Sinopsis
Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.
–
–
–
–
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Harimurti
Nama : Ika Mar Atus Sholekhah / PG PAUD BI
NIM : 858741989
UPBJJ Surabaya
Berdasarkan pengamatan saya, ketika guru memulai bercerita tentang suatu vidio. Awal pembelajaran, anak-anak cenderung asyik sendiri bercerita bahkan asyik mainan sendiri. Tidak dipungkiri dalam menarik perhatian anak, apalagi usia PAUD perlu sentuhan kreatifitas dan kegiatan yang menarik anak, karena kesan pertama mereka adalah berawal dari penasaran kemudian tertarik. Langkah guru tersebut ketika beliau asyik bercerita namun anak cenderung kurang fokus, beliau mengalihkan dengan membuat permainan karcis untuk menyimpan mainannya. Akhirnya sesuai yang diharapkan, anak-anak sanagt antusias untuk berpartisipasi aktif pada kegiatan tersebut. Menurut saya, dengan pelibatan murid secara langsung pada kegiatan bermian, guru sangat inspiratif dengan mendesign permainan dalam kelas, bagaimana mengalihkan pusat perhatian anak menjadi lebih fokus. Diantara kegiatannya, anak memasangkan karcis yang mereka puya sesuai dengan tempatnya. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lain yaitu mewarnai, jadi tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Kesimpulan yang saya amati dari vidio di atas yaitu:
1. perlunya kesepakatan kelas berupa aturan permainan sebelum memulai kegiatan
2. penggunaan karcis parkir secara tidak langsung menerapkan budaya positif pada anak
3. dengan pembelajaran terfokus pada murid, anak lebih merasa dihargai
4. Guru bukanlah satu-satunya sumber belajar.
Assalamualaikum,.
Nama : Susanti Uko
NIM : 822525344
berdasarkan pengamatan saya setelah melihat vidio, terdapat guru yang mulai bercerita diawal pembelajaran, anak anak cenderung asik sendiri bahkan lebih fokus bermain. hendaknya guru melakukan kreatifitas dan kegiatan yang menarik perhatian anak dengan kegiatan seperti memasangkan karcis untuk menyimpan mainannya sehingga sesuai dengan yang diharapkan oleh guru dimana anak anak sangat antusias untuk berpartisipasi aktif pada kegiatan tersebut. hal ini bertujuan agar tercapai kegiatan pembelajaran dengan baik.
Nama: Supriati
Nim: 858286501
Assalamualaikum,
Dari video yang saya saksikan mengenai menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir.
Vidio ini menambah pengetahuan saya dalam menangani anak-anak didalam kelas untuk menanggulangi ketertiban dan keteraturan.
Di awal vidio saya melihat anak-anak tidak memperhatikan guru bercerita, mereka cenderung asik bermain dan berebut mainan dengan temannya, pelajaran pun menjadi tidak efektif. Di video selanjutnya guru telah menggunakan karcis parkir, untuk mengajarkan ketertiban dan keteraturan dalam permainan. Dan guru berhasil mengajak anak ikut dalam permainan menggunakan karcis parkir.
Anak-anak dapat mengantri dengan rapi saat mereka bermain, mereka dapat menggunakan karcis permainan mereka sebagai tanda antrian. Tentu dengan kegiatan ini dapat mengajarkan anak-anak kesabaran dan menghargai giliran.
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Menurut saya, dengan pelibatan murid secara langsung pada kegiatan bermian, guru sangat inspiratif dengan mendesign permainan dalam kelas, bagaimana mengalihkan pusat perhatian anak menjadi lebih fokus. Diantara kegiatannya, anak memasangkan karcis yang mereka puya sesuai dengan tempatnya. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lain yaitu mewarnai, jadi tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Kesimpulan yang saya amati dari vidio di atas yaitu:
1. perlunya kesepakatan kelas berupa aturan permainan sebelum memulai kegiatan
2. penggunaan karcis parkir secara tidak langsung menerapkan budaya positif pada anak
3. dengan pembelajaran terfokus pada murid, anak lebih merasa dihargai
4. Guru bukanlah satu-satunya sumber belajar.
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Menurut saya, dengan pelibatan murid secara langsung pada kegiatan bermian, guru sangat inspiratif dengan mendesign permainan dalam kelas, bagaimana mengalihkan pusat perhatian anak menjadi lebih fokus. Diantara kegiatannya, anak memasangkan karcis yang mereka puya sesuai dengan tempatnya. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lain yaitu mewarnai, jadi tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Kesimpulan yang saya amati dari vidio di atas yaitu:
1. perlunya kesepakatan kelas berupa aturan permainan sebelum memulai kegiatan
2. penggunaan karcis parkir secara tidak langsung menerapkan budaya positif pada anak
3. dengan pembelajaran terfokus pada murid, anak lebih merasa dihargai
4. Guru bukanlah satu-satunya sumber belajar.
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Dari vedio di atas dapat kita simpulkan bahwa menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini dalam penggunaan karcis parkir . Dalam kegiatan pembelajaran ini dapat menarik serta dapat memberikan pembiasan pada anak agar bersikap tertib dan teratur . anak akan merasa melakukan sebuah permain seperti seorang yang sedang memparkir, dalam kegiatan ini anak tidak akan merasa dipaksa untuk melakukan sebuah antrian dan bersikap tertib pada saat anak akan melakukan kegiatan bermain dan menyimpan mainan yang sudah di pakai anak . Seorang guru juga perlu memberitahukan kepada anak agar tidak membawa mainan ke sekolah .
