Similar Posts
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Nama : Heni Wilyandini
NIM : 858049921
Judul Video : Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tentang memerankan tokoh berdasarkan teks, saya menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan yang dilakukan oleh guru, antara lain :
Kekurangan :
Guru tidak mendalami dengan keseharian siswa tentang materi pembelajaran, dan guru juga tidak mengabsen siswa pada saat kegiatan pembelajaran
Kelebihan :
pada awal kegiatan pembelajaran guru memberi tahu tujuan materi pembelajaran, suara guru dalam memberikan materi sangat jelas dan nyaring, guru juga membawa alat media pembelajaran seperti bakiak agar siswa dapat lebih mudah memahami materi.
Nama: Eka Putri Zulaikah
NIM: 855739827
UPBJJ: Bandar Lampung
Pokjar: Sidomulyo
Dari video tersebut menurut saya guru tersebut dalam menjelaskan sangat baik dengan suara nyaring dan penggunaan bahasa mudah dipahami oleh siswa, menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa sehingga siswa aktif mengikuti pembelajaran, metode yang digunakan juga sudah baik yang dapat memancing respon siswa. Guru tersebut kreatif dalam memilih media. Siswa tidak jenuh dalam proses belajar mengajar karena dapat belajar sambil bermain dan membuat menjadi bersemangat. Tetapi terdapat kekurangan pada video tersebut yaitu kurangnya diskusi atau tanya jawab dalam pembelajaran.
1. Saya melihat proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sangat bagus karena dapat membuat siswa merasa senang, nyaman dan siap dalam belajar.
2. Beberapa kelemahan dalam video diatas yaitu, sebagai berikut:
a. Guru tersebut tidak memberikan penjelasan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan para siswa dalam proses pembelajaran.
b. Guru tersebut tidak memberikan tes awal kepada siswanya.
c. Guru tersebut tidak melaksanakan kegiatan penutup pada pembelajaran.
3. Beberapa kelebihan dalam video pembelajaran diatas , diantaranya:
a. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah berpusat pada siswa.
Hal tersebut dapat terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
b. Guru tersebut sudah cukup bagus dalam melakukan kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran.
c. Guru tersebut sangat bagus dalam melaksanakan kegiatan inti dalam pembelajaran.
d. Proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut terasa bermakna bagi siswanya.
e. Guru tersebut menggunakan benda nyata dalam pembelajaran. Sehingga, membuat siswa lebih mengerti terhadap materi yang diajarkan gurunya.
f. Guru tersebut dapat membuat pembelajaran terasa menyenangkan dan bermakna bagi siswa karena memasukkan sistem belajar sambil bermain.
4. Hal unik dalam video tersebut adalah para siswa cepat mengatakan mau ketika diajak ke lapangan oleh gurunya untuk perlombaan bakiak di luar rungan kelas.
5. Upaya yang dapat saya usulkan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah
a. Guru tersebut harus menambahkan beberapa kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran. Seperti : memberikan penjelasan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan para siswa dalam proses pembelajaran dan memberikan tes awal kepada siswanya.
b. Guru tersebut harus melaksanakan kegiatan penutup pembelajaran.
Seperti : bertanya jawab terkait materi pelajaran yang belum dipahami siswa, siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasannya sendiri, memberikan penilaian terhadap hasil belajar siswa, siswa melaksanakan refleksi, memberikan PR kepada siswa, adanya salam dan doa penutup.
1. Saya melihat proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sangat bagus karena dapat membuat siswa merasa senang, nyaman dan siap dalam belajar.
2. Beberapa kelemahan dalam video diatas yaitu, sebagai berikut:
a. Guru tersebut tidak memberikan penjelasan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan para siswa dalam proses pembelajaran.
b. Guru tersebut tidak memberikan tes awal kepada siswanya.
c. Guru tersebut tidak melaksanakan kegiatan penutup pada pembelajaran.
