Similar Posts
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Nama : Brenda Mutiara Achika
NIM : 857317531
UPBJJ : Bogor
POKJAR : Bogor Selatan
Tanggapan saya setelah menonton video ini yaitu :
1. Media belajar dengan menggunakan bakiak sangatlah bagus dan menyenangkan karena di era modern seperti ini, tentunya banyak anak-anak yang tidak mengenal permainan tradisional ini.
2. Adapun refleksi yang perlu guru lakukan yaitu melakukan apersepsi di awal pembelajaran atau pun guru disini tidak menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu.
3. Video pembelajaran ini sangat menarik karena guru telah berhasil menjadikan peserta didik sebagai pusat dari pembelajaran (Student Center)
4. Guru juga tidak melakukan apresiasi atau pun kegiatan penutup semestinya.
1. Ringkasan Dari Video Pembelajaran
Setelah saya menyimak video pembelajaran tentang “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks” pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sudah mampu membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa belajar dengan tenang, siswa juga antusias untuk menjawab pertanyaan guru dan mencoba bermain media bakiak di depan kelas. Pemilihan media yang digunakan juga angat tepat sehingga mampu memancing semangat belajar siswa, sehingga siswa tidak jenuh dan bosan karena pembelajaran tersebut diselingi dengan permainan. Metode yang digunakan guru juga sangat baik untuk memancing respon siswa, tidak hanya ceramah saja, namun ada kegiatan diskusi yang membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk memperagakan permainan bakiak tersebut. Namun ada beberapa hal yang kurang dalam video pembelajaran tersebut, pada kegiata pembuka guru tidak menjelaskan secara jelas tujuan pembelajaran, guru kurang kreatif dalam membuka kelas sehingga respon siswa juga terlihat monoton untuk menerima pembelajaran.
2. Kelebihan Vidio Pembelajaran
a. Media yang digunakan guru sangat tepat dan kreatif untuk memancing semangat belajar siswa
b. Kegiatan belajar sudah berpusat pada siswa / melibatkan siswa dalam pembelajaran
c. Metode yang digunakan sudah tepat tidak hanya berpusat pada guru saja namun siswa terlibat secara aktif baik individu maupun kelompok
d. Respon siswa terhadap pembelajaran tersebut juga cukup bagus karena pembelajaran diselingi dengan permaian.
3. Kelemahan Vidio Pembelajaran
a. Guru tidak menjelaskan secara jelas tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
b. Guru kurang kreatif dalam membuka pembelajaran seperti ice breaking dll
c. pada kegiatan pembuka, guru tidak melakukan absensi, tidak ada tes awal atau tanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
d. Tidak ada kegiatan penutup pembelajaran
4. Rencana Perbaikan Yang Akan Dilakukan
a. Guru harus lebih kreatif lagi untuk memancing semnagat siswa dalam membuka pembelajaran seperti melakukan ice breaking, menyapa siswa dengan bernyanyi, dll
b. Sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru melakukan absensi dan apersepsi, dengan mengingatkan kembali materi sebelumnya dan dihubungkan dengan materi yang akan dibahas hari ini.
c. Guru harus melakukan kegiatan penutup pembelajaran. Seperti, tanya jawab tentang materi yang sulit atau tidak dipahami oleh siswa, mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran yang sudah dipelajari, memberikan tugas kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana materi tersebut dikuasai oleh siswa, melakukan refleksi, berdoa dan mengucapkan salam.
Nama : Vira Firdiana
Nim : 858908197
Pokjar : Genteng A
1. Ringkasan Dari Video Pembelajaran
Setelah saya menyimak video pembelajaran tentang “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks” pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sudah mampu membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa belajar dengan tenang, siswa juga antusias untuk menjawab pertanyaan guru dan mencoba bermain media bakiak di depan kelas. Pemilihan media yang digunakan juga angat tepat sehingga mampu memancing semangat belajar siswa, sehingga siswa tidak jenuh dan bosan karena pembelajaran tersebut diselingi dengan permainan. Metode yang digunakan guru juga sangat baik untuk memancing respon siswa, tidak hanya ceramah saja, namun ada kegiatan diskusi yang membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk memperagakan permainan bakiak tersebut. Namun ada beberapa hal yang kurang dalam video pembelajaran tersebut, pada kegiata pembuka guru tidak menjelaskan secara jelas tujuan pembelajaran, guru kurang kreatif dalam membuka kelas sehingga respon siswa juga terlihat monoton untuk menerima pembelajaran.
2. Kelebihan Vidio Pembelajaran
a. Media yang digunakan guru sangat tepat dan kreatif untuk memancing semangat belajar siswa
b. Kegiatan belajar sudah berpusat pada siswa / melibatkan siswa dalam pembelajaran
c. Metode yang digunakan sudah tepat tidak hanya berpusat pada guru saja namun siswa terlibat secara aktif baik individu maupun kelompok
d. Respon siswa terhadap pembelajaran tersebut juga cukup bagus karena pembelajaran diselingi dengan permaian.
3. Kelemahan Vidio Pembelajaran
a. Guru tidak menjelaskan secara jelas tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
b. Guru kurang kreatif dalam membuka pembelajaran seperti ice breaking dll
c. pada kegiatan pembuka, guru tidak melakukan absensi, tidak ada tes awal atau tanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
d. Tidak ada kegiatan penutup pembelajaran
4. Rencana Perbaikan Yang Akan Dilakukan
a. Guru harus lebih kreatif lagi untuk memancing semnagat siswa dalam membuka pembelajaran seperti melakukan ice breaking, menyapa siswa dengan bernyanyi, dll
b. Sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru melakukan absensi dan apersepsi, dengan mengingatkan kembali materi sebelumnya dan dihubungkan dengan materi yang akan dibahas hari ini.
c. Guru harus melakukan kegiatan penutup pembelajaran. Seperti, tanya jawab tentang materi yang sulit atau tidak dipahami oleh siswa, mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran yang sudah dipelajari, memberikan tugas kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana materi tersebut dikuasai oleh siswa, melakukan refleksi, berdoa dan mengucapkan salam.
