Sinopsis
Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.
–
–
–
–
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Harimurti
NAMA : ICA SADEWI PUTRI
NIM : 858945353
menarik dengan ini guru dapat mengatur anak untuk antri , dan menjadikan anak lebih tertib,
dalam menangani anak menurut saya guru ini kurang dalam penguasaan dunia anak seperti pendekatannya saya rasa masih kurang mungkin bisa saja ajak anak untuk bernyanyi agar lebih kondusif.
bismillahirrahmanirrahim.. mohon maaf mohon izin menanggapi video diatas..
nama : Masri’ah
nim : 858532244
judul video : menanamkan ketertiban, dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir.
menurut saya video diatas cukup mengispirasi kami, metode yang digunakan oleh guru dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini inovatif dan kreatif, yaitu dengan menggunakan media karcis parkir. berdasarkan video diatas terbukti cara yang dilakukan guru cukup efektif, anak- anak dapat tertib, dan mematui aturan yang diberikan oleh guru, anak-anak dapat bermain dengan tertib sesuai aturan yang telah disepakati melalui aksi nyata yang diterapkan oleh guru, anak lebih mudah memahami arti pembelajaran yang ada. namun benar menurut pakar guru yang telah menyampaikan bahwa guru terkihat terlalu dominan, guru merupakan fasilitator untuk anak didik, alangkah baiknya jika guru sebaiknya lebih mengarahkan dan membimbing anak, agar anak dapat berekspresi dan mengeksplor kemampuannya lebih dalam lagi. baik cukup sekoan dari saya, mohon maaf dan terimakasih.. wassalamu’alaikm..
Nama: Endah Haidar Faridah
NIM: 859655866
Izin menanggapi video pembelajaran menanamkan ketertiban dan keteraturan. Metode Karcis Parkir ini merupakan cara kreatif dan inovatif untuk di terapkan di dalam kelas agar anak belajar menaati dan menghargai tata tertib di kelas. Penggunaan karcis parkir ini menarik bagi anak tanpa perlu membujuk agar mau menyimpan mainannya sendiri. Terimakasih ide kreatifnya dan menurut saya biarkan anak bebas memilih mau menyimpan ditempat yang mana saja asal tempat yang masih kosong, bukan guru yang menentukan.
Nama: Fadilah Ulfiana
NIM: 858304394
Menurut saya ide dalam menggunakan karcis parkir seperti dalam video sangatlah bagus dan bisa ditiru.
Menurut saya alangkah baiknya jika dibuat peraturan disekolah bahwa tidak boleh membawa mainan dari rumah kesekolah dan cara ini biasanya lebih efektif, selain itu dengan sebuah pembiasaan dan pengarahan tentang ketertiban dan peraturan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan disekolah tentunya dengan cara yg pas untuk anak usia dini.
Bismillah
Ika Astari (859520797)
Video tersebut menjelaskan kondisi saat anak membawa mainanya masing-masing, sehingga kelas menjadi tidak tertib dan proses pembelajaran terganggu. Guru menerapkan solusi dengan memberikan karcis parkir. Mula-mula guru menjelaskan bagaimana karcis parkir tersebut digunakan. Selanjutnya guru memanggil satu per satu anak-anak untuk menyimpan mainan di loker parkir yang sudah diberi nomor. Kemudian nomor tersebut dikalungkang pada anak, agar anak ingat dimana dia menaruh mainanya. Video solusi seperti ini sangat bermanfaat sekali untuk diterapkan dalam kegiatan di sekolah terutama untuk menertibkan anak-anak yang membawa mainan.
Bismillahirrahmanirrahim
Dari video tersebut dapat dilihat bahwa ibu guru memiliki sikap yang sangat bijak dalam melakukan proses pembelajaran di kelas. Ketika murid gaduh berebut mainan, ibu guru tetap tenang tidak marah-marah. Bahkan ibu guru berinisiatif membuat kartu parkir untuk menertibkan anak ketika mengambil dan mengemablikan mainan. Perilaku ibu guru patut dicontoh oleh guru-guru PAUD yang lain. Sekian tanggapan saya, terima kasih
Nama Siti Musliha
Nim : 858316073
Dari video tersebut dapat dilihat bahwa ibu guru nya dalam menyampaikan pembelajaran dikelas sangat menarik , metode yang digunakan oleh guru dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini inovatif dan kreatif, yaitu dengan menggunakan media karcis parkir. berdasarkan video diatas terbukti cara yang dilakukan guru sangat efektif.
Nama : Suryatin
NIM : 858191429
Sebagai seorang guru kita harus mempunyai strategi pembelajaran dan pilihan penggunaan media, agar aspek perkembangan anak tercapai, seperti pada video tersebut untuk menertibkan anak anak menjadi tertib, menggunakan media karcis parkir yang cukup mudah dalam pembuatannya dan tidak memerlukan biaya yang cukup banyak. Selain itu sebagai guru kita juga menerapkan pembiasaan kepada anak, bahwa diskeolah ada tata tertib atau aturan aturan yang harus di taati. Video ini sangat bermanfaat dan menjadi inpirasi, menambah ilmu bagi lembaga PAUD. Sebagai Guru kita harus kreatif dan ber inovatif . Terimakasih untuk ilmu nya.
Nama : Aulia Salsabila
NIM : 857389065
Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa sering kali anak-anak membawa mainan ke dalam kelas, atau focus terhadap mainan sehingga tidak mendengarkan penjelasan guru. Di dalam video guru membuat kesepakatan dengan anak yaitu, guru memberikan kartu karcis parkir kepada anak dengan nomor yang berbeda yang fungsinya adalah untuk menyimpan mainan di laci penyimpanan sesuai dengan nomor karcis masing-masing anak. Sehingga sebelum memulai pembelajaran anak-anak menyimpan mainan mereka di dalam kotak atau lemari penyimpanan sesuai dengan nomor yang diberikan oleh guru. Sehingga dalam pembelajaran anak-anak dapat focus dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian setelah pembelajaran selesai anak-anak dapat mengambil mainan sesuai dengan nomor karcis tersebut, dengan menukarkan karcis parker dengan mainan.
Pada cara tersebut sangat efektif sehingga anak dapat menyimpan mainan sesuai dengan nomor yang di dapatnya, tidak menyimpannya sembarangan sehingga anak tidak berebut mainan yang bukan miliknya. Anak dapat tertib dan teratur dalam mengambil mainan. Pembelajaran menjadi lebih focus dan tertib.
Nama : Amelia Fatima Azzahra
NIM : 858726908
Pembelajaran Terpadu
Tanggapan saya dengan video ini. sangat baik guru dalam menertibkan anak dikelas dengan menggunakan media karcis parkir, dimana anak bisa fokus lagi pada kegiatan belajar.