3. Beberapa kelebihan dalam video pembelajaran diatas , diantaranya:
a. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah berpusat pada siswa.
Hal tersebut dapat terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
b. Guru tersebut sudah cukup bagus dalam melakukan kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran.
c. Guru tersebut sangat bagus dalam melaksanakan kegiatan inti dalam pembelajaran.
d. Proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut terasa bermakna bagi siswanya.
e. Guru tersebut menggunakan benda nyata dalam pembelajaran. Sehingga, membuat siswa lebih mengerti terhadap materi yang diajarkan gurunya.
f. Guru tersebut dapat membuat pembelajaran terasa menyenangkan dan bermakna bagi siswa karena memasukkan system belajar sambil bermain.
4. Hal unik dalam video tersebut adalah para siswa cepat mengatakan mau ketika diajak ke lapangan oleh gurunya untuk perlombaan bakiak di luar rungan kelas.
5. Upaya yang dapat saya usulkan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah
a. Guru tersebut harus menambahkan beberapa kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran. Seperti : memberikan penjelasan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan para siswa dalam proses pembelajaran dan memberikan tes awal kepada siswanya.
b. Guru tersebut harus melaksanakan kegiatan penutup pembelajaran.
Seperti : bertanya jawab terkait materi pelajaran yang belum dipahami siswa, siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasannya sendiri, memberikan penilaian terhadap hasil belajar siswa, siswa melaksanakan refleksi, memberikan PR kepada siswa, adanya salam dan doa penutup.
Nama: Eka Nur Aini
Nim : 855743028
UPBJJ-UT: Bandar Lampung
Dari video tersebut ada beberapa hal yang saya refleksi yaitu:
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
= Reaksi siswa disaat kegiatan pembelajaran yaitu siswa duduk dengan tenang serta aktif dalam proses belajar.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
= Guru tidak memberikan penjelasan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan para siswa dalam proses pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
= Dalam memanfaatkan metode sudah tepat.
4. Hal-hal unik apa saja yang dapat ditemukan dalam video tersebut?
= Hal unik dari pembelajaran tersebut yaitu penggunaan bakiak sebagai alat peraga.
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran?
= Untuk membuat suasana tidak terlalu tegang harus melakukan ice breaking dan apersepsi pada awal pembelajaran, tanya jawab dan melakukan demonstrasi pada proses belajar
Ketut sulasih
Nim 857009649
Judul : memerankan tokoh berdasarkan teks
Dari vidieo yang sudh saya tonton diatas kegiatan belajar yang dilakukan oleh guru sudah bagus dilihat dari siswa yang terlihat semangat dalam belajar selain itu kelas juga kondusif.
Kelebihn dari video adalah :
1. Guru sudh bagus dalam membuka pembelajaran
2. Topik pembelajaran sudh sesui dengan prakteknya.
3. Guru menggunkan media nyata sehingga menjadikan kelas yang menyenngkan
4. Guru sudh sangat kreatif dalam memilih media pembelajaran yang menarik.
5. Kegiatan belajar sudh berpusat ada siswa
6. Sudh melibatkan sisw dalam pembelajarn baik individu mauoun kelompok.
Kelemahan dari video adalah :
1. Tidak melaksanakan penutupan pembelajaran
2. Tidk diberikan penjelasan tentang tujuan dari kegiatan yang dilakukan
3. Tidak memberi tes awal pada siswa untuk membahas materi sebelumnya.
Secara keseluruhan kegiatan belajar audh sangat lah baik dengan guru yng kreatif memilih media pembelajaran serta siswa yang aktif dalam kegiatan yng diberikan oleh guru.