Nama : Ayu Nita Harahap
Nim : 855860148
Upbjj : Medan
Menurut saya setelah mengamati video tersebut pembelajaran tentang “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks” pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sudah mampu membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa belajar dengan tenang, siswa juga antusias untuk menjawab pertanyaan guru dan mencoba bermain media bakiak di depan kelas. Pemilihan media yang digunakan juga sangat tepat sehingga mampu memancing semangat belajar siswa, sehingga siswa tidak jenuh dan bosan karena pembelajaran tersebut diselingi dengan permainan.
Adapun refleksi yang perlu guru lakukan yaitu melakukan apersepsi di awal pembelajaran atau pun guru disini tidak menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu.Guru juga tidak melakukan apresiasi atau pun kegiatan penutup semestinya.
Nama : Novita Sri
Nama : Novita Sri Dewi Sinaga
NIM : 877530124
UPBJJ : Medan
Pokjar : Humbang Hasundutan
Selamat siang, ijin menanggapi video yang ditayangkan dengan judul memerankan tokoh berdasarkan teks.
1. Dari video yang ditayangkan, anak-anak terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, begitu juga ibu guru dalam memulai kegiatan belajar.
2. Dari tayangan diatas terlihat kelemahan guru yaitu masih kurang dalam menerangkan materi dimana dalam diskusi kurang terlihat adanya interaksi guru dan siswa.
3. Kelebihan guru dalam mengajar materi diatas sudah bagus, dengan manggunakan media pembelajaran, sehingga siswa bisa dengan mudah memahami materi yang disampaikan olah guru. Dan dengan adanya praktek langsung dengan media pembelajaran akan tercipta suasana pembelajaran yang aktif dan dan tidak monoton. Anak-anak juga akan terlihat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.
4. Hal-hal unik yang ada di video yaitu, terlihat ada beberapa jenis alat peraga dalam pembelajaran, dan anak- anak murid terlihat senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
5. Upaya yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah
– Meningkatkan media dan alat pembelajaran yang relevan
– Lebih mengkoordinir murid dalam melakukan kegiatan atau aktivitas pembelajaran
-Memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran
Nama : Fadzillah Fitriani
NIM : 856578282
UPBJJ : Jambi
Pokjar : Kota Jambi
Setelah menonton video ini ada beberapa tanggapan yaitu :
1. Pada awal video, guru tidak melakukan apersepsi di awal pembelajaran.
2. Pada materi Bahasa Indonesia di LKS ada materi mengenai permainan tradisional yaitu bakiak, guru sudah mempersiapkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut.
3. Guru mencontohkan dengan baik cara bermain bakiak.
4. Agar anak-anak lebih mengerti, maka guru membuat beberapa kelompok yang terdiri 3 siswa, sehingga semua siswa bisa mencoba menggunakan bakiak.
5. Supaya lebih menarik, guru mengajak siswanya lomba bakiak dihalaman sekolah.
Nama: Juliya Agustina
Nim: 855857694
Upbjj: UT MEDAN
Pokjar: Labura
Judul: Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
dalam vidio tersbut cara guru dalam membuka kelas sangatlah menarik, dan menyampaikan tujuan awal pembelajaran serta menguatkan program literasi kepada siswa ketika akan memulai pembelajaran. topik yang diambil ialah pertandingan siswa dengn metode diskusi serta pengelompokkan, serta guru meminta siswa untuk menyimpulkan dan menanggapi serta guru tersebut memberikan penguatan dari komenntar dan kesimpulan yang dibuat oleh siswa. maka dengan begitu semua peserta didik akan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. tetapi saya tidak menemukan dimana letak memerankan tokoh berdasarkan teks seperti pada judul. sekian dan terima kasihh
Nama: Andi Putri Maharani
Nim: 859764506
Pokjar: Kendari
Menurut saya setelah melihat video tersebut, guru tidak melakukan pendahuluan seperti berdoa mengabsen , atau menanyakan kabar siswa, dan guru tidak memulainya dengan berdoa, tidak mengulang materi minggu lalu, dan langsung ke pelajaran inti, sebaiknya melakukan refleksi dulu sebelum memulai pembelajaran.
Kelebihan dari video tersebut adalah guru memberi pertanyaan tentang permainan bakiak kemudian diberikan waktu 5 menit untuk membaca. Setelah itu anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok untuk bermain bakiak dengan menggunakan media yang telah disediakan guru.
Nama : Amelia Dewinta Br Tarigan
NIM :878248821
Pokjar : Binjai
Judul : Memerankan Peran Berdasarkan Teks
Menurut saya guru melakukan pembukaan dalam belajar dengan cara menarik dan membuat anak menjadi semangat,dan ibu guru juga memberikan pertanyaan kepada siswa terlebih dahulu mengenai apa itu bakiak dan siapa yang sudah pernah bermain bakiak,kemudian guru juga menjelaskan apa itu bakiak dan memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan bakiak dengan menggandenmg beberapa murid untuk maju kedepan,setelah murid sudah memahami apa itu bakiak dan cara menggunakan bakiak,guru langsung mengajak para siswa untuk mempraktikkan penggunaan bakiak.
Dengan cara ini juga guru bisa membuat para ssiswa menjadi lebih aktif dalam belajar,karena dizaman sekarang kalau kita hanya melakukan teori saja tanpa melakukan praktik membuat para siswa menjadi jenuh dan mudah bosan