Assalamualaikum Wr Wb.
Nama: Yuni Fitriyani
Nim: 857707367
Tayangan video tersebut menarik sekali, sebagai pendidik saya terinspirasi dengan metode tersebut.Strategi yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik anak. Anak usia dini memang butuh penanaman pembiasaan untuk mendukung perkembangan semua aspek.Pada tayangan tersebut guru menggunakan permainan
karcis parkir, sebagai cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan, anak-anak penasaran dan tertarik, namun saya melihat ada faktor lain yang melatar belakangi anak bersikap seperti itu, dalam pembelajaran masih berpusat pada guru.Anak cenderung asik bermain. Hal yang menjadi perhatian, karena media yang digunakan guru dalam pembelajaran masih terlihat biasa sehingga anak lebih tertarik dengan mainannya sendiri.Pendekatan dan metode guru sudah mencontohkan bahwa anak lebih tertarik dengan permainan seperti yang sudah digunakan yaitu karcis parkir
Nama : Makdalena
NIM : 859417668
Pokjar : Makassar
Seri Menanamkan ketaatan peraturan PAUD
“Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”
Pada video yang ditonton sebelum masuk kelas terlihat anak-anak sedang bermain di halaman sekolah, setelah anak masuk kelas guru menyampaikan cerita menggunakan buku cerita bergambar namu, saat guru sedang bercerita tampak anak-anak kurang memperhatikan karena masing-masing asyik dengan mainan yang anak bawa dari rumah. Untuk mentertibkan anak-anak agar memperhatikan guru bercerita, guru membagikan kartus karcis parkir dan meminta anak mengumpulkan mainannya di depan. Pada kegiatan ini guru memberi tugas kepada anak yaitu mewarnai gambar rok.
Kelemahan pada video ini adalah buku cerita yang digunakan terlalu kecil untuk jumlah anak yang banyak, guru kurang berekspresi dalam menyampaikan cerita sehingga anak tidak memperhatikan dengan baik, anak dibiarkan membawa mainan dari rumah ke sekolah, tidak ada penjelasan yang jelas tentang tema pada kegiatan pembelajaran yang anak lakukan. Sedangkan kelebihannya adalah guru terlihat sabar dalam membimbing anak dan ide memberi kartu karcis parkir cukup kreatif dalam upaya menanamkan ketaatan dan peraturan kepada anak usia dini.
F I T R I
859409908
Assalamu’alaikum wr wb..
Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada Anak Usia Dini melalui ‘karcis Parkir”
Menurut saya ide tersebut sangat bagus dan membantu untuk menertibkan mereka . anak juga diajarkan mandiri karena tahu alur-alur apa saja yang mereka lalui tanpa harus berebutan dengan teman-teman lainnya.
Sekian..
Terima kasih …
assalamualaiakum….Saya Damayanti (857106362). Tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi bagi saya maupun pendidik lainnya. Penggunaan parcis parkir efektif untuk menanamkan ketertiban dan keteraturan dalam proses kegiatan belajar dikelas, terlihat bahwa sebelum penggunaan karcis parkir anak terlihat kurang focus dengan kegiatan bercerita, masing-masing anak sibuk dengan mainan kesukaan yang dibawa mereka kesekolah, setelah guru menggunakan karcis parkir keadaan kelas lebih kondusif anak-anak terlihat fokus dengan kegiatan yang sudah disiapkan guru.
Menemukan metode yang terbaik untuk menjaga ketertiban kelas pasti memerlukan waktu. Pada tayangan tersebut guru telah mendapatkan dan menerapkan salah satu metodenya yaitu karcis parkir, metode ini sesuai dengan usia perkembangan anak. Guru yang baik selalu mencari cara baru dan inovatif untuk berhubungan dengan para murid dan memastikan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan aman. Perlu ada pemberian penghargaan kepada anak-anak baik berupa kata-kata ataupun reword karena sudah mau terlibat dalam menciptakan ketertiban dan keteraturan dikelas, ini akan memberikan motivasi kepada anak untuk menjaga ketertiban dikelas selanjutnya.
Tentunya keberhasilan ini juga adanya penerapkan manajemen kelas yang baik, dengan manajemen kelas yang baik tentunya akan melahirkan interaksi belajar mengajar yang baik pula. Guru haruslah bisa menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi interaksi belajar mengajar, yang dapat memotivasi peserta didik untuk belajar dengan baik dan sungguh-sungguh.