Nama : DELIA FRISCA ANDRIANI
NIM : 855739676
Pokjar : SIDOMULYO 6A
Judul Video : Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tentang memerankan tokoh berdasarkan teks, saya menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan yang dilakukan oleh guru, antara lain :
Kekurangan :
Guru tidak mendalami dengan keseharian siswa tentang materi pembelajaran, dan guru juga tidak mengabsen siswa pada saat kegiatan pembelajaran
Kelebihan :
pada awal kegiatan pembelajaran guru memberi tahu tujuan materi pembelajaran, suara guru dalam memberikan materi sangat jelas dan nyaring, guru juga membawa alat media pembelajaran seperti bakiak agar siswa dapat lebih mudah memahami materi.
Nama: Intan Pandini Tarigan
Nim : 855856528
Menurut saya proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sangat bagus karena dapat membuat siswa merasa senang, nyaman dan siap dalam belajar. Namun ada beberapa kelemahan dalam video tersebut seperti guru tersebut tidak memberikan penjelasan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan para siswa dalam proses pembelajaran, guru tersebut tidak memberikan tes awal kepada siswanya dan guru tersebut tidak melaksanakan kegiatan penutup pada pembelajaran. Dan ada juga beberapa kelebihan dalam video pembelajaran diatas seperti kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah berpusat pada siswa. Hal tersebut dapat terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Guru tersebut menggunakan benda nyata dalam pembelajaran. Sehingga, membuat siswa lebih mengerti terhadap materi yang diajarkan gurunya. Dan guru tersebut dapat membuat pembelajaran terasa menyenangkan dan bermakna bagi siswa karena memasukkan sistem belajar sambil bermain.
Hal unik dalam video tersebut adalah para siswa cepat mengatakan mau ketika diajak ke lapangan oleh gurunya untuk perlombaan bakiak di luar rungan kelas.
Upaya yang dapat saya usulkan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah guru tersebut harus menambahkan beberapa kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran seperti memberikan penjelasan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan para siswa dalam proses pembelajaran dan memberikan tes awal kepada siswanya dan guru tersebut harus melaksanakan kegiatan penutup pembelajaran.
NAMA : FAUZIA
NIM : 858070942
UPBJJ : PONTIANAK
POKJAR : OPU DAENG MANAMBON MEMPAWAH
Setelah melihat video tersebut saya sangat senang sekali melihat media pembalajaran yang digunakan oleh guru tersebut. Topik yang dibahas adalah lomba bakiak dan tentu materi tersebut tidak cocok jika hanya menggunakan metode ceramah. Dengan membawa media pembelajaran secara langsung “Alat permainan bakiak” dapat memberi pengalaman langsung kepada siswa dan biasanya akan lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa.
Nama : siti kamelia
Nim : 855860764
UPBJJ : UT-Medan
Pokjar : asahan
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa indonesia tentang memerankan tokoh berdasarkan teks, saya menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan yang di lakukan guru, diantara lain yaitu :
1. Kelebihan.
– Di awal kegiatan pembelajaran guru memberi tahu tujuan materi pembelajaran. Dan di saat guru dalam memberikan materi sangat jelas dan nyaring, dan guru juga membawa alat media pembelajaran agar siswa dapat lebih mudah memahami materi. Dan dalam video pembelajaran diatas seperti kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah berpusat pada siswa semua,Dan dalam hal tersebut dapat terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dan guru tersebut menggunakan benda nyata dalam pembelajaran. Dan sehingga, membuat siswa lebih mengerti terhadap materi yang diajarkan gurunya.
2.kelemahan.
– kelemahan dalam video tersebut yaitu seperti guru tidak dapat memberikan penjelasan terkait kegiatan yang akan di laksanakan para siswa dalam proses dan pembelajaran, guru tersebut juga tidak memberikan tes awal kepada siswanya dan guru tersebut tidak melaksanakan kegiatan penutup pada pembelajaran.
Dan guru tidak mendalami dengan keseharian siswa tentang materi pembelajaran, dan guru juga tidak mengabsen siswa tersebut.
Dan hal yang uniknya yaitu :para siswa cepat mengatakan mau ketika diajak kelapangan oleh gurunya untuk perlombaan bakiak diluar ruangan kelas