang seusia kelas rendah lebih dapat memahami
5. Seorang guru harus menanyakan kembali juga kepada siswa tentang pembelajaran yang baru dibahas, sehingga dapat menilai apakah siswa sudah banyak yang paham atau tidak.
Nama : Trikvide Akhirman Jaya Lawolo
Nim : 856021295
UPBJJ / POKJAR : Medan/ Idanogawo
Menurut saya video ini cukup memuaskan karna Guru menggunakan media pembelajaran yg mudah dimengerti oleh peserta didik.
Nama :May Ambarwati
Nim : 856022108
Semester : 6
Dari video diatas yang kita lihat, bahwasanya video itu menjelaskan tentang perkalian dalam soal cerita dikelas rendah. Yang dijelaskan dengan media Pembelajaran atau alat peraga.
Guru menjelaskan perkalian menggunakan alat peraga dengan tujuan alat peraga ini agar memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru tersebut. Siswa terlihat antusias mendengarkan penjelasan guru.
Dalam Pembelajaran itu siswa memperhatikan, dan guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk memudahkan siswa mendiskusikan Pembelajaran dan maju mengerjakan soal yang dicontohkan dipapan tulis.
Dalam video itu terdapat kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan :
1. Guru menjelaskan kepada siswa menggunakan bahasa yang dipahami siswa
2. Guru menjelaskan kepada siswa dengan menggunakan media Pembelajaran / alat peraga
3. Guru membagi kelompok pada siswa untuk mendiskusikan Pembelajaran dan maju mengerjakan soal yang dicontohkan dipapan tulis.
Kekurangan :
1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, salam pembuka, berdoa dan absen anak pada awal Pembelajaran
2. Guru tidak menyampaikan tujuan dari Pembelajaran
3. Guru tidak mengecheck setiap siswa yang memang sudah paham atau tidak
4. Guru tidak memberi apresiasi kepada siswa yang mampu mengerjakan contoh soal yang diberikan
Saran atau tambahan : sebaiknya guru memperhatikan siswa dengan cara menanyai secara personal setiap siswa yang sudah paham atau belum. Karena ditakutkan banyak siswa yang kurang paham terhadao materi yang dipelajari. Dan sedikit banyak siswa yang memperhatikan tapi tidak untuk memahaminya.
Nama:Ayu wandari
Nim :856023837
Dalam Video pembelajaran yang telahh ditampilkan di atas, guru menjelaskan materi matematika dengan menggunakan alat peraga yang menarik siswa dan membentuk siswa menjadi beberapa kelompok. Guru juga berperan sebagai fasilitator yang baik. Namun, tetap saja ada kelebihan dann kelemahan dalam video di atas. Kelebihan dan kelemahannya adalah sebagai berikut :
Kelemahan Pembelajaran dalam Video.
Dalam video yang telah dianalisis terdapat kelemahan yaitu:
• Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
• Terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan.
• Guru tidak mengaitkan pembelajaran yang akan di bahas dengan pembelajaran sebelumnya.
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
• Guru menjelaskan materi dengan baik, dan disertai dengan media yang mudah dipahami siswa.
• Guru mengajarkan siswa bekerja kelompok dengan temannya.
• Guru mengajarkan kepada siswa untuk tampil percaya diri, maju ke depan dan menjawab soal.
Nama : Maya Damanik
Nim : 856023281
Prodi : S1 Pgsd
Pokjar : Serdang Bedagai
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Setelah saya melihat vidio di atas bahwa ada kelebihan dan kekurangan yaitu:
Kelebihan :
1. Guru sudah sangat bagus dalam menjelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana
2. Guru menggunakan alat peraga sehingga dapat di mengerti oleh peserta didik
3. Guru membagi kelompok agar para peserta didik lebih aktif dan bekerja sama untuk memahami pelajaran
4. Alat peraga yang digunakan sangat bagus dan mudah di buat atau di mengerti peserta didik
Kekurangan :
Guru terus fokus dengan materi di depan tanpa memperhatikan anak sudah paham atau belum
Nama : MONIKA PERMATA MEGAWATI SIPAHUTAR
NIM : 856039821
Prodi : PGSD
UPBJJ : UT MEDAN
Hasil analisis saya tentang Video tersebut yaitu sebagai berikut :
1. Menurut analisis saya reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu semua siswa antusias mendengarkan guru di depan kelas ketika memberikan penjelasan.
2. Menurut analisis saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran pada Video diatas yaitu :
• Guru tidak mengemukakan tujuan pembelajaran di awal kegiatan pembelajaran.
• Guru tidak memberikan penguatan kepada siswa yang maju ke depan kelas untuk menjawab soal yang diberikan guru.
3. Menurut analisis saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada Video diatas yaitu :
• Guru membagi siswanya menjadi beberapa diskusi kelompok kecil. Diskusi kelompok penting karena mendorong setiap siswa untuk bertukar pikiran dan memberikan pendapatnya atas soal/ pertanyaan yang diberikan oleh guru.
• Guru menggunakan alat peraga untuk meningkatkan daya tarik dan motivasi siswa untuk belajar perkalian.
4. Hal-hal unik yang saya temukan dalam video yaitu ketika guru menjelaskan di depan kelas, ada seorang siswa yang tidak melepaskan tas dari punggungnya, sedang teman-temannya yang lain melepaskannya.
5. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
• Di awal pembelajaran sebelum guru memberikan penjelasan materi, sebaiknya guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
• Jika ada siswa yang menjawab dengan benar atas soal yang diberikan oleh guru, guru harus memberikan penguatan kepada siswa tersebut dengan hangat dan antusias atas usaha yang diberikannya. Penguatan yang diberikan hendaknya bervariasi, misalnya dengan kalimat positif yang membangkitkan semangat siswa untuk aktif menjawab soal yang diberikan guru.
• Di akhir pembelajaran, sebelum menutup pembelajaran pada hari itu, guru memberikan tindak, berupa pekerjaan rumah agar dikerjakan dengan baik dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.