Similar Posts
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Video pembelajaran ini menurut saya pribadi dapat menjadi pembelajaran bagi saya dan menambah pengetahuan saya tentang proses belajar mengajar di dalam kelas.
Setelah saya menyimak video pembelajaran “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks” Pada video tersebut, guru melakukan kegiatan pembuka dengan semangat dan percaya diri sehingga siswa menyambut dengan rasa semangat dan suara yang lantang. Guru tersebut telah menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan apersepsi, membiasakan budaya literasi kepada siswa.
Pada kegiatan inti, guru menggunakan media pembelajaran berupa 3 pasang bakiak. Guru menjelaskan bahan apa saja yang di gunakan untuk membuat bakiak. Guru sudah dapat mengelola kelompok diskusi siswa. Guru mendampingi setiap kelompok untuk memberikan petunjuk atau langkah langkah dalam menggunakan bakiak. Guru menerangkan setiap kelompok terdiri dari 3 siswa dan memilih siapa yang akan menjadi ketua regu dalam jalan bakiak.
Guru telah meminta siswa untuk mempraktekan bakiak di depan kelas, siswa sangat antuias untuk menggunakan bakiaknya. Guru menerangkan bahwa bakiak bertujuan untuk menciptakan kekompakan dan melatih ketangkasan setiap regu atau kelompok. Setelah setiap kelompok mempraktekkan bakiak di dapan kelas, guru memnita siswa untuk berkomentar tentang penampilan dari setiap kelompok. Siswa saling menanggapi penampilan dari setiap kelompok.
c. Kelebihan dari video pembelajaran tersebut, ialah:
– Guru semangat dan percaya diri dalam pembelajaran
– Guru menggunakan media yang konkret sehingga siswa memahami apa itu bakiak
– Guru sebagai fasilitator, sehingga siswa antusias mengikuti rangkaian pembelajaran
d. Kelemahan dari video pembelajaran tersebut, ialah:
– Kurangnya penguatan kepada siswa setalah siswa literasi selama 5 menit
– Kurangnya presensi terhadap siswa
e. Hal unik yang terlihat dari video tersebut adalah siswa antusias menggunakan bakiak secara berkelompok
f. Rencana perbaikan yang akan dilakukan
– Penguatan pada materi perlu dilakukan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
– Bentuk dari perhatian kita kepada siswa ialah melakukan presensi terhadap siswa. Mengapa siswa tidak hadir?, bagaimana kondisi siswa dan apakah siswa tersebut pamit dari rumah ke sekolah namun tidak sampai sekolah.
Nama : Sulastri
Nim : 856821464
Pokjar : Lebong
1. Ringkasan Dari Video Pembelajaran
Setelah menyimak video pembelajaran “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks,” guru berhasil menciptakan suasana kelas kondusif, dengan siswa yang antusias dan aktif dalam menjawab serta bermain bakiak. Media dan metode yang digunakan tepat, membuat siswa semangat belajar tanpa bosan. Namun, pada kegiatan pembuka, guru kurang jelas menjelaskan tujuan pembelajaran dan kurang kreatif, sehingga respon siswa terlihat monoton.
2. Kelebihan Vidio Pembelajaran
a. Media yang digunakan guru sangat tepat dan kreatif untuk memancing semangat belajar siswa
b. Kegiatan belajar sudah berpusat pada siswa / melibatkan siswa dalam pembelajaran
c. Metode yang digunakan sudah tepat tidak hanya berpusat pada guru saja namun siswa terlibat secara aktif baik individu maupun kelompok
d. Respon siswa terhadap pembelajaran tersebut juga cukup bagus karena pembelajaran diselingi dengan permaian.
3. Kelemahan Vidio Pembelajaran
a. Guru tidak menjelaskan secara jelas tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
b. Guru kurang kreatif dalam membuka pembelajaran seperti ice breaking dll
c. pada kegiatan pembuka, guru tidak melakukan absensi, tidak ada tes awal atau tanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
d. Tidak ada kegiatan penutup pembelajaran
4. Rencana Perbaikan Yang Akan Dilakukan
a. Guru harus lebih kreatif lagi untuk memancing semnagat siswa dalam membuka pembelajaran seperti melakukan ice breaking, menyapa siswa dengan bernyanyi, dll
b. Sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru melakukan absensi dan apersepsi, dengan mengingatkan kembali materi sebelumnya dan dihubungkan dengan materi yang akan dibahas hari ini.
c. Guru harus melakukan kegiatan penutup pembelajaran. Seperti, tanya jawab tentang materi yang sulit atau tidak dipahami oleh siswa, mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran yang sudah dipelajari, memberikan tugas kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana materi tersebut dikuasai oleh siswa, melakukan refleksi, berdoa dan mengucapkan salam.
Juli Sartoni NIM. 823370792
Dari video yang saya saksikan, pendapat saya tujuan pembelajaran yang hendak dicapai belum tersampaikan dengan baik. Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggali informasi tentang pemahaman siswa pada penjelasan materi. Metode pembelajaran dan alat peraga yang digunakan guru dalam pembelajaran telah baik dan sesuai dengan topik pembelajaran.
Nama : Dio Octaviano , Nim : 858947396, UPBJJ-UT : Jember, Prodi : S1- PGSD
Menurut pendapat saya dalam menanggapi video di atas yang berjudul “ Memerankan Tokoh Beradasarkan Teks” Dimana guru menjelaskan materi dengan menggunakan benda konkret yang sangat mendukung dalam pembahasan materi sehingga penyampaian untuk konsep pembelajaran lebih tersampaikan dengan baik karena melibatkan siswa langsung. Siswa juga interaktif dimana guru mampu mengajak siswa untuk bisa langsung mempraktikan bagaimana mengambil peran dalam memainkan permainan bakiak. Guru juga memperkenalkan permainan tradisional lewat materi yang disampaikan merupakan hal positif yang baik dimana mengenalkan kepada siswa hal-hal baru mengingat perbedaan zaman dan perkembangan teknologi. Dengan demikian, anak anak mampu memerankan permainan tersebut meskipun itu permainan tradisional.