Sinopsis

Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.

Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.

Harimurti

Similar Posts

388 Comments

  1. Nama: Chici Setya Maula
    NIM : 858874341

    Menurut saya penggunaan karcis dalam menunjang ketertiban anak sangat efektif, hal ini terlihat dari vidio tersebut sebelum dan sesudah penerapan karcia, anak anak yang awalnya masih asik sendiri dan ramai dengan mainannya namun setelah guru memperlakukan karcis parkir anak anak terlihat lebih tenang dan menyimak penjelasan guru.

  2. Nama : Muhalimah
    NIM : 857990159

    Menurut saya, dalam video tersebut sudah memberikan contoh cara penertiban yang baik. Walaupun tentunya masih ada cara lain untuk menertibkan anak didik , cara tersebut juga terlihat efektif dalam video dan dapat ditaati anak-anak, mereka menjadi lebih kondusif dan tenang serta mau disiplin mendengarkan bu guru bercerita dan mengerjakan tugasnya dengan tertib dan baik.

  3. Nama : Nita Ritani
    Nim : 858450999
    Vidio: “Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”.
    Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat menggunakan karcis parkir sebagai alat untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD. Guru membagikan karcis parkir kepada anak-anak dan meminta mereka untuk menghitung jumlah karcis yang diperlukan untuk membeli mainan. Anak-anak kemudian harus berbagi karcis dengan teman-teman mereka dan menghitung jumlah karcis yang tersisa. Guru kemudian membantu anak-anak dalam menghitung jumlah karcis yang diperlukan untuk membeli mainan dan menghitung jumlah karcis yang tersisa. Dengan demikian, anak-anak dapat memahami nilai kejujuran dan bagaimana cara berbagi dengan teman-teman.

    Saya menemukan bahwa video-video ini sangat efektif dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD. Guru menggunakan karcis parkir sebagai alat yang sangat efektif untuk mengajarkan anak-anak tentang nilai kejujuran dan bagaimana cara berbagi dengan teman-teman. Saya juga menemukan bahwa video-video ini sangat mudah dipahami oleh anak-anak dan sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan anak-anak dalam berbagi dengan teman-teman.
    Saya menyarankan bahwa guru harus lebih aktif dalam menggunakan alat-alat yang efektif untuk mengajarkan nilai kejujuran pada anak PAUD. Guru juga harus lebih aktif dalam membantu anak-anak dalam menghitung jumlah karcis yang diperlukan untuk membeli mainan dan menghitung jumlah karcis yang tersisa. Dengan demikian, anak-anak dapat memahami nilai kejujuran dan bagaimana cara berbagi dengan teman

  4. NAMA : SRI WAHYUNI
    NIM : 85589523

    Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan menanamkan cara memecahkan masalah sehari-hari dengan berperilaku kreatif mengenalkan aturan tempat atau perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

  5. Seorang pendidik harus bisa menguasai kelas, ketika pembelajaran pasti ada permasalahan di kelas seperti anak gaduh waktu kegiatan, anak berbicara sama teman waktu guru bercerita, anak rebutan mainan. Di video tersebut seorang guru untuk mengembalikan ke fokusan anak dan tertib dalam KBM yaitu dengan cara Menanamkan Ketertiban Anak Menggunakan Karcis Parkir. Kegunaan karcis parkir ini anak di latih tertib mengembalikan mainan di loker sesuai karcis parkir yang di pakai jadi anak tidak akan berebut.

  6. nama : mardiyah
    NIM : 858756688
    judul video : menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir.
    Menurut saya video tersebut sangat menarik dan sangat baik untuk diterapkan pada anak usia dini.Anak dapat belajar tertib, disiplin, menghargai orang lain, dan jujur. Tanpa mereka sadari, mereka melakukannya dengan senang hati.tanpa kita memaksa.Dengan demikian kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik

  7. nama : mardiyah
    NIM : 858756688
    judul video : menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir.
    Menurut saya video tersebut sangat menarik dan sangat baik untuk diterapkan pada anak usia dini.Anak dapat belajar tertib, disiplin, menghargai orang lain, dan jujur. Tanpa mereka sadari, mereka melakukannya dengan senang hati.tanpa kita memaksa.Dengan demikian kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.tentunya hal ini membutuhkan pembiasaan dan kesabaran untuk melakukannya

  8. Nama : Mardiyah
    NIM : 858756688
    judul video : menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir.
    Menurut saya, video tersebut sangat menarik dan dapat memberi inspirasi dalam mendisiplinkan anak usia dini.Dari video tersebut diatas, anak akan tahu aturan ketika di dalam kelas, pembelajaran dapat menjadi fokus, anak berlatih jujur dan juga anak terbiasa untuk bertanggung jawab terhadap barang yang dia punya.Tentunya guru harus banyak memberi pelatihan dan pembiasaan agar anak-anak tidak merasa dipaksa dan melakukan itu dengan sepenuh hati.sehingga sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab dapat tertanam dalam diri anak.

  9. Sebagai Seorang pendidik harus bisa menguasai kelas, ketika pembelajaran pasti ada permasalahan di kelas seperti anak gaduh waktu kegiatan, anak berbicara sama teman waktu guru bercerita, anak rebutan mainan. Di video tersebut seorang guru untuk mengembalikan ke fokusan anak dan tertib dalam KBM yaitu dengan cara Menanamkan Ketertiban Anak Menggunakan Karcis Parkir. Kegunaan karcis parkir ini anak di latih tertib mengembalikan mainan di loker sesuai karcis parkir yang di pakai jadi anak tidak akan berebut.

  10. Assalamualaikum Wr. Wb. izin berpendapat
    Nama : Dwi Anisah Firda
    NIM : 877303624
    POKJAR : Sidoarjo

    pada dasarnya wajib sekali bagi para pendidik menguasai kondisi kelas dan menerapkan ketertiban saat kegiatan belajar mengajar, contoh sederhana membiasakan anak untuk berbaris mengantri saat cuci tangan, tidak berbicara saat penjelasan guru. dari vidoe diatas menurut saya penerapan karcis parkir untuk menyimpan mainan sangat efektif bagi anak-anak usia dini ketika kegiatan belajar mengajar. dari kegiatan karcis parkir ini menunjukkan pembiasaan untuk tertib pada anak bahwa saat jam belajar anak tidak boleh ramai sendiri dan mendengarkan saat guru menjelaskan.

Leave a